• Home
  • Tips
  • Kenali YouTube Dashboard Monetisasi, Syarat Ketentuan, Hingga Cara Monetisasi!

Kenali YouTube Dashboard Monetisasi, Syarat Ketentuan, Hingga Cara Monetisasi!

Oleh Mila Rosyida
No ratings yet.

Mulai produktif dengan upload video tiap hari di Youtube? Tentu saja kamu bisa memanfaatkan monetisasi pada channel Youtube yang kamu kelola.

Syarat utama nya adalah cukup mengajukan dan mengikuti syarat ketentuan pada program mitra youtube atau Youtube Partner Program (YPP).

Setelah diterima oleh pihak Youtube, maka kamu akan diberikan akses dashboard yang dikenal dengan nama Youtube Dashboard Monetisasi.

Dalam dashboard ini kamu bisa melakukan pengelolaan pada monetisasi Youtube. Bagaimana jika pengajuan afiliasi ditolak oleh Youtube? Simak artikel berikut ini!

Apa itu Youtube Monetisasi

Sebelum mengetahui Youtube dashboard monetisasi sebaiknya kenali lebih dulu apa itu youtube monetisasi.

Youtube monetisasi adalah sebuah program yang ditawarkan oleh pihak YouTube pada seluruh pemilik Channel Youtube yang memungkinkan untuk menghasilkan uang dari konten video yang diunggah pada platform tersebut.

Youtube dashboard monetisasi
Sumber : envato

Youtube monetisasi dapat membuat pemilik channel memperoleh penghasilan dari berbagai opsi monetisasi untuk meningkatkan potensi penghasilan mereka di YouTube.

Sedangkan Youtube dashboard monetisasi adalah halaman seperti halaman admin untuk melakukan pengelolaan monetisasi pada Youtube.

Syarat Ketentuan Monetisasi Youtube

Kamu sudah mengetahui apa itu Youtube monetisasi dan juga Youtube dashboard monetisasi, lalu apa saja syarat dan ketentuan untuk melakukan monetisasi pada Youtube, berikut syarat dan ketentuannya :

Buat Akun AdSense

Buat akun Google AdSense terlebih dahulu. AdSense adalah platform periklanan Google yang digunakan untuk mempromosikan dan menjual ruang iklan melalui berbagai channel termasuk Channel Youtube.

Pelajari Persyaratan Youtube Partner Program (YPP)

Setelah membuat akun AdSense, lanjutkan dengan bergabung pada Youtube Partner Program (YPP) dan pelajari persyaratan Program tersebut.

Kamu perlu memenuhi syarat tertentu sebelum dapat mengaktifkan monetisasi pada channel YouTube kamu.

Persyaratan umum meliputi memiliki setidaknya 1.000 pelanggan dan 4.000 jam waktu tontonan dalam 12 bulan terakhir.

Selain itu, kamu harus berada pada suatu tempat dimana YPP tersedia, memiliki lapisan keamanan ekstra melalui verifikasi dua langkah pada akun Google yang terkait dengan Channel Youtube kamu, dan tentunya memiliki akun AdSense yang tertaut.

Sumber : envato

Aktifkan Monetisasi Youtube

Setelah memenuhi persyaratan, masuk ke akun YouTube kamu dan pergi ke bagian Studio YouTube akun kamu.

Pada Studio YouTube, pilih channel dari panel sebelah kiri dan pilih Monetisasi.

Ikuti langkah-langkah yang ditunjukkan untuk mengaktifkan monetisasi pada channel kamu. Kamu perlu menyetujui dan mematuhi kebijakan monetisasi YouTube yang berlaku agar pengajuan diterima dan mendapatkan Youtube dashboard monetisasi.

Ikuti Aturan Youtube mengenai Monetissi

Setelah monetisasi diaktifkan, kamu harus mematuhi aturan monetisasi yang ditetapkan oleh YouTube.

Hal ini termasuk mengikuti pedoman komunitas YouTube, tidak melanggar kebijakan iklan YouTube, dan tidak terlibat dalam praktik yang melanggar hak cipta atau hak kekayaan intelektual lainnya.

Pastikan juga untuk memahami dan mematuhi kebijakan terkait konten yang dapat dimonetisasi, seperti ketentuan tentang konten yang tidak sesuai.

Tetap dalam Hukum Hak Cipta 

Penting untuk mematuhi hukum hak cipta saat menggunakan materi yang dilindungi hak cipta di video kamu.

Jangan mengunggah konten yang melanggar hak cipta atau menggunakan konten tanpa izin yang sah.

Jika kamu ingin menggunakan musik, klip film, atau konten lain yang dilindungi hak cipta, pastikan kamu memiliki izin atau lisensi yang diperlukan.

Hindari Kontroversi 

Kamu memang memiliki kebebasan untuk berpendapat dan mengemukakan pandangan kamu terhadap sesuatu, tetapi hal tersebut tentu harus dilakukan dengan penuh tanggung jawab. 

Penggunaan bahasa yang baik 

Beberapa sumpah serapah tidak akan membantu akun kamu menjadi populer, sebaliknya dampak yang akan kamu dapatkan seperti dalam sistem rating film, kata-kata kotor yang berlebihan akan membuat akun kamu ditandai sebagai potensi penyalahgunaan. 

Hindari Pratinjau thumbnail yang menyesatkan

Jika video kamu berisi mengenai cara membuat nasi goreng tapi thumbnail yang kamu gunakan adalah sekeranjang anak kucing berbulu, video kamu dapat ditandai karena mengandung konten yang menyesatkan.

Kebijakan Monetisasi Channel YouTube

Terdapat dua poin penting dalam kebijakan monetisasi channel youtube. Setelah kedua poin ini dipenuhi barulah kamu dapat mengeloka monetisasi pada Youtube dashboard monetisasi. Kedua poin ini merupakan perluasan dari aturan monetisasi youtube yang telah dipaparkan pada pembahasan sebelumnya, diantaranya : 

Mendaftar ke YPP (Program Mitra YouTube)

YouTube memerlukan waktu sekitar satu bulan, mungkin lebih lama, untuk meninjau permohonan pendaftaran akun kamu dan mengambil keputusan.

YouTube akan memeriksa beberapa kriteria dari konten channel youtube kamu seperti : Tema utama konten, Video yang paling banyak dilihat, Video terbaru, Proporsi waktu menonton terbesar, Metadata video (mis., judul, gambar mini, deskripsi) dan lain sebagainya. 

Setelah sesuai, barulah kamu akan diberi akses Youtube dashboard monetisasi untuk mengelola semua monetisasi yang dilakukan pada channel Youtube mu.

Menghindari Kesalahan Hak Cipta dan Monetisasi di YouTube

Seperti yang sudah dipaparkan sebelumnya, pelanggaran hak cipta merupakan pelanggaran serius di YouTube. Oleh karena itu, kamu hanya boleh mengupload video yang telah kamu buat atau memiliki izin untuk digunakan.

Selain itu, hak cipta mencakup audio dan musik, video yang dibuat orang lain, dan karya berhak cipta lainnya.

Pelanggaran kebijakan dapat mengakibatkan pemutusan atau penangguhan akun, penghapusan semua iklan dari video kamu, hingga channel youtube akun kamu akan ditangguhkan dari YPP.

Cara Monetisasi Pada Youtube

Setelah semua diterima, kamu akan mendapatkan akses Youtube dashboard monetisasi. Di dalam dashboard itulah kamu bisa mengelola monetisasi pada Youtube. Apa saja yang bisa dilakukan untuk monetiasasi pada Youtube? Berikut ini beberapa cara yang dapat kamu lakukan apabila ingin memonetisasi channel Youtube yang kamu punya, antara lain :

Iklan / Ads

Program iklan/ads YouTube adalah cara terpopuler untuk menghasilkan uang dari video kamu. Setelah memenuhi syarat tertentu, kamu dapat mengaktifkan iklan pada video kamu.

YouTube akan menampilkan iklan di video kamu dan kamu akan mendapatkan penghasilan berdasarkan jumlah tayangan, klik, atau tindakan yang dihasilkan oleh iklan tersebut.

Affiliates

Kamu dapat memanfaatkan program afiliasi dengan menghubungkan produk atau layanan yang relevan dengan konten kamu. Kamu akan menerima komisi ketika penonton kamu membeli produk atau melakukan tindakan tertentu melalui tautan afiliasi yang kamu berikan. Misalnya, kamu bergabung dengan program afiliasi Amazon dan mempromosikan produk-produk mereka di video kamu.

Sumber : envato

Patronage

Patronage adalah third-party platform (Patreon) yang memungkinkan penggemar dan pengikut kamu memberikan dukungan finansial dalam bentuk langganan bulanan. Kamu dapat menawarkan manfaat tambahan, seperti akses ke konten eksklusif, merchandise khusus, atau konten bonus kepada para pelanggan kamu yang berlangganan.

Cara monetisasi Youtube selanjutnya adalah memanfaatkan Paid Sponsorship, kamu dapat bekerja sama dengan merek atau perusahaan untuk mempromosikan produk atau layanan mereka dalam video kamu.

Biasanya, kamu diminta mencantumkan, menggunakan, mendemonstrasikan, atau mengulas produk tersebut dalam konten kamu dan mendapatkan pembayaran dari sponsor atas promosi tersebut. Pastikan untuk mengungkapkan secara jujur bahwa itu adalah konten berbayar atau endorsement

Shorts Fund

Shorts Fund adalah program YouTube yang ditujukan untuk pembuat konten Shorts. Shorts adalah video pendek yang populer di YouTube. Shorts Fund memberikan bonus kepada pembuat konten Shorts yang video mereka mendapatkan kinerja yang baik dan mendapatkan banyak penayangan. 

Brand Connect

Brand Connect adalah layanan yang ditawarkan oleh YouTube kepada pembuat konten yang populer dan terkenal.

Cara ini berkaitan dengan pembuat konten yang bekerja sama dengan Brand tertentu untuk menciptakan konten promosi yang disesuaikan dengan merek tersebut.

Pembuat konten akan mendapatkan kompensasi berdasarkan kesepakatan yang mereka buat dengan merek.

Layanan ini masih terbatas untuk beberapa wilayah tertentu seperti Amerika Serikat, United Kingdom, dan Canada. 

Sumber : envato

Memanfaatkan Super Features

Super Features adalah fitur yang memungkinkan penonton memberikan sumbangan atau donasi kepada pembuat konten selama siaran langsung atau video. Penonton dapat memberikan sumbangan dalam bentuk pesan berbayar atau fitur khusus lainnya.

Pembuat konten akan mendapatkan sebagian dari sumbangan yang diberikan oleh penonton.

Super Chat 

Super Chat adalah fitur yang memungkinkan penonton memberikan sumbangan berbayar selama siaran langsung di YouTube. Fitur Super Chat memungkinkan  penonton membuat pesan yang akan diprioritaskan dan menonjol dalam obrolan siaran langsung.

Cara kerjanya yaitu Selama siaran langsung, penonton dapat mengklik ikon dollar di kotak obrolan untuk memulai proses Super Chat. Mereka kemudian dapat memilih jumlah sumbangan yang ingin mereka berikan.

Setelah memilih jumlah, penonton dapat menulis pesan yang akan ditampilkan dan menyorot pesan mereka. Pesan Super Chat akan tetap terlihat di atas obrolan selama periode waktu yang ditentukan oleh jumlah sumbangan.

Pembuat konten akan mendapatkan penghasilan dari sumbangan Super Chat yang diberikan oleh penonton. Nilai penghasilan yang diterima oleh pembuat konten bervariasi tergantung pada jumlah sumbangan dan negara tempat pembuat konten berada.

Super Sticker 

Super Sticker adalah fitur yang memungkinkan penonton memberikan sumbangan berbayar dalam bentuk stiker yang menarik selama siaran langsung di YouTube.

Cara kerjanya adalah saat menonton siaran langsung, penonton dapat mengklik ikon emoticon di kotak obrolan. Mereka dapat memilih stiker yang ingin mereka berikan sebagai sumbangan.

Penonton dapat memilih stiker dengan nilai yang berbeda sesuai dengan jumlah sumbangan yang ingin mereka berikan. Stiker Super Sticker akan ditampilkan di kotak obrolan dan menyoroti sumbangan mereka. 

Super Thanks

Super Thanks adalah fitur baru yang memungkinkan penonton memberikan sumbangan berbayar dalam bentuk ucapan terima kasih selama video yang direkam atau video yang dipublikasikan kembali.

Cara kerjanya adalah Saat menonton video, penonton dapat mengklik ikon Super Thanks di bawah video. Mereka akan diberikan pilihan jumlah sumbangan yang berbeda untuk dipilih.

Setelah memilih jumlah, penonton dapat mengirim Super Thanks dan pesan ucapan terima kasih mereka. Pesan Super Thanks akan ditampilkan di kotak komentar dengan lencana khusus. 

Channel Membership

Channel Membership memungkinkan penonton untuk berlangganan Channel pembuat konten dengan biaya bulanan.

Pada channel membership, pembuat konten dapat menawarkan manfaat tambahan kepada pelanggan, seperti akses ke konten eksklusif, emotikon khusus, tanda pengenal, atau live chat khusus.

Pembuat konten akan menerima pembayaran berlangganan bulanan dari pelanggan.

Merch

Merchandise (merch) adalah produk fisik yang dijual oleh pembuat konten kepada penggemar mereka.

Melalui YouTube, pembuat konten dapat mempromosikan dan menjual merchandise mereka, seperti kaos, topi, stiker, atau produk lain yang terkait dengan merek mereka.

Pembuat konten akan mendapatkan penghasilan dari penjualan merchandise.

Youtube Premium

YouTube Premium adalah langganan berbayar yang ditawarkan kepada pengguna YouTube.

Jika penonton berlangganan YouTube Premium, mereka akan dapat menikmati pengalaman menonton video tanpa iklan, menyimpan video untuk ditonton secara offline, dan mengakses konten YouTube Originals.

Sebagai pembuat konten, kamu akan memperoleh bagian dari pendapatan berlangganan yang ditujukan untuk pembagian dengan pembuat konten.

Ticketing

Ticketing adalah fitur yang memungkinkan pembuat konten menjual tiket untuk acara atau pertunjukan langsung yang mereka adakan. Pembuat konten dapat mengumumkan acara mereka melalui YouTube dan menjual tiket kepada penggemar.

Pendapatan dari penjualan tiket akan menjadi sumber penghasilan tambahan bagi pembuat konten.

Bagaimana Jika Youtube Partner Program Ditolak?

Apabila program mitra youtube atau Youtube Partner Program (YPP) menolak monetisasi youtube kamu, jangan putus asa terlebih dahulu.

Kamu dapat mengajukan permohonan monetisasi kembali untuk YPP setelah 30 hari dan akan mendapatkan akses Youtube dashboard monetisasi apabila diterima.

Namun sebelum kamu mengajukan permohonan kembali, pastikan kamu sudah melakukan evaluasi beberapa hal berikut ini : 

Memahami alasan penolakan

Alasan pertama mengapa kamu tidak mendapatkan Youtube dashboard monetisasi yaitu YouTube biasanya memberikan alasan spesifik mengapa permohonan monetisasi kamu ditolak. Pahami alasan tersebut dengan membaca pemberitahuan penolakan yang diberikan oleh YouTube. Hal ini akan membantu kamu memahami area yang perlu diperbaiki atau diperhatikan.

Meninjau kembali syarat dan ketentuan

Pastikan kamu memahami kebijakan monetisasi dan pedoman komunitas YouTube dengan baik. Periksa kembali konten dan channel kamu untuk memastikan bahwa semuanya sesuai dengan persyaratan dan pedoman yang ditetapkan. Jika ada masalah, perbaiki atau sesuaikan konten kamu sebelum mengajukan permohonan kembali.

Meningkatkan kualitas dan relevansi konten

Perhatikan kualitas dan relevansi konten yang kamu unggah. Pastikan konten kamu menghadirkan nilai bagi penonton dan memenuhi harapan mereka. Tingkatkan produksi, presentasi, dan keaslian konten kamu agar lebih menarik dan informatif.

Membangun basis penggemar yang aktif

Fokus pada pertumbuhan channel dan interaksi dengan penonton. Bangun komunitas penggemar yang aktif melalui tanggapan yang konsisten, kolaborasi dengan pembuat konten lain, dan mempromosikan channel kamu di platform lain seperti media sosial. Hal ini dapat membantu meningkatkan peluang permohonan monetisasi kamu diterima.

Menunggu dan mencoba mengajukan kembali

Jika permohonan monetisasi kamu ditolak, kamu dapat mencoba mengajukan permohonan kembali setelah memperbaiki area yang perlu diperhatikan. Namun, pastikan untuk memberikan perbaikan yang signifikan pada konten dan channel kamu sebelum mengajukan kembali permohonan. Berikan waktu yang cukup untuk membangun reputasi dan mengumpulkan pelanggan yang lebih banyak sebelum mencoba lagi.

Sumber : envato

Agar Channel Youtube Maksimal? Yuk, Lakukan Monetisasi Sekarang Juga!

Buat kamu yang mulai aktif dalam Youtube, kamu bisa mencoba melakukan monetisasi pada channel yang kamu punya. Jangan takut untuk mencoba DomaiNesians, syarat utama nya adalah mengikuti program mitra youtube atau Youtube Partner Program (YPP).

Apabila pengajuan channel Youtube kamu diterima, maka kamu akan dapat mengelola monetisasi pada Youtube dashboard monetisasi.

Bagaimana jika ditolak? Tenang saja, kamu bisa mengajukan kembali tentunya dengan meninjau apa saja yang mungkin menjadi kesalahan.

Selain monetisasi Youtube, kamu juga bisa loh menghasilkan uang dengan cara afiliasi DomaiNesia.

Kamu bisa jual hosting dan VPS murah dengan bermitra DomaiNesia. Cara nya gampang banget cukup mengaktifkan akun afiliasi kemudian tampilkan banner afiliasi di websitemu.

Selengkapnya kamu bisa baca Panduan Mengaktifkan Akun Afiliasi DomaiNesia

Mila Rosyida

Halo ! I'm a Technical Content Specialist in DomaiNesia. I love learn anything about Technical, Data, Machine Learning, and more Technology.


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Ekstra Diskon Migrasi 5% serta GRATIS biaya migrasi & setup.

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah

This will close in 0 seconds