Layanan Domain Terbaik, Beli di DomaiNesia5 min read

5/5 (1)

Ketika kamu ingin mengunjungi suatu tempat, tentunya kamu harus sudah paham alamat yang akan dituju. Kamu perlu nama jalan, nama pemilik rumah, kode pos, alamat lengkap apapun itu. Tak beda dengan teknologi satelit di angkasa sana, benda tersebut juga membutuhkan informasi alamat dari data untuk keperluan identifikasi.

Hal itu sama halnya dengan ketika kamu berselancar di dunia maya menggunakan gadget. Ada banyak tujuan yang bisa kamu lihat pada layar gadget mu, apapun. Kamu bisa menuju ke apapun sesuai keinginan mu dengan menulis hal apa yang mau kamu tuju.

Kenali Apa Itu Domain

Sering menggunakan internet, tentu kamu sudah mengenal apa itu domain. Domain dijelaskan sebagai alamat fisik pada sebuah web browser. Dalam web browser kamu butuh tujuan, dan nama domain adalah pengarah kamu untuk menuju website tertentu.

Domain terdiri dari dua elemen dalam kata yang digunakan sebagai “nama”. Apa saja? Ada nama website dan juga ekstensi nama domain. Nama website adalah kata yang digunakan untuk menjadi identitas agar dikenali.

Sedangkan ekstensi adalah nama domain yang digunakan untuk mengarahkan ke website yang dimaksud. Misalnya Facebook[dot]com, facebook adalah nama website dan [dot]com adalah ekstensi domain yang dipilih untuk nantinya akan mengarah ke Facebook.

beli domain domainesia

Sumber: Pixabay

Cara Kerja Domain

Setelah paham atas penjabaran terkait nama domain dan nama website, lalu bagaimana cara kerja domain yang kita miliki? Sesuai nama domain yang kamu miliki maka orang lain akan melakukan identifikasi kamu sesuai dengan nama domain yang kamu cantumkan. Domain sebagai pengarah untuk terhubung ke website kamu.

Tanpa domain maka orang akan memasukkan IP yang berisi rangkaian angka yang akan ditujukan ke website kamu. Hal ini cukup rumit karena harus mengingat rangkaian angka untuk mengakses.

Dengan domain maka, kamu akan dimudahkan. Contohnya, facebook.com adalah nama domain dengan IP 120.34.56.78. Itu baru satu nama domain dengan rangkaian angka IP seperti itu, bagaimana dengan banyaknya website yang akan kamu tuju? Rumit bukan?

Maka, domain memudahkan kamu untuk secara otomatis diarahkan ke alamat tujuan sesuai IP mereka dengan menuliskan kata kunci. Lantas, setelah mengetahui apa itu domain, apa yang harus dilakukan? Yep, memilih nama domain.

Memilih Nama Domain

Memilih nama domain adalah hal yang perlu kamu pikirkan sebelum beli domain DomaiNesia. Pemilihan nama domain disesuaikan dengan kebutuhanmu dan tidak bisa dilakukan sembarangan. Mengapa tidak bisa sembarangan? Karena penulisan nama domain ini diatur oleh lembaga internasional yaitu Internet Corporation for Assigned Names and Numbers (ICANN). Berikut tips memilih nama domain yang bisa kamu lakukan:

  1. Kamu harus melakukan riset

Memilih nama domain tidak bisa asal, karena siapa tahu nama tersebut sudah dimiliki oleh orang lain. Untuk itulah kamu memerlukan riset. Riset ini berguna untuk mengetahui apakah nama domain yang kamu pilih sudah terpakai atau belum. Umumnya domain berisi satu hingga dua kata dengan tambahan ekstensi tertentu. Misal kebunpadi,org, kelapamuda.com, rahayu.com dan lain sebagainya. jadi, sebelum kamu beli domain DomaiNesia, sangat disarankan untuk meriset nama terlebih dahulu.

  1. Nama yang mudah diidentifikasi

Setelah melakukan riset maka kamu harus menyiapkan atau memilih nama domain yang akan kamu gunakan. Nama ini haruslah yang mudah diingat dan tidak rumit. Hal ini terkait dengan kemungkinan kemudahan kunjungan yang dilakukan oleh orang lain. Umumnya orang-orang suka dengan nama yang sederhana yang merujuk pada sesuatu dan unik. Contohnya barangunik.com, souvenir.id, bonekalucu.net dan lain-lain.

beli domain domainesia

Sumber: Pixabay

  1. Sesuaikan Isi

Nama website yang kamu pilih atau bangun haruslah sesuai dengan isi yang akan kamu sampaikan. Nama domain merepresentasikan isi website, sehingga dengan identifikasi nama domain, secara tidak langsung pengguna sudah bisa menebak apa isi website yang kamu sajikan.

  1. Pemilihan provider domain

Setelah persiapan yang kamu lakukan dirasa cukup, maka kamu selanjutnya adalah mencari perusahaan penyedia layanan domain dan hosting yang bisa dipercaya. DomaiNesia adalah salah satu penyedia layanan domain dan hosting yang sudah berpengalaman untuk membantu kamu dalam penyediaan domain. Jadi, jangan ragu untuk beli domain DomaiNesia, ya.

Beli Domain di DomaiNesia

DomaiNesia menyediakan beragam kebutuhan terkait penyediaan domain dan hosting dengan beragam paket yang bisa disesuaikan dengan kebutuhanmu. Domain memiliki sifat yang harus diperpanjang secara berkala pada jangka waktu tertentu sebelum kadaluarsa (expired). Ketika kamu akan memperpanjang domain yang kamu gunakan, maka harga yang ditawarkan juga berubah dari pembelian pertama yang kamu lakukan.

Untuk itu, DomaiNesia memiliki beragam paket harga dan paket domain yang beragam tentunya dengan harga yang murah. Bahkan untuk beberapa domain, ada penawaran spesial yang diberikan. Kamu bisa memilih ekstensi domain dengan daftar harga yang terjangkau sesuai kebutuhanmu. Sebelum beli domain DomaiNesia, kamu bisa cek harga domain dengan mudah untuk mengetahui penawaran harganya.

Mengapa DomaiNesia?

DomaiNesia merupakan salah satu provider penyedia layanan domain dan web hosting yang telah melayani lebih dari 95.000 pengguna baik itu di Indonesia maupun mancanegara. DomaiNesia mampu memberikan layanan terkait registrasi nama domain dan layanan web hosting dengan kualitas layanan terbaik dan harga terjangkau. Kamu tidak perlu ragu untuk beli domain DomaiNesia karena kualitasnya sudah terjamin.

DomaiNesia memungkinkan kamu memilih lokasi server di 5 negara yaitu London (UK), US (Dallas), Jepang (Tokyo), Singapura, dan ID (Indonesia). Server yang berlokasi di berbagai negara ini tidak menghambat kamu untuk mengetahui status dari server ini karena DomaiNesia secara real time menampilkan status.

Hal ini berpengaruh pada tingkat responsi terhadap gangguan ketika server down menjadi lebih mudah untuk diketahui dan segera ditangani. Dan masih banyak lagi kelebihan lain dari DomaiNesia yang patut kamu coba.

beli domain domainesia

Sumber: Pixabay

Semoga ulasan tersebut dapat membantu kamu sebelum membuat website. Jangan lupa untuk mengunjungi DomaiNesia untuk info lebih lengkap terkait layanan domain dan hosting yang terpercaya. Selamat mencoba!

Please rate this

Pindah ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!

1 komentar

  1. Avatar sultan berkata:

    keren bermanfaat sekali kak

Komentar