• Home
  • Berita
  • 6 Contoh Blog Makanan Paling Populer

6 Contoh Blog Makanan Paling Populer

Oleh Ratna Patria
No ratings yet.

Saat ini menjadi seorang food blogger memang banyak diminati karena mulai meningkatnya ketertarikan masyarakat terhadap kuliner. Bagi kamu yang ingin mencobanya ikuti beberapa tips menjadi food blogger dan contoh blog makanan berikuti ini, yuk. 

Apa Itu Food Blogger?

Food blogger ini adalah individu maupun komunitas tertentu yang memiliki ketertarikan pada makanan hingga mereka ingin berbagi dan mendiskusikan minatnya tersebut secara online melalui platform blog. 

Blog sendiri merupakan sebuah jurnal online, di mana kamu bisa berbagi pemikiran dengan banyak orang atau situs web yang menampilkan informasi tentang topik tertentu.

Memang blogging saat ini telah tumbuh secara eksponensial dalam beberapa tahun terakhir. Jadi, sederhananya food blogger adalah seseorang atau komunitas tertentu yang ingin memperkenalkan macam-macam kuliner kepada dunia.

Hadirnya blog mengenai kuliner ternyata membuat orang-orang bisa menghabiskan sebagian besar waktu hanya untuk browsing tentang makanan. Hal ini juga memberikan kesempatan bagi kamu untuk mendapatkan uang dari internet. 

Contoh Blog Makanan yang Populer di Indonesia

Berikut ini adalah beberapa contoh blog makanan yang banyak menyita perhatian masyarakat Indonesia:

1. Anakjajan.com

Contoh blog makanan
Sumber: Anakjajan

Contoh blog makanan pertama ada anakjajan.com. Sebagian masyarakat yang aktif di dunia media sosial pasti sudah tidak asing lagi dengan pengguna akun ini, karena tidak hanya aktif di platform blog saja mereka juga banyak mengunggah foto maupun video di Instagram. 

Anakjajan.com ini sendiri sudah dimulai sejak pertengahan tahun 2011 lalu oleh Julia Veronica dan Marius Tjenderasa. Meningkatnya respon positif dari pembaca, membuat mereka menjadikan kegiatan jajan makanan ini menjadi profesi utama. 

Keduanya ternyata membagi tugas untuk melakukan review makanan, Marius yang bertanggung jawab atas fotografi dan semua tulisan kuliner dikerjakan oleh Julia.

Perlu kamu ketahui, contoh blog makanan yang satu ini ternyata tidak hanya menjelajah kuliner di seluruh Indonesia, tetapi juga beberapa kali ke luar negeri sebagai tambahan review tentang kuliner internasional. 

Walaupun lebih banyak review makanan, namun contoh blog makanan anakjajan.com juga membagikan berbagai resep makanan, rekomendasi tempat makan. 

2. Lulabyspoon.blogspot.com

Contoh blog makanan
Sumber: lulabyspoon

Contoh blog makanan lulabyspoon.blogspot.com ini dimiliki oleh Cindy Lulaby yang merupakan salah satu food blogger

Dalam membuat konten-konten kuliner di blognya, ia dibantu dengan partner-nya bernama June. Tak hanya sekadar review makanan, dalam blognya Cindy juga selalu menambahkan daftar harga dan jam operasi tempat makan yang didatangi. 

Dengan begitu para pembacanya bisa mendapatkan informasi lebih lengkap serta menyesuaikan budget dan waktu mereka.

3. Eatandtreats.blogspot.com

Sumber: eatandtreats

Contoh blog makanan eatandtreats.blogspot.com pasti juga sudah banyak yang mengetahuinya, apalagi bagi kamu yang berdomisili di Jakarta. 

Hans sebagai pemilik dari blog ini sangat menyukai dunia kuliner dan fotografi. Hingga akhirnya mulai untuk menulis review restoran sejak Oktober 2012. Sampai dengan saat ini contoh blog makanan eatandtreats.blogspot.com sudah mendapatkan sekitar 200.000 pageview.

Melihat dari akun instagramnya di @eatandtreats akan ada banyak sekali foto-foto makanan penutup atau dessertNamun tak jarang juga,  ada menu makanan utama dari berbagai restoran baik di dalam mall maupun jajanan pasar. 

4. Myfunfoodiary.com

Contoh blog makanan
Sumber: myfunfoodiary

Contoh blog makanan lainnya juga ada myfunfoodiary.com yang memulai tulisannya sejak Juli 2012. Meskipun menjadi seorang food blogger bukan sebagai pekerjaan utamanya, tetapi dia selalu menyempatkan diri untuk mencari berbagai makanan yang enak dan unik. 

Konten-konten yang dibagikan dalam blog ini pun juga dari berbagai tempat makan di Jakarta serta kota-kota lainnya di Indonesia. Sampai saat ini contoh blog makanan ini sudah berhasil mencapai 21.000 page view setiap harinya.

5. Thefoodescape.com

Contoh blog makanan
Sumber: thefoodescape

Kemudian ada contoh blog makanan thefoodescape.com dari Daisy Caroline yang merupakan seorang dokter dengan hobi berkeliling dunia untuk menikmati makanan. 

Dan Yu Kato seorang fotografer food and beverages (F&B). Keduanya membentuk blog sejak November 2010. Dalam review contoh blog makanan yang dimiliki oleh Daisy dan Yu Kato, mereka juga memberikan informasi lengkap terkait berapa budget yang sesuai dengan kantong. 

6. Smittenkitchen.com

Contoh blog makanan
Sumber: Smittenkitchen

Contoh blog makanan yang terakhir adalah Smitten Kitchen. Ini adalah salah satu contoh blog makanan paling populer dengan resep lebih dari 800 yang mencakup berbagai masakan. 

Blog makanan Smitten Kitchen ini dimiliki oleh Deb Perelman. Dalam setiap konten yang dibagikan, ia berusaha untuk memproduksi makanan tanpa menggunakan bahan-bahan mahal. 

Sederhananya, ia menginginkan agar resepnya dapat digunakan dengan bahan-bahan yang sudah tersedia. Selain itu, dalam contoh blog makanan Smitten Kitchen juga terdapat banyak tutorial memasak yang lebih mudah dari biasanya. 

Bagaimana Cara Menjadi Food Blogger?

Bagi kamu yang tertarik untuk menjadi seorang food blogger, berikut beberapa cara tepat untuk memulainya: 

1. Tentukan Niche Blog

Cara menjadi food blogger yang pertama adalah memutuskan jenis blog apa yang akan kamu tulis, dan niche yang dituju. Ini sama halnya dengan bisnis apa pun, sangat penting untuk memiliki nilai jual yang unik agar bisa membuat blog milikmu lebih menonjol dari orang lain. 

Diperkirakan sudah ada 227 juta blog di dunia, oleh karena itu kamu harus memberi alasan kuat kepada para pengunjung situs untuk membaca blog makanan.Cara terbaik untuk menemukan niche blog ini dengan melakukan riset. Cari tahu blog apa yang sudah ada dan catat elemen menarik. 

Dengan begitu, kamu akan lebih mudah menemukan inspirasi untuk menulis blog dengan memberikan resep lokal terbaik atau hanya sekadar review restoran saja.

2. Ketahui dengan Jelas Tujuan Blog Makanan

Selanjutnya, pastikan kamu mengetahui dengan jelas tujuan blog makanan ini dibuat. Cara mudah yang bisa kamu lakukan dengan mengajukan beberapa pertanyaan pada diri sendiri seperti: 

  • Blog makanan ini ditujukan untuk siapa? 
  • Hal apa yang menonjol dalam blog makanan ini? 

3. Segera Mulai Membuat Blog Makanan Milikmu

Ketika memulai blog, kamu akan memiliki dua opsi utama yaitu menggunakan platform blogging atau membangun sendiri situs website. 

Namun, karena masih banyak orang yang tidak memiliki keterampilan di bidang teknologi untuk menyiapkan situs web jadi ada baiknya untuk menggunakan opsi pertama yaitu memakai platform blogging. 

Ada sejumlah platform blogging yang bisa kamu gunakan baik secara berbayar ataupun gratis. Dalam menentukan platform blogging sebaiknya pilih yang paling sesuai dengan kebutuhanmu saat nanti akan menjadi food blogger

Seberapa besar kemungkinan kamu untuk bisa mendesain blog atau menyimpan berbagai file foto maupun video untuk konten artikel.

Contoh blog makanan
Sumber: Envato

4. Tingkatkan Penggunaan Media Sosial 

Lebih dari 3 miliar orang di dunia saat ini sudah menggunakan media sosial. Oleh karena itu, sangat penting bagi kamu juga untuk melakukan pemasaran di media sosial.

Kamu perlu memutuskan platform media sosial mana yang paling cocok. Hal ini dapat ditentukan oleh beberapa faktor, seperti: 

  • Apabila menargetkan audiens yang lebih muda, kamu bisa mulai aktif di media sosial seperti TikTok. Dengan membuat video berdurasi singkat, kamu bisa membagikan resep. 
  • Selanjutnya, jika ingin membuat video yang lebih panjang beserta penjelasan rinci cara membuat salah satu resep, maka platform YouTube bisa jadi pilihan terbaik. 
  • Terakhir, bagi kamu yang hanya ingin fokus pada pengambilan foto untuk rentang usia yang luas, maka Instagram pilihan tepat. 

Jadi, selain aktif menulis di blog kamu juga harus pastikan menggunakan platform media sosial lain untuk memasarkannya. 

Platform apapun yang kamu gunakan, cobalah untuk rutin posting konten terbaru sehingga para followers pun akan semangat untuk berkomentar dan meningkatkan engagement

5. Belajar SEO 

Jelas akan ada banyak hal lain yang perlu dipertimbangkan, termasuk monetisasi, hosting, lisensi, dan sebagainya. Namun, pastikan kamu juga mempelajari Search Engine Optimization (SEO) untuk meningkatkan traffic blog. 

SEO ini akan membantu kamu menghasilkan konten-konten berkualitas sehingga mudah ditemukan oleh pengunjung karena berada di peringkat teratas pada halaman mesin pencarian seperti Google.

Cara Membuat Blog Makanan  

Berikut adalah langkah-langkah dasar untuk membuat blog makanan menggunakan platform WordPress. Nantinya, blog makanan tersebut akan memiliki nama domain dan tampilan sendiri yang berbeda. 

1) Beli nama domain yang cocok untuk blog makanan

Saat membeli nama domain pastikan kamu memilih yang singkat, mudah diingat, dan biasanya diakhiri dengan .com seperti domainesia.com.

Umumnya, memang kebanyakan orang lebih senang menggunakan nama domain yang sama dengan blog yang dikelola. 

2) Temukan host web yang andal.

Selanjutnya adalah memilih layanan hosting yang andal untuk menjadi ‘rumah’ bagi blog makanan milikmu.  

Dengan menggunakan layanan hosting yang tepat, membuat blog makanan dapat diakses oleh world wide web. Sederhananya, ketika menggunakan hosting berarti blog milikmu sudah resmi aktif. 

3) Instal WordPress

Kemudian instal WordPress yang merupakan perangkat lunak untuk blogging dengan standar industri top-of-the-line. WordPress ini ada yang bisa kamu gunakan secara gratis maupun berbayar. 

4) Instal tema WordPress

Tema WordPress ini juga akan menentukan tampilan, nuansa, dan fungsionalitas situs website agar pengguna lebih mudah membaca konten-konten di blog milikmu. 

5) Persiapkan tools Google

Google menawarkan tools dan layanan yang sangat membantu kamu untuk melihat traffic pengunjung website seperti Google Analytics dan Search Console. Kedua tools tersebut bisa kamu gunakan secara gratis. 

6) Instal plugin WordPress

Plugin WordPress ini dapat memperluas fungsionalitas di area tertentu. Misalnya, salah satu plugin WordPress gratis dapat membantu mencegah komentar yang sifatnya spam.

7) Mulai untuk menulis di blog makanan 

Terakhir, apabila beberapa cara di atas telah lengkap dilakukan semua maka kini saatnya mempublikasikan resep, cerita, dan foto terkait makanan. Cukup mudah bukan? Kamu juga bisa pelajari lebih lengkap cara mudah membuat blog di DomaiNesia.

Contoh blog makanan
Sumber: Envato

Ikuti Tips Sukses Jadi Food Blogger di Atas Yuk! 

Menjadi seorang food blogger tentu harus memiliki keahlian menulis yang baik dan ketertarikan di bidang kuliner. Dengan banyaknya informasi yang kamu miliki, tentu bisa menjadi nilai unggul bagi blog makanan.

Pasalnya semakin lengkap dan rinci sebuah blog memuat konten tentang makanan, maka bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi banyak orang khususnya pecinta kuliner. 

Beberapa contoh blog makan di atas seperti eatandtreats, anakjajan, smitten kitchen, thehungrydoctor dan lainnya ternyata dibangun oleh satu atau dua orang yang memang minat di bidang kuliner. Mereka tak hanya aktif menulis konten di blog, tetapi juga memasarkannya melalui platform media sosial lain.

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!