• Home
  • Berita
  • Mengembangkan Bisnis Melalui Website

Mengembangkan Bisnis Melalui Website

Oleh Ratna Patria
No ratings yet.

Dalam dunia bisnis online terdapat banyak platform media promosi yang bisa digunakan untuk memasarkan sebuah produk. Beberapa platform online tersebut misalnya media sosial, email, website bisnis dan lainnya. Semua media memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Akan tetapi bagaimana menyatukan media-media tersebut dalam satu platform yang lebih luas lagi yang dapat kamu kelola sendiri sebagai pelaku bisnis. Media yang dimaksud adalah website.

Manfaat Memiliki Website Bisnis

Jika pada jualan offline pelaku usaha membutuhkan toko sebagai tempat menjual dan memasarkan produknya. Maka dalam dunia digital ada website, yang memiliki fungsi yang sama dengan toko pada bisnis offline. Memiliki website bisnis banyak sekali manfaatnya. Sama seperti toko di bisnis offline, di website pun kamu dapat melakukan pemasaran dan penjualan dalam platform yang sama.

Website Bisnis
Sumber: Pixabay

Manfaat lainnya dengan memiliki website bisnis sendiri adalah kamu dapat membuka toko kamu selama 7 hari 24 jam. Berbeda dengan toko fisik, bisnis online dapat dilakukan kapanpun, sehingga bisnis kamu dapat berjalan terus-menerus. kamu juga tidak perlu mengeluarkan biaya yang banyak seperti yang kamu keluarkan untuk menyewa toko dalam bentuk fisik.

Persiapkan Hal Ini Sebelum Membuat Toko Online

Jika kamu ingin memulai memiliki website bisnis sendiri agar bisnis yang kamu jalani dapat berkembang lebih besar maka kamu perlu memperhatikan beberapa komponen, yaitu:

  1. Konsep yang Menarik dan Kreatif

Setiap pekerjaan membutuhkan konsep yang baik. Kamu harus sudah memiliki konsep sebelum membuat website karena hal tersebut akan memudahkan kamu dalam mengelola website. Jika kamu tidak memiliki konsep yang jelas untuk website kamu maka kamu akan kesulitan dalam management kerja.

  1. Domain

Domain merupakan salah satu komponen penting yang harus kamu miliki. Gunakanlah nama domain yang menarik dan unik. Pilih ekstensi domain yang tepat yang sesuai dengan konsep website bisnis. Kamu bisa menggunakan .COM .ORG .INFO .NET .BIZ .CC .CO.ID, dan lain-lain.

Untuk domain kamu bisa membeli dalam jangka waktu tertentu. Misalnya siklus satu tahun dengan harga tertentu tergantung dari ekstensi domain yang dipilih. Kamu tidak usah khawatir, DomaiNesia adalah provider professional yang menawarkan domain murah tapi tidak abal-abal.

Website Bisnis
Sumber: Pixabay
  1. Hosting

Hosting tidak kalah penting dalam pembuatan website bisnis dengan hosting kamu dapat menyimpan file, data, video, gambar yang akan diupload. Kapasitas pembelian hosting juga berbeda-beda jika kamu pebisnis pemula mungkin kamu dapat mulai membeli hosting dengan kapasitas yang tidak terlalu besar.

Bagi kamu yang membutuhkan banyak tempat penyimpanan untuk database website, kamu bisa membeli hosting dengan kapasitas diatas 2 GB atau membeli Virtual Private Server (VPS). Hal ini bertujuan menghindari website down.

  1. Kemampuan Mengelola Website

Sedikit banyak para pelaku usaha harus memiliki kemampuan mengelola website. Jika kamu tidak memiliki kemampuan ini kamu dapat belajar dasar secara online jika bisnis kamu telah berjalan maka kamu perlu membayar orang untuk mengelola website bisnis kamu.

Untuk mengembangkan sebuah bisnis memang perlu keberanian untuk memulai sesuatu. Dengan memulai membuat website bisnis, kamu sudah memulai langkah untuk mengembangkan bisnis kamu ke pasar yang lebih luas lagi. Dengan memiliki website bisnis juga kamu akan dengan mudah mendapatkan kepercayaan yang lebih dari para calon konsumen kamu.

Karena biasanya untuk menghindari penipuan berkedok online shop para konsumen lebih merasa aman membeli produk-produk yang ditampilkan pada sebuah website bisnis atau memesan langsung di website bisnis kamu.

Website Bisnis
Sumber: Pixabay

Membuat Website Mudah Dengan Instant Deploy

Khusus untuk para pebisnis pemula gak perlu pusing, silahkan mengunjungi DomaiNesia. DomaiNesia adalah salah satu provider professional yang menawarkan berbagai komponen untuk membuat website bisnis kamu. Menariknya, DomaiNesia memiliki fitur yang patut dicoba oleh para pebisnis pemula yaitu Instant Deploy.

Jadi gak pake pusing mikirin gimana nanti desainnya, template, dan lain lain. Coba aja dulu menggunakan instant deploy yang ditawarkan oleh DomaiNesia. Fitur ini memungkinkan para penggunanya secara cepat dan mudah menggunakan berbagai CMS (Content Management System) untuk websitenya. Selamat Mencoba!

Baca Juga : Cara Mudah Buat Website Pribadi Bagi Pemula

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah

This will close in 0 seconds