• Home
  • Berita
  • Bandwidth Adalah? 10+ Pengertian dan Fungsi Bandwidth (Lengkap)

Bandwidth Adalah? 10+ Pengertian dan Fungsi Bandwidth (Lengkap)

Oleh Ratna Patria

Apakah ada dosen kalian yang bertanya apa itu bandwidth? atau kalian sedang mencari bandwidth adalah untuk keperluan kuliah? ataukah kamu mencari pengertian bandwidth karena hosting kamu sudah kehabisan bandwidth? Tenang, DomaiNesia akan jelaskan semuanya dengan sangat detail.

Pengertian Bandwidth adalah

Bandwidth adalah volume informasi per unit waktu yang bisa ditangani oleh media transmisi, misalnya koneksi internet. Koneksi internet dengan bandwidth yang lebih besar bisa memindahkan sejumlah data (misalnya file video) jauh lebih cepat daripada koneksi internet dengan bandwidth yang lebih rendah. Bandwidth biasanya dinyatakan dalam bit per detik, misalnya 60 Mbps untuk menjelaskan kecepatan transfer data 60 juta bit (megabit) per detik.
Bahasa teknis dari bandwidth adalah maksimal besar transfer yang bisa dilakukan dalam satu waktu saat pertukaran data.

Fungsi lain yang belum disebutkan tentang bandwidth adalah sebagai pembagi kecepatan data transfer. Pembagi data transfer ini sangatlah penting karena digunakan untuk mendistribusikan kecepatan transfer data secara adil ke semua user. Agar semua user tidak saling berebut dengan kecepatan transfer bandwidth.

Contohnya seperti pada saat kamu mendownload game, maka server akan meminta dan mengirim data dalam jumlah yang besar, dan pada saat itu juga permintaan mendownload game ini akan membanjiri bandwidth di jaringan. Jika tidak dibatasi, maka akan sangat bedampak pada koneksi user lain.

Satuan dalam bandwidth adalah

Satuan yang digunakan untuk menghitung besaran satuan bandwidth adalah bits per second atau sering disingkat sebagai bps.
bit atau binary digit merupakan 2 angka yang terdiri dari angka 0 dan 1. I/O
Satuan dalam bandwidth ini menggambarkan banyaknya bit yang dapat mengalir dari tempat satu ke tempat yang lain per detiknya.

Bandwidth merupakan sebuah konsep dasar pengukuran dalam pelajaran jaringan komponen komputer atau sisjarkom.
Kecetapan pengukuran bandwidth sangat tergantung dengan hukum fisika dan jenis teknologi. Kecepatan bandwidth sangat tergantung dengan jarak media, teknologi dan kapasitas penampang.

Adapun beberapa media yang bisa dihitung sebagai berikut.

bandwidth adalah

Bandwidth internet adalah

Bandwidht internet adalah satuan transfer yang bisa dilakukan dalam satuan detik, contohnya kecepatan internet suatu provider adalah 20 Mbps untuk download dan 4 Mbps untuk upload, itu artinya kecepatan transfer sebuah file bandwidth internet saat download / mengunduh maksimal adalah 20 Mbps dan kecepatan transfer upload / unggah adalah 4 Mbps.

Throughput Bandwidth

Throughput bandwidth adalah aktual bandwidth yang diukur dalam sebuah ukuran waktu tertentu dalam suatu hari menggunakan rute internet yang spesifik saat kamu sedang mendownload file tertentu.

Berapa Banyak Bandwidth yang Kamu Perlu?

Berapa banyak bandwidth yang kamu perlu tergantung pada apa yang ingin kamu lakukan dengan koneksi internet. Yang jelas, semakin besar bandwidth yang kamu punya, lebih baik. Tapi perlu juga disesuaikan dengan pengeluaran kamu, ya DomaiNesians. Kalau kamu tidak ada plan khusus, seperti membuka social media atau streaming drama Korea, plan yang berkecepatan rendah mungkin akan baik-baik saja. Tetapi jika kamu punya beberapa TV untuk streaming, beberapa komputer, tablet dan perangkat lain untuk melakukan hal-hal penting, kamu perlu bandwidth yang lebih besar.

Contoh Bandwidth Pada Komputer

Contoh bandwidth pada komputer generasi kedua adalah seperti koneksi jaringan komputer (jarkom) dimana kecepatan koneksi Local Area Network saat transfer data yang dihitung per detik biasanya adalah 100 Mbps. Jadi bandwidth pada jaringan komputer tersebut adalah 100 Mbps.

Jenis Bandwidth

Dua jenis bandwidth ini dibedakan berdasarkan jenisnya. Kedua jenis bandwidth adalah digital dan analog. Bandwidth digital memberikan informasi mengenai kapasitas dengan cara digital. Data yang ditampilkan berupa kapasitas yang digunakan dalam saluran transmisi dalam satuan bit, baik menggunakan kabel maupun nirkabel. Sementara untuk bandwidth analog, satuan yang digunakan untuk menghitung adalah Hertz (Hz). siklus ini akan menentukan seberapa banyak informasi yang bisa ditransmisikan oleh jaringan dalam waktu tertentu.

Badwidth Digital

Bandwidth digital merupakan satuan jumlah pulsa per detik yang diukur dalam bit per detik (bps). Misalnya, Ethernet mentransmisikan pada kecepatan yang berbeda, termasuk 10 Mbps, 100 Mbps dan 1000 Mbps. Dan yang terpenting Bandwidth digital di transmisikan secara digital, bisa menggunakan kabel atau jaringan wify.

Bandwidth Analog

Bandwidth analog adalah biasa digambarkan dengan rentang frekuensi (dalam Hz) dan sinyal yang di dapat diukur secara tepat. Bandwidth analog adalah frekuensi di mana amplitudo yang diukur adalah 3 dB di bawah amplitudo sinyal yang sebenarnya dan dihitung dalam satuan Hertz (Hz)

Manajemen bandwidth

Manajemen bandwidth merupakan alur yang dipakai untuk memberikan saluran tertentu yang digunakan untuk download dan upload. Tujuannya dari manajemen bandwidth adalah supaya kualitas transfer memberikan hasil terbaik.

Ada beberapa metode untuk majamen bandwidth dantara lain adalah

  • Discard packet: yaitu cara atau metode yang dilakukan dengan membuang traffic yang telah melewati batas ukuran tertentu.
  • Queueing: yaitu cara untuk mengklasifikasikan paket. Paket akan diletakan sesuai dengan aturannya. lalu, bandwidth secara otomatis melakukan schedul pada data yang akan dikirim. PCQ, HTB, RED, CBQ, adalah algoritma yang paling sering dipakai untuk pengukuran metode ini.
  • TCP rate control: yaitu cara yang di pakai untuk mengatur transmisi data berdasarkan besaran pengaturan dari ukuran Windows TCP. sayangnya hanya bisa diaplikasikan dengan layanan yang memakai TCP saja.

Bandwidth Sering Diumpamakan Dengan Pipa

Data untuk bandwidth adalah sama dengan jumlah air pada pipa dengan ukuran tertentu. Ketika bandwidth bertambah, begitu pula jumlah data yang dapat mengalir dalam jumlah waktu tertentu. Sama seperti ketika diameter pipa meningkat, jumlah air yang dapat mengalir pun kan meningkat. Kalau kamu sedang streaming film, kakak dan adik bermain game online, lalu ibu kamu mengunduh cara memasak masakan Turki, dan ayah kamu menonton video online kiriman grup reuni sekolah, bisa jadi keluarga kamu akan merasa internetnya melambat. Ini ada hubungannya dengan bandwidth.

satuan dalam bandwidth adalah
Sumber: Pixabay

Seumpama pipa air dengan ukuran yang sama, kemudian keran di kamar mandi dan di halaman dihidupkan. Maka tekanan di setiap titik akan berkurang. Pipa air di rumah adalah bandwidth, keran yang dihidupkan adalah aktivitas internet yang kamu lakukan, dan tekanan air adalah “kecepatan” di setiap perangkat. Besarnya bandwidth adalah seberapa besar kamu bisa membeli layanannya. Meskipun kamu bisa melakukan streaming tanpa terputus, ketika ada perangkat lain mengunduh file, kapasitas tersebut akan terbagi ke perangkat lain.

Pembelian Bandwidth

Bandwidth sering dibeli oleh perusahaan telekomunikasi. Sebagian besar bandwidth dijual dengan “Up To” yang artinya pembeli mungkin mendapatkan hingga 40 MB/s. Namun hal yang perlu diketahui adalah kamu tidak selalu memiliki kecepatan tersebut saat menggunakan koneksi. Kecepatan bisa jadi lebih tinggi atau lebih rendah pada waktu-waktu tertentu dalam satu hari. Pengukuran bandwidth adalah dengan membebankan biaya untuk penggunaan tertentu. Misalnya pemilik situs membayar host situs web hanya untuk jumlah bandwidth yang digunakan oleh situs web tertentu selama tiga bulan.

bandwidth adalah
Sumber: Pixabay

Tips Kecil Terkait Bandwidth

Beberapa download manager mendukung kontrol bandwidth. Seperti halnya beberapa berbagai layanan backup service online seperti Cloud dan Torrent. Kedua layanan tersebut sangat berurusan dengan bandwidth yang besar, jadi masuk akal kalau mereka memiliki opsi untuk membatasi akses. Jika kamu ingin mengunduh file 10 GB, file yang terhitung sangat besar. Daripada mengunduh selama berjam-jam dengan menggunakan semua bandwidth yang tersedia, kamu bisa menggunakan pengelola unduhan dan meminta program untuk menggunakan 10% dari bandwidth yang tersedia. Yang jelas, ini memang akan menambah waktu mengunduh, namun akan memberikan sisa bandwidth lebih banyak untuk kegiatan lain sembari menunggu unduhan selesai.

Suatu hal lain yang mirip dengan mengontrol bandwidth adalah perlambatan bandwidth atau bandwidth throttling. Ini juga merupakan kontrol bandwidth yang dilakukan secara sengaja. Bandwidth throttling terkadang ditetapkan oleh penyedia layanan internet untuk membatasi jenis traffic tertentu, seperti streaming Netflix atau berbagi file. Bisa juga untuk membatasi semua lalu lintas selama periode waktu tertentu. Kinerja jaringan ditentukan oleh berapa banyak bandwidth yang kamu miliki. Faktor-faktor seperti latensi, jitter dan packet loss yang dapat berkontribusi pada kinerja yang kurang efektif dalam jaringan tertentu. Beberapa elemen lain yang bisa membuat internet menjadi lambat adalah hardware yang sudah lama, virus, add-on pada browser, dan koneksi wifi yang lemah.

Bandwidth Hosting

Apa itu bandwidth pada hosting? Bandwidth pada hosting adalah batasan transfer pada sebuah hosting, jadi jika ada penyedia hosting yang memiliki Bandwidth 100 Gb perbulan, maka batasan transfer download dan upload suatu website adalah 100Gb perbulan. Jika lebih dari itu maka website tidak akan bisa diakses, sekalipun bisa diakses maka website tersebut akan sangat lemot sekali saat dibuka.

Bandwidth hosting unlimited?

Kabar baiknya, Semua jenis hosting DomaiNesia, mulai dari yang paling murah hingga paling mahal menerapkan Bandwidth Unlimited, jadi kamu tidak perlu takut website tidak bisa diakses user atau website lemot karena kehabisan Bandwidth, Karena jumlah Bandwidth DomaiNesia Unlimited.

Banwidth VPS

Banyak sekali penyedia VPS masih memberikan batasan bandwidth untuk proses upload download, Namun berbeda dengan DomaiNesia, karena DomaiNesia menyediakan Bandwidth VPS Unlimited dengan harga paling murah sebulan, tidak hanya itu saja, Kecepatan transfer cloud VPS murah DomaiNesia adalah yang tercepat di Indonesia.

pengertian bandwidth

Hal-hal yang mempengaruhi bandwidth

Adapun hal hal yang dapat mempengaruhi kecepatan dari bandwidth adalah

• Tipe data yang ditransfer
Topologi jaringan
• Banyaknya pengguna jaringan
• Spesifikasi komputer client/user
• Spesifikasi komputer server
• Induksi listrik dan cuaca
• Hardware jaringan.

Kesimpulan

Ada banyak bandwidth yang dipakai saat ini antara lain : Bandwidth internet, bandwidth hosting, bandwidth VPS, dan masih banyak lagi.

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?

Artikel

Lainnya


Herlin
April 4, 2020

Seluruhnya oke..

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!