• Home
  • Berita
  • Blogspot VS WordPress: Mana yang Terbaik?

Blogspot VS WordPress: Mana yang Terbaik?

Oleh Argadahana
4.75/5 (4)
Blogspot vs Wordpress mana yang terbaik

Saat ini ada banyak sekali platform blogging yang bisa digunakan. Dua diantaranya yang sangat populer ada WordPress dan Blogspot. Keduanya memang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tapi manakah platform yang terbaik?

Untuk kamu yang bingung menggunakan platform apa yang cocok untuk memulai blog. Kali ini DomaiNesia akan memberikan penjelasan mengenai perbandingan Blogspot VS WordPress. Yang pastinya akan menjawab kebingungan kamu.

wordpress vs blogspot tablet

source: pexels.com

Blogspot vs WordPress: Penjelasan Masing-Masing Platform

a) Blogspot

Merupakan platform blogging populer yang dimiliki oleh perusahaan mesin pencari terbesar, yakni Google. Karena dimiliki oleh Google, sehingga fitur dalam Blog spot juga terhubung dengan fitur google lainnya. Seperti Google Ads, Gmail, Drive, dan sebagainya. Blog spot sendiri pertama kali muncul pada tahun 1999, didirikan oleh Pyra Labs. Sebelum akhirnya dibeli oleh Google pada tahun 2002. Saat ini blogspot banyak diminati untuk orang-orang yang ingin membuat blog.

b) WordPress

Pada tahun 2003, WordPress dirilis oleh Matt Mullenweg dan Mike Little. Sebelumnya ada b2 atau yang dikenal dengan Cafelog yang menjadi asal muasal pembuatan WordPress. Saat ini b2/Cafelog lebih dikenal dengan b2evolution. 

WordPress dibagi menjadi dua. Yakni WordPress sebagai platform blogging (WordPress.com), dan WordPress sebagai Content Management System (WordPress.org). Untuk lebih memudahkan, penjelasan mengenai ‘wordpress.com’ akan disingkat menjadi ‘.com’, sedangkan wordpress.org akan disingkat menjadi ‘.org’

Perbedaan dasar antara WordPress.com dan WordPress.org adalah kostumisasi. WordPress.com digunakan untuk membuat blog dengan cepat sedangkan WordPress.org digunakan untuk membuat blog menggunakan alamat domain dan server sendiri.

Blogspot VS WordPress: Hak dan Biaya kepemilikan

a) Blogspot

Untuk menggunakan blog spot, kamu diwajibkan untuk memiliki akun email google. Selama kamu memiliki akun email google, maka kamu bisa mengakses semua produk-produk yang ditawarkan google. Kelebihan lainnya adalah untuk mendaftarkan akun google, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya apapun. Begitu juga menggunakan Blog spot ini. Kamu bebas menentukan alamat blog dengan domain .blogspot.com secara cuma-cuma dan mendapat kapasitas penyimpanan file sebesar 15 GB. Kamu juga bisa meng-custom domain tanpa embel-embel .blog spot, tapi dikenakan biaya tambahan.  Sayangnya kamu punya kendali yang terbatas jika menggunakan blog spot. 

b) WordPress

.COM

Sama seperti blog spot, WordPress.com memberikan kamu kesempatan untuk berkreasi di blog secara gratis. Ruang penyimpanan yang ditawarkan cukup besar, yakni 3 GB. Kamu juga bisa dengan bebas menentukan alamat blog dengan domain .wordpress.com. Namun sama halnya dengan Blog spot, kamu punya kontrol yang terbatas dalam mengelola blog mu.

.ORG

Sebenarnya WordPress.org merupakan CMS (Content Management System) yang hanya bisa digunakan apabila mempunyai server dan alamat domain sendiri.

Berbeda dengan WordPress.com dan Blogspot, dengan WordPress.org kamu bebas untuk berkreasi, memodifikasi, dan membuat jenis blog sesuka hati. Hanya saja, untuk menggunakan WordPress.org kamu membutuhkan Domain dan Hosting yang bisa kamu beli. Harga domain dan hosting berbeda-beda, tergantung dengan penyedia layanan hosting, kapasitas penyimpanan dan bandwidth, serta fitur lainnya.

security wordpress
source: pexels.com

Baca Juga : Wix vs WordPress: Platform Mana yang Terbaik?

Blogspot VS WordPress: Keamanan

a) Blogspot

Karena Blogspot dikelola oleh Google, Blog spot bisa dibilang cukup aman untuk digunakan. Jarang ada kasus hacking dalam dunia Blog jika menggunakan blog spot. Hanya saja kita tidak dapat meng-custom sistem keamanannya karena sudah default. 

b) WordPress

.COM

Sama seperti blogspot, keamanan WordPress.com cukup bisa diandalkan. Hanya saja tidak banyak yang bisa di ubah dari WordPress.com. Seperti yang dibilang sebelumnya, menggunakan WordPress.com hanya tinggal menulis blog. Kamu tidak perlu memikirkan keamanan website dan plugin apa yang harus di-install. Semua sudah dikelola oleh WordPress sendiri.

.ORG

Berbeda dengan dua platform sebelumnya, WordPress.org lebih membebaskan pemilik blog untuk mengamankan websitenya. Misalnya dengan menggunakan SSL (Secure Socket Layer), menginstall plugin keamanan, dan lain sebagainya.

Kamu benar-benar diberi kebebasan untuk mengatur blog kamu.

Walaupun banyak kasus blog WordPress.org sering terkena serangan hack, namun kamu tidak perlu khawatir. WordPress.org selalu melakukan pembaharuan rutin untuk mengamankan blogmu secara maksimal. Yang terpenting adalah menjaga blogmu untuk tidak memasang aplikasi atau plugin pihak ketiga yang tidak jelas.

Blogspot VS WordPress: Kemudahan

a) Blogspot

Blogspot memiliki tampilan interface  yang sangat mudah. Bahkan untuk orang awam sekalipun akan gampang memahami fungsi dari fitur yang ditawarkan blog spot. Tak sampai di situ, Blog spot juga bisa menambahkan widget hanya dengan drag and drop. 

b) WordPress

.COM

WordPress dibangun dengan bahasa pemrograman PHP, sehingga ada beberapa bagian WordPress (terutama bagian pengkodean) menggunakan perintah PHP. Sebenarnya tampilan WordPress cukup mudah untuk digunakan, namun ada beberapa fitur yang terbatas bagi pengguna gratisan. Jika ingin membuka fitur lainnya, kamu bisa mengupgrade WordPress kamu menjadi berbayar. 

.ORG

Dengan membuat blog menggunakan CMS WordPress.org, kamu bisa dengan mudah meng-custom blog mu sebebas-bebasnya. Tak hanya itu, kamu bisa menambahkan berbagai plugin baik yang gratis maupun berbayar untuk menunjang blog mu agar memiliki fitur yang kamu inginkan.

ngetik wordpress
source: pexels.com

Blogspot VS WordPress: Fitur-fitur

a) Blogspot

Blogspot memiliki fitur yang sebenarnya cukup lengkap. Apalagi untuk blogger pemula, semua yang dibutuhkan sudah tersedia. Hanya saja fiturnya terbatas dan tidak bisa menyesuaikan dengan keinginan pengguna. Jika kamu ingin menambah widget dan mengatur tampilan biar lebih SEO Friendly, kamu bisa mengaturnya melalui menu pengeditan XHTML. Tutorial dan dokumentasi untuk blog spot juga bisa kamu temukan di Internet.

b) WordPress

.COM

Sama seperti blogspot, fitur WordPress.com juga cukup terbatas. WordPress.com sangat simpel dengan fitur yang hanya menunjang menulis dan mempublikasikan tulisan dalam blog. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan tema gratis yang bisa kamu pilih sesuka hati.

.ORG

Dari semua platform, CMS WordPress menjadi tools paling lengkap. Selain karena kamu bisa sepuasnya mengedit tampilan luar-dalam blog kamu, dengan CMS WordPress kamu bisa dengan mudah mengoptimalkan blog yang kamu punya. Walaupun akan cukup sulit mengenali tampilan interface WordPress yang cukup rumit (apalagi untuk pemula), namun ada banyak sekali panduan dan dokumentasi yang bisa kamu temukan di Internet untuk membantu kamu mahir menggunakan WordPress.

Blogspot VS WordPress: Tabel Perbandingan Kelebihan 

 Berikut ini tabel perbandingan Blogspot, WordPress.com, dan WordPress.org

Nah itulah perbandingan antara Blog spot dan WordPress. Semua platform blog punya kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Jika ingin blog gratisan, kamu bisa menggunakan Blog spot atau WordPress.com. Namun jika ingin serius dalam dunia blogging, WordPress.org menjadi pilihan terbaik. Happy Blogging!

Argadahana

Here to share stories about marketing, communication, and business related to tech industries. Feel free to hit me up on my social accounts.


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah

This will close in 0 seconds