• Home
  • Tips
  • 15 Situs Belajar Online Untuk Kursus Marketing dan IT

15 Situs Belajar Online Untuk Kursus Marketing dan IT

Oleh Ratna Patria
No ratings yet.

Tapi, di tengah zaman yang serba kompetisi ini membuat banyak orang mulai menggunakan waktu santainya untuk tambah-tambah ilmu dengan ikut kursus dari situs belajar online.

Salah satunya seperti kamu, DomaiNesians, yang sedang baca artikel ini.

Sejak awal tahun 2020 yang mana COVID-19 merebak ke seluruh dunia, banyak mobilitas manusia di luar ruangan harus dikurangi.

Sejak saat itu pula banyak lembaga membuat kursus remote melalui situs belajar online.

Jenis kursus online yang tersedia di internet pun sudah dari berbagai bidang disiplin ilmu. Salah satunya bidang marketing dan IT.

Hal ini juga didukung dengan semakin “meleknya” orang-orang terhadap pentingnya ilmu marketing dan IT development.

Oleh karena itu, DomaiNesia akan merangkum beberapa pilihan situs belajar online untuk kamu yang ingin belajar bidang marketing dan IT. Kabar baiknya, gratis lho! Tunggu apa lagi, scroll up!

Situs Belajar Online Untuk Kursus Marketing

Belajar Online
Sumber: HubSpot Academy

HubSpot Academy adalah situs belajar online paling terkenal yang masih satu brand dengan HubSpot.

Di sana kamu akan menemukan ratusan jenis topik kursus singkat dan kursus sertifikasi untuk bidang marketing dan sales.

Misalnya, dasar-dasar marketing, SEO, Social Media Marketing, content dan email marketing, inbound sales, dan lain-lain.

Setiap bulannya pasti mereka punya kursus baru dan terupdate untuk memenuhi kebutuhan kompetensi di dunia kerja yang sebenarnya.

Rata-rata kamu hanya butuh waktu maksimal antara 15 menit hingga 4 jam untuk menyelesaikan satu kelas yang dipecah ke beberapa sesi.

Hebatnya, kamu bisa mengakses semua kelas dan sesi 100% gratis dan full-online.

Belajar Online
Sumber: Google Digital Garage

Google juga tak mau ketinggalan untuk menghadirkan platform belajar secara online dan gratis, Google Digital Garage namanya.

Kamu bisa mengikuti satu atau lebih kursus dari 156 daftar kursus yang telah disediakan dari bidang ilmu digital marketing, career development, serta data and technology secara fleksibel dimanapun dan kapanpun.

Berada di bawah naungan Google, Digital Garage telah membuktikan kredibilitasnya sebagai salah satu situs belajar online bermutu yang bekerja sama dengan beberapa universitas dan situs belajar online jempolan seperti Monash University, Coursera, Udacity, dan lain-lain.

Fasilitas paling baru, kamu juga bisa ikut live webinar dan training gratis yang Google laksanakan hampir setiap hari.

Belajar Online
Sumber: Coursera

Walau Coursera lebih banyak menyediakan kelas berbayar, tapi kamu patut mencoba kelas gratisnya lho.

Dengan lebih dari 300-an kelas kursus bisnis dan marketing, situs belajar online ini akan memfasilitasi kamu dengan sajian teori yang paling dibutuhkan saat ini dalam berbagai variasi bentuk pembelajaran.

Terlebih hampir semua pengajarnya memiliki latar belakang sebagai dosen universitas terbaik di dunia.

Tak lupa Coursera juga menyediakan sertifikasi profesional dari lembaga ternama seperti Google, IBM, Facebook, dll dengan estimasi waktu pembelajaran 1-9 bulan, tergantung kepadatan materi.

Sayangnya kamu perlu membayar sejumlah uang untuk mengikuti sertifikasi tersebut setelah habis masa free-trial 7 hari.

Meskipun berbayar, jaminan kevalidan sertifikasi dari Coursera akan diakui banyak lembaga karena mereka bekerja sama dengan banyak universitas jempolan.

Belajar Online
Sumber: Skillshare

Jika kamu lihat sekilas, situs belajar online ini akan lebih banyak mengadakan kursus bidang ilmu seni (desain, animasi, dan ilustrasi).

Tapi ada kok kelas-kelas kursus yang membahas topik bisnis, marketing, dan web development.

Kelebihan Skillshare adalah kamu bisa melihat deskripsi singkat tentang materi inti yang akan diajarkan, jumlah projek yang perlu dikerjakan, dan profil pengajar.

Dengan begitu kamu bisa memilih mana kursus yang paling sesuai dengan teori pembelajaran yang ingin kamu pelajari.

Durasi tiap kursusnya pun tidak terlalu lama dibandingkan situs kursus sebelumnya, total sekitar 25 menit – 4 jam.

Belajar Online
Sumber: Later

Sedikit berbeda dengan situs belajar online lainnya, Later juga menjadi platform scheduling dan analytic untuk social media marketing (SEM).

Tapi jangan khawatir, kualitas pembelajaran online di sana keren-keren, lho. Hampir semua video pembelajarannya dikemas menarik dengan materi SEM yang pasti kamu butuhkan.

Selain itu, kamu juga bisa mendownload panduan atau tips SEM berekstensi file PDF sehingga bisa kamu baca sewaktu-waktu tanpa perlu akses internet.

Jadi, jika kamu sedang mencari teori terkini seputar perkembangan media sosial dan strategi marketingnya, coba akses video learning dari Later ya.

Belajar Online
Sumber: Flioght School

Daripada kamu hanya menggunakan Twitter untuk curhat atau lihat topik yang sedang trending, mending kamu manfaatkan situs belajar online milik Twitter ini.

Flight School dari Twitter memiliki beberapa kursus yang akan membantu kamu menambah pengetahuan dan keterampilan terkait iklan dan konten video di Twitter.

Kursus-kursus disana terdiri dari teori pembelajaran yang ditujukan untuk berbagai tingkat, baik itu beginner atau pemula, intermediate, hingga advanced.

Dan pastinya membahas seputar marketing dan bisnis dengan media sosial Twitter.

Belajar Online
Sumber: Shopify Learn

Mungkin kamu atau pembaca lainnya lebih familiar dengan Shopify sebagai platform web builder instan untuk situs e-commerce.

Tapi apakah Shopify Learn adalah situs belajar online untuk mempelajari pembuatan website? Sayangnya itu sedikit kurang tepat.

Sebab, Shopify Learn berfokus pada platform pembelajaran online seputar bisnis digital, product branding, dan marketing melalui website bisnis.

Disana kamu bisa mengakses 76 jenis kursus, 165 video tutorial pendukung teori, dan 76 rekaman webinar secara gratis dengan syarat signup akun Shopify.

Materi kursusnya pun dikemas secara modern dengan durasi yang tak begitu lama, maksimal 2 jam.

Itupun masih dipecah lagi ke dalam beberapa sesi yang bisa kamu akses kapan saja.

Belajar Online
Sumber: Udemy

Sejak pertama kali nama Udemy dicari di search engine, headline website Udemy menjelaskan secara gamblang bahwa ia adalah situs belajar online yang fleksibel untuk berbagai macam topik.

Selain banyak, topik yang dibahas pun sangat rinci sehingga tak heran Udemy sudah punya lebih dari 1000 kelas kursus. Yah meskipun tidak semua kursus bisa kamu dapatkan secara gratis.

Keistimewaan Udemy dibandingkan situs lainnya terletak pada ketersediaan kursus pembelajaran dalam bahasa Indonesia yang diajarkan langsung oleh orang Indonesia pula.

Jadi, bagi kamu yang gak terlalu jago bahasa Inggris dan ingin cari aman, langsung saja kunjungi Udemy.

Belajar Online
Sumber:RevoU

Sesuai klaimnya, RevoU adalah situs belajar online revolusioner yang memfasilitasi siapapun yang ingin belajar dan berkarir di industri digital Indonesia.

Mereka memiliki fokus utama pembelajaran di bidang digital marketing, tech sales & business development, data analytics, dan product management.

Keempatnya diajarkan ke dalam dua program kursus, yaitu full program 6 bulan (paid) dan intro programs atau mini course 1 minggu (gratis).

Tentu saja pembelajaran yang didapatkan akan berbeda antara full dan intro program.

Tapi di kedua program kamu tetap akan mendapatkan practical test di akhir minggu dan case study untuk menambah kompetensi analisis.

Situs Belajar Online Untuk Kursus Coding dan Developer

Belajar Online
Sumber:Codeacademy

Sekarang mari kita beralih ke situs belajar online khusus pemrograman dan development. Pertama ada dari Codecademy.

Disana kamu akan menemukan berbagai materi mendasar hingga lanjutan untuk berbagai bahasa pemrograman.

Contohnya saja HTML, JavaScript, PHP, Python dan lain sebagainya.

Namun, jika kamu sedang mencari platform kursus pemrograman online yang sekaligus menawarkan sertifikasi gratis, bukan Codecademy pilihannya.

Sebab kamu perlu bayar dan berlangganan ke kursus Pro. Meskipun begitu, Codecademy worth-to-try karena penyampaian materi yang menarik dan lengkap.

  1. EdX

Belajar Online
Sumber: EdX

Jika kamu mengakses website resminya, EdX mengklaim dirinya sebagai situs belajar online terbaik yang didukung oleh institusi terbaik di dunia.

Yap, memang benar karena kursus-kursus di sana telah bekerja sama dengan 58 universitas dan 83 lembaga non profit terkemuka dari seluruh dunia.

Sebut saja MIT, Harvard University, Stanford University, lembaga ETS, AWS, IBM, dan bahkan Google.

Layaknya bersekolah atau kuliah, kamu tidak hanya diberi pembelajaran secara teori melainkan juga diberi penugasan hingga tes sertifikasi.

EdX menerapkan pembelajaran intensif dalam waktu estimasi 2-3 bulan dengan 2-6 jam per minggu untuk menyelesaikan satu kelas kursus.

Selain kursus untuk bidang marketing bisnis, kamu juga bisa menemukan kursus untuk ilmu komputer, data science, kesehatan, dan psikologi.

Belajar Online
Sumber: Udacity

Sebagai platform kursus pemrograman online, Udacity terbilang lengkap.

Pasalnya disana kamu bisa menemukan materi pemrograman mulai dari untuk front-end, back-end, dan juga cybersecurity.

Kurikulum mereka pun sesuai standar, maksudnya adalah urut mulai dari intro hingga advance yang dikembangkan bersama platform teknologi terkemuka lainnya.

Selain belajar pemrograman secara teknis, kamu juga menemukan materi bisnis dan marketing untuk kebutuhan program digital.

Belajar Online
Sumber: Alison

Walaupun bukan website pembelajaran yang hanya membahas pemrograman, tapi Alison patut masuk ke daftar ini.

Alasannya adalah karena Alison menjadi salah satu pelopor situs belajar online yang menawarkan kursus gratis.

Dan sejak banyak orang terbantu dengan adanya situs itu, banyak website pembelajaran mulai bermunculan.

Alison cukup bangga menawarkan pembelajaran online dari berbagai lingkup studi, contohnya bahasa, marketing, manajemen, kesehatan, bisnis, konstruksi, dan lain-lain.

Materi pembelajaran di Alison tersedia dalam dua kategori, yaitu Certificate dan Diploma Course.

Kalau Certificate Course lebih fokus pada pelatihan dan keterampilan profesi sesuai bidang ilmu yang spesifik dan bisa dipelajari dalam waktu singkat.

Sedangkan Diploma Course khusus pada pemberian pelatihan komprehensi yang diajarkan dengan total waktu 8-15 jam dalam satu kursus.

Walau begitu, keduanya bisa kamu ikuti dengan waktu yang fleksibel.

Belajar Online
Sumber: Codepolitan

Untuk seukuran situs belajar pemrograman online, Codepolitan tergolong sukses.

Codepolitan sudah punya 141 kelas online yang sudah membahas lebih dari 1.800 materi pembelajaran pemrograman intensif.

Keunggulannya dibandingkan situs belajar online lainnya adalah kategori kelasnya yang spesifik, program yang tersedia cukup unik, dan akses webinar dengan developer handal di bidangnya.

Codepolitan memiliki 5 jenis kelas, yaitu kelas Pemrograman Dasar (PHP dan JavaScript), Android, Web Development, CodeIgniter, dan Laravel.

Lalu program yang ditawarkan ada 4, yang terdiri dari Membership (akses ke materi apa saja), Programmer Zaman Now (kursus coding selama 1 semester), Kampus Coding (program kerja untuk membantu menambah kompetensi mahasiswa perguruan tinggi dan siap bekerja), dan Developer School (kurikulumnya berorientasi kebutuhan industri).

Belajar Online
Sumber: BitDegree

BitDegree adalah referensi platform belajar pemrograman selanjutnya yang punya jenis kursus terlengkap.

Bagaimana tidak, mereka membagi materi berdasarkan semua jenis bahasa pemrograman dasar hingga game development.

Bentuk penyampaian materinya ada yang berbasis teks dan video-based. Sehingga kamu bisa memilih sesuai dengan gaya belajar, visual atau auditori.

Semakin menarik dengan fitur live coding editor sehingga kamu bisa sekaligus melihat cara kerja dan hasil pemrograman.

BitDegree juga menyediakan sertifikasi online secara gratis, lho. Yakin gak tertarik?

Mudahnya Kursus Dari Rumah Dengan Situs Belajar Online

Berdasarkan artikel rekomendasi situs belajar online gratis di atas, kita semakin dibuat sadar sekaligus bersyukur bahwa hal yang sebelumnya tak mungkin, kini bisa jadi mungkin.

Dulu yang kalau ikut kursus harus datang ke tempat kursus, kini bisa kamu lakukan sambil rebahan di rumah.

Dari beberapa pilihan di atas, bahkan kamu bisa ambil lebih dari satu kursus dari situs belajar online yang berbeda.

Apalagi daftar kursus online tersebut sudah punya banyak pelajar yang ambil kursus disana sehingga cukup terbukti kredibilitasnya.

Agar waktu santai yang rela kamu habiskan dengan belajar online tidak sia-sia, pastikan kamu sudah mantap ingin belajar ilmu baru di bidang mana.

Selain itu, sesuaikan waktu belajar kamu dengan kegiatan utama sehari-hari, misalnya kuliah atau kerja work from home.

Selagi masih muda atau punya kesempatan bagus untuk belajar hal baru secara online, why not? Hitung-hitung nambah isi CV ya kan DomaiNesians?

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?

Artikel

Lainnya


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!