• Home
  • Tips
  • Terbaru! Cari Tahu Alternatif CPanel Gratis Disini!

Terbaru! Cari Tahu Alternatif CPanel Gratis Disini!

Oleh Ratna Patria
3.67/5 (3)

Kamu tahu kan tentang control panel? Pasti yang terbesit di pikiranmu adalah CPanel! Memang CPanel adalah salah satu contoh control panel yang bahkan bisa dibilang paling populer. Bahkan kata control panel sendiri terkadang disebut dengan CPanel karena terasa seperti sebuah akronim dari control panel tapi sebenarnya CPanel juga bisa merujuk pada salah satu produk tertentu. Tapi tidak apa itu bukanlah suatu masalah asalkan kamu paham betul dengan pengertian control panel dan CPanel.

Tahukah kamu kalau ada beberapa CPanel gratis yang bisa kamu gunakan? Kalau selama ini kamu “terbebani” dengan biaya lisensi CPanel yang cukup mahal kamu bisa menggunakan referensi ini untuk menggunakan alternatif CPanel gratis lainnya. Lalu apa itu CPanel?

Apa itu cPanel?

Sekali lagi, kamu harus paham dulu bahwa kata “CPanel” dapat merujuk pada akronim control panel dan sebuah produk bernama CPanel (yang juga merupakan produk yang berfungsi sebagai control panel). Nah, pengertian disini akan berfokus pada fungsionalitas CPanel sebagai definitif akronim control panel dan produk CPanel sehingga sama sekali tidak menyamakan kedua istilah ini jika dilihat dari sudut pandang merek atau produk.

Control panel atau CPanel adalah antarmuka yang memungkinkan pemilik situs web mengelola layanan hosting web dan fitur terkait didalamnya. Ini menyediakan cara sederhana dan ramah pengguna untuk mengkonfigurasi dan mengontrol berbagai aspek hosting dan web, seperti manajemen domain, akun email, database, dan file situs web. Control panel atau CPanel biasanya menawarkan antarmuka pengguna grafis (GUI) yang memungkinkan pengguna melakukan berbagai tugas tanpa memerlukan pengetahuan teknis yang luas. 

Ini memberikan pendekatan yang disederhanakan untuk mengelola cloud hosting dan web yang membuatnya dapat diakses oleh pengguna dari semua tingkat pengalaman. Ini sangat berguna bagi mereka yang baru mengenal hosting dan web, karena menyederhanakan proses penyiapan dan pengelolaan situs web. 

Selain memberikan kemudahan penggunaan, panel kontrol hosting juga memberi pengguna kontrol yang lebih besar atas environment hosting mereka. Pengguna dapat mengelola situs web mereka dengan lebih efektif, memecahkan masalah yang muncul, dan mengkonfigurasi pengaturan hosting mereka untuk memenuhi kebutuhan yang lebih spesifik. Ini memungkinkan pengguna untuk merampingkan alur kerja mereka, efisiensi waku, dan meningkatkan kinerja situs web. Pada akhirnya menghasilkan pengalaman pengguna yang lebih baik bagi pengunjung situs mereka.

Ada beberapa keuntungan menggunakan control panel untuk manajemen hosting dan web. Berikut adalah beberapa manfaat atau keuntungan yang didapat: 

  1. Antarmuka yang ramah pengguna: control panel menyediakan antarmuka grafis yang ramah pengguna yang memungkinkan pengguna mengelola layanan hosting web mereka dengan mudah, tanpa memerlukan pengetahuan atau pengalaman teknis yang luas. 
  2. Alur kerja yang disederhanakan: memungkinkan pengguna untuk melakukan berbagai tugas yang terkait dengan hosting web, seperti manajemen domain, manajemen email, manajemen file, dan manajemen basis data, semuanya di satu tempat. Ini merampingkan alur kerja dan membuatnya lebih efisien. 
  3. Peningkatan kinerja situs web: control panel memungkinkan pengguna untuk mengelola file dan database situs web, mengkonfigurasi pengaturan hosting, dan memecahkan masalah yang mungkin timbul, yang semuanya dapat berkontribusi pada peningkatan kinerja dan waktu aktif situs web. 
  4. Manajemen keamanan: control panel biasanya menyediakan berbagai fitur manajemen keamanan, seperti pemasangan sertifikat SSL, konfigurasi firewall, dan manajemen pencadangan, yang dapat membantu pengguna mengamankan situs web mereka dan melindungi dari ancaman dunia maya. 
  5. Fleksibilitas dan skalabilitas: control panel memungkinkan pengguna dengan mudah menambahkan domain, situs web, dan aplikasi web baru ke akun hosting mereka, karena kebutuhan mereka tumbuh dan berubah seiring waktu. Ini menjadikannya solusi yang fleksibel untuk manajemen hosting dan web. 

Secara keseluruhan, menggunakan control panel untuk manajemen hosting dan web dapat membantu pengguna menghemat waktu dan tenaga, meningkatkan kinerja dan keamanan situs web, serta memberikan pengalaman yang lebih ramah pengguna untuk mengelola layanan hosting web. Nah, apakah kamu bisa mendapatkan CPanel gratis? 

Web hosting Gratis cPanel

Tentu dengan keuntungan dan kemudahan yang dimiliki control panel membuat kamu yang baru ingin membeli hosting dan mengembangkan website ingin memiliki dan menggunakannya. Tenang, jika kamu membeli hosting, terutama cloud atau shared hosting, penyedia atau provider hosting telah menyediakan control panel tersebut alias web hosting gratis CPanel. Jadi, kamu tidak perlu khawatir untuk mendapatkannya. 

Namun, control panel yang disediakan tentu berbeda-beda antara provider satu dengan yang lainnya. Hal ini bahkan terkadang menjadi alasan pengguna pada akhirnya memilih menggunakan salah satu provider

Hosting DomaiNesia Gratis Cpanel

Menyambung penjelasan diatas, DomaiNesia tentu juga menyediakan web hosting gratis CPanel. Tidak main-main, hosting murah yang disediakan oleh DomaiNesia telah dilengkapi dengan control panel paling populer yaitu produk control panel bernama CPanel. Lalu mengapa CPanel ini bisa menjadi control panel paling populer?cpanel gratis

Beli Hosting Murah

cPanel telah menjadi control panel paling populer untuk web hosting karena beberapa alasan, antara lain:

  • Antarmuka yang ramah pengguna: cPanel menyediakan antarmuka grafis yang ramah pengguna yang memungkinkan pengguna mengelola layanan hosting web dengan mudah. 
  • Berbagai fitur: cPanel menyediakan berbagai fitur yang penting untuk mengelola layanan hosting web, seperti manajemen domain, manajemen email, manajemen file, manajemen basis data, manajemen keamanan, dan banyak lagi. 
  • Kompatibilitas: cPanel kompatibel dengan berbagai teknologi hosting web, seperti Apache, Nginx, dan PHP, menjadikannya solusi serbaguna untuk manajemen hosting dan web. 
  • Kustomisasi: cPanel memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan lingkungan hosting untuk memenuhi kebutuhan dan persyaratan khusus yang harus mereka penuhi, dan memberikan fleksibilitas dan kontrol tingkat tinggi. 
  • Integrasi pihak ketiga: cPanel mendukung integrasi dengan aplikasi dan layanan pihak ketiga, memungkinkan pengguna menambahkan fitur dan fungsionalitas baru ke lingkungan hosting mereka sesuai kebutuhan. 
  • Stabilitas dan keandalan: cPanel memiliki rekam jejak stabilitas dan keandalan yang terbukti, dengan pembaruan rutin dan tambalan keamanan untuk memastikan kinerja dan perlindungan yang optimal terhadap ancaman dunia maya.

Alasan lain mengapa cPanel menjadi panel kontrol paling populer untuk hosting web adalah dukungan komunitasnya yang kuat. Komunitas cPanel mencakup berbagai macam pengguna, pengembang, dan penyedia web hosting yang berkontribusi pada pengembangan, dukungan, dan peningkatan terhadap control panel

Komunitas cPanel memberikan beberapa manfaat bagi pengguna, termasuk akses ke forum online, tutorial, dan dokumentasi yang dapat membantu pengguna memecahkan masalah, mempelajari keterampilan baru, dan tetap mengikuti perkembangan fitur dan perkembangan terbaru. Selain itu, komunitas cPanel berkontribusi pada pengembangan plugin dan aplikasi pihak ketiga yang dapat diintegrasikan dengan control panel, menambahkan fitur dan fungsionalitas baru yang mungkin tidak tersedia begitu saja. 

Dukungan komunitas yang kuat untuk cPanel telah membantu mengembangkan ekosistem yang hidup di sekitar control panel, dengan pengguna dan pengembang berkolaborasi untuk berbagi pengetahuan, memecahkan masalah, dan meningkatkan pengalaman pengguna. Ini telah berkontribusi pada popularitas cPanel yang berkelanjutan sebagai control panel web hosting karena pengguna dapat yakin bahwa mereka memiliki akses ke komunitas pengguna dan pengembang yang besar dan mendukung yang berdedikasi untuk membuat control panel seefektif dan ramah pengguna.

Tentu ini menjadi keuntungan yang besar buat kamu ketika menggunakan layanan hosting dari DomaiNesia. Selain mendapatkan performa hosting yang powerful, kamu juga akan mendapatkan control panel berupa CPanel gratis. 

Baca Juga: Cyberpanel adalah Alternatif cPanel, Kenali Kelebihannya!

Apa Saja Contoh contoh cPanel Gratis?

Setelah mengetahui apa itu CPanel, ketahui alternatif lain jika kamu tidak ingin menggunakan CPanel, kamu bisa menggunakan beberapa control panel yang tersedia. Kamu juga bisa mendapatkan beberapa alternatif control panel yang tidak berbayar alias gratis. Berikut ini adalah beberapa contoh contoh CPanel gratis yang bisa kamu gunakan sebagai alternatif CPanel gratis: 

ZPanel

cpanel gratis
Sumber: ZPanel

Ini adalah alternatif CPanel gratis yang pertama. ZPanel adalah control panel web hosting open source dan gratis yang memungkinkan kamu sebagai pengguna untuk mengelola layanan hosting dan web melalui antarmuka grafis yang mudah digunakan. ZPanel menyediakan serangkaian fitur yang penting untuk mengelola layanan hosting web, termasuk manajemen domain, manajemen email, manajemen file, manajemen basis data, dan banyak lagi. 

Salah satu keunggulan utama ZPanel adalah kemudahan penggunaannya. ZPanel menyediakan antarmuka pengguna yang sederhana dan intuitif yang memudahkan pengguna mengelola layanan hosting dan web tanpa memerlukan pengetahuan atau pengalaman teknis yang advance. Ini menjadikannya solusi ideal untuk website kecil, individu, dan organisasi yang membutuhkan control panel ramah pengguna yang dapat membantu mengelola layanan hosting dan web secara efisien. 

Selain kemudahan penggunaannya, CPanel gratis ZPanel ini menyediakan berbagai fitur canggih yang menjadikannya control panel ini serbaguna dan tangguh. Fitur-fitur ini termasuk dukungan untuk berbagai teknologi hosting dan web, seperti Apache, Nginx, dan PHP, serta integrasi dengan aplikasi dan layanan pihak ketiga, yang memungkinkan pengguna menambahkan fitur dan fungsionalitas baru ke lingkungan hosting sesuai kebutuhan. ZPanel juga sangat dapat dikustomisasi, dengan berbagai tema dan template tersedia yang memungkinkan pengguna menyesuaikan tampilan dan nuansa sesuai dengan brand dan preferensi desain yang dikehendaki. 

Kemudian CPanel gratis ZPanel ini menyediakan dokumentasi ekstensif dan sumber dukungan, termasuk wiki, forum pengguna, dan dokumentasi pengembang, memudahkan pengguna untuk memulai dengan control panel dan memecahkan masalah apa pun yang mungkin muncul. Secara keseluruhan, ZPanel adalah control panel web hosting yang kuat dan fleksibel yang menyediakan antarmuka yang ramah pengguna, fitur canggih, dan opsi penyesuaian yang menjadikannya solusi ideal untuk individu, website kecil, dan organisasi yang ingin mengelola layanan hosting dan web secara efisien dan efektif. Tentu ZPanel ini bisa menjadi alternatif CPanel gratis buat kamu.

aaPanel

cpanel gratis
Sumber: aaPanel

Contoh contoh CPanel gratis selanjutnya adalah aaPanel. Secara garis besar memang memiliki fungsi yang sama dengan control panel lainnya. aaPanel adalah control panel hosting open source yang menyediakan berbagai fitur kepada pengguna untuk mengelola layanan hosting web. 

CPanel gratis aaPanel menawarkan antarmuka yang sederhana dan ramah pengguna yang mudah dinavigasi dan memberi pengguna akses ke berbagai alat dan utilitas. Salah satu keunggulan utama aaPanel adalah kemudahan pemasangannya atau instalasi. Control panel ini dapat dipasang dengan cepat dan mudah, dengan pengaturan minimal yang diperlukan. Selain itu, aaPanel sangat dapat dikustomisasi, dengan berbagai tema dan template tersedia yang memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan tampilan sesuai dengan preferensi desain yang diinginkan.

Keuntungan lain dari aaPanel adalah fokusnya pada keamanan. Control panel memberi pengguna berbagai fitur dan alat keamanan, termasuk firewall bawaan, perlindungan DDoS, perlindungan brute force, dan banyak lagi. Ini dapat membantu pengguna memastikan bahwa layanan hosting aman dan terlindungi dari potensi ancaman. 

CPanel gratis aaPanel juga memberi pengguna dokumentasi ekstensif dan sumber dukungan, termasuk basis pengetahuan, forum pengguna, dan dokumentasi pengembang. Ini memudahkan pengguna untuk memulai atau belajar dengan control panel dan memecahkan masalah. Terakhir, aaPanel terus berkembang dan meningkat, dengan fitur dan pembaruan baru yang dirilis secara berkala. Ini memastikan bahwa pengguna selalu memiliki akses ke alat dan teknologi terbaru untuk mengelola layanan hosting dan web, serta membantu menjaga control panel tetap mutakhir dengan peningkatan keamanan dan kinerja terbaru.

Kamu harus tahu, Domain .id Indonesia DomaiNesia sedang promo saat ini

Vesta Control Panel

cpanel gratis
Sumber: VestaCP

Contoh contoh CPanel gratis yang ketiga adalah VestaCP. Ini adalah control panel populer lainnya yang menyediakan berbagai fitur kepada pengguna untuk mengelola layanan hosting dan web. Seperti aaPanel, VestaCP menawarkan antarmuka yang sederhana dan ramah pengguna yang mudah dinavigasi dan memberi pengguna akses ke berbagai alat dan utilitas. 

VestaCP juga menawarkan sejumlah fitur lanjutan, seperti dukungan untuk beberapa server web, pengelompokan DNS, dan integrasi dengan Let’s Encrypt untuk pengelolaan sertifikat SSL. Selain itu, VestaCP memberi pengguna antarmuka baris perintah yang memungkinkan konfigurasi dan penyesuaian lanjutan, serta serangkaian plugin dan modul yang dapat digunakan untuk menambahkan fungsionalitas baru ke control panel

Salah satu keunggulan utama CPanel gratis VestaCP adalah fokusnya pada kinerja dan skalabilitas. Control panel ini dirancang agar ringan dan efisien, dengan footprint kecil dan kebutuhan sumber daya yang minimal. Hal ini memungkinkan pengguna untuk menjalankan VestaCP pada berbagai perangkat keras dan environment, serta memastikan bahwa control panel dapat diskalakan untuk memenuhi kebutuhan situs web dan aplikasi dengan lalu lintas tinggi. 

Selain itu, VestaCP memberi pengguna sejumlah alat pengoptimalan kinerja, seperti dukungan untuk caching PHP-FPM dan Nginx, yang dapat membantu meningkatkan kecepatan dan daya tanggap layanan hosting web. VestaCP juga memberi pengguna fitur dan alat keamanan yang luas, termasuk firewall bawaan, perlindungan DDoS, dan berbagai utilitas anti-spam dan anti-virus. 

CPanel gratis Vestacp ini juga menawarkan fungsi pencadangan dan pemulihan otomatis atau backup, serta dukungan untuk autentikasi dua faktor untuk meningkatkan keamanan. Hal ini dapat membantu pengguna memastikan bahwa layanan hosting dan web aman dan terlindungi dari potensi ancaman sehingga dapat fokus pada konten dan bisnis. Tentu Vestacp ini bisa menjadi alternatif CPanel gratis buat kamu.

Ajenti

cpanel gratis
Sumber: Ajenti

CPanel gratis selanjutnya adalah Ajenti. Ini mendukung berbagai distribusi Linux seperti Ubuntu, Debian, CentOS, dan Fedora. Dengan Ajenti, pengguna dapat melakukan berbagai tugas administratif, termasuk mengelola layanan sistem, mengkonfigurasi pengaturan jaringan, menyiapkan aturan firewall, menginstal dan mengelola paket perangkat lunak, memantau sumber daya sistem, dan mengelola akun pengguna. 

CPanel gratis ini juga dilengkapi dengan pengelola file, emulator terminal, dan penjadwal tugas. Salah satu fitur utama Ajenti adalah ekstensibilitasnya. Pengguna dapat menambahkan plugin untuk memperluas fungsionalitas untuk memenuhi kebutuhan khusus yang dibutuhkan. Ada banyak plugin pihak ketiga yang tersedia, termasuk plugin untuk mengelola database, server web, dan server email. 

CyberPanel

cpanel gratis
Sumber: CyberPanel

CyberPanel ini berbasis web yang dirancang untuk menyederhanakan proses pengelolaan web hosting. CPanel gratis ini dikembangkan khusus untuk penyedia hosting, administrator sistem, dan pengembang web yang membutuhkan solusi komprehensif untuk mengelola banyak situs web dan server. Salah satu fitur utama CyberPanel adalah kecepatan dan efisiensinya. Ini dirancang agar ringan dan cepat, memungkinkan pengguna untuk melakukan tugas administratif dengan cepat dan mudah. Ini termasuk antarmuka yang ramah pengguna yang memudahkan untuk mengelola situs web, domain, akun email, dan database. 

CyberPanel mendukung berbagai teknologi hosting dan web, termasuk server web OpenLiteSpeed, yang terkenal dengan kinerja tinggi dan penggunaan sumber daya yang rendah. Control panel ini juga termasuk dukungan untuk server web Apache dan NGINX. Selain itu, mendukung beberapa bahasa pemrograman seperti PHP, Ruby, dan Node.js. Fitur penting lainnya dari CyberPanel adalah fitur keamanan bawaannya. Ini termasuk firewall, manajemen sertifikat SSL, dan otentikasi dua faktor untuk membantu memastikan keamanan hosting. 

CyberPanel juga dirancang untuk skalabilitas, memungkinkan pengguna dengan mudah menambahkan situs web dan server baru ke hosting. Selain itu juga mendukung pengelompokan, yang memungkinkan pengguna untuk mendistribusikan lalu lintas situs web di beberapa server untuk meningkatkan kinerja dan keandalan.

ISPConfig

cpanel gratis
Sumber: ISPConfig

Cpanel gratis selanjutnya adalah ISPConfig. Ini adalah control panel berbasis web yang open source dan dirancang untuk menyederhanakan pengelolaan server hosting dan web. ISPConfig menyertakan berbagai fitur, termasuk dukungan untuk beberapa server web, seperti Apache dan Nginx, beberapa server email, termasuk Postfix dan Dovecot, dan beberapa server database, termasuk MySQL dan PostgreSQL. Ini juga mencakup modul manajemen server DNS, yang memungkinkan pengguna mengelola catatan DNS mereka dengan mudah. 

Salah satu fitur utama dari CPanel gratis ISPConfig ini adalah antarmuka yang mudah digunakan, yang memudahkan pengelolaan situs web, domain, akun email, dan basis data. Ini mencakup dasbor yang memberikan ikhtisar status server dan memungkinkan pengguna untuk memantau sumber daya server seperti penggunaan CPU, RAM, dan disk. ISPConfig juga menyertakan berbagai fitur keamanan untuk memastikan keamanan lingkungan hosting. Ini termasuk firewall, manajemen sertifikat SSL, dan perlindungan brute-force untuk membantu mencegah akses tidak sah ke server.

Webuzo

cpanel gratis
Sumber: Webuzo

Untuk contoh contoh CPanel gratis selanjutnya adalah Webuzo. Salah satu fitur utama Webuzo adalah pustaka aplikasi webnya yang luas yang dapat diinstal hanya dengan satu klik. Ini mencakup berbagai aplikasi populer seperti WordPress, Joomla, Drupal, Magento, dan banyak lainnya. Fitur ini memudahkan pengguna untuk menginstal dan menerapkan aplikasi web yang diinginkan dengan cepat. 

CPanel gratis Webuzo juga menyertakan dukungan untuk beberapa server web, termasuk Apache dan Nginx, dan beberapa bahasa pemrograman, termasuk PHP, Ruby, dan Python. Ini menjadikannya solusi serbaguna yang dapat digunakan untuk berbagai proyek pengembangan web. Webuzo juga menyertakan berbagai fitur keamanan untuk memastikan keamanan. Tentu Webuzo ini bisa menjadi alternatif CPanel gratis buat kamu.

Webmin

cpanel gratis
Sumber: Webmin

Contoh contoh CPanel gratis yang terakhir adalah Webmin. CPanel gratis ini memungkinkan pengguna mengelola server dan aplikasi Linux melalui antarmuka pengguna grafis (GUI). Ini dikembangkan untuk administrator sistem yang lebih memilih GUI daripada antarmuka berupa baris perintah atau script. Salah satu fitur utama Webmin adalah desain modularnya, yang memungkinkan pengguna memasang dan mengelola modul untuk aplikasi atau layanan tertentu. Ini mendukung berbagai distribusi Linux, termasuk Ubuntu, Debian, CentOS, dan Fedora.

Webmin menyertakan berbagai fitur, termasuk pengelola file, emulator terminal berbasis web, dan penjadwal tugas. Ini juga mencakup dukungan untuk beberapa server web, termasuk Apache dan Nginx, dan beberapa server basis data, termasuk MySQL dan PostgreSQL. Fitur penting lainnya dari Webmin adalah modul manajemen penggunanya, yang memungkinkan pengguna mengelola akun pengguna dan tingkat akses (role). Fitur ini sangat berguna bagi administrator sistem yang perlu memberikan akses ke pengguna yang berbeda dengan hak istimewa yang berbeda.

Gunakan Alternatif CPanel Gratis Yang Tersedia

Control panel CPanel saat ini memang masih menjadi yang paling populer. Dengan membeli hosting murah di DomaiNesia kamu akan mendapatkan CPanel gratis sehingga dapat mengelola hosting dan web secara optimal. Namun terdapat banyak pilihan alternatif CPanel gratis yang bisa kamu gunakan dan semua itu tersedia secara gratis, diantaranya adalah ZPanel, aaPanel, Vestacp, Ajenti, CyberPanel, ISPConfig, Webuzo, dan Webmin.

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?


JEFFRI
May 28, 2022

apakah centos 7 masih akan berakhir pengembangan di 2024 sedangkan versi atasnya sudah tidak rilis lagi.. bagaimana nanti jika vps server indonesia masih menggunakan VPS

impfocus
May 9, 2022

Terima kasih atas sharingnya, Strategi bisnis</a> memang sangat diperlukan dalam mengembangkan sebuah usaha kuliner untuk meningkatkan penghasilan dan mempertahankan bisnis kuliner apa lagi dimasa pandemi ssekarang.

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Ekstra Diskon Migrasi 5% serta GRATIS biaya migrasi & setup.

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah

This will close in 0 seconds