• Home
  • Berita
  • Faktor Apa yang Dapat Mempengaruhi Hosting?

Faktor Apa yang Dapat Mempengaruhi Hosting?

Oleh Mila Rosyida
No ratings yet.

Agar website bisa berjalan dan digunakan, maka dibutuhkan adanya hosting. Website dan hosting adalah dua hal yang saling berkaitan dan tidak bisa dipisahkan.

Sebab hosting ini ibarat rumah bagi website karena perannya untuk menyimpan data–data pada website.

Data tersebut bisa berupa gambar, teks, dan media lainnya. Jadi, keberadaan website ini memungkinkan pemilik website dapat menyimpan data ke dalam sebuah server dan juga penyimpanan virtual.

Keberadaan website saat ini memang cukup penting baik untuk kegiatan bisnis atau bahkan personal branding sekalipun.

Maka dari itu, sebelum memilih hosting untuk website, kamu harus memahami faktor apa yang dapat mempengaruhi hosting. Semakin berkualitas hosting yang kamu pilih, maka performa website juga akan semakin baik.

Apabila kamu salah memilih hosting, website yang kamu buat tidak akan bisa diakses dan bahkan bisa menurunkan kredibilitas bisnis milikmu.

Wah ternyata cukup fatal ya DomaiNesians!  Untuk itu, pahami dahulu faktor apa yang dapat mempengaruhi hosting ya! Sebelum itu, DomaiNesia mengajak kamu untuk mencari tahu peranan hosting bagi website. Yuk mulai belajar bersama!

Kenapa Harus Memilih Hosting yang Tepat?

Hosting adalah tempat untuk menyimpan data-data pada website. Selain itu, hosting lah yang berperan agar website dapat diakses secara online. Jadi jika tidak ada hosting, sebagus apapun website yang sudah kamu bangun tetap tidak dapat diakses oleh banyak orang.

Performa hosting yang baik pastinya juga mempengaruhi kinerja sebuah website. Berikut beberapa alasan mengapa kamu harus memilih hosting yang tepat.

Performa website stabil dan optimal

Alasan pertama kamu harus memilih hosting yang tepat karena hosting akan mempengaruhi kinerja dari website. Apalagi jika website tersebut akan terus digunakan dalam kurun waktu yang panjang.

Semakin lama website tersebut digunakan maka akan berbanding lurus dengan resource yang dibutuhkan. Hal tersebut bisa terjadi karena semakin banyaknya file-file dan juga data yang akan diolah.

apa yang dapat mempengaruhi hosting
Sumber : envato

Jika kamu benar memilih hosting yang baik maka kamu akan mendapatkan spesifikasi yang mumpuni seperti bandwidth yang besar, disk space yang longgar, dan spesifikasi lainnya.

Dengan begitu, website milikmu bisa berjalan lebih maksimal untuk beberapa aktivitas seperti:

  • Menampilkan gambar dengan kualitas tinggi.
  • Menampilkan multimedia.
  • Bisa menampung ratusan pengunjung website dalam waktu yang bersamaan.
  • Tidak gampang mengalami server down.
  • Maksimal dalam menjalankan semua fitur di dalam website.

Jadi, DomaiNesia sarankan untuk kamu menggunakan hosting berbayar ya! Sebab jika kamu menggunakan yang gratisan maka spesifikasi hosting yang didapat juga terbatas dan fitur yang seadanya.

Keamanan lebih terjamin

Bagi sebuah website, keamanan hosting adalah hal yang mutlak dan tidak bisa diremehkan karena semua data penting website ada di server. Aman yang dimaksud seperti apa?

Keamanan yang dimaksud jelas seperti hosting yang sudah dilengkapi dengan  anti virus dan malware, lokasi dari server fisiknya, kualitas dari data center, dan banyak lagi.

Tujuan dari sistem keamanan tersebut agar website lebih aman dari serangan cyber crime.

Apakah DomaiNesia masih ingat dengan kasus peretasan dari marketplace Bukalapak? Peretasan tersebut terjadi sekitar tahun 2020 yang menyebabkan 13 juta data akun pembelinya mengalami kebocoran.

Pastinya kejadian seperti itu tidak diinginkan oleh setiap pemilik website karena dapat menurunkan rasa kepercayaan pengguna situs itu sendiri.

Sebab data-data tersebut bisa dijual belikan dan digunakan untuk kegiatan ilegal seperti pinjaman online, penyalahgunaan data, dan bahkan peretasan akun bank pengguna.

Maka dari itu kamu harus memperhatikan dan mempertimbangkan apa yang dapat mempengaruhi hosting.

Sumber : envato

Bisnis tampak lebih profesional

Penggunaan hosting bisa membuat bisnis tampak lebih profesional dan memiliki nilai kredibel yang tinggi. Bisnis milikmu juga bisa tampak lebih profesional jika kamu sudah menggunakan website resmi dan juga email hosting.

Kedua ini bisa kamu dapatkan jika memanfaatkan layanan hosting yang tepat.

Bisa mengatur hosting sesuai kebutuhan

Kebutuhan setiap website pasti berbeda bergantung pada kegunaannya. Semakin tinggi trafik dan juga data yang akan ditampilkan maka membutuhkan hosting dengan spesifikasi tinggi.

Misalnya saja untuk penggunaan marketplace, profil perusahaan, profil pribadi, streaming, dan live chat jelas membutuhkan spesifikasi hosting yang berbeda-beda. Selain kamu bisa memilih spesifikasi hosting, kamu juga bisa melakukan kustomisasi.

Misalnya bebas memilih domain, akses penuh terhadap kontrol panel, dan juga bebas dalam menambahkan aplikasi dan juga plugin yang dibutuhkan. 

Kegunaan yang ada di atas, bisa kamu dapatkan manfaatnya saat memilih hosting yang tepat. Tepat dalam arti spesifikasi yang sesuai dan juga penyedia layanan yang memang bisa dipercaya.

Selanjutnya apa yang dapat mempengaruhi web hosting? Apa saja yang harus diperhatikan ketika memilih hosting? 

Apa yang Dapat Mempengaruhi Hosting?

Kecepatan akses dari hosting yang dipilih

Faktor apa yang dapat mempengaruhi hosting? Faktor yang pertama adalah kecepatan akses hosting. Semua orang pasti menginginkan apa yang mereka cari segara menemukan jawabannya.

Itulah mengapa website harus memiliki kecepatan dalam memuat data-data di dalamnya. Selain membuat pengunjung merasa nyaman, ternyata kecepatan website juga menjadi salah satu penilaian dari Google loh DomaiNesians!

Sumber : envato

Selain mendapatkan banyak pengunjung, kamu juga bisa berkesempatan mendapatkan peringkat teratas pada mesin pencarian! Tapi, kecepatan website juga bergantung pada lokasi server hosting tersebut.

Jika menginginkan website yang ngebut, usahakan memilih penyedia layanan hosting yang memiliki server di satu negara yang sama dengan lokasimu. 

Tingkat keamanan hosting yang tinggi

Seperti yang kita tahu sebelumnya bahwa semua data website disimpan pada hosting. Maka dari itu, jawaban dari apa yang dapat mempengaruhi hosting adalah keamanan.

Keamanan menjadi poin penting dari pemilihan hosting karena akan mempengaruhi keamanan dan juga kenyamanan pengguna.

Jadi pilih penyedia layanan hosting dengan keamanan tinggi dan juga pastikan bahwa penyedia hosting sudah berpengalaman dalam menangani keamanan dan juga paham apa yang harus dilakukan jika terkena serangan cyber crime. 

Fleksibilitas dari hosting

Selanjutnya, faktor apa yang dapat mempengaruhi hosting yaitu fleksibilitas. Fleksibilitas ini dibutuhkan ketika kita mengembangkan sebuah website, apalagi bagi kamu yang baru mulai mengelola website.

Fleksibilitas yang dimaksud seperti penambahan kapasitas hosting, monitoring resource, dan juga pengaturan website. Selain itu, kamu juga harus memastikan bahwa hosting yang kamu gunakan dilengkapi dengan fitur auto backup, restore, dan fitur-fitur lain yang memudahkan.

Itulah mengapa penting untuk memahami apa yang dapat mempengaruhi hosting dan pentingnya menentukan penyedia layanan yang menawarkan fleksibilitas.

Hardware pendukung hosting

Sebenarnya yang kita tahu bahwa data pada website tersimpan pada server. DomaiNesians tahu server yang dimaksud seperti apa? Jadi data tersebut disimpan pada komputer fisik yang bentuknya besar.

Nah biasanya orang yang akan menggunakan hosting akan bertanya-tanya mengenai spesifikasi dari hardwarenya, seperti menggunakan SSD atau HDD, kecepatan network, dan yang lain.

Tidak heran lagi karena semakin tinggi spesifikasi server yang ada maka kecepatan akses website juga semakin tinggi. Sebab itu lah spesifikasi server juga menjadi faktor apa yang dapat mempengaruhi hosting.

Sumber : envato

Biaya penggunaan hosting

Setelah faktor apa yang dapat mempengaruhi hosting dari segi spesifikasi, salah satu faktor lain yang harus diperhatikan adalah biaya penggunaan hosting tersebut.

Memang apa yang ada dalam pikiran kita terkadang mengira bahwa semua yang dibandrol dengan harga mahal maka kualitas yang diberikan juga semakin tinggi.

Memang harga menjadi faktor apa yang dapat mempengaruhi hosting, namun tidak kamu tidak harus membeli hosting dengan harga yang tinggi kok! Pilih hosting dengan harga yang pas di kantong, memiliki spesifikasi yang sesuai, dan juga pahami kelebihan serta kekurangannya.

Jadi, meskipun harga menjadi salah satu faktor apa yang dapat mempengaruhi hosting, tapi pemilihan hosting murah Indonesia adalah pilihanmu.

Kualitas penyedia layanan hosting

Terakhir, faktor apa yang dapat mempengaruhi hosting adalah kualitas dari penyedia layanan hosting. Selain mempertimbangkan spesifikasi server, kamu juga harus mempertimbangkan kualitas dari penyedia layanan hosting yang akan kamu gunakan.

Jangan sampai website yang sudah dibangun dengan susah payah malah memiliki performa dan kecepatan yang buruk karena kualitas penyedia layanannya kurang baik.

Apa saja yang harus diperhatikan dari kualitasnya? Seperti contohnya penyedia layanan menyediakan layanan tim support selama 24/7 bagi kamu yang sedang mengalami permasalahan hosting atau bahkan saat terjadi downtime server.

Dengan adanya tim support ini nantinya akan memudahkan kamu dalam menangani permasalahan dan membuat permasalahan tersebut cepat untuk diselesaikan.

Dari mana bisa tahu kualitas dari penyedia layanan? Kamu bisa membaca atau menonton review-review pengguna sebelumnya ya! 

Jadi, Faktor Apa yang Dapat Mempengaruhi Hosting?

Pemilihan hosting yang tepat memang harus kamu perhatikan sebagai pemilik website sebab akan berpengaruh terhadap performa, tingkat keamanan, dan juga kemudahan dalam pengembangan website.

Ada 6 faktor apa yang dapat mempengaruhi hosting seperti kecepatan akses, keamanan, spesifikasi server, biaya yang sesuai dengan kualitas yang ditawarkan, dan kualitas penyedia layanan.

Salah satu penyedia layanan hosting terpercaya di Indonesia yaitu DomaiNesia. Dengan menggunakan layanan hosting murah DomaiNesia kamu akan mendapatkan banyak kemudahan, seperti:

  • Layanan tim support berpengalaman yang siap membantu kamu 24/7 bila terjadi kendala atau pertanyaan menyangkut hosting. Bahkan kamu bisa dengan mudah menghubungi tim support melalui email, live chat, atau WhatsApp.
  • Memiliki spesifikasi tinggi di sisi server seperti teknologi Cloud Storage berbasis NVMe SSD, memiliki koneksi 10 Gbps, dilengkapi juga dengan anti malware, dan juga sudah menggunakan teknologi terbaru HTTP/3 dengan QUIC. Dengan spesifikasi tersebut, kamu bisa menikmati layanan hosting bahkan mulai dari Rp 12.250 per bulannya. 
  • Menyediakan juga auto backup yang pastinya akan menghindarkan kamu dari kehilangan data. Terdapat 3 pilihan restore point yaitu harian, mingguan, dan bulanan.

Jadi, pilih hosting terbaik untuk kesuksesan websitemu! Selamat menggunakan hosting terbaik dari DomaiNesia!

Mila Rosyida

Halo ! I'm a Technical Content Specialist in DomaiNesia. I love learn anything about Technical, Data, Machine Learning, and more Technology.


Sudar
July 6, 2023

Baru tau aku kalau bing alternatif google

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah

This will close in 0 seconds