• Home
  • Berita
  • Apa Itu Mikrotik? 20+ Ulasan Lengkap, Pengertian dan Kelebihan

Apa Itu Mikrotik? 20+ Ulasan Lengkap, Pengertian dan Kelebihan

Oleh Ayoni Sulthon
apa itu Mikrotik

Dahulu sebelum diciptakan ponsel pintar, atau biasa kita sebut smartphone, banyak orang ketika ingin mengakses internet mereka pergi ke Warnet atau juga disebut warung internet. Koneksi internet yang dijual disana memakai teknologi Mikrotik. Pemilik warnet bisa dengan mudah mengatur pemakaian jaringan internet melalui komputer admin dan selanjutnya koneksinya akan dibagikan ke user-user lain yang ada di Area warnet.

Meskipun di era modern saat ini nama warnet sudah tidak lagi terkenal, akan tetapi teknologi Mikrotik ini tetap dipakai untuk keperluan perkantoran dan bisnis. Selanjutnya, kita sebut Mikrotik dengan “teknologi jaringan”

Apa itu Mikrotik?

Mikrotik merupakan salah satu teknologi yang biasa digunakan untuk mengembangkan layanan internet yang ada menjadi beberapa paket, sehingga bisa digunakan oleh berbagai perangkat komputer. 

Mikrotik adalah teknologi jaringan yang dipakai untuk menyediakan layanan internet dengan menjadikan suatu komputer sebagai router jaringan (admin). Sebagian besar layanan ini dipakai oleh perusahaan yang memberikan layanan pembuatan jaringan komputer, baik skala kecil maupun skala yang lebih besar.

Teknologi jaringan ini memiliki perbedaan dibandingkan dengan sistem operasi jaringan yang lama. Teknologi jaringan ini memiliki keunggulan dalam fitur wireless, sehingga tidak heran bila teknologi mikro tik ini mampu menjadi hardware sistem operasi yang sangat ringan. karena kemampuanya itu banyak sekali bisnis dan usaha perkantoran yang menggunakan layanan Teknologi jaringan ini .

apa itu mikrotik

Memang orang awam sering salah mengartikan perbedaan mikrotik dan router, karena Teknologi jaringan ini peranya hampir sama, yaitu untuk membuat jaringan komputer. Pada kenyataanya keduanya memiliki perbedaan yang sangat besar, yaitu router adalah sebuah hardware yang berfungsi menghubungkan jaringan yang berbeda. Sedangkan Teknologi jaringan ini adalah sistem untuk membagi jaringan menjadi jaringan terpusat.

Sejarah Mikrotik

Menilik dari sejarahnya, Mikrotik awalnya merupakan sebuah perusahaan kecil yang diprakarsai oleh Arnis Riekstins dan John Trully di Latvia. Proyek Mikrotik terjadi pada sekitar tahun 1966 dimana saat itu Arnis dan John mengkombinasikan sistem operasi Linux dan DOS dengan teknologi wireless hingga berkecepatan 2 Mbps.

Seiring waktu berjalan, konsep dasar Mikrotik kemudian berubah dari awalnya sebuah wireless ISP menjadi program router yang bisa digunakan oleh seluruh dunia.

Kelebihan Mikrotik

Banyak sekali kelebihan mikrotik yang bisa kamu rasakan saat memakainya, diantaranya adalah

  1. Harga paling terjangkau dengan fitur terlengkap
  2. Membutuhkan sedikit tempat
  3. Memiliki banyak fitur yang flexibel
  4. Spesifikasi yang bermacam-macam bisa disesuaikan dengan kebutuhan user
  5. Memiliki tampilan yang user friendly dan mudah dioperasikan.
  6. Memiliki beragam port jaringan
  7. Dapat mendukung banyak model dan jenis ethernet
  8. Dapat digunakan untuk jaringan dengan skala kecil, menengah, hingga skala yang luas
  9. Terdapat update berkala untuk keamanan
  10. Mendapatkan dokumentasi dari update terbaru
  11. Dapat digunakan hingga jangka panjang
  12.  Flexibel dibawa kemana-mana karena ukuranya yang compact
  13. Hemat energi listrik
  14. Dapat digunakan sebagai router
  15. Dapat digunakan sebagai repeater

Kekurangan Mikrotik

Adapun kekurangan dari teknologi jaringan ini antara lain :

  1. Pengoperasian harus dilakukan oleh orang yang memiliki kemampuan atau sudah mengikuti pelatihan khusus
  2. Memiliki jumlah slot ethernet, hub, dan switch yang terbatas
  3. Terbatas dengan jaringan internet skala kecil dan sedang, namun belum mampu dengan jaringan internet skala besar (WAN)

Fungsi dari Mikrotik

Banyak sekali orang yang ingin berlangganan teknologi ini, namun bertanya-tanya apa saja fungsi lengkap dari teknologi jaringan ini. Berikut adalah fungsi-fungsinya

  1. Firewall dan NAT

    Teknologi jaringan ini mampu membuat firewall dan NAT (Network Address Translation) yaitu membatasi jaringan atau IP address yang dapat mengakses jaringan.

  2. Hotspot

    Dengan teknologi jaringan ini bisa membuat hotspot di area umum, dan hanya beberapa orang yang mengetahui password sajalah yang dapat mengakses jaringan internet.

  3. Blok Situs-Situs Negatif/Porno

    Admin pada komputer yang menjadi pusat jaringan memiliki akses untuk memblokir situs-situs terlarang. Dengan manajemen proxy yang digunakan bisa mendukung program pemerintahan, seperti penggunaan internet positif.

  4. Mengatur LAN

    Fungsi selanjutnya adalah dapat mengubah konfigurasi LAN. Tugas dari jaringan ini mampu mengatur penggunaan jaringan lokal (LAN)

  5. Mengatur Jaringan Internet

    Mikrotik yang install di komputer perusahaan biasanya dipakai sebagai admin. Admin ini bertugas untuk mengatur jaringan komputer di sebuah perusahaan maupun perkantoran.

  6. Bisa dipakai sebagai billing koneksi internet

    Apa Fungsi Mikrotik selanjutnya adalah sebagai pengatur billing hotspot internet yang biasa dipakai dalam perhitungan tarif pemakaian internet atau jaringan wifi di sebuah cafe. Penggunaan sebagai biling ini biasa dipakai di kos-kosan, kampus, game center, cafe, warnet, dan lain-lain.

  7. Dipakai dalam Pembuatan PPPoE Server

    Apa fungsi selanjutnya adalah digunakan pada pembuatan PPPoE server. PPPoE server adalah singakatan dari Point-to-Point Protocol over Ethernet. Protokol ini berguna untuk enkapsulasi Point to Point Protocol frame yang ada dalam frame Ethernet.

  8. Memisahkan Bandwidth

    Bandwidth adalah terdapat dua kategori yaitu, bandwidth internasional dan lokal. Fungsi dari mikrotik dapat memisahkan bandwidth lokal maupun internasional.

Jenis-jenis Mikrotik

Jenis-jenis mikrotik ada dua macam yaitu, RouterOS dan RouterBoard. Keduanya memiliki perbedaan mendasar, sehingga kamu perlu mengetahui perbedaanya sebelum membeli layanan jaringan ini.Mikrotik RouterOS

  1. Mikrotik RouterOS

RouterOS merupakan sistem operasi berbasis UNIX dan dapat menjadikan komputer biasa berubah menjadi router, firewall, bridge, hotspot, VPS. banyak orang lebih memilih RouterOS karena penggunaannya paling mudah dibandingkan routerBoard.

  1. Mikrotik RouterBoard

RouterBoard berbeda dengan mikrotik yang RouterOS, karena pada teknologi jaringan yang pertama menggunakan software. Sedangkan RouterBoard ini merupakan sebuah perangkat keras yang berukuran kecil dan memiliki komponen-komponen penting, diantaranya adalah RAM, ROM, processor, memory flash, dan lain-lain.Mikrotik RouterBoard

Cara Agar Mikrotik Terhubung Ke Internet

Bagaimana cara menghubungkan teknologi jaringan ini ke internet?
1. Konfigurasi hal-hal berikut ini : IP Address, Masquerade, default route, dan lain-lain.
2. Mengatur konfigurasi IP Address jika sudah tersambung ke ISP
3. Masukkan IP yang terdapat pada alat lalu test dengan fitur Ping.
4. Konfigurasi default router dengan memakai gateway IP.
5. Cek apakah sudah ada koneksi internet apa belum.

Cara Menghindari Mikrotik Diretas

Mikrotik routerOS dapat diretas oleh orang yang tidak bertanggung jawab, oleh sebab itu admin harus melakukan beberapa upaya agar para peretas tidak dapat melakukan hal-hal yang tidak di inginkan, berikut ini ini adalah hal-hal yang perlu dilakukan oleh seorang admin mikrotik.

  1. Mengganti Password Wifi Secara Rutin

Siapa yang tidak tertarik dengan wify gratis, itu merupakan prinsip yang sering dipikirkan oleh generasi jaman sekarang. WiFi mudah di bobol karena tidak pernah di ganti paswordnya selama beberapa waktu, kamu perlu mengganti password wify secara rutin agar pasword wifimu tidak bocor ke orang lain.

Bahkan pemilik café dan bisnis sering sekali mengganti password WiFi mereka. Tujuannya ya mudah saja, untuk menghindari orang tidak berwenang yang masuk memanfaatkan internet. Usahakan menggunakan password kombinasi angka dan huruf untuk membuat tidak mudah dibajak oleh orang lain.

  1. Rutin Memeriksa Pengguna Wifi

Jika kamu sudah mulai sering mengganti password secara rutin, maka selanjutnya kamu harus paham cara memeriksa siapa saja yang menggunakan WiFi. Ini biasanya mudah dilakukan bagi pemilik café maupun WiFi yang dipasang di rumah, karena kamu bisa tahu siapa saja yang ada dalam satu bangunan.

Cara melakukan pengecekan pengguna WiFi bisa dilihat dari halaman pengaturan WiFi. Kamu akan bisa mengetahui ada berapa perangkat yang tersambung ke WiFi dari sana. Saat ada perangkat asing lain yang tersambung di WiFi, maka kamu perlu waspada. Bisa jadi itu adalah orang yang berhasil meretas password WiFi yang dipasang.

Sedangkan memantau pengguna WiFi dari Android kamu bisa langsung kamu lihat di bagian setting WiFinya, biasanya smartphone Android sudah dapat langsung mendeteksi ada berapa perangkat yang tersambung pada komputer.

  1. Menggunakan Aplikasi Pemantau

Kalau sistem operasi kamu Windows, kamu bisa menggunakan software WiFi Scanner, seperti Acrylic WiFi. Alhasil, kamu akan bisa tahu ada perangkat asing atau tidak yang akses WiFi. Untuk Windows 10, terdapat versi gratis dari aplikasi Acrylic WiFi dan bagi kamu yang berminat download bisa membuka situsnya di acrylicwifi.com

Jika kamu adalah pengguna Mac, maka kamu bisa memanfaatkan Who Is On My WiFi. Kamu akan dapat mengerti ada berapa banyak perangkat yang terhubung ke WiFi. Saat ada perangkat asing, saatnya kamu mengganti password.

Ayoni Sulthon

SEO Strategist DomaiNesia, ask me all about SEO and Digital Marketing.


Gus Nando
January 6, 2021

Personal branding juga penting ketika kita ingin menjual sebuah service/produk, dari sana kita bisa mendapatkan kesan bahwa memang benar kita mahir di bidang tersebut.

sandra
December 31, 2020

Salam Hangat, Kunjungi juga web kami http://stisipolp12.ac.id/

Asikin Aja
October 27, 2020

Asikinaja.com - sangat bermanfaat ka, bagaimana kalau offpage seo nya?

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!