• Home
  • Tips
  • Faktor Penting dalam Mengoptimalkan & Cara Membuat Channel YouTube

Faktor Penting dalam Mengoptimalkan & Cara Membuat Channel YouTube

Oleh Ratna Patria
No ratings yet.

Hampir lebih dari 80% pengguna internet tentu telah mengetahui platform berbasis video yang bernama YouTube. Tentu kamu pernah mendengar nama-nama seperti Raditya Dika, Ria Ricis, Arief Muhammad, Atta Halilintar, dan masih banyak lagi. Yup, orang-orang tersebut bisa dibilang salah satu dari sekian banyak content creator yang meraup banyak keuntungan dari adanya YouTube.

Media yang Paling Banyak Digunakan

Mengapa harus YouTube? Karena platform ini telah menguasai market share platform video di Indonesia. Lebih dari 90% pengguna internet di Indonesia mengatakan YouTube adalah platform pertama yang mereka kunjungi untuk mencari konten video apapun.

Berdasarkan Survei dari Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) lebih dari 69% orang Indonesia menggunakan internet untuk menonton YouTube. Bisa kamu bayangkan bagaimana kamu mendapatkan banyak keuntungan jika kamu bisa memanfaatkan platform video ini.

cara membuat channel YouTube
Sumber: Freepik

Mungkin kamu masih penasaran bagaimana para content maker di YouTube yang dikenal dengan YouTuber itu bisa sangat terkenal dan meraup pundi-pundi rupiah dari platform video tersebut.

Kali ini kami akan memberikan cara membuat channel YouTube untuk para pemula. Untuk sebagian orang yang memiliki channel YouTube, namun channel kamu belum banyak dikenal, tenang saja. Kami juga akan memberikan beberapa faktor yang bisa membuat channel kamu berada pada ranking teratas di hasil pencarian YouTube.

Cara Membuat Channel YouTube

Hal pertama yang harus kamu miliki sebelum membuat channel YouTube adalah akun Google. Jika kamu telah memiliki akun Google saat membuat channel YouTube kamu. Berikut cara membuat channel YouTube untuk pemula:

  • Silahkan buka halaman YouTube kemudian klik “ sign in” yang terletak pada pojok kanan atas.
  • Kemudian masukan email pada halaman tersebut. Pastikan email tersebut adalah email aktif dan jika bisa kamu menggunakan email khusus untuk akun YouTube.
  • Jika akun YouTube selesai dibuat kamu bisa mengubah profil, foto dan lain-lain. Caranya silahkan klik “Settings” di pojok kanan atas dan muncul pengaturan akun. Untuk membuat channel baru silahkan klik “Create a new channel ”.
  • Kemudian itu akan ada pilihan pilihan Create Channel. Kamu bisa mengisi nama channel YouTube kamu, buatlah nama yang sesuai dengan konten yang kamu buat.
  • Nah ini bagian pentingnya, Jika kamu ingin menggunakan channel YouTube kamu untuk bisnis silahkan klik “use a business or other name “. Selain itu kamu juga bisa memasukan nama brand milik kamu pada saat masuk ke laman “ brand account” lalu klik “create”.
  • Channel YouTube kamu selesai dibuat, selanjutnya silahkan mengisinya dengan konten-konten menarik dan kreatif ya.

Cara mengoptimalkan Channel YouTube

Setelah mengikuti cara membuat channel YouTube dan channel selesai dibuat, tentu banyak hal yang harus dipikirkan. Salah satu yang paling penting adalah konten untuk mengisi channel YouTube kamu. Selain itu kamu harus memikirkan bagaimana membuat channel tersebut memiliki peringkat teratas pada hasil pencarian. Untuk membuat channel kamu berada pada peringkat atas kamu perlu mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhinya:

cara membuat channel YouTube
Sumber: Freepik

Jumlah Komentar

Jumlah komentar pada video yang kamu upload adalah salah satu faktor yang mengantarkan video kamu di peringkat teratas. Hasil riset Backlink.io terhadap 1.3 juta video menujukan jika video yang memiliki komentar lebih banyak akan menduduki peringkat teratas hasil pencarian.

Jumlah Subscriber

Faktor lainnya adalah jumlah subscriber pada Channel YouTube kamu. Penonton yang menjadi subscriber setelah menonton video kamu adalah hal yang bagus untuk channel YouTube kamu kedepannya. Karena itu berarti konten yang kamu upload memiliki kualitas yang bagus. Kamu juga bisa meminta para penonton untuk like dan subscribe.

Click-Through Rate (CTR)

Click Through Rate (CTR) juga bisa mempengaruhi channel kamu berada pada peringkat teratas mesin pencarian YouTube. CTR adalah jumlah klik terhadap jumlah impression hasil pencarian. Semakin tinggi Click Through Rate (CTR) video kamu semakin besar juga peluang untuk YouTube menempatkan video kamu di urutan atas hasil pencarian.

Durasi

Sama seperti artikel pada blog atau website, durasi video pada channel YouTube juga perlu diperhatikan. Karena video yang berdurasi lama cenderung mendapat peluang yang lebih besar untuk berada pada urutan atas hasil pencarian YouTube. So, jangan ragu-ragu untuk membuat konten menarik dan sedetail mungkin.

Jumlah Share

Jumlah share pada video yang kamu upload di YouTube juga bisa mempengaruhi ranking video kamu. Kuncinya bagikan video YouTube kamu di akun-akun media sosial yang kamu miliki. Karena dengan membagikan video tersebut secara langsung penonton pada video kamu akan bertambah.

cara membuat channel YouTube
Sumber: Freepik

Nah, sekarang kamu tahu bagaimana cara membuat channel YouTube dan mulai mengoptimalkan channel YouTube dengan mengikuti cara diatas. Setelah itu kamu bisa fokus membuat konten yang menarik dan membuat strategi bagaimana agar video kamu ditonton banyak orang. Selamat mencoba!

Ratna Patria


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!