• Home
  • Tips
  • Beginilah Teknik Copywriting Agar Salinanmu Lebih Memukau

Beginilah Teknik Copywriting Agar Salinanmu Lebih Memukau

Oleh Ratna Patria
No ratings yet.

Menulis sebuah salinan untuk penjualan menjadi sesuatu hal yang perlu dipikirkan matang-matang. Pasalnya, kata dan kalimat yang tepat sangat berpotensi untuk mempengaruhi sisi psikologis calon pelanggan untuk pada akhirnya memutuskan untuk membeli produk. Salinan ini biasa disebut dengan copywriting.

Tentunya untuk menghasilkan copywriting yang memukau, kamu harus menguasai teknik copywriting. Ada berbagai teknik dalam copywriting yang dapat kamu gunakan dan sesuaikan dengan audience yang kamu targetkan. Diantara teknik copywriting yang ada, sebagian besar dapat kamu pelajari melalui artikel ini.

teknik copywriting
Sumber: Envato

Baca juga: Copywriter adalah: Pengertian Copywriter dan Apa Saja Cakupan Pekerjaan Copywriter

Teknik Copywriting

Apakah kamu seorang pemula atau copywriter berpengalaman, mempertajam keterampilan copywriting selalu menjadi hal yang baik. Ada beberapa trik perdagangan yang tidak pernah ketinggalan zaman, dan teknik copywriting adalah salah satunya. Berikut dapat membantumu menguasai copywriting yang efektif dan mudah diingat.

Teknik Dasar Copywriting

Teknik copywriting membantu kamu membujuk pembaca untuk mengambil tindakan. Copywriting adalah proses menulis materi pemasaran dan promosi persuasif yang memotivasi orang untuk mengambil beberapa bentuk tindakan, seperti melakukan pembelian, mengklik tautan, menyumbang untuk tujuan tertentu, atau menjadwalkan konsultasi. Berikut ini merupakan beberapa teknik copywriting yang dapat kamu terapkan:

1. Menyelinap Dalam Pikiran Pembaca

Jika kamu mengira menulis copywriting hanya pekerjaan tentang menyusun kata dan kalimat, itu salah. Ya, memang itu merupakan bagian dari copywriting namun tentu bukan yang utama. Pekerjaan sebenarnya dari seorang copywriter adalah menyelinap ke dalam pikiran pembaca dan mencari tahu apa yang dia perjuangkan, bagaimana perasaannya, dan bagaimana kamu atau produkmu dapat membantu. 

Untuk dapat melakukan ini, kamu perlu mengetahui kebutuhan pembaca bahkan hingga data demografi dari targetmu. Dari data-data ini nantinya kamu dapat menganalisa dan mampu “menyelinap” ke dalam pikiran pembaca. 

Contohnya ketika kamu ingin mengikuti kursus bahasa Inggris karena kamu memiliki kekhawatiran tak mampu bersaing dalam dunia kerja. Kamu menemukan beberapa lembaga  yang menyediakan kursus tersebut. Dari beberapa pilihan lembaga tersebut akhirnya kamu tertarik dengan salah satu lembaga yang menyebutkan satu salinan berupa “Berdiskusi menggunakan bahasa Inggris dengan Atasan bukanlah hal yang menakutkan”. Mereka berhasil menyelinap dan memahami apa kekhawatiran yang ada di pikiranmu.

2. Padu Padankan Fitur Produk dengan Manfaat

Copywriting membutuhkan keseimbangan antara fitur dari produk yang ditawarkan dan manfaatnya. Fitur adalah aspek produk atau layanan, sedangkan manfaat menjelaskan apa untungnya bagi pelanggan saat menggunakannya, bagaimana hal itu membuat mereka merasa lebih baik. 

Pada dasarnya manfaat yang diharapkan pelanggan terhadap pembelian produk adalah harapan bahwa produk atau layanan tersebut dapat memberikan solusi terhadap problem yang mereka miliki. Berangkat dari sini maka sebenarnya manfaat tersebut bisa kamu jabarkan sebagai pendekatan berdasarkan solusi atau solution based approach yang dimiliki pelanggan. Masalah + solusi copywriting dimulai dapat kamu mulai dengan menebaknya, mengidentifikasi masalah yang dihadapi pelangganmu.

teknik copywriting
Sumber: Envato

Baca juga: 8 Contoh Copywriting Kreatif dan Menarik + Tips Membuatnya

3. Tulis Secara Spesific

Menulis salinan yang spesifik merupakan hal yang sering diremehkan bahkan dilupakan. Padahal ini merupakan teknik copywriting yang penting. Singgung sesuatu yang sepesifik. Dalam kasus “menyelinap” dalam pikiran yang tadi telah dibahas, tentu membahas sesuatu problem spesifik yang dialami pembaca adalah strategi yang jitu. Pembaca akan merasa sangat cocok dengan salinanmu jika kamu mampu menulis secara spesifik apa yang sebenarnya dibutuhkan pembaca. 

4. Tingkatkan Kepercayaan

Tentu saja sebagai copywriter atau bahkan pemilik bisnis akan mengatakan apa saja untuk membuat pembaca atau calon pelanggan percaya. Tapi apakah pembaca akan mudah percaya dengan apa yang ditawarkan? Bahkan saat mereka merasa permasalahannya dapat terselesaikan dengan produk yang kamu tawarkan terkadang masih saja belum yakin 100%. 

Salah satu teknik copywriting untuk meningkatkan kepercayaan pembaca atau calon pelanggan adalah dengan memberikan social proof. Menyusun salinan testimoni adalah hal paling banyak digunakan oleh banyak copywriter untuk masalah kepercayaan ini. Tentu ini memiliki dampak yang significant karena kekuatan word of mouth cukup mujarab. Melansir Invespcro dikatakan bahwa word of mouth lebih efektif 90% dalam marketing.

Selain membuat salinan singkat mengenai testimoni, kamu juga bisa membuat tulisan yang lebih mendalam berupa customer story. Ini merupakan tulisan yang menceritakan perjalanan sukses pelanggan menggunakan produk yang kamu tawarkan. Biasanya salinan ini didukung dengan data-data tentang studi kasus yang dapat diselesaikan dengan produk tersebut. Contohnya seperti kisah sukses pengguna Slack ataupun HubSpot.

5. Tetap Terlihat Ramah

Teknik copywriting selanjutnya adalah dengan tetap terlihat tidak kaku atau ramah. Gunakan bahasa yang disesuaikan dengan target dan channel yang kamu gunakan. Mari ambil contoh social media copywriting. Dalam tipe copywriting ini kamu diharapkan tetap terlihat ramah dengan pembaca. Misalnya kamu bisa menggunakan emoji dan nada yang lebih informal. Selain itu, copywriting ini biasanya dipasangkan dengan komponen visual. 

Ingat bahwa tidak serta merta bisa kamu gunakan model penulisan salinan seperti pada copywriting di media sosial. Kamu harus tetap terlihat “ramah” sesuai dengan target dan channel yang kamu gunakan.

6. Beri Dorongan 

Kamu telah menunjukkan kepada pembaca bahwa kamu telah memahami masalah mereka dengan produk yang kamu tawarkan. Kamu telah menjelaskan bagaimana produkmu dapat membantu. Kamu juga telah mengatasi “kecanggungan” mereka dengan memberikan salinan yang terlihat ramah, tapi apakah dengan begitu orang akan membeli?

Selain social proof, kamu juga dapat memberi dorongan kepada pembaca agar mau untuk memutuskan membeli. Misal contohnya dengan memberikan salinan “Jaminan uang kembali”. Hal ini tentu akan memberikan dorongan kepada pembaca.

teknik copywriting
Sumber: Envato

Dorongan adalah senjata rahasia untuk membuat orang berkomitmen sekarang dan tidak menunda pembelian mereka sampai nanti. Karena ketika mereka menunda, mereka mungkin tidak pernah membeli darimu.

7. Call To Action

Teknik copywriting yang terakhir tentu dengan memberikan call to action pembaca agar dapat melakukan tindakan pembelian. Kamu harus membuat dan meletakkan call to action yang mudah diakses dengan salinan yang menarik. 

Tips Copywriting

Selain memberikan teknik menulis copywriting, artikel ini juga akan memberikan tips dalam penulisan copywriting agar salinan yang kamu buat dapat menarik pelanggan. Berikut ini beberapa tips copywriting yang dapat kamu gunakan:

1. Gunakan Kalimat yang Pendek

Tips copywriting yang pertama adalah menggunakan kalimat yang relatif pendek. Bisa jadi topik yang kamu tulis sulit. Itu tidak berarti salinan yang kamu tulis juga sulit untuk dibaca. Terkadang kamu tidak dapat menghindari kata-kata yang keras dan sulit itu, tetapi kamu selalu dapat mempersingkat kalimatmu. Itu benar-benar membantu pembaca memahami makna salinan yang kamu tulis.

2. Buat Kalimat yang Mudah Dibayangkan Pembaca

Tips copywriting selanjutnya adalah membuat kalimat yang mudah dibayangkan. Jika pembaca tidak dapat membayangkan apa yang kamu katakan, mereka tidak akan membeli produkmu. Gunakan kata-kata yang menciptakan gambaran yang jelas di benak pembaca. 

3. Buat Mind Map tentang Topik Kamu

Mind map benar-benar dapat membantumu menjernihkan pikiran, memvisualisasikan hubungan antar ide yang kamu punya, dan mengatur informasi yang kamu dapatkan. Tapi tidak hanya itu! Dengan tips copywriting ini, kamu dapat melihat topik dalam sudut pandang yang benar-benar baru dan memunculkan ide-ide baru juga.

teknik copywriting
Sumber: Envato

Gunakan Teknik Copywriting dan Buat Orang Terpukau

Copywriting menjadi sarana buat kamu menawarkan produk yang kamu miliki menjadi lebih mudah. Artinya mudah untuk memiliki probabilitas ketertarikan pelanggan. Untuk menulis copywriting tentu ada teknik copywriting yang harus kamu tahu dimulai dari ide dan pikiran yang mampu “menyelinap” dalam pikiran pembaca hingga memberikan call to action untuk memudahkan akses pembaca yang tertarik.

Selain itu tips menulis copywriting yang dapat kamu terapkan adalah dengan menggunakan kalimat yang pendek, membuat kalimat yang mudah dibayangkan, dan membuat mind map tentang topik yang akan kamu kembangkan. Saatnya kamu membuat pembaca terpukau dengan teknik copywriting dan tips copywriting ini!

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?

Artikel

Lainnya


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah