• Home
  • Tips
  • Apa Itu Strategi Bisnis dan 5 Keunggulan Kompetitif

Apa Itu Strategi Bisnis dan 5 Keunggulan Kompetitif

Oleh Argadahana
No ratings yet.
Apa itu strategi bisnis dan 5 keunggulan kompetitif

Sebuah bisnis, bahkan dalam skala kecil sekalipun, membutuhkan sebuah strategi. Strategi adalah sebuah tindakan terkoordinasi yang dilakukan oleh pemilik bisnis atau manager untuk mengungguli kompetitor dan memperoleh keuntungan yang besar.

Tujuan Menerapkan Strategi Bisnis

Tujuan utama dari menerapkan strategi bisnis yang baik tidak semata memperoleh kesuksesan sementara, atau keuntungan besar dalam jangka pendek. Namun, strategi bisnis yang baik adalah strategi yang mampu menunjang perkembangan bisnis dan mengamankan posisi perusahaan dalam jangka panjang.

Untuk mencapai hal ini, seorang pemilik bisnis memerlukan komitmen untuk menerapkan pilihan-pilihan yang berkaitan dengan bagaimana bisnis tersebut beroperasi. Yang termasuk didalamnya adalah:

  • Bagaimana cara untuk memposisikan perusahaan pada pasar.
  • Bagaimana cara menarik konsumen.
  • Bagaimana cara bersaing dengan kompetitor.
  • Bagaimana cara untuk mencapai target performa perusahaan.
  • Bagaimana cara untuk memanfaatkan peluang untuk mengembangkan bisnis.
  • Bagaimana cara merespon perubahan ekonomi dan pasar.

Pada kebanyakan industri, perusahaan memiliki kebebasan dalam menentukan strategi “bagaimana” seperti yang telah disebutkan diatas. Misalnya beberapa perusahaan memilih untuk menerapkan strategi harga yang cenderung murah dibandingkan kompetitor. Atau beberapa perusahaan lain yang memilih menerapkan keunggulan produk mereka. Pilihan-pilihan tersebut tentunya telah dipilih berdasarkan sumber daya perusahaan, kapabilitas,dan tentunya bertujuan untuk mendekati pesaing dengan pendekatan yang lebih kompetitif.

Strategi Bisnis adalah Bersaing Menggunakan Perbedaan

Meniru maneuver kompetitor dalam menerapkan strategi bisnis, atau malah meniru produknya dengan menargetkan konsumen yang sama, merupakan strategi yang jarang sekali berhasil. Perusahaan seharusnya memiliki perbedaan untuk mendekati target pasarnya masing-masing. Perbedaan inilah yang menjadi elemen untuk menarik konsumen baru dan menghasilkan kompetisi antar perusahaan.

strategi bisnis
source: freepik.com

Inti dari penerapan strategi bisnis adalah menciptakan persaingan yang berbeda sehingga, sebuah perusahaan mampu melakukan apa yang tidak bisa dilakukan oleh perusahaan kompetitornya. Namun ini bukan berarti untuk bisa bertahan dan menghasilkan keuntungan, sebuah bisnis harus memiliki perbedaan 180 derajat atau 100% berbeda. Penerapan sederhana yang bisa dilakukan antara lain adalah:

  1. Mencoba menarik calon konsumen dengan cara yang berbeda dari yang dilakukan oleh perusahaan kompetitor.
  2. Mencoba memposisikan diri pada pasar yang tidak banyak terdapat persaingan.

Contoh nyata dari hal ini bisa DomaiNesians lihat dari Tokopedia vs Shopee yang sekilas terlihat sama. Namun Tokopedia cenderung lebih identik dengan penjualan produk gadget, alat kesehatan maupun alat-alat rumah tangga. Sedangkan Shopee lebih cenderung identik dengan produk fashion murah dan pernak-pernik lucu.

Strategi bisnis yang baik akan menyediakan sebuah pedoman untuk melakukan dan tidak melakukan sesuatu. Dengan mengetahui batasan-batasan yang berada diluar strategi yang ditentukan, sebuah bisnis mampu menghindari kerugian. Sebagai contoh penyia-nyiaan sumber daya perusahaan yang tentunya akan berimbas pada keselamatan perusahaan dikemudian hari.

Ketahui Keunggulan Kompetitif Untuk Bisnis Kamu

Nyawa dari sebuah strategi bisnis adalah tindakan yang dilakukan untuk menghasilkan keunggulan kompetitif atau competitive advantage diatas pesaing. Keunggulan kompetitif dapat diraih dengan dua mekanisme sederhana. Pertama, sebuah perusahaan akan memiliki keunggulan kompetitif diatas rival jika mampu menghasilkan customer value yang lebih tinggi. Ini berarti produk yang dihasilkan lebih baik.

competitive advantage
source: freepik.com

Kedua, sebuah perusahaan memiliki keunggulan kompetitif jika mampu memproduksi produk atau servis mereka dengan lebih efisien. Ini berarti produk atau jasa yang dihasilkan akan memiliki harga yang lebih murah jika dibandingkan dengan kompetitor. Namun untuk mencapai keduanya, sebuah perusahaan harus memiliki aktivitas produksi yang berbeda.

Competitive advantage yang baik adalah keunggulan yang susah untuk ditiru oleh pesaing. Dan untuk menemukan keunggulan kompetitif tersebut, DomaiNesians dapat melakukan beberapa cara:

Penyedia Produk atau Jasa Murah

Menjadi penyedia produk atau jasa dengan harga murah merupakan salah satu strategi untuk memperoleh keunggulan dari sisi harga atas kompetitor. Strategi ini bisa membuat keunggulan ketika kompetitor sulit untuk menyamai harga yang kita tawarkan. Sebagai contoh adalah Walmart yang menyediakan keunggulan dari segi harga yang ditawarkan oleh pesaingnya.

Menampilkan Perbedaan Umum

Mencari perbedaan baik dari sisi produk maupun servis adalah sebuah cara untuk menarik konsumen secara umum. Contoh bisnis atau perusahaan yang mampu menerapkan cara ini adalah Apple yang kita kenal inovatif atau perusahaan LVMH yang membawahi Louis Vuitton dengan karya eksklusifnya. Satu jalan yang dapat membuat bisnis kamu dapat bertahan dengan cara ini adalah membuat inovasi baru yang susah untuk ditiru oleh kompetitor atau membuat imitasinya.

Fokus pada Produk Termurah

Cara ini dapat dilakukan ketika bisnis menargetkan pasar yang lebih sempit yang hanya peduli terhadap harga yang paling murah. Biasanya cara ini dilakukan oleh perusahaan skala lokal dengan lini bisnis makanan, kesehatan maupun produk kecantikan. Contoh penerapannya adalah bumbu siap saji yang diproduksi dari brand terkenal, dibandingkan dengan bumbu siap saji yang diolah skala kecil oleh industri rumahan. Jika kedua produk tersebut diletakkan pada pasar yang lebih sempit (niched) seperti penjual sayur keliling, maka yang lebih unggul adalah produk nomor dua.

Fokus pada Perbedaan

Sama seperti cara sebelumnya, cara ini juga menargetkan pasar yang lebih sempit atau niche market. Cara ini dapat berhasil ketika sebuah bisnis mampu memberikan kustomisasi produk atau jasa yang ditawarkan yang mampu memenuhi permintaan konsumen. Sebagai contoh adalah sebuah kanal berbahasa mandarin yang diproduksi oleh Metro Tv yaitu Metro Xin Wen.  Keunggulan kanal ini jika dibandingkan dengan program lainnya adalah bahasa mandarin yang memiliki segmen pasar masyarakat yang berbahasa mandarin.

Penyedia Harga Terbaik

Cara kelima adalah memberikan harga terbaik sebagai keunggulan. Harga terbaik disini maksudnya adalah, dengan harga yang ditawarkan sebuah produk mampu memenuhi ekspektasi mengenai fitur-fitur yang paling diharapkan, performa, atau layanan yang mampu mengalahkan harga yang ditawarkan.

Sebuah bisnis seringkali menemukan produk yang ditawarkan memiliki harga yang relatif sama jika dibandingkan dengan produk yang dirilis oleh kompetitor. Mari kita umpamakan dengan perbandingan smartphone dengan harga 2 juta hingga 2,5 juta. Produk yang lebih unggul tentunya adalah produk yang kurang lebih memberikan kapasitas RAM yang lebih besar, kamera yang lebih baik, atau berasal dari brand yang lebih terkenal.

Buat Strategi Bisnis yang Tidak Dapat Ditiru

Memenangkan persaingan yang berkelanjutan atas pesaing dapat dicapai dengan menjalankan satu dari lima cara yang telah disebutkan. Yang penting dipahami adalah, strategi bisnis yang baik secara umum adalah membangun keunggulan kompetitif, utamanya dengan membangun keahlian dan kapabilitas yang tidak bisa ditiru oleh kompetitor.

Seorang rival yang cerdas mungkin dapat meniru strategi bisnis yang kamu lakukan. Namun ada beberapa hal yang tidak akan bisa ditirukan oleh kompetitor yaitu; pengalaman, know-how, dan kapabilitas khusus yang dikembangkan oleh internal perusahaan. Secara lengkap kita akan membahas ketiga hal ini pada konten yang lain. Selamat mencoba dan mari berdiskusi di kolom komentar.

sumber bacaan: Thompson, Peteraf, Gamble, and Strickland. 2018. Crafting & Executing Strategy: The Quest for Competitive Advantage, Concepts and Cases, Twenty First Edition. New York: McGraw-Hill Education

Argadahana

Mass communication enthusiast, currently finishing MBA @UGM. Got critics, suggestions, or want to discuss this topic more? Feel free to hit me on my social accounts. :D


dwirez
July 12, 2021

penjelasanya sangat mudah di pahami hebat writernya :)

Reduso
July 3, 2021

Cara membuat sitemap yang muda dipahami, langsung dicoba dan berhasil, Thanks ya, Domainesia the best

nawa art
May 7, 2021

thanks infonya

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!