• Home
  • Tips
  • 10+ DNS terbaik yang Bisa Mempersingkat Waktu Browsing-mu

10+ DNS terbaik yang Bisa Mempersingkat Waktu Browsing-mu

Oleh Ayoni Sulthon
4/5 (1)

DNS Terbaik – DNS atau kepanjangan dari Domain Name System adalah sebuah sistem yang digunakan sebagai tempat penyimpanan informasi tentang nama host atau domain pada jaringan komputer. Dengan adanya DNS para pengguna internet dapat dengan mudah mengetikkan nama domain sebuah website di internet, karena tanpa adanya DNS para pengguna internet diharuskan memasukkan alamat IP yang terdiri dari 10 nomor yang tidak berulang.

Hal tersebut hampir mustahil untuk di hafal. Selain mempermudah para pengguna internet untuk tidak perlu mengingat alamat IP, ada beberapa fungsi lain dari DNS,

10+ DNS Tercepat yang Bisa Mempersingkat Waktu Browsing-mu

Fungsi DNS

  • Penyedia alamat IP untuk berbagai macam host, dan juga untuk mencari alamat host. Alamat IP dari berbagai host dapat diidentifikasi menggunakan DNS. Sebuah alamat IP, alamat domain, serta alamat sebuah host dapat diketahui secara lengkap dengan adanya DNS.
  • DNS juga sangat penting untuk mail server. Dengan adanya DNS semua e-mail yang masuk, dan keluar akan di monitor aktivitasnya. Bukan hanya itu, DNS juga akan meyimpan, dan mencatat semua data dari proses masuk, dan keluarnya semua e-mail.
  • DNS juga memudahkan komputer untuk mengidentifikasi alamat website. Komputer bisa secara langsung mengidentifikasi alamat IP sebuah website, begitu juga sebaliknya.

Secara singkat, DNS akan bekerja untuk meng-convert alamat host menjadi alamat IP yang lebih mudah untuk dipahami oleh komputer-komputer. Pada saat para pengguna akan mengakses salah satu alamat website, device yang terhubung dengan internet akan langsung mengirimkan permintaan ke alamat IP mana sebuah website tersebut akan dituju menggunakan DNS yang telah ditentukan oleh ISP.

Selanjutnya, jika server DNS yang telah disediakan oleh ISP tidak mengetahui alamat IP dari website tersebut, maka server DNS akan langsung melakukan query ke salah satu root DNS server. Sebagai informasi, ada 13 jenis root DNS server yang tersedia di seluruh dunia untuk saat ini.

Lalu, DNS ISP akan langsung menerima, dan menyimpan data tentang alamat IP yang sudah diterima dari root DNS. Informasi alamat IP yang baru diterima akan dilanjutkan oleh DNS ISP ke device yang terhubung oleh internet tadi.

Akhirnya, DNS akan memberikan alamat IP kepada device, dan browser yang ada pada device tersebut akan langsung terhubung dengan halaman website yang dituju. DNS juga dapat mempengaruhi kecepatan akses internet.

Proses query yang biasanya hanya akan membutuhkan waktu sepersekian detik, dapat berubah menjadi beberapa menit, bahkan proses query akan gagal jika terjadi permasalahan teknis pada DNS. Hal ini sangat merugikan bagi para pengguna internet di saat-saat genting seperti saat akan melakukan pembayaran online, ataupun mengumpulkan sebuah tugas melalui internet.

DNS Terbaik

Oleh sebab itu, DNS harus bisa membantu para pengguna internet agar bisa mengakses website dengan cepat saat diperlukan. Dibawah ini ada 10 DNS terbaik yang bisa dicoba para pengguna internet untuk dapat memaksimalkan waktu respon browser dalam mencari informasi, yaitu:

10+ DNS Tercepat

  1. Cloudflare

Cloudflare menduduki peringkat teratas sejak tahun 2018. DNS resolver dengan alamat https://1.1.1.1 di klaim menjadi DNS Terbaik di seluruh dunia. DNS yang telah diluncurkan sejak tahun 2018 ini memiliki waktu respon 14 millisecond.

Hal inilah yang membuat Cloudflare mengalahkan beberapa DNS seperti OpenDNS, dan DNS dari Google yang memakan waktu sedikit lebih lama dari DNS yang ditawarkan oleh Cloudflare. DNS resolver tercepat ini juga menyediakan keamanan, dan privasi bagi para penggunanya selama 24 jam. DNS resolver ini berbeda dari DNS resolver lainnya karena DNS ini tidak menjual data kepada para pembuat iklan.

Berbeda dari kebanyakan DNS, 1.1.1.1 tidak pernah menyimpan data dari para penggunanya. Data penggunanya hanya dicatat selama 24 jam saja, selanjutnya data tersebut akan menghilang.

Salah satu fitur keamanan yang tidak ditawarkan pada DNS lain pada 1.1.1.1 adalah query name minimization. Fitur ini tidak akan membiarkan kebocoran privasi penggunanya dengan cara hanya mengirimkan sedikit saja dari query names ke DNS server.

  1. AnycastDNS

Anycast memiliki struktur yang kompleks. Hal ini karena Anycast memiliki beberapa server yang memiliki alamat IP yang sama.  Ini disebabkan karena akan lebih mudah untuk menyeimbangkan beban kepada beberapa server DNS jika dibutuhkan. Jadi, jika terjadi kegagalan dalam DNS, maka request masih bisa dilanjutkan ke server lainnya.

Selain dapat menyeimbangkan beban dengan cara mendistribusikan beban ke beberapa server DNS jika dibutuhkan, Anycast juga memiliki keunggulan dalam jumlah ketersediaan layanan yang tinggi. Anycast juga di klaim mampu membuka sebuah halaman website dalam waktu yang paling singkat di seluruh dunia.

Anycast juga memiliki server yang tersebar pada 27 lokasi di seluruh dunia, dengan berbagai jenis ISP. Anycast memiliki waktu respon yang tidak lama, yaitu 17.11 millisecond.

  1. DNSimple

DNSimple adalah layanan DNS yang dikelola oleh Aetrion LLC. DNSimple memiliki waktu respon 18.71 millisecond. Bermacam-macam layanan ditawarkan oleh DNSimple seperti, hosting DNS, registrasi domain, dan sertifikat SSL. Pada Juli 2010, DNSimple merilis produk pertama mereka yaitu managed DNS.

Selanjutnya, pada bulan September 2010, registrasi domain dibuka untuk pertama kalinya. DNSimple juga meluncurkan DNS baru yang diberi nama dengan ALIAS yang menyediakan CNAME, seperti DNS untuk apex domain.

Pada September 2012, DNSimple mengakuisisi RoboDomain, Inc. yang menyediakan layanan manajemen domain, dan juga memiliki software yang diberi nama WHOIS. DNS ini adalah salah satu layanan yang paling sering digunakan bersama dengan Let’s Encrypt, terbukti dengan banyaknya jumlah download dari Docker Hub.

DNS Tercepat

  1. Cisco

OpenDNS pernah membuat sistem keamanan komputer yang bernama Umbrella, sistem ini dibuat untuk melindungi kostumer sebuah perusahaan dari malware, botnet, phising, dan penyerangan secara online. Pada Agustus, 2015, Cisco mengakuisisi OpenDNS, sehingga adanya perubahan nama produk menjadi Cisco Umbrella.

Ada salah satu jenis paket Umbrella untuk MSPs. Jenis paket ini menawarkan sistem keamanan yang sama dari paket bisnis biasanya.

Namun menawarkan tambahan fitur MSP, yaitu multi-tenant dashboard yang terpusat, lisensi bulanan on-demand, dan ConnectWise and Autotask PSA yang terintegrasi. DNS ini memiliki waktu respon 20.6 millisecond.

  1. G-Core

G-Core atau yang lebih dikenal dengan Google Public DNS adalah layanan yang diberikan Google bagi semua pengguna internet di seluruh dunia. G-Core diluncurkan pada Desember, 2009. G-Core ini memiliki waktu respon 21 millisecond. G-Core tidak berhubungan dengan Google Cloud DNS, yang menawarkan layanan hosting DNS. Pada tahun 2018, G-Core menjadi layanan DNS public yang terbesar karena meng-handle triliun query per hari.

  1. NS1

NS1 adalah perusahaan DNS terotorisasi yang memiliki kantor utama di New York. NS1 terbentuk pada tahun 2013 oleh satu tim yang terdiri dari tiga orang yaitu, Kris Beevers, Jonathan Sullivan, dan Alex Vayl.

Berbagai macam produk ditawarkan oleh NS1 seperti, Managed DNS, Dedicated DNS, Private DNS, Pulsa- RUM Steering, dan Managed DNS for China. NS1 menawarkan banyak fitur yang akan membantu para pengguna untuk bekerja lebih cepat, lebih cerdas, dan dapat mentransformasikan DNS, DHCP, dan alamat IP untuk berbagai tujuan.

Dengan banyaknya fitur, dan kecepatan yang disediakan oleh NS1, banyak hal yang bisa dilakukan dengan memakai DNS yang satu ini. NS1 memiliki waktu respon 25.05 millisecond.

  1. Neustar

Neustar menawarkan managed DNS terbaik , dan eksternal yang digunakan untuk mengatur traffic di internet, melindungi cloud-based DDoS dari serangan internet, serta sebagai tools yang mengelola performa website. Neustar mengelola otorisasi untuk .us, dan .biz domain internet, dan bertindak sebagai “registry gateway” untuk domain Cina (.cn), dan Taiwan (.tw) bagi seluruh dunia.

Neustar juga menyediakan layanan registrasi back-end untuk .tel, dan .travel, layanan gateway untuk country code Top Level Domains (ccTLDs), DNS internasional (IDNs), dan layanan registrasi lengkap untuk Top Level Domain (TLD). Neustar memiliki waktu respon 28.87 millisecond.

  1. Amazon Route 53 (Route 53)

Route 53 dirilis pada tahun 2010, dan menjadi bagian dari aplikasi cloud komputer Amazon.com, dan juga Amazon Web Service (AWS). Nama dari Route 53 merupakan referensi untuk UDP atau TCP port 53, dimana permintaan dari DNS server biasa dialamatkan, dan juga menjadi referensi bagi U.S Route 66.

Route 53 juga menyediakan AWS bagi kostumer untuk bisa mengkoneksikan route dari kostumer yang tidak memiliki fasilitas AWS, dan dapat digunakan untuk memonitor kelayakan dari aplikasi sampai pada titik akhirnya. Sangat mudah menjangkau DNS ini karena Route 53 terdistribusi di seluruh dunia.

Route 53 mendukung penuh end-to-end bagi resolusi DNS diatas IPv6. Salah satu fitur penting dari Route 53 adalah adanya akses programatik ke sebuah layanan yang membuat pengguna bisa memodifikasi DNS via telepon web.

Lalu, ada juga fitur Route 53 yang spesifik dinamakan dengan Alias. Amazon Route 53 memiliki waktu respon 31.3 millisecond.

  1. Microsoft Azure DNS terbaik

Microsoft Azure atau yang biasa dikenal dengan Azure adalah layanan cloud komputer yang dibuat oleh Microsoft untuk memindahkan, membangun, mengecek, dan mengatur aplikasi-aplikasi, dan layanan melalui pusat data yang dikelola oleh Microsoft. Azure memiliki waktu respon 35.94 millisecond.

  1. ClouDNS

ClouDNS menyediakan DNS terbaik yang gratis, maupun berbayar yang cepat, dan aman yang kolaborasi dengan Global Anycast DNS. ClouDNS memiliki waktu respon 46.19 millisecond. DNS yang ditawarkan mulai dari paket premium dengan harga $2.95 per bulan hingga paket GeoDNS dengan harga $9.95 per bulan.

Ayoni Sulthon

SEO Strategist DomaiNesia, ask me all about SEO


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!