• Home
  • Tips
  • Penting! Hal yang Harus Diperhatikan Dalam Memilih Domain dan Hosting

Penting! Hal yang Harus Diperhatikan Dalam Memilih Domain dan Hosting

Oleh Ratna Patria
No ratings yet.

Saat Kamu akan mendirikan situs web, dua hal yang sangat krusial untuk dipertimbangkan adalah domain dan hosting. Domain menjadi identitas unikmu di dunia maya, sedangkan hosting menjadi rumah bagi semua konten dan informasi yang kamu bagikan.

Sebelum Kamu terburu-buru dalam memilih domain dan hosting, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih domain dan hosting yang perlu kamu pertimbangkan agar situs webmu berjalan lancar dan memberikan pengalaman terbaik kepada pengunjung. Yuk, simak artikel ini untuk mendapatkan tips memilih domain dan hosting.

hal yang harus diperhatikan dalam memilih domain dan hosting
Sumber: Envato

Apa itu Domain

Domain adalah alamat unik yang digunakan untuk mengidentifikasi suatu situs web di internet. Dalam istilah yang lebih sederhana, domain merupakan nama unik yang Kamu pilih untuk situs webmu. Contohnya, “www.nama-domainmu.com.” Domain ini menjadi cara mudah bagi pengguna internet untuk mencari dan mengakses situs web Kamu.

Secara praktis, peran utama domain ada dua:

  1. Identitas Online: Domain memberikan identitas online bagi situs webmu. Ini seperti alamat fisik di dunia nyata yang membedakan satu tempat dari yang lain.
  2. Memudahkan Ingatan: Memiliki domain yang mudah diingat membantu pengunjung situs untuk dengan cepat kembali ke situs Kamu tanpa harus mencari melalui mesin pencari.

Apa itu Hosting

Hosting adalah layanan yang menyediakan ruang penyimpanan dan sumber daya server untuk menampung semua data situs web, membuatnya dapat diakses oleh pengguna internet. Dengan kata lain, hosting menjadi tempat di mana semua file, gambar, dan informasi situs web disimpan sehingga dapat diakses secara online.

Peran utama dari hosting adalah:

  1. Penyimpanan Data: Hosting menyediakan ruang penyimpanan untuk semua file dan konten situs web, termasuk teks, gambar, video, dan data lainnya.
  2. Eksistensi Online: Hosting memungkinkan situs web Kamu tetap online dan dapat diakses oleh pengunjung kapan pun dibutuhkan.

Fungsi Utama Domain dan Hosting

Domain dan hosting bekerja bersama-sama untuk menjalankan suatu situs web. Analoginya, jika domain adalah alamat rumah, maka hosting adalah rumah itu sendiri. Ketika seseorang memasukkan alamat domainmu ke dalam peramban web, sistem DNS (Domain Name System) mengarahkan mereka ke server hosting tempat situs webmu disimpan.

Bagaimana Domain dan Hosting Bekerja Bersama:

  1. Pengunjung Memasukkan Domain: Pengunjung memasukkan alamat domain (misalnya, www.namadomainmu.com) ke dalam peramban web mereka.
  2. DNS Mengarahkan ke Server Hosting: Sistem DNS mengarahkan permintaan pengunjung ke server hosting yang menyimpan semua file dan data situs web.
  3. Server Hosting Menyampaikan Konten: Server hosting membaca permintaan tersebut dan mengirimkan file dan konten situs web ke peramban pengunjung. Nah, selanjutnya mari intip apa saja hal yang harus diperhatikan dalam memilih domain dan hosting.

Beli Hosting Murah

hal yang harus diperhatikan dalam memilih domain dan hosting
Sumber: Envato

Hal yang Harus Diperhatikan Dalam Memilih Domain dan Hosting

Hal yang Harus Diperhatikan Dalam Memilih Domain

1. Relevansi Domain dengan Konten

Hal yang harus diperhatikan dalam memilih domain dan hosting yang pertama adalah memilih domain yang relevan dengan konten situs webmu. Ini tidak hanya membuat situs webmu lebih mudah diingat oleh pengunjung, tetapi juga memberikan gambaran yang jelas tentang apa yang dapat diharapkan oleh mereka.

Misalnya, jika situs webmu berfokus pada bisnis konsultasi keuangan, domain seperti www.konsultasikeuanganmu.com akan lebih relevan daripada domain yang tidak terkait.

2. Kemudahan Penulisan dan Pengingatan

Tips memilih domain dan hosting berikutnya, buat domain mudah ditulis dan diingat pengunjung untuk dengan cepat mencari dan mengingat situs webmu.

Hindari penggunaan karakter khusus atau ejaan yang rumit yang dapat membingungkan pengunjung potensial. Pastikan bahwa alamat domainmu dapat dengan mudah diucapkan dan diingat, sehingga mempermudah proses berbagi dan mengarahkan orang ke situsmu.

3. Ekstensi Domain yang Sesuai

Hal yang harus diperhatikan dalam memilih domain dan hosting berikutnya adalah memilih ekstensi domain yang sesuai dengan tujuan dan jenis situs webmu. Meskipun .com adalah ekstensi paling umum dan sering diingat, terdapat berbagai ekstensi lain seperti .net, .org, .info, dan banyak lagi.

Misalnya, jika situs webmu adalah organisasi nirlaba, ekstensi .org mungkin lebih sesuai. Pilih ekstensi yang mencerminkan karakter dan sifat situs webmu secara akurat. Kamu bisa lho beli domain murah terbaik di DomaiNesia!

Baca juga: Hosting Murah DomaiNesia Dengan Teknologi Terbaru dan Lebih Canggih

Hal yang Harus Diperhatikan Dalam Memilih Hosting

1. Kesesuaian dengan Target Audiens

Hal yang harus diperhatikan dalam memilih domain dan hosting adalah tentukan target audiensmu dan pilih domain serta hosting yang sesuai dengan karakteristik dan preferensi mereka.

Jika situs webmu ditujukan untuk segmen usia tertentu atau industri khusus, pastikan bahwa nama domain dan pilihan hosting memadai untuk mencapai audiens tersebut. Kesesuaian ini membantu meningkatkan daya tarik situs webmu di mata pengunjung yang diharapkan.

2. Ketersediaan Domain yang Diinginkan

Tips memilih domain dan hosting berikutnya, periksa ketersediaan domain yang Kamu inginkan. Kadang-kadang, domain yang diinginkan sudah diambil oleh orang lain. Gunakan alat pencarian domain untuk melihat apakah nama domain yang diinginkan masih tersedia atau jika sudah diambil, pertimbangkan variasi yang masih relevan dengan merek atau konten situs webmu.

3. Uji Coba Kesesuaian dengan Merek

Domain dan hosting yang Kamu pilih seharusnya sejalan dengan merek atau identitas situs webmu. Pastikan bahwa nama domain mencerminkan visi dan nilai-nilai merekmu.

Domain yang konsisten dengan merek tidak hanya memberikan kesan profesional, tetapi juga memudahkan pengenalan merek di antara pengunjung. Sebuah merek yang konsisten menciptakan kepercayaan dan pengenalan yang lebih baik di kalangan pengguna.

4. Kemudahan Pengelolaan Domain dan Hosting

Hal yang harus diperhatikan dalam memilih domain dan hosting selanjutnya adalah memilih penyedia domain dan hosting yang menyediakan antarmuka pengelolaan yang intuitif dan mudah dipahami. Kemudahan penggunaan dalam mengelola domain dan hosting sangat penting, terutama jika Kamu adalah pemilik situs web yang baru memulai.

Antarmuka yang ramah pengguna dapat membantu Kamu mengonfigurasi, memperbarui, dan mengelola aspek-aspek penting tanpa kesulitan teknis yang berlebihan.

hal yang harus diperhatikan dalam memilih domain dan hosting
Sumber: Envato

5. Kemudahan Penulisan dan Pengingatan Domain

Hal yang harus diperhatikan dalam memilih domain dan hosting selanjutnya adalah pilih domain yang mudah ditulis dan diingat oleh pengunjung. Hindari penggunaan kata atau frase yang sulit dieja atau memiliki ejaan yang rumit.

Kemudahan penulisan dan pengingatan membantu dalam promosi situs webmu dan memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik. Jika nama domain sulit dieja atau diingat, pengunjung mungkin kesulitan menemukan kembali situs webmu.

6. Uji Coba Kehandalan Server Hosting

Hal yang harus diperhatikan dalam memilih domain dan hosting berikutnya adalah lakukan uji coba terhadap kehandalan server penyedia. Tinjau riwayat waktu aktif server dan pastikan bahwa hosting tersebut memiliki catatan keandalan yang baik.

Kecepatan akses dan waktu aktif server yang tinggi penting untuk memberikan pengalaman pengguna yang memuaskan. Pilih penyedia hosting yang memiliki infrastruktur yang solid dan dapat diandalkan.

7. Pertimbangkan Kecepatan dan Performa Server

Perhatikan tingkat kecepatan dan performa server hosting. Server yang cepat tidak hanya meningkatkan pengalaman pengguna, tetapi juga berkontribusi pada peringkat SEO situs webmu. Kecepatan akses yang lambat dapat menyebabkan frustrasi pengunjung dan bahkan mengurangi reputasi situs webmu. Pastikan penyedia hosting memiliki infrastruktur dan teknologi yang mendukung kinerja optimal.

8. Dukungan Teknis dan Keamanan Hosting

Hal yang harus diperhatikan dalam memilih domain dan hosting berikutnya adalah memilih penyedia hosting yang menawarkan dukungan teknis yang responsif. Situasi teknis yang mendesak atau masalah server harus dapat diatasi secepat mungkin.

Periksa jenis dukungan yang disediakan, apakah melalui obrolan langsung, email, atau tiket dukungan. Selain itu, pastikan bahwa penyedia hosting memiliki langkah-langkah keamanan yang kuat, seperti firewall, enkripsi data, dan pemantauan keamanan reguler.

9. Kemampuan Skalabilitas Hosting

Ini juga penting, hal yang harus diperhatikan dalam memilih domain dan hosting selanjutnya adalah pertimbangkan kemampuan skala atau skalabilitas hosting.

Situs webmu mungkin berkembang seiring waktu, dan hosting yang dapat diskalakan memungkinkan penyesuaian mudah dengan pertumbuhan situs. Beberapa penyedia hosting menawarkan opsi untuk meningkatkan sumber daya seiring kebutuhan, sehingga situs web tetap optimal di setiap tahap pertumbuhan.

10. Pertimbangkan Ketersediaan Fitur Tambahan

Hal yang harus diperhatikan dalam memilih domain dan hosting berikutnya adalah periksa fitur tambahan yang disediakan oleh penyedia domain dan hosting.

Beberapa fitur tambahan yang dapat meningkatkan pengalaman dan kinerja situs web meliputi cPanel untuk pengelolaan hosting, sertifikat SSL untuk keamanan data, serta layanan cadangan dan pemulihan data. Mempertimbangkan fitur-fitur ini dapat membantu Kamu memaksimalkan potensi situs webmu.

hal yang harus diperhatikan dalam memilih domain dan hosting
Sumber: Envato

Memilih Domain dan Hosting dengan Tepat

Dalam hal yang harus diperhatikan dalam memilih domain dan hosting, kesesuaian dengan target audiens, ketersediaan domain yang diinginkan, dan konsistensi dengan merek adalah kunci utama. Kemudahan pengelolaan, kemampuan skala hosting, dan fitur tambahan menjadi faktor penentu dalam pengalaman pengguna dan kinerja situs web.

Penting juga untuk memilih hosting yang dapat diandalkan, dengan kecepatan dan dukungan teknis yang optimal serta yang paling penting, kamu bisa beli hosting di DomaiNesia! Harga murah, kualitas terbaik!

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah

This will close in 0 seconds