• Home
  • Tips
  • Cara Promosi Produk Paling Ampuh, Pasti Untung Maksimal!

Cara Promosi Produk Paling Ampuh, Pasti Untung Maksimal!

Oleh Ratna Patria
No ratings yet.

Bagi kamu yang akan atau baru saja memasuki dunia bisnis maka salah satu langkah penting yang harus dipikirkan adalah bagaimana cara promosi produk atau layanan dari bisnis tersebut. Baik bisnis offline atau online, pengaruh dari cara promosi produk sangatlah berperan besar dalam bagian perkembangan bisnis.

Cara Menarik Untuk Promosi

Dalam berbisnis, kamu akan menemui beberapa pesaing yang memiliki karakteristik masing-masing. Cara promosi produk yang tepat sesuai dengan target pasar merupakan salah satu kunci agar bisnis dapat bertahan dan sukses. Karena dapat kamu temui pengelola bisnis yang kurang dalam cara promosi padahal produk atau layanan yang mereka tawarkan sudah bagus.

Cara promosi
Sumber: Envato

Untuk membuat bisnis kamu terlihat menonjol daripada yang sudah ada, maka kamu harus membuat sesuatu yang berbeda. Bagaimana mewujudkan hal tersebut? Mudah sekali, langkah pertama adalah menunjukkan pesona dari produk atau layanan yang kamu tawarkan sehingga menarik minat orang-orang. Kemudian, kamu menyusun strategi cara promosi produk tersebut.

Kedua hal tersebut berjalan secara berkesinambungan dan penting karena jika kamu gagal dalam langkah kedua, maka orang-orang sudah tidak tertarik untuk membeli produk yang kamu tawarkan.

Dengan analisis target pasar dan cara promosi yang tepat akan membuat orang-orang tertarik dengan bisnis yang kamu jalani. Namun bagaimana caranya agar menerapkan strategi dengan cara promosi produk yang tepat?

Tidak perlu khawatir karena artikel berikut akan mengulas mengenai pentingnya cara promosi dan apa saja cara promosi produk yang dapat kamu terapkan dalam berbisnis.

Baca juga: 7 Strategi Pemasaran Produk Makanan

Channel Untuk Promosi

Dengan berkembangnya era digital, saat ini channel promosi digital dapat kamu jadikan pilihan untuk menyebarkan popularitas produk. Terdiri dari apa saja channel promosi tersebut? Simak daftarnya sebagai berikut:

1. Market Place

Platform yang menjadi forum jual beli khusus dapat kamu jadikan pilihan untuk mulai memasarkan produk. Jangan lupa terapkan cara promosi yang sesuai agar hasil yang diraih dapat maksimal

2. Jejaring Sosial

Pengaruh media sosial saat ini tidak dapat diragukan lagi. Tidak jarang sebuah produk menjadi populer karena efek dari penyebaran kabar yang sangat cepat di jejaring sosial.

3. Email

Memiliki konsumen secara spesifik dan berlangganan buletin dari perusahaan merupakan hal yang sangat bagus. Karena hal tersebut akan membantu penyebaran berita terbaru terkait dengan produk yang langsung menuju ke pelanggan.

Jenis-jenis Promosi

Setelah mengetahui definisi dari cara promosi produk, kemudian bagian selanjutnya adalah berbagai macam cara promosi yang dapat kamu terapkan dalam berbisnis. Dari banyaknya cara promosi yang ada, artikel ini telah memilih strategi yang cocok untuk diterapkan dengan perkembangan pasar saat ini.

Berikut ini adalah 7 cara promosi yang dapat kamu terapkan berdasarkan dengan pola bisnis yang paling sesuai:

1. Kolaborasi dengan Influencer di Media Sosial

Saat ini segala sesuatu menyebar secara cepat melalui jejaring sosial dan mengikuti sosok influencer tertentu merupakan tren kekinian yang digemari sebagian besar pengguna media sosial. Mulai dari Y0uTube, Instagram, dan TikTok yang sedang terkenal saat ini dapat menjadi peluang untuk melakukan promosi bagi produk kamu.

Langkah ini dapat kamu lakukan sebagai cara promosi produk baru. Pemasaran yang melakukan kolaborasi dengan influencer merupakan konsep yang baru di era digital saat ini. Dalam masa promosi, kamu dapat memilih influencer yang sesuai dengan produk yang akan dipasarkan. Selain itu, kamu sendiri yang menentukan melalui platform manakah yang akan menjadi sarana hasil kolaborasi bisnismu dengan influencer tersebut.

Setelah menyusun budget promosi dan menemukan influencer yang sesuai, maka langkah selanjutnya adalah eksekusi untuk mempromosikan produk. Cara promosi ini dapat dilakukan dengan membuat video unboxing, memberikan review terhadap produk, atau memberlakukan sistem diskon menggunakan kode promo melalui tokoh influencer tersebut.

Cara promosi produk dengan berkolaborasi bersama influencer dapat kamu maksimalkan agar mendapat cuan dalam berbisnis.

2. Rutin Melakukan Siaran Langsung

Jika kamu belum memiliki biaya yang cukup untuk menggandeng influencer dalam mempromosikan produk, maka cara promosi produk yang satu ini cocok untuk diterapkan. Tidak perlu merogoh banyak biaya karena yang dibutuhkan adalah koneksi internet yang bagus dan public speaking yang didukung dengan kemampuan soft selling.

Sejak pandemi COVID-19, penyelenggaraan acara secara virtual menjadi semakin populer. Ini adalah cara promosi yang bagus untuk mengumpulkan orang-orang dari target pasar kamu di satu platform dan mempromosikan produk tersebut.

Kamu dapat menggunakan platform jejaring sosial untuk mempromosikan produk atau layanan baru di depan audiens yang relevan dari bisnis Anda. Melaksanakan acara live streaming juga akan mendatangkan lebih banyak minat dari audiens ke bisnis yang pada akhirnya akan menghasilkan jangkauan dan keterlibatan yang lebih tinggi.

Kamu dapat memanfaatkan fitur siaran langsung di berbagai platform jejaring sosial untuk mempromosikan produk kepada pengunjung yang lebih luas lagi. Jangan lupa untuk menggunakan kemampuan public speaking dan penggunaan teknik selling, karena itu juga merupakan kunci atas keberhasilan promosi produk.

Cara promosi
Sumber: Envato

3. Memanfaatkan Fitur Pop-up untuk Menarik Perhatian

Selain melakukan promosi seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kamu juga dapat menarik minat pengunjung situs web dengan menggunakan fitur pop-up. Fitur pop-up dalam halaman awal situs web merupakan cara yang menarik jika kamu dapat memaksimalkan desain dan informasi yang menarik.

Apa saja yang dapat kamu tampilkan dalam entri pop-up? Tentu saja sesuatu yang berhubungan dengan produk, informasi diskon, bahkan penawaran khusus. Hal tersebut terbukti efektif untuk meningkatkan angka berkunjung di situs web dan juga penjualan.

Dalam hari perayaan tertentu, jangan lupa untuk menyertakan kode promo dalam entri pop-up.

4. Menjalin Kerjasama dengan Sebuah Event

Langkah lain untuk melakukan pemasaran produk dengan baik adalah menjalin kerjasama dengan cara menjadi sponsor dalam sebuah acara. Kamu dapat menemukan kesempatan ini pada sebuah event yang diselenggarakan dan membuka jalinan kerjasama. Biasanya pihak acara akan memberikan beberapa jenis kerjasama yang dapat kamu tentukan sesuai budget dan strategi pemasaran.

Pada umumnya jika menjadi sponsor maka brand yang kamu miliki akan mendapatkan exposure untuk dikenal oleh audiens yang menghadiri acara tersebut. Selain itu, dalam beberapa jenis pilihan kerjasama, kamu juga dapat menghadirkan booth untuk melakukan transaksi jual beli dengan pengunjung acara.

Cara ini juga berlaku untuk acara virtual. Jika dilaksanakan secara virtual akan ada beberapa jenis kerjasama yang telah disesuaikan. Hal tersebut menjadi langkah yang berharga untuk menyebarluaskan merek dagang yang sedang kamu rintis.

Selain menampilkan produk dan mendapatkan exposure melalui pemasangan brand pada beberapa titik dalam acara, kamu juga dapat melakukan interview singkat saat acara yang berguna untuk memperkenalkan merek dagang secara interaktif.

5. Cara Promosi Melalui Email

Strategi pemasaran ini digunakan sejak dulu, tetapi email marketing masih memiliki pamor yang efektif untuk menyebarkan informasi merek dagang. Kamu dapat melakukan cara promosi produk dengan email marketing yang dikirimkan kepada komunitas pengguna yang pernah terlibat sebelumnya

Contoh lain kamu juga dapat membuat buletin sederhana yang memberi tahu pelanggan tentang artikel dan panduan terbaru di blog. Dan dapat berisi buletin reguler yang kompleks dengan konten unik yang akan diperoleh pelanggan. Kamu harus membuat buletin secara menarik dan informatif untuk email marketing. Hal ini penting karena akan menarik atensi dari siapapun yang diberikan buletin tersebut.

6. Menggunakan Teknik Cross-Selling

E-commerce juga memerlukan perhatian dalam praktik pemasarannya. Kamu dapat menerapkan cara promosi cross-selling dan upselling di platform e-commerce.

Sebelum menerapkannya, kamu wajib mengetahui apa itu teknik cross selling. Teknik ini dapat bekerja dengan memberikan tawaran produk pelengkap bersamaan dengan item yang hendak dipilih oleh konsumen. Tujuan dari cross-selling adalah untuk membuat pelanggan tersugesti agar membeli lebih dari satu produk.

Setelah mengetahui cara kerja dari teknik tersebut, maka kamu dapat menerapkannya ke dalam cara promosi produk dan meraih cuan sedikit demi sedikit.

7. Menggunakan Teknik Upselling

Selain teknik cross-selling, kamu juga dapat menerapkan cara promosi up selling untuk meningkatkan penjualan dan profit. Upselling memiliki artian menawarkan produk yang mirip namun memiliki harga yang lebih mahal. 

Bagaimana agar cara ini berhasil? Dari Sini kamu dapat mengetahui pentingnya penggunaan kalimat persuasif yang menonjolkan kelebihan produk yang memiliki harga lebih mahal.

Tujuan dari up selling adalah keberhasilan menjual produk yang memiliki harga lebih tinggi kepada konsumen. Padahal pada awalnya konsumen tersebut tidak tertarik untuk membeli produk tersebut. Jika kamu berhasil menerapkan teknik ini maka kamu bisa meraih profit yang lebih banyak.

Teknik upselling hanya berlaku untuk produk yang memiliki kemiripan yang sejenis.

Baca juga: Mengoptimalkan Media Sosial Sebagai Media Promosi

Keuntungan Melakukan Promosi

Cara promosi produk akan mempengaruhi bagaimana bisnis tersebut dapat bertahan. Sebagai seorang pebisnis kamu harus memahami dan menerapkan definisi dari strategi pemasaran ini. Kegiatan promosi merupakan aktivitas yang kamu lakukan dengan memulai rencana, teknik, serta alat untuk menyebarluaskan produk yang sedang kamu tawarkan.

Dengan melakukan cara promosi produk secara tepat maka kamu mulai membangun elemen penting agar bisnis yang kamu rintis dapat bertahan dalam jangka panjang. 

Cara promosi
Sumber: Envato

Ketika orang-orang tertarik membeli maka kesan pertama adalah hal yang penting untuk siklus penjualan produk dalam bisnis kamu. Jika kesan mereka buruk maka mereka tidak akan membeli produk yang sama. Sebaliknya, jika mereka puas dengan produk tersebut maka mereka dapat melakukan pembelian berikutnya.

Selain mendatangkan keuntungan, cara promosi juga memiliki tujuan sebagai berikut:

  • Meningkatkan kesadaran merek
  • Meningkatkan permintaan pasar
  • Mendapatkan atensi target pelanggan
  • Memberikan edukasi tentang produk yang ditawarkan

Menggunakan cara menarik untuk promosi akan menghadirkan tingginya minat pembeli terhadap produk yang ditawarkan. Sehingga hal tersebut akan membantu bisnis untuk mendapatkan cuan. Semoga berhasil!

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?

Artikel

Lainnya


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!