• Home
  • Tips
  • Agar Sukses Beriklan Dengan Facebook Ads, Bagaimana Caranya?

Agar Sukses Beriklan Dengan Facebook Ads, Bagaimana Caranya?

Oleh Ayoni Sulthon
No ratings yet.
Agar Sukses Beriklan Dengan Facebook Ads, Bagaimana Caranya?

Hingga saat ini, Facebook menjadi salah satu media sosial dengan pengguna terbesar di dunia. Bahkan, dalam catatan, media sosial satu ini memiliki sekitar 2.2 miliar pengguna aktif per bulannya. Hal ini tentu menjadi salah satu peluang bagi marketer dan pebisnis online untuk memasarkan produk mereka dan mendapatkan keuntungan yang lebih maksimal.

Tidak hanya itu, secara khusus, Facebook pun menyediakan platform untuk membuat iklan dengan nama Facebook Ads. Nah, fitur yang satu ini nantinya akan memudahkan pengguna untuk membuat iklan yang lebih spesifik dan tepat sesuai dengan kriteria target konsumen. Tentu, dengan menggunakan fitur ini, iklan yang Anda buat nantinya akan lebih efektif menjaring konsumen baru.

Pada kesempatan ini akan dibahas tentang beberapa hal terkait fb Ads, termasuk bagaimana cara untuk membuat iklan yang efektif untuk mendapatkan konsumen baru. Penasaran? Simak ulasan selengkapnya!

Mengenal Apa Itu Facebook Ads

Sebelum membahas lebih jauh tentang Facebook Ads, tentu Anda perlu memahami apa yang dimaksud dengan Facebook Ads tersebut.

Secara singkat, Facebook Ads adalah fitur untuk membuat penawaran atau iklan yang disediakan oleh Facebook. Jangkauan fitur ini adalah semua pengguna Facebook yang nantinya bisa dipilih sesuai dengan kriteria yang dimasukkan saat membuat iklan.

Tentu, ada biaya yang harus dibayarkan oleh pengguna yang menggunakan fasilitas fb Ads. Hanya saja, biaya iklan di Facebook Ads bisa disesuaikan dengan kebutuhan.Agar Sukses Beriklan Dengan FB Ads, Bagaimana Caranya?

Keuntungan Menggunakan Facebook Ads

Sebagai salah satu sarana promosi, fb Ads bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mengembangkan bisnis. Hal ini dikarenakan ada cukup banyak keuntungan menggunakan fitur iklan ini untuk promo yang jauh lebih masif dan efektif.

Adapun beberapa keuntungan menggunakan Facebook Ads tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

1.     Biaya yang bisa disesuaikan

Sebagaimana disinggung di awal, biaya yang diperlukan untuk membuat iklan di Facebook Ads bisa disesuaikan. Anda bisa mengatur budget untuk iklan dengan sangat baik. Tentu, secara umum, biaya iklan di Facebook Ads cenderung lebih terjangkau dibandingkan dengan platform iklan digital lainnya.

2.     Penargetan yang lebih efektif

Facebook Ads memberikan kemudahan untuk membuat target dari iklan yang akan dibuat. Dengan demikian, nantinya iklan yang dibuat akan menyasar pengguna yang tepat sehingga konversi iklan menjadi transaksi menjadi lebih besar.

Ada beberapa data yang bisa dijadikan pertimbangan untuk membuat target iklan tersebut. Adapun beberapa data yang dimaksud diantaranya adalah usia, jenis kelamin, lokasi, ketertarikan pengguna dan lainnya. Semakin banyak data yang dimasukkan, tentu iklan yang dibuat pun nantinya akan semakin spesifik.

3.     Jangkauan target yang luas

Tidak dimungkiri jika salah satu keuntungan menggunakan Facebook Ads adalah jangkauan target yang luas. Hal ini dikarenakan adanya fakta jika Facebook masih menjadi media sosial dengan pengguna yang paling besar di dunia.

Nah, dengan banyaknya pengguna Facebook, maka ada banyak target konsumen yang bisa dimanfaatkan. Terlebih, penggunaan Facebook Ads akan menghapus lintas batas untuk membuat iklan.

4.     Analisis lanjutan

Memang, tidak selamanya iklan akan langsung berhasil. Hal tersebut tentu harus menjadi bahan evaluasi untuk membuat iklan yang lebih baik dan efektif. Dalam hal ini, Facebook Ads menyediakan data tentang riwayat iklan yang telah dibuat. Riwayat tersebut bisa menjadi salah satu pertimbangan untuk membuat iklan baru yang cenderung lebih tepat.Agar Sukses Beriklan Dengan FB Ads, Bagaimana Caranya?

5.     Meningkatkan brand awareness

Manfaat lain menggunakan Facebook Ads untuk membuat iklan dari produk yang Anda miliki adalah meningkatkan brand awareness. Secara tidak langsung, para pengguna Facebook akan melihat iklan yang Anda buat ketika mereka membuka profile mereka.

Memang, tidak semua pelanggan langsung tertarik dan melakukan transaksi. Namun, dengan tampilnya iklan yang Anda buat tersebut nantinya kesadaran brand dari pengguna akan cenderung meningkat seiring waktu berjalan.

Setidaknya, beberapa poin di atas adalah manfaat menggunakan Facebook Ads untuk membuat iklan demi promosi produk yang lebih efektif dan baik. Tentu saja, selain beberapa poin di atas, ada banyak manfaat lain yang bisa menjadi alasan kenapa Facebook Ads begitu efektif untuk membuat iklan.

Perlu diketahui, Facebook Ads bersifat real time dan juga memberikan angka-angka tentang efektivitas dari iklan yang dibuat. Artinya, Anda sebagai pengguna fb Ads bisa melakukan pengecekan tentang bagaimana iklan yang Anda buat secara langsung dan mudah.

Baca Juga : Cara Mudah Menghasilkan Uang dari Blog Bagi Pemula

Bagaimana Cara Membuat Facebook Ads?

Untuk Anda yang masih awam dengan Facebook Ads, mungkin Anda belum mengetahui cara untuk membuat Facebook Ads tersebut. Hal ini cukup wajar karena memang fb Ads tidak terlihat secara langsung pada menu utama di laman Facebook.

Hanya saja, sebenarnya Anda cukup memerlukan beberapa langkah mudah guna membuat Facebook Ads dan memulai iklan Anda. Adapun beberapa cara untuk membuat fb Ads diantaranya adalah sebagai berikut:

1.     Login ke Facebook Ads Manager untuk membuat profile

Untuk membuat Facebook Ads, langkah pertama yang harus dilakukan adalah login ke fb Ads Manager. Setelah proses login, maka Anda bisa membuat profile melalui opsi “create” yang terletak di bagian paling kiri dari halaman fb Ads Manager tersebut.

Pada menu ini, isi kolom yang tersedia mulai dari alamat, nomor telepon, upload foto profile dan mengganti foto sampul. Untuk detail alamat dan nomor telepon nantinya Anda bisa menyembunyikannya dari halaman iklan.

2.     Menentukan tujuan iklan

Jika profile sudah selesai dibuat, maka langkah selanjutnya adalah menentukan tujuan iklan. Dalam hal ini, Facebook menawarkan beberapa tujuan iklan melalui kategori yang berbeda. Beberapa tujuan tersebut diantaranya adalah engagement, conversion, ataupun awareness.

Tujuan tersebut tentu saja akan berpengaruh pada proses iklan. Dalam hal ini, Facebook Ads memiliki algoritme tersendiri yang disesuaikan dengan tujuan iklan yang dipilih.

3.     Tentukan target

Sebuah iklan akan dikatakan berhasil jika mampu mendapatkan target yang banyak. Oleh karenanya, Facebook Ads menyediakan fitur untuk menentukan target yang tepat. Untuk membuat iklan di Facebook Ads, Anda bisa memanfaatkan fitur audience definition gauge.

Dalam fitur tersebut, nantinya Anda akan mendapatkan beberapa fitur pertimbangan untuk penentuan target iklan. Beberapa diantaranya adalah lokasi, tempat tinggal, status, pendidikan, pekerjaan, etnis, negara, perilaku, bahasa dan lainnya.

Selain itu, ada pula opsi custom audience. Fitur Facebook Ads yang satu ini cenderung lebih cocok diaplikasikan pada produk yang dijual secara khusus. Tentu, target audience dari fitur ini merupakan orang-orang tertentu yang jauh lebih spesifik.Agar Sukses Beriklan Dengan Facebook Ads, Bagaimana Caranya?

4.     Menentukan format iklan

Jika target sudah ditentukan, maka langkah selanjutnya adalah menentukan format iklan. Facebook Ads menawarkan beberapa format iklan untuk dipertimbangkan, seperti:

  • Carousel yaitu iklan yang dibuat dengan menggunakan dua buah gambar atau video yang bisa digeser-geser.
  • Iklan dengan format video tunggal.
  • Iklan dengan format gambar tunggal.
  • Koleksi yaitu iklan yang dibuat dengan menggabungkan gambar dan juga video.
  • Tayangan slide yaitu iklan yang dibuat dengan menggunakan gambar atau video dengan jumlah hingga 10 slide.

Beberapa format iklan tersebut bisa dipertimbangkan untuk dipilih. Tentu, Anda harus memilih format yang tepat agar iklan yang dibuat cenderung lebih efektif.

5.     Menentukan durasi iklan

Hal lain yang penting dilakukan saat membuat Facebook Ads adalah menentukan durasi iklan. Ya, durasi iklan akan sangat berpengaruh pada biaya yang harus dibayarkan. Semakin lama penayangan iklan, maka biaya yang dibayarkan akan semakin banyak. Nantinya, setelah durasi selesai, iklan akan secara otomatis hilang.

6.     Atur penempatan iklan

Saat hendak membuat Facebook Ads, maka jangan lupa untuk mengatur penempatan iklan. Hal ini penting karena penempatan iklan secara langsung berpengaruh pada efektivitas iklan tersebut. Nah, fb Ads memberikan beberapa pilihan terkait penempatan iklan, seperti pada feed, desktop feed, bagian kanan Facebook dan lainnya.

Nantinya, saat pengaturan ini, Facebook Ads akan memberikan fitur peninjau. Anda bisa meninjau detail penempatan iklan sebelum iklan mulai disebarkan.

Beberapa poin di atas adalah bagaimana Anda bisa membuat Facebook Ads dengan mudah. Tentu saja, setiap langkah harus dilakukan dengan tepat agar iklan yang dibuat secara efektif mampu menarik lebih banyak target konsumen.

Bagaimana Agar Facebook Ads Lebih Efektif?

Selain memanfaatkan beragam fitur dalam Facebook Ads, untuk membuat iklan yang lebih efektif, tentu Anda harus mengetahui beberapa strategi membangun iklan menggunakan fb Ads. Strategi ini sangat penting agar nantinya Anda tidak membuang terlalu banyak budget untuk iklan yang tidak efektif.

Nah, beberapa strategi membuat iklan dengan Facebook Ads yang bisa diterapkan diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Sertakan testimoni dari pelanggan

Salah satu cara agar iklan yang Anda buat menggunakan Facebook Ads efektif adalah menyertakan testimoni dari pelanggan sebelumnya. Ini adalah tips yang bisa dikatakan cukup ampuh. Testimoni yang disertakan bisa menjadi salah satu gambaran yang cukup jelas mengenai kualitas produk yang ditawarkan serta kepuasan pelanggan setelah menggunakannya.

Hanya saja, tentu Anda juga harus bijak dalam menyertakan testimoni tersebut. Selain menggunakan testimoni asli, jangan terlalu panjang mengutip testimoni karena akan membuat iklan menjadi kurang efektif.

  • Sinkronisasi dengan landing page

Agar iklan di Facebook Ads lebih efektif, Anda juga perlu melakukan sinkronisasi dengan landing page. Apa yang dimaksud dengan landing page adalah halaman tujuan dari pengunjung setelah mereka melakukan klik pada iklan. Landing page juga bisa menjadi halaman penjelas, karena keterbatasan karakter pada iklan di Facebook Ads.

Tugas penting bagi Anda adalah membuat landing page yang menarik dan juga sejalan dengan iklan. Pastikan jika pengunjung merasa senang untuk membaca beragam informasi yang ada di bagian landing page Anda sehingga mereka betah untuk membaca promo yang Anda berikan.

  • Membuat iklan yang jelas

Tidak dimungkiri jika pengguna Facebook Ads akan berusaha untuk membuat kalimat iklan yang paling kreatif untuk menarik target konsumen mereka. Namun, sayangnya, kalimat tersebut seringkali membuat iklan cenderung kurang jelas dan informasi tentang produk menjadi terpotong.

Oleh karenanya, agar iklan di Facebook Ads Anda efektif, maka buatlah iklan yang cenderung jelas. Jika ada fitur produk yang perlu dijelaskan, maka berilah penjelasan yang tepat untuk memudahkan target konsumen memahami produk yang ditawarkan dan juga agar iklan Anda cenderung terlihat lebih profesional.

  • Atur jadwal iklan pada jam tertentu

Pengaturan jadwal tayang iklan menjadi salah satu strategi penting yang harus Anda perhatikan. Dalam hal ini, jika tidak diatur, secara default Facebook Ads akan menampilkan iklan tersebut selama 24 jam non-stop.

Di satu sisi, iklan yang selalu tayang memang bagus, terutama jika Anda memang memiliki target pengguna Facebook di seluruh dunia. Namun, jika Anda hanya memiliki target pengguna lokal, strategi iklan non-stop tentu tidak efektif dan juga membuat pengeluaran iklan akab membengkak.

Oleh karenanya, ada baiknya jika Anda mengatur jadwal iklan di jam tertentu yang tepat dan efektif. Dalam hal ini, Anda bisa memperkirakan jam berapa pengguna cenderung lebih banyak mengakses akun Facebook mereka.

  • Melakukan kolaborasi dengan tokoh tertentu

Agar iklan di Facebook Ads lebih efektif, maka Anda juga bisa melakukan kolaborasi dengan tokoh tertentu. Konsep ini sebenarnya mirip dengan endorse. Hanya saja, dalam kolaborasi ini, Anda hanya menggunakan foto dari tokoh tersebut sebagai salah satu penunjang iklan yang dibuat.

Strategi ini bisa dikatakan cukup efektif, terutama jika Anda menggunakan tokoh yang memiliki penggemar yang cukup banyak. Tentu, ada pengaruh dari tokoh tersebut, di mana nantinya produk Anda pun akan mendapatkan kepercayaan yang lebih tinggi dari target konsumen dan bisa jadi penjualan akan cenderung lebih meningkat.

  • Ubah penempatan dan pilih visualisasi yang tepat

Penempatan dan visualisasi iklan juga penting diperhatikan saat memulai iklan di Facebook Ads. Visual iklan yang berasal dari foto atau video yang digunakan tentu akan berpengaruh pada perhatian dari target konsumen. Oleh karenanya, penting bagi Anda untuk membangun iklan di Facebook Ads menggunakan gambar yang jelas atau video yang berkualitas.

Selain itu, penempatan iklan juga akan berpengaruh pada keterbacaan iklan. Dalam hal ini, penempatan yang tepat akan membuat target konsumen membaca iklan dengan baik. Atur dan tentukan penempatan iklan tersebut dengan tepat. Jangan lupa untuk menggunakan fitur peninjau sebelum menyetujui penempatan iklan yang digunakan.

Beberapa hal di atas menjadi strategi penggunaan Facebook Ads untuk membuat iklan yang cenderung lebih efektif. Tentu, selain beberapa strategi di atas, masih ada strategi lain yang perlu dipelajari lebih lanjut.

Selain itu, perlu Anda ketahui bahwa algoritme Facebook bisa saja berubah dari waktu ke waktu. Perubahan algoritme tersebut nantinya juga akan berefek pada penggunaan Facebook Ads. Oleh karenanya, selain mempelajari fb Ads, Anda juga sebaiknya belajar memahami algoritme Facebook untuk membuat iklan yang cenderung lebih efektif demi bisnis yang lebih lancar dan sukses.

Ayoni Sulthon

SEO Strategist DomaiNesia, ask me all about SEO and Digital Marketing.


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!