• Home
  • Tips
  • 10+ Cara Membuat Vlog Untuk Pemula Agar Viewer Banyak

10+ Cara Membuat Vlog Untuk Pemula Agar Viewer Banyak

Oleh Ratna Patria
No ratings yet.

Hai DomaiNesians! Content Creator menjadi salah satu profesi yang saat ini diinginkan banyak orang. Selain karena perkembangan infrastruktur teknologi yang mendukung, penghasilan yang didapatkan tidak bisa dipandang sebelah mata.

Saat ini, platform terbesar dan menjadi tempat creator menuangkan kreativitasnya adalah YouTube. Nah, untuk kamu yang ingin berprofesi sebagai content creator.

Kamu harus mengerti dasar-dasar pembuatannya, agar bisa menjangkau banyak penonton dan memenuhi persyaratan monetisasi dari Youtube. Agar kamu tidak salah langkah, berikut ini cara membuat Vlog untuk content creator pemula.

cara membuat Vlog

Membuat Youtube Channel

Untuk menjadi content creator Hal utama yang harus kamu miliki adalah channel Youtube. Melalui channel ini, kamu akan mempublikasikan karya kamu dan memonetisasinya.

Artinya selain membuat kamu dikenal dengan banyak orang, channel ini nantinya bisa dihubungkan dengan layanan Google Ads. Sehingga kamu juga akan mendapat bayaran dari iklan yang tayang di video kamu.

Dalam membuat channel, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan. Seperti nama channel yang mempresentasikan isi konten; Icon sebagai profile foto channel; dan Channel Art sebagai gambar latar belakang untuk mempercantik tampilan halaman channel.

Untuk membuat channel YouTube, kamu harus memiliki akun Google dan kemudian buat Channel di halaman Youtube.com.

Siapkan Peralatan dan Perlengkapan

Seorang content creator membutuhkan peralatan dan perlengkapan untuk membuat konten-kontennya. Setiap content creator bisa jadi mempunyai peralatan dan perlengkapan yang berbeda-beda.

Ada content creator yang membutuhkan studio, ada juga yang tidak; ada yang butuh lampu penerang, ada juga yang tidak; dan berbagai hal lainnya. Untuk itu, pilihlah peralatan dan perlengkapan yang tepat yang dibutuhkan dalam proses pembuatan konten video.

Dalam menyiapkan peralatan dan perlengkapan ini juga kamu akan menemukan pilihan lainnya. Misalnya peralatan yang low budget atau higher budget. Umumnya, seorang content creator membutuhkan tiga peralatan utama.

Kamera untuk merekam video; microphone untuk merekam audio; dan komputer untuk menggabungkan video-audio, melakukan editing, dan mempublikasikan ke channel utama.

Rencanakan Konten

Cara membuat vlog selanjutnya adalah dengan membuat rencana. Selain untuk meminimalisir kesalahan, dengan perencanaan yang baik akan membuat konten menjadi profesional, jelas tujuannya, dan dapat memberi value yang tepat ke audience. Berikut ini cara membuat rencana konten yang tepat.

Ikuti Passion

Kunci sukses sebagai seorang content creator adalah dengan cara membuat vlog yang sesuai passion. Karena kamu akan menjadi antusias untuk berbagi ke audience, mengerti apa yang dibahas, akan dikenal sebagai orang yang ahli dalam passion kamu, dan dapat menemukan target audience yang tepat.

Tapi meski begitu, tidak semua hal yang berbau dengan passion harus dibuatkan konten dan dipublikasikan. Karena tujuan dalam membuat konten untuk menginfluence banyak orang dan memberikan value. Sehingga kamu harus memfilter konten mana yang sesuai dengan passion sekaligus berpotensi untuk dilihat banyak audience.

Cari topik

Youtube adalah platform besar yang mempublikasikan jutaan video tiap harinya. Artinya para konten kreator bersaing untuk mendapat penonton yang tepat. Untuk itu cara membuat vlog yang tepat adalah dengan memilih topik yang spesifik. Kamu juga harus punya dasar pengetahuan tentang topik yang kamu pilih.

Misalnya, channel youtube mu saat ini adalah tentang game. Tidak hanya bisa memainkannya, akan menjadi nilai tambah ketika kamu mengerti trik permainannya, siapa perusahaan yang merilis game nya, latar belakang karakter, cerita yang ada, dan hal-hal lainnya.

Kamu juga bisa memanfaatkan tren saat ini dalam mencari topik untuk membuat konten. Selain akan meningkatkan viewers dalam waktu singkat, tren memudahkan kamu merancang ide. Tidak perlu membangun ide dari nol.

cara membuat Vlog

Utamakan kualitas daripada kuantitas

Dalam masa pembangunan channel youtube, channel tentu saja tidak akan langsung menjadi besar dan dikenal banyak orang. Cara membuat vlog selanjutnya adalah dengan membuat konten yang menarik agar video yang kamu buat ditonton banyak orang.

Cara termudah untuk melakukan hal tersebut adalah dengan membuat konten-konten yang berkualitas. Fokus akan hal tersebut membuat channel semakin dikenal karena konten yang memberikan value. Beri value di setiap video agar audience mendapat ‘sesuatu’ ketika selesai menonton video kamu.

Jika memikirkan kuantitas (jumlah), video yang dibuat malah tidak akan banyak ditonton karena memang tidak memberikan dampak apa-apa ke audience. Lebih bagus jika kuantitas dibarengi oleh kualitas.

Susun Script

Tidak semua orang bisa berbicara di depan kamera tanpa hambatan. Jika kamu termasuk orang yang sulit fokus, sebaiknya susun script yang cukup detail.

Hal ini membuat video yang kamu buat akan menjadi rapi, terstruktur, dan tidak keluar dari topik utama. Atau jika ingin terlihat natural, cukup tulis poin-poin utama yang nanti bisa kamu kembangkan sendiri pada saat proses rekaman.

Jadi diri sendiri

Penting sekali untuk menjadi diri sendiri saat memutuskan menjadi content creator. Di tengah persaingan yang saat ini memang cukup tinggi, kamu harus terlihat berbeda dan membuat tren tersendiri. Istilah populernya, kamu harus membuat personal brand kamu sendiri.

Misalnya berpenampilan yang menunjukkan karakter diri; gaya bicara yang menghibur; selalu mengakhiri video dengan hal-hal unik; atau menggunakan musik opening dan ending yang membuat orang ingat akan channel kamu.

Eksekusi

Setelah semua rencana sudah kamu siapkan dengan matang, sekarang waktunya untuk mengeksekusi cara membuat vlog. Mulailah dengan merekam video sesuai rencana menggunakan peralatan atau perlengkapan yang ada.

Rekam ulang jika kamu merasa video yang diambil tidak sesuai dengan ekspektasi kamu. Setelah itu, lakukan pengeditan menggunakan software video editor di komputer.

Gabungkan video dan audio, tambahkan musik latar belakang, dan buat efek-efek lainnya yang membuat video menjadi menarik dan audience tidak merasa bosan ketika menonton. Setelah selesai, lanjutkan dengan upload video di channel.

Mungkin kamu merasa video pertamamu tidak begitu bagus. Itu tidak apa-apa. Setelah melakukan eksekusi video pertama, kamu menjadi tahu apa yang harus diperbaiki di video selanjutnya. Hal tersebut yang akan membuat kamu terus belajar menjadi lebih baik.

Setelah video dipublikasikan mungkin tidak akan banyak penonton dalam waktu cepat. Sehingga, akan lebih baik promosikan ke teman-teman dan minta tanggapan mereka tentang video yang kamu buat.

Konsisten Adalah Segalanya

Walaupun saat ini ada banyak sekali content creator yang bermunculan. Ternyata tidak semuanya bisa bertahan. Hanya content creator pemula yang konsisten; mempublikasikan konten berkualitas; dan menjadi diri sendiri, yang akhirnya menjadi creator besar.

cara membuat Vlog terbaru

Tanpa konsistensi dalam membuat konten, akan menyebabkan channel dilupakan. Memang dibutuhkan waktu, kerja keras, kerja cerdas, kreativitas, dan kesabaran untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Tapi usaha tidak akan mengkhianati hasil.

Sebagai content creator pemula, kamu perlu banyak belajar tentang cara membuat vlog yang benar agar konten-konten yang kamu publikasikan kedepannya menarik, berkualitas, dan bisa bermanfaat untuk audience. Jangan patah semangat, mulai dengan vlog pertama, dan terus berkarya!

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!