• Home
  • Berita
  • Wix vs WordPress: Platform Mana yang Terbaik?

Wix vs WordPress: Platform Mana yang Terbaik?

Oleh Ratna Patria
No ratings yet.

Membuat website tidak hanya semata menggunakan apa yang ada yang sekiranya sekedar menemukan untuk dipakai. Bagi kamu yang masih awam dalam hal membuat atau mengelola website, maka kamu harus tahu apa yang kamu butuhkan. Ada banyak platform untuk membuat dan membangun website yang tersaji bebas di internet yang bisa kamu pilih. Platform yang sering dicari untuk memulai membangun sebuah website umumnya dibagi menjadi 2 produk yang masuk kedalam 2 kategori, yaitu Wix dan WordPress.

Oleh karena itu, bagaimana kalau kita bahas satu per satu apa saja perbedaan dari Wix vs WordPress agar kamu lebih paham akan memakai yang mana? Dua tools yang digunakan untuk membuat website ini memiliki fungsi yang sama, hanya saja dasar pembangunan Wix vs WordPress berbeda. Oke, mari bahas 2 tools ini lebih jauh.

Wix

Mengusung konsep web builder, Wix dirintis pada tahun 2006 dengan keunggulan produk yang simple, mudah digunakan, dan ramah pengguna terutama jika kamu masih pemula. Sejak diluncurkan dan hingga saat ini Wix berhasil digunakan oleh lebih dari 150 juta pengguna. Wix disebut sebagai website builder karena memiliki tools yang mudah digunakan oleh siapapun, pemula yang ingin membuat website yang masih awam mengenai bahasa pemrograman bahkan coding.

Wix membuat user tak perlu memiliki background web development untuk menggunakannya sehingga namanya cukup terkenal di kalangan orang awam. Wix bukan merupakan self-hosted, yang membuat platform ini secara otomatis menyimpan situs dan melakukan sesi online melalui servernya sendiri.

WordPress

Berbeda dengan Wix, WordPress merujuk pada CMS (Content Management System) dimana kamu bisa dengan mudah mengelola, membuat, mengatur dan menyebarkan konten, tampilan hingga kinerja website. Kamu atau siapa saja boleh mengunduh WordPress secara gratis, menggunakannya untuk membuat website, dan mengembangkan ke versi yang lebih baik sesuai kebutuhanmu. Pada awalnya WordPress lebih dikenal banyak kalangan karena merupakan salah satu platform blogging.

Seiring berkembangnya waktu, WordPress yang mudah untuk dikelola menjadi basis pembangunan berbagai tipe website. Berbeda dengan Wix, WordPress merupakan self-hosted platform, dimana kamu harus membeli layanan dan paket hosting sebelum membuat website. Keunggulan WordPress meskipun harus membeli layanan hosting terlebih dahulu, kamu menjadi pusat kontrol dan kebebasan untuk menaikkan performa, keamanan, dan optimasi website.

Keduanya Mudah Digunakan

Anggap saja semua yang akan menggunakan platform ini adalah orang awam yang sama sekali tidak memahami bahasa pemrograman. Maka, platform yang kamu pilih haruslah mudah untuk dipahami dan dioperasikan oleh orang awam sekalipun. Kamu beruntung, Wix vs WordPress menawarkan keunggulan tersebut. Jadi, kamu tidak perlu menghabiskan waktu lama untuk mempelajari kedua platform tersebut.

Wix dan WordPress
Sumber: Pixabay

Indikator Perbandingan Wix vs WordPress

Berikut beberapa indikator yang bisa digunakan untuk lebih menjelaskan bagaimana Wix vs WordPress bisa menjawab kebutuhanmu:

WordPress

  1. Tahap Setup

WordPress memang memberikan layanan gratis, namun kamu tetap harus membeli layanan domain dan hosting. Kamu bisa membeli paket dasar untuk membangun sebuah website dan tak perlu khawatir karena nantinya kamu masih bisa upgrade atau downgrade sesuai kebutuhanmu. Kamu bisa mendapatkan layanan domain dan hosting dengan mengakses domainesia.com. DomaiNesia akan memberimu layanan seputar domain dan hosting sesuai kebutuhanmu dengan harga yang relatif terjangkau. Kamu bisa mencari tahu informasi lebih jauh dengan klik link ini domainesia.com.

  1. Tampilan

Memiliki opsi tema yang tidak terbatas WordPress memanjakanmu dengan berbagai tema gratis yang dapat diakses melalui WordPress Directory. Perlu diperhatikan bahwa setelah menginstal tema, kamu baru bisa memulai mengatur tampilan web. Opsi kustomisasi ini tergantung pada tema yang kamu gunakan. Beberapa tema bisa kamu atur pada hampir semua elemen web, seperti mengganti font, warna pada label, jumlah kolom yang kamu gunakan, hingga visual web.

  1. Manajemen Situs

Pada kategori ini, WordPress unggul dengan memiliki lebih banyak opsi pengaturan yang diperlukan bagi pertumbuhan dan perkembangan website. WordPress menyajikan akses bagi penggunanya secara penuh untuk menggunakan berbagai macam opsi terkait manajemen situs sejak awal mula. WordPress memberi kesempatan untuk kamu dapat melakukan kustomisasi struktur URL, yang hal ini tidak bisa dilakukan pada Wix.

  1. Keamanan

Digunakan sebagai basis pembuatan website, dan menaungi banyak website masalah keamanan pada WordPress menjadi lebih kompleks karena lebih rentan diserang oleh penjahat online. Kamu perlu rajin untuk melakukan update situs, plugin yang kamu gunakan hingga tema untuk tetap selalu aman dari target serangan cyber crime. WordPress memberi kebebasan kamu untuk melakukan kustomisasi pada situs supaya tetap aman dan terlindung dari para hacker dan juga spammer.

  1. Aplikasi Pendukung dan Plugin

Kebebasan pengelolaan yang ditawarkan oleh WordPress bisa jadi kekurangan karena sifatnya yang open source. Kebebasan dalam melakukan kustomisasi dan pengembangan tak heran jika kamu akan disuguhkan dengan pilihan lebih dari 55.000 plugin. Namun perlu diingat bahwa, tidak adanya kontrol kualitas untuk plugin yang kamu pasang di WordPress. Untuk itu, pintar-pintar lah memilih plugin yang paling nyaman untuk digunakan.

  1. Layanan Pelanggan

Secara global, WordPress memberimu dua bentuk support, yaitu knowledge base dan forum. Fitur frequently asked questions (FAQ) juga sengaja ditempatkan di bagian support sehingga kamu tak perlu bertanya ulang ketika menemui masalah yang sama.

Wix dan WordPress
Sumber: Pixabay

Wix

  1. Tahap Setup

Keunggulan Wix dalam tahap awal pembuatan website adalah kemudahan pemakaian, seperti membuat blog atau akun di media sosial. Kamu hanya perlu mengisi email dan password dan terbukalah akun di Wix. Wix juga menyajikan opsi-opsi jawaban dengan tinggal klik. Kamu dimanjakan dengan menghemat waktu dalam mendesain web.

Wix akan melontarkan dua pertanyaan seputar desain yang akan kamu pakai. Pertanyaan itu seperti tema website seperti yang kamu inginkan dengan saran sesuai pilihan jawaban yang sudah kamu berikan sebelumnya. Contohnya, simple, minimal, retro, bounce, glamour, dan lainnya.

  1. Tampilan

Jika kamu sudah akrab dengan menggunakan platform blogging, maka kamu tak perlu bersusah payah menggunakan Wix. Wix memungkinkan user untuk merasakan interface dan pengalaman yang hampir mirip dengan platform blogging Tumblr. Kustomisasi tampilan Wix memang masih terbatas namun fleksibel namun kamu masih disuguhkan dengan adanya opsi untuk mengubah warna, font, menambah animasi ke dalam web.

  1. Manajemen Situs

Unggul dalam hal menyederhanakan yang sulit, dengan Wix kamu tak perlu memikirkan detail teknis, seperti memperbarui platform, mudah melakukan duplikasi, menghapus, hingga mentransfer website. Penawaran yang dilakukan oleh Wix adalah kemudahan manajemen situs.

  1. Keamanan

Secara keamanan Wix bisa memberimu dua alasan mengapa platform ini lebih aman, apa saja?

  • Kamu sebagai user tidak memiliki akses untuk melakukan edit pada fungsionalitas software Wix. Sehingga, website tidak jadi rentan terhadap kejahatan internet karena kurang dukungan keamanan.
  • Wix melakukan update secara otomatis, langsung dari server mereka hal ini memungkinkan kamu tetap aman dan selalu memiliki software yang up to date.
  1. Aplikasi Pendukung atau Plugin

Wix menyediakan aplikasi pendukung yang sudah dirancang dan dipikirkan betul-betul oleh tim mereka. Semua fitur yang ada sudah disesuaikan dengan kemudahan layanan yang Wix berikan. Kamu hanya perlu untuk klik tombol Add agar aplikasi bisa masuk ke web. Lalu, atur tampilan dan konten yang akan kamu pakai dengan tombol Manage.

Meskipun tidak banyak memberikan jumlah pilihan tambahan aplikasi, namun fitur-fitur pendukung mulai chat, online store, blog, member’s area, bookings, forum, paid plans, instagram feed, musik, video, events, hingga jadwal konser dan acara band tertentu (bandsintown).

  1. Layanan Pelanggan

Wix memberimu tiga cara untuk mendapatkan layanan support dengan Online Help Center, Call Center, dan media sosial resmi milik Wix. Wix adalah salah satu dari sekian banyak bisnis yang menggunakan medsos-nya untuk memberikan layanan customer service. Ketika kamu tak mendapatkan jawaban melalui Online Help Center mereka dan ketika tak memiliki waktu untuk mengatur jadwal telpon dengan Wix, maka layanan ini masih bisa digunakan.

Wix dan WordPress
Sumber: Pixabay

Bagaimana pendapat kamu mengenai perbandingan Wix vs WordPress yang kami sajikan? Semoga semakin paham akan kebutuhan untuk memilih platform yang tepat dengan memilih domainesia.com. DomaiNesia akan membantumu dalam membuat website dan tidak akan sesulit yang kamu bayangkan. Semoga bermanfaat!

Ratna Patria


alx bi
April 18, 2020

cekidot bro/sis : https://www.youtube.com/channel/UC1-L_2JpoQpZg5Cd8OfZkWQ

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!