• Home
  • Tips
  • Makin Jago! 11 Tempat Belajar WordPress dari Nol

Makin Jago! 11 Tempat Belajar WordPress dari Nol

Oleh Ratna Patria
No ratings yet.

Hi DomaiNesians! WordPress merupakan salah satu platform Content Management System (CMS) yang banyak digunakan saat ini. Selain karena open source dan gratis, WordPress juga menyediakan fitur yang cukup komplit dan bisa digunakan untuk pemula bahkan profesional. Walaupun begitu, untuk orang yang sama sekali belum mengenal CMS tentu saja akan kebingungan untuk mengerti hal-hal yang berkaitan dengan WordPress.

Jika saat ini kamu sedang merencanakan untuk membuat website dari CMS WordPress namun terkendala mengenai hal-hal teknisnya. Nah, kamu bisa belajar WordPress dari 11 tempat berikut yang dijamin bikin kamu tambah paham dunia per-WordPress-an. Simak 11 tempat belajar WordPress berikut ini ya!

Belajar WordPress
Sumber: Freepik

WPBeginner

Seperti namanya, WPBeginner adalah website yang menyediakan berbagai informasi mengenai WordPress yang memang ditunjukkan untuk pemula. Di WPBeginner ini, kamu bisa belajar WordPress secara struktural bahkan dari nol. Mulai dari perbedaan antara WordPress.com VS WordPress.org, pemilihan domain, instalasi CMS, mencari tema yang pas, plugin yang wajib dipasang, dan banyak hal lainnya.

Ada banyak sekali panduan belajar WordPress yang dengan mudah bisa kamu mengerti di WPBeginner ini. Dan kelebihannya, kamu bisa mengakses hampir semua tutorial mengenai WordPress secara gratis tanpa mengeluarkan biaya sama sekali.

WordPress.org

Sebagai tempat utama dari platform CMS WordPress itu sendiri, tentu saja WordPress.org memberikan banyak dokumentasi dan panduan mengenai produknya. Dengan WordPress.org ini, kamu bisa belajar WordPress yang paling dasar sekalipun. Misalnya cara menulis post, membuat page, membuat kategori, menambahkan tags, edit post, dan sebagainya. Dan di WordPress.org ini kamu bisa bertemu dan berkomunikasi melalui forum komunitas yang ada.

Yoast

Selain hanya membuat website atau blog saja, ada hal lain yang harus diperhatikan ketika belajar WordPress. Yaitu, mempelajari Search Engine Optimization (SEO). Dengan SEO website yang kamu buat bisa menduduki halaman pertama dari mesin pencari yang dampaknya bisa mendatangkan traffic secara organik. Nah, untuk mempelajari hal tersebut, kamu bisa mendalaminya website Yoast.

Yoast sendiri merupakan plugin WordPress yang sangat populer dengan jutaan pengguna di seluruh dunia. Fungsi dari plugin ini adalah untuk mengoptimalkan website atau di blog sehingga bisa terindeks di mesin pencari. Dan dengan belajar WordPress melalui Yoast, kamu bisa menerapkan SEO dan membuat blog mendapat ranking tinggi di mesin pencari.

WordPress Essential Training – Lynda

Lynda merupakan salah satu website yang menawarkan banyak pilihan kursus online. Salah satu kursus yang bisa membuat kamu jago dengan WordPress adalah kursus WordPress Essential Training. Dengan pembelajaran yang cukup lengkap, akan memudahkan kamu untuk belajar WordPress. Materi pembelajaran dimulai dari pengenalan WordPress itu sendiri hingga mendatangkan pengunjung.

WP101

Tempat belajar WordPress selanjutnya yang bisa kamu coba adalah WP101. WP101 ini adalah website yang menawarkan kursus WordPress dalam bentuk video tutorial dengan pelatihan yang sangat lengkap. Tak hanya bagaimana membuat blog, tetapi juga memaintenance blog itu sendiri. Namun sayangnya, untuk mengakses kursus yang ada, kamu harus berlangganan dan membayar uang mulai dari $19 per bulan.

WordPress.com

Selanjutnya ada WordPress.com yang bisa menjadi tempat kamu belajar WordPress. Di WordPress.com ini, kamu akan mendapat artikel atau dokumentasi yang lebih mendasar yang akan membuat kamu menjadi lebih paham bagaimana ruang kerja WordPress. Karena pada dasarnya, WordPress.com dan WordPress.org memiliki tampilan yang hampir serupa. Kamu bisa melihat ‘Get Lingo’ untuk mencari tahu tentang arti dari kata/menu/pilihan lainnya yang ada di WordPress.

Belajar WordPress
Sumber: Freepik

Udemy

Jika kamu ingin menjadikan WordPress sebagai toko online, kamu bisa mencari panduannya melalui kursus yang disediakan oleh Udemy. WordPress sendiri memang memiliki fleksibilitas yang membuatnya bisa diaplikasikan pada berbagai jenis website. Sehingga, tak mustahil juga jika kamu ingin belajar WordPress untuk keperluan pembuatan toko online.

WP Apprentice

Tempat lain yang bisa kamu gunakan untuk belajar WordPress adalah WP Apprentice. Di sini, kamu juga akan mendapatkan pembelajaran WordPress dalam bentuk video dan cukup komplit. Kamu akan mendapat materi tentang WordPress dalam bisnis, mulai dari merancang dan merencanakan, mendesain website, hingga menambahkan fitur serta keamanan.

First Site Guide

Tempat belajar WordPress selanjutnya bisa kamu coba mengunjungi First Site Guide yang menawarkan cukup banyak materi dasar tentang dunia digital. Salah satu pembelajaran online yang tersedia adalah basic WordPress yang mempelajari dasar-dasar cara penggunaan WordPress yang sangat cocok menjadi panduan bagi para pemula.

WPMU DEV

Selanjutnya ada WPMU DEV yang merupakan platform cukup populer di dunia WordPress. WPMU DEV ini adalah layanan all-in-one WordPress Platform yang menawarkan banyak hal berkaitan dengan WordPress. Mulai dari hosting, support, site management, hingga plugin.

Tak hanya itu, di blog WPMU DEV sendiri terdapat banyak panduan dan artikel yang bisa kamu baca mengenai WordPress. Untuk menambah pengetahuanmu di dunia konten, coding, performa sebuah website, backup, dan keamanan.

Youtube

Dan tempat belajar WordPress yang terakhir adalah Youtube. Youtube sendiri adalah platform streaming video online secara gratis. Saat ini ada banyak kategori video yang dipublish oleh banyak orang di seluruh belahan dunia, dan banyak juga diantaranya yang membahas tentang WordPress.

Beberapa video juga dibahas lebih dalam dan detail, misalnya cara pembuatan blog portfolio, website perusahaan, website sekolah, hingga membuat toko online menggunakan WordPress. Selain gratis, kamu bisa memilih channel yang bisa kamu pahami dengan mudah biar pemahaman WordPress kamu semakin bertambah.

Belajar WordPress
Sumber: Freepik

Belajar WordPress, Tanpa Harus Stress

Belajar WordPress sebenarnya tidak begitu menyulitkan. Walaupun dibangun dengan bahasa program PHP, namun untuk menggunakan WordPress sendiri tidak diperlukan pemahaman terkait bahasa pemrograman. Bahkan tidak perlu menyentuh kode yang ada sama sekali. Karena dengan WordPress, kamu tinggal klik, klik, klik dan website atau blog langsung bisa diakses dan terhubung ke Internet.

Ratna Patria

Artikel

Lainnya


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!