• Home
  • Tips
  • 15+ Contoh Blog Untuk Inspirasi Konten & Desain Blog Kamu

15+ Contoh Blog Untuk Inspirasi Konten & Desain Blog Kamu

Oleh Ratna Patria
No ratings yet.
  1. Bagi kamu yang pingin punya blog pribadi dengan niche menarik, kini tak perlu bingung lagi karena karena di luaran sana sudah banyak contoh blog pribadi yang bisa kamu tiru.

Dengan begitu, kamu bisa menghemat waktu dan tenaga yang mana harus dikeluarkan untuk membuat sebuah blog yang menarik dan keren.

Hingga saat ini, orang-orang membuat blog dengan tujuan untuk terhubung dengan pembaca dari berbagai latar belakang dan menyalurkan ide atau ketertarikan si pembuat blog.

Dengan keberagaman blog yang ada, tak masalah kalau kamu punya blog atau website yang mirip dengan blog orang lain atau bahkan mirip blog perusahaan besar.

Asalkan kamu tidak meniru sebagian besar desain hingga topik yang dimiliki contoh blog pribadi yang kamu pakai ya! Kalau ketahuan meniru ‘kan bisa bikin kamu malu.

Contoh Blog
Sumber: Envato
  1. Help Scout

Contoh blog pribadi pertama datang dari blog penyedia software untuk keperluan help desk atau customer service.

Hal yang paling menonjol dari contoh web ini adalah clean design yang dipadukan dengan warna pastel seperti biru dan orange serta menampilkan gambar untuk semua postingannya sehingga terkesan sederhana dan minimalis.

Tampilan blog yang berlatar belakang dominan putih semakin berwarna dengan penggunaan gambar yang colorful dan menarik pembaca muda.

Website blog Help Scout akan cocok untuk kamu yang suka kesederhanaan dan berencana membangun website pribadi yang minimalis.

  1. Pando

Jika kamu suka menulis untuk menceritakan pendapat atau berita dan isu terkini yang terjadi di sekitar, Pando bisa jadi sumber inspirasi bagus.

Pando sebagai salah satu contoh blog pribadi milik perusahaan asal San Francisco, USA yang fokus menjadi blog analisis isu sekitar dengan tampilan yang sederhana dan navigasi mudah.

Layout yang digunakan contoh web ini juga ramah untuk pembaca baru karena ada meta deskripsi atau deskripsi singkat dari keseluruhan suatu artikel.

  1. Design Milk

Design Milk adalah contoh blog pribadi lainnya yang terdiri dari banyak artikel desain dengan beragam niche.

Contohnya desain seni arsitektur, desain interior, fashion, hingga technology art.

Website ini juga menyelipkan layanan belanja beragam barang dan aksesoris sesuai dengan kebutuhan desain modern.

Kamu bisa lihat contohnya seperti alat masak, aksesoris dekorasi rumah, barang elektronik, aksesoris fashion (sepatu, perhiasan), hingga kebutuhan hewan peliharaan.

Design Milk menjadi inspirasi contoh web yang informatif sekaligus online shop barang-barang unik yang berhubungan dengan kebutuhan desain.

  1. Fubiz

Kamu seorang pecinta seni atau berprofesi yang ada hubungannya dengan seni dan desain?

Mungkin Fubiz bisa jadi contoh web yang bisa menginspirasi pengembangan blog kamu.

Website buatan Romain Colin ini sangat berfokus pada niche seni dan desain digital dan berhasil menjadi trendsetter konten dan playlist kreatif untuk komunitas besar di seluruh dunia.

Tak hanya hadir sebagai contoh web yang informatif dan unik, tampilan website Fubiz sangat eye catching dengan layout rapi dan interaktif serta pemilihan warna netral yang dipadukan warna pastel.

  1. Webdesigner Depot

Kalau tadi sudah membahas contoh blog pribadi bertemakan desain dan seni rupa, Webdesigner Depot menjadi salah satu contoh blog pribadi yang mana cocok untuk kamu yang menggeluti industri desain web.

Sesuai namanya, di sana kamu akan menemukan berbagai artikel yang fokus membahas berita terkini, inspirasi desain, resources, teknologi, dan tips mengenai desain web.

Contoh web ini juga atraktif sehingga menambah kesan menarik bagi para pembaca.

Apalagi mereka menggunakan skema warna, background, dan font yang konsisten.

Membuat blog ini terlihat profesional dan tak terlihat pasaran dengan website lainnya.

  1. Brit + Co

Didirikan pada akhir 2011 oleh Brit Morin, Brit + Co telah menjadi salah satu perusahaan media digital terbesar untuk wanita.

Contoh web ini sekarang sudah menjangkau komunitas lebih dari 175 juta online di seluruh platform.

Web ini telah mengumpulkan puluhan juta penayangan video dan menghasilkan ratusan konten setiap bulan untuk mengikuti semua perkembangan isu terkini seputar dunia wanita.

Mulai dari inspirasi kecantikan, kesehatan, fashion, makanan, home DIY, hubungan percintaan, hingga isu wanita.

Selain mengangkat tema atau niche web yang unik, segala sesuatu tentang Brit + Co mencerminkan website yang bersih, hangat, dan ramah.

Web ini memiliki tata letak yang sangat teratur sehingga menjadikannya sebagai inspirasi contoh blog pribadi dengan konten-konten lebih mudah dicerna.

  1. Tesco

Jika kamu berencana membuat website untuk online shop tapi masih bingung fokus jualan apa, website Tesco bisa jadi contoh blog pribadi kamu nih.

Di sana kamu akan melihat berbagai macam barang dijual dari berbagai kategori.

Misalnya kebutuhan bahan makanan (groceries), homeware, pakaian untuk semua golongan umur dan gender, dan teknologi ponsel.

Tesco juga menyajikan artikel blog tentang inspirasi resep makanan populer hingga makanan sehat untuk diet.

Selain itu, Tesco juga didukung dengan desain layout yang sangat minimalis namun berani.

Nuansa hangat dan ramah menggarisbawahi setiap kategori konten.

Tesco adalah contoh web yang bagus tentang bagaimana penampilan website yang tepat dapat mencapai citra diri yang menarik, terutama jika itu sesuai dengan konsep barang jualan kamu secara keseluruhan.

  1. 500px

Contoh blog pribadi selanjutnya cocok untuk kamu yang ingin membangun blog fotografi sebagai portofolio kamu, 500px namanya.

Website ini memiliki kesan dapat membuat pembaca terus tertarik dan terlibat dengan konten.

Supaya lebih menarik, kamu bisa melengkapi hasil fotografi dengan penjelasan yang relate.

Bisa dengan cerita di balik pengambilan foto, pengalaman unik selama mengambil foto, tips dan trik fotografi, dan lain sebagainya.

Dengan begitu, kamu bisa memperkenalkan seperti apa blog kamu dengan jelas.

Contoh Blog
Sumber: Envato
  1. BarkPost

BarkPost, blog artikel berita tentang anjing dari BarkBox adalah contoh blog pribadi yang bagus untuk sejumlah alasan.

Dengan contoh web ini, kamu bisa banget lho mendesain tampilan website pribadi dan menuangkan segala tulisan atas kegemaranmu dengan anjing melalui sebuah blog sebagai sumber informasi untuk orang tua dan pecinta anjing.

Kamu bisa menyajikan konten tentang fakta menarik anjing, tips makanan dan merawat anjing, hingga artikel traveling dengan anjing.

Penataan layout pada website BarkPost juga bisa banget kamu contoh karena cenderung sederhana dengan permainan gambar pelengkap yang akan menarik perhatian pembaca.

  1. Johnny Cupcakes

Masih belum puas dengan contoh web inspiratif di atas?

Kalau kamu pingin jualan suatu produk dengan penyajian menarik, bisa dicoba strategi pemasaran melalui website yang dilakukan oleh Johnny Cupcakes.

Bukan menjual cupcake sungguhan, melainkan ia adalah brand pakaian buatan Johnny.

Kamu bisa meniru strategi pemasaran produk unik seperti yang dilakukan Johnny Cupcakes untuk menarik perhatian customer.

Di samping keunikan brand campaign-nya, contoh web ini punya skema warna yang sederhana dan font yang serasi.

Membantu menciptakan pengalaman pengguna yang terpadu dari toko ke konten umum sambil menampilkan gambar yang berani dan berwarna untuk menarik perhatian pembaca.

  1. Zion Adventure Photog

Kamu seorang fotografer yang ingin menawarkan jasa kamu melalui sebuah website?

Zion Adventure Photog adalah contoh blog pribadi yang bagus karena cara desainnya mencerminkan konten milik wanita bernama Arika.

Website tersebut memuat layanan fotografer khusus kawasan Utah Selatan dan Zion, USA dan sekaligus website portofolio hasil fotografi yang berhasil diabadikan Arika.

Kamu bisa contoh web tersebut karena di sana menampilkan foto-foto menarik dengan layout yang rapi, konsisten, dan atraktif.

Selain itu, Arika menggunakan warna hijau dan kuning yang mewakili niche websitenya yaitu fotografi petualangan alam.

Jadi pastikan kamu juga menggunakan warna yang mencerminkan tema utama website ya.

  1. GrossyPelosi

Siapa bilang posting blog harus serius? Dan Pelosi, pendiri blog makanan GrossyPelosi, membuktikan bahwa humor dapat membuat brand yang dibangun langsung disukai.

Contoh blog pribadi satu ini terdiri dari resep masakan yang menyenangkan untuk dibaca dan dipraktekkan.

Di sana kamu akan melihat berbagai macam resep masakan khas Italia yang ditampilkan dengan sangat ‘menggugah’ karena menggunakan foto makanan berukuran sedang di atas background clean design.

Tampilan one page untuk setiap menu pada web menambah kesan praktis dan sederhana.

Selain sebagai contoh web resep, kamu bisa melengkapi blog dengan artikel gaya hidup yang tetap berkaitan dengan makanan dan rekomendasi alat dan bahan masakan yang wajib dimiliki pecinta memasak.

  1. Simply Tabitha

Blog milik seorang wanita bernama Tabitha ini adalah contoh blog pribadi luar bisa yang mencerminkan bahwa kamu bisa membuat website powerful untuk membangun citra diri dan brand kamu.

Website blog Simply Tabitha ini terdiri dari berbagai niche yang akrab di telinga para wanita dewasa, misalnya tentang style, kecantikan, resep, bayi, seputar pengalaman menjadi ibu, dan dekorasi rumah.

Sebagian besar Tabitha menulis konten yang relate dengan pengalaman pribadinya sehingga dengan mudah menjelaskan bahwa ‘ini adalah blog kehidupan Tabitha’.

Di sisi lain, blog tersebut juga Tabitha monetisasi sehingga ia mendapatkan pendapatan tambahan.

Sebab, jika kamu bekerja sama dengan model afiliasi dan menautkan link produk mereka di konten kamu, maka kamu bisa berkesempatan mendapatkan komisi untuk setiap penjualan yang datang melalui blog kamu.

Bisa dicontoh banget, ‘kan?

  1. Shot from the Street

Bagi kamu yang gemar berfoto estetik ala Pinterest, blog jadi platform kedua yang bisa kamu jadikan ‘album foto’ selain Instagram.

Contoh web pribadi milik Lizzy Hadfield ini berisikan foto-foto fashion dan lokasi liburan Lizzy.

Ia mengatur gambar dan postingnya dalam layout grid dan foto-foto berwarna lembut yang dikompilasi menjadi satu layar penuh yang panjang.

Kamu bisa mengambil inspirasi dari contoh web Lizzy ini untuk menjadikan blog kamu sebagai alat untuk mempromosikan akun media sosial dan membangun engagement dengan brand buatanmu (jika ada).

  1. Lux Living Weekly

Contoh web pribadi selanjutnya adalah Lux Living Weekly.

Website blog ini adalah bagian dari portofolio desain interior perusahaan Casa Vilora Interiors.

Di sana kamu akan disajikan postingan tulisan-tulisan CEO Casa Vilora, Veronica Solomon, tentang tips dekorasi rumah hingga membongkar mitos desain.

Jadi, kalau kamu seorang interior designer, website blog menjadi platform profesional yang akan membantu kamu mengenalkan bakat kamu dengan mudah.

  1. Brownstone Boys

Ketika mendapatkan pertanyaan tentang cara bikin blog, salah satu hal pertama yang perlu kamu tentukan adalah apakah blog harus menjadi website mandiri atau bagian dari website yang sudah ada.

Contoh blog pribadi milik Jordy dan Barry ini salah satunya.

Blog Brownstone Boys memiliki beberapa halaman yang berfokus pada pekerjaan dan keahlian sebagai ahli renovasi bangunan, termasuk halaman resource dengan tips renovasi dan ide desain.

Selain itu, terdapat halaman terpisah yang berisi galeri foto proyek terbaru Jordy dan Barry.

Contoh web ini secara efektif menyoroti pengetahuan mereka di bidang tertentu sekaligus membangun kepercayaan di antara calon pelanggan.

Brownstone Boys adalah contoh blog pribadi yang bagus untuk efektivitas blogging bisnis dan menjadikannya bagian dari strategi brand.

Contoh Blog
Sumber: Envato

Ayo Buat Blog Pribadi Terbaik Kamu!

Itulah beberapa contoh blog pribadi dan corporate yang bisa jadi inspirasi blog kamu.

Kalau kamu masih pemula yang baru memulai dunia per-blogging-an, awali dengan contoh blog dengan konten dan tampilan yang sederhana tapi rapi.

Buatlah blog atau website yang sesuai minat kamu sehingga kamu lebih bebas mengekspresikan diri.

Setelah kamu sudah merencanakan dan memutuskan untuk buat blog yang seperti apa, jangan lupa untuk menggunakan hosting dan domain terbaik.

Kalau mau beli hosting dan domain cek di domainesia.com dong pastinya! Semangat dan happy blogging!

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?

Artikel

Lainnya


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!