• Home
  • Berita
  • Apa Itu Mikrotik? 20+ Ulasan Lengkap Mikrotik

Apa Itu Mikrotik? 20+ Ulasan Lengkap Mikrotik

Oleh Ayoni Sulthon
5/5 (1)
apa itu Mikrotik

 

Dahulu sebelum ada smartphone, banyak sekali tersedia warung internet atau yang biasa disingkat warnet. Layanan internet yang ditawarkan warnet menggunakan teknologi yang disebut Mikrotik. Pemilik warnet dapat mengatur jaringan internet melalui satu buah komputer yang kemudian koneksinya disebar ke komputer lain yang ada di warnet.

Meskipun saat ini warnet sudah tidak booming, tetapi teknologi Mikrotik tetap eksis dan dipakai pada perkantoran. Bagi kamu yang belum terlalu paham mengenai apa itu Mikrotik, maka perlu menyimak artikel ini sampai selesai. Informasi yang berkaitan dengan Mikrotik akan dibahas secara singkat, jelas, dan padat di sini.

Apa Itu Mikrotik?

Teknologi mikrotik adalah teknologi yang digunakan untuk menyediakan layanan internet dengan menjadikan suatu komputer sebagai router jaringan. Sebagian besar layanan mikrotik ini dipakai oleh perusahaan yang memberikan layanan pembuatan jaringan komputer, baik skala besar atau kecil.

Mikrotik ini memiliki perbedaan dibandingkan dengan sistem operasi jaringan yang lama. Teknologi tersebut memiliki keunggulan dalam fitur wireless, sehingga tidak heran bila teknologi tersebut mampu menjadi perangkat sistem operasi yang ringan. Berkat keunggulan itu juga ada banyak instansi maupun perkantoran yang memanfaatkan mikrotik.

apa itu mikrotik

Hanya saja memang pengertian akan mikrotik dan router ini seringkali membingungkan orang awam. Padahal keduanya jelas berbeda dimana router merupakan salah satu hardware yang berperan dalam menghubungkan dua buah jaringan. Jelas sangat berbeda sekali dengan pengertian Mikrotik bukan.

Fungsi dari Mikrotik

Ada banyak orang yang ingin berlangganan mikrotik akan menanyakan tentang apa saja fungsi dari teknologi tersebut. Setidaknya ada 6 buah fungsi dari mikrotik yang bisa kamu simak di bawah:

  • Memblokir Situs-Situs Negatif

Admin pada komputer yang menjadi pusat jaringan mikrotik memiliki kemampuan untuk memblokir situs-situs yang berisikan konten tidak baik. Proxy mikrotik yang dipakai selalu mendukung program pemerintahan, misalnya internet positif.

  • Mengatur LAN

Fungsi berikutnya dari mikrotik adalah mengatur dan melakukan konfigurasi terhadap LAN. Tugas mikrotik yang satu ini juga penting peranannya dalam dunia jaringan internet secara lokal.

  • Mengatur Jaringan Internet

Mikrotik yang dipasang pada sebuah komputer perusahaan biasanya dipegang oleh admin. Sudah menjadi tugas admin untuk mengelola jaringan internet dalam sebuah perusahaan maupun perkantoran.

  • Bisa Dipakai sebagai Billing Hotspot

Apa fungsi Mikrotik selanjutnya bisa dipakai sebagai pengatur billing hotspot yang mana merupakan salah satu software billing yang berguna dalam perhitungan tarif setiap kali menggunakan internet atau jaringan wifi. Penggunaan billing hotspot ada di kos-kosan, kampus, game center, café, warnet, dan lain-lain.

  • Dipakai dalam Pembuatan PPPoE Server

Apa fungsi Mikrotik juga dipakai pada pembuatan PPPoE server. PPPoE server memiliki kepanjangan Point-to-Point Protocol over Ethernet. Protokol yang satu ini berfungsi dalam enkapsulasi Point-to Point Protocol frame yang ada dalam frame Ethernet.

  • Memisahkan Bandwidth

Bandwidth itu ada dua kategori yakni bandwidth traffic internasional dan lokal. Mikrotik mampu memisahkan kedua bandwidth tersebut,

Berbagai Macam Mikrotik

Apa itu Mikrotik sendiri ada dua macam, yakni mikrotik RouterOS dan Mikrotik RouterBoard. Keduanya memiliki perbedaan, sehingga kamu perlu mencari lebih lanjut sebelum menggunakan layanan mikrotik ini.

  1. Mikrotik RouterOS

Mikrotik RouterOS adalah sebuah sistem operasi yang berbasiskan UNIX dan mampu membuat komputer biasa jadi mampu menyediakan router, firewall, bridge, hotspot, VPS, dan lain-lain. Sebagian besar orang lebih memilih mikrotik jenis yang satu ini dan penggunaannya sangat mudah dilakukan.

  1. Mikrotik RouterBoard

Mikrotik yang satu ini berbeda sekali dengan mikrotik yang pertama, karena mikrotik pertama berupa software. Mikrotik RouterBoard ini adalah sebuah perangkat keras yang ukurannya kecil dan terdiri atas banyak komponen penting, seperti RAM, ROM, processor, memory flash, dan lain-lain.

Harga dari mikrotik yang dikemas dalam bentuk perangkat keras ini ditawarkan dengan harga bervariasi ke masyarakat. Semakin baik kualitas perangkatnya, maka dapat memberikan layanan jaringan yang semakin baik.

Cara Menghubungkan Mikrotik ke Internet

Kamu juga perlu tahu cara menghubungkan mikrotik ke jaringan internet. Langkah pertama kamu perlu melakukan konfigurasi terhadap beberapa hal, seperti IP Address, default route, Masquerade, dan lain-lain. Apabila proses konfigurasi sudah selesai, maka kamu bisa segera melanjutkan proses berikutnya dengan mengatur IP Address yang ada di interface saat sudah tersambung ISP. Masukkan IP yang ada pada alat dan lakukan test dengan menggunakan fitur Ping. Tujuan Ping adalah ke alamat IP ISP maupun gateway. Langkah selanjutnya, kamu hanya perlu melakukan konfigurasi default router dengan menggunakan gateway IP. Kamu perlu kembali mengecek untuk menguji apakah sudah ada koneksi internet atau belum.

Kemudian atur bagian DNS server menuju server Google dengan mengetikkan IP. Berikutnya beri centang pada perintah Allow. Sisanya kamu hanya perlu menguji dengan menggunakan Ping ke seluruh URL untuk bisa mengetahui apakah mikrotik sudah terhubung dengan benar dan bisa akses banyak jaringan internet.

Cara Mencegah Router Diretas

Mikrotik routerOS bisa diretas, sehingga kamu perlu melakukan beberapa langkah guna mencegahnya. Kamu penasaran dengan bagaimana langkah-langkah mencegahnya, mari lihat berikut ini.

  1. Rajin Mengganti Password Wifi

Siapa yang tidak suka dengan internet gratis, itu merupakan prinsip yang sering dipikirkan oleh generasi jaman sekarang. WiFi bisa dibobol passwordnya akibat tidak sering diganti, sehingga kamu yang berlangganan mikrotik perlu melakukan penggantian password secara rutin. Semakin sering berganti password semakin baik.

Bahkan pemilik café dan bisnis sering sekali mengganti password WiFi mereka. Tujuannya ya mudah saja, untuk menghindari orang tidak berwenang yang masuk memanfaatkan internet. Usahakan menggunakan password kombinasi angka dan huruf untuk membuat tidak mudah dibajak oleh orang lain.

  1. Rutin Memeriksa Pengguna Wifi

Jika kamu sudah mulai sering mengganti password secara rutin, maka selanjutnya kamu harus paham cara memeriksa siapa saja yang menggunakan WiFi. Ini biasanya mudah dilakukan bagi pemilik café maupun WiFi yang dipasang di rumah, karena kamu bisa tahu siapa saja yang ada dalam satu bangunan.

Cara melakukan pengecekan pengguna WiFi bisa dilihat dari halaman pengaturan WiFi. Kamu akan bisa mengetahui ada berapa perangkat yang tersambung ke WiFi dari sana. Saat ada perangkat asing lain yang tersambung di WiFi, maka kamu perlu waspada. Bisa jadi itu adalah orang yang berhasil meretas password WiFi yang dipasang.

Sedangkan memantau pengguna WiFi dari Android kamu bisa langsung kamu lihat di bagian setting WiFinya, biasanya smartphone Android sudah dapat langsung mendeteksi ada berapa perangkat yang tersambung pada komputer.

  1. Menggunakan Aplikasi Pemantau

Kalau sistem operasi kamu Windows, kamu bisa menggunakan software WiFi Scanner, seperti Acrylic WiFi. Alhasil, kamu akan bisa tahu ada perangkat asing atau tidak yang akses WiFi. Untuk Windows 10, terdapat versi gratis dari aplikasi Acrylic WiFi dan bagi kamu yang berminat download bisa membuka situsnya di acrylicwifi.com

Jika kamu adalah pengguna Mac, maka kamu bisa memanfaatkan Who Is On My WiFi. Kamu akan dapat mengerti ada berapa banyak perangkat yang terhubung ke WiFi. Saat ada perangkat asing, saatnya kamu mengganti password.

Ayoni Sulthon

SEO Strategist DomaiNesia, ask me all about SEO


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!