• Home
  • Tips
  • 14 Cara Menulis Blog Menarik yang Mengundang Trafik

14 Cara Menulis Blog Menarik yang Mengundang Trafik

Oleh Ratna Patria
No ratings yet.

Keberadaan blog saat ini memang sangat dibutuhkan untuk berbagai macam kebutuhan baik di bidang bisnis, edukasi dan lainnya. Sehingga blog bukan lagi sebagai tempat menulis cerita sehari-hari pribadi saja, tetapi juga untuk kebutuhan personal branding atau pemasaran bisnis. Lalu, bagaimana cara menulis blog yang benar agar bisa menarik perhatian audiens? Ikuti beberapa tips berikut, yuk.

Apa Itu Postingan Blog?

Sebuah postingan blog adalah artikel, berita, atau panduan yang diterbitkan di bagian blog dari sebuah situs web. 

Posting blog biasanya mencakup topik tertentu bersifat edukasi dengan isi kata-kata berkisar antara 600 hingga 2.000 lebih, serta adanya tambahan gambar, video, infografis, dan bagan interaktif.

Postingan blog ini mempermudah kamu untuk mempublikasikan sebuah pemikiran atau cerita di situs web tentang topik apa pun.

cara menulis blog
Sumber: Envato

Blog dapat membantu meningkatkan kesadaran merek, kredibilitas, konversi, dan pendapatan untuk bisnis. Selain itu, juga dapat membantu meningkatkan traffic ke situs website. Pelajari secara lengkap cara mudah membuat blog di DomaiNesia. 

Cara Menulis Blog yang Benar

Agar bisa menulis di blog dengan benar dan menarik serta mendidik. Blog harus berisi konten-konten yang dapat menjawab pertanyaan dan membantu audiens menyelesaikan permasalahan mereka. 

Namun, sebenarnya tidak cukup hanya menjawab pertanyaan seseorang, tapi kamu juga harus memberikan langkah-langkah yang dapat ditindaklanjuti oleh audiens. 

Misalnya, dengan membuat konten artikel yang isinya jelas dan lengkap terkait dengan informasi tertentu sehingga membuat audiens ingin terus membaca postingan milikmu. 

Agar audiens lebih cepat mengerti, sertakan juga contoh nyata terkait dengan informasi yang kamu berikan. Ini akan membangun kredibilitas blog milikmu di mata audiens atau pembaca. 

Perlu diingat bahwa postingan blog yang baik dan menarik untuk dibaca, dapat memberikan informasi secara jelas dan detail kepada audiens. Berikut ini beberapa cara menulis blog yang benar: 

1. Pahami Audiens

Cara menulis blog yang pertama adalah memastikan punya pemahaman yang jelas tentang target audiens target atau pembaca artikel milikmu. Cobalah untuk lebih memahami apa yang ingin diketahui atau beresonansi dengan mereka audiens. 

Di sinilah proses menciptakan persona audiens, di mana kamu harus mempertimbangkan apa yang menjadi minat dan kebutuhan mereka sehingga bisa menjadi topik untuk postingan blog. 

Sebagai contoh, apabila pembaca blogmu adalah generasi milenial yang ingin memulai bisnis, sebaiknya berikan artikel-artikel seputar hal tersebut seperti informasi tentang cara pemasaran melalui media sosial.  

2. Lakukan Riset Kompetitor

Cara menulis blog selanjutnya adalah coba untuk melakukan riset kompetitor. Pastikan kamu mencari tahu tentang blog populer lainnya karena strategi dan eksekusi merekalah yang dapat menjadi acuan untuk membangun kredibilitas audiens. 

Tujuan melakukan ini bukan untuk menyalin elemen-elemen yang dimiliki oleh kompetitor, tetapi mendapatkan wawasan lebih baik tentang minat pembaca. Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan saat melakukan analisis kompetitif, yaitu: 

  • Visual, cobalah untuk melihat branding blog, palet warna, dan tema.
  • Copy, analisis nada dan gaya penulisan kompetitor untuk melihat apa yang menarik audiens. 
  • Topik, perhatikan materi pembahasan apa yang disukai pembaca untuk berinteraksi.

    cara menulis blog
    Sumber: Envato

3. Tentukan Topik Apa yang Akan Dibahas

Sebelum menulis apa pun, pilih topik yang ingin kamu tulis. Menentukan topik pembahasan ini merupakan bagian dari cara menulis blog paling penting. 

Bagi kamu yang masih bingung, cobalah untuk memilih topik dengan mengajukan beberapa pertanyaan seperti ini:

  • Konten ini ditujukan untuk siapa? 
  • Seberapa baik memahami topik yang akan ditulis?
  • Apakah topik ini relevan dengan kebutuhan atau minat audiens?

4. Identifikasi Sudut Pandang yang Unik 

Cara menulis blog yang benar juga harus mengidentifikasi sudut pandangmu sebagai penulis blog. Hal ini yang akan menjadi kunci untuk menentukan fokus topik blog. 

Pikirkan secara matang alasan apa yang membuat kamu yakin ahli atau bisa menjadi pakar pada topik penulisan blog tersebut. 

5. Beri Nama Blog yang Unik dan Mudah Diingat

Memberi nama blog juga menjadi bagian dari cara menulis blog yang tak boleh dilewatkan. Berikut beberapa tips membuat nama blog: 

  • Pastikan nama blog mudah diucapkan dan dieja.
  • Pertimbangkan apa yang dicari audiens. 
  • Alternatif, kamu bisa gunakan generator nama blog.

Pastikan nama blog yang kamu buat belum digunakan oleh orang lain karena dapat mengurangi visibilitas dan membingungkan pembaca saat mencari konten milikmu.

6. Sesuaikan Tampilan Blog 

Setelah beberapa hal di atas telah selesai dilakukan, kini sesuaikan tampilan blog agar menarik dan mencerminkan tema konten.

Contohnya, bila kamu menulis konten artikel tentang lingkungan, tambahkan beberapa visual seperti gambar atau video untuk memberikan gambaran keapda audiens. 

Kemudian pastikan juga bahwa logo dan halaman about pada blog milikmu sudah dilengkapi. Keduanya memiliki peran yang sangat penting, seperti: 

  • Logo, bisa mengingatkan pembaca blog tentang siapa yang menerbitkan konten. 
  • Halaman about, digunakan untuk memberikan informasi lengkap tentang visi dan misi blog yang berfungsi mendukung tujuan perusahaan.

7. Buatlah Perencanaan Posting Konten

Kamu juga harus memiliki perencanaan tentang postingan konten. Tulisan seperti apa yang akan dipublikasikan serta berapa kali waktu posting dalam sebulan. 

Bagi kamu yang memang memiliki target dengan traffic website, cobalah untuk membuat perencanaan jumlah posting konten setiap harinya.  

Contoh dari perencanaan posting konten ini adalah membuat kategori topik tulisan, waktu, serta jumlah dalam kurun waktu tertentu. Hal ini akan memudahkan kamu memposting konten di blog. 

8. Buat Outline Konten

Terkadang, posting blog dapat memiliki informasi yang sangat banyak, sehingga ada baiknya untuk lebih dulu membuat outline konten. 

Sederhananya, kamu harus membuat catatan terkait garis besar pembahasan topik. Cara menulis blog yang satu ini diperlukan jika topik pembahasan terlalu panjang. 

Trik mudahnya adalah mengatur info sedemikian rupa sehingga pembaca tidak merasa bosan dan terbebani saat membaca konten artikel yang panjang.

cara menulis blog
Sumber: Envato

9. Perhatikan Gaya Penulisan di Konten Blog

Cara menulis blog yang baik dan menarik juga harus memperhatikan gaya penulisannya. Meskipun dibebaskan untuk menuangkan berbagai macam ide, tetapi pastikan gaya penulisan yang digunakan tidak asal-asalan. 

Pada dasarnya blog memang bukan tugas sekolah, namun tetap saja ini akan dipublikasikan secara resmi di website sehingga banyak orang akan membacanya. 

Sehingga gaya penulisan sebaiknya sesuai dengan kaedah bahasa atau EYD. Tujuannya agar audiens bisa lebih mudah membaca dan memahami isinya. 

Sebagai tips tambahan, akan lebih baik jika kamu punya tone khas dalam tulisanmu, seperti satir atau komedi.

10. Pastikan Format Konten dengan Benar

Memastikan format konten pun juga tak boleh dilewatkan dalam cara menulis blog yang benar. Format konten yang benar, umumnya terdiri atas tiga bagian yaitu pembuka, isi, penutup. 

Namun, tingkat konsentrasi pembaca online tidak sepanjang beberapa media cetak seperti buku, koran, atau majalah. 

Buatlah pembuka dengan tulisan yang dapat menarik pembaca atau berikan highlight isi konten secara singkat. Hal ini akan menimbulkan rasa penasaran audiens untuk membaca lebih lanjut. 

11. Tambahkan Gambar atau Video 

Seperti yang kita ketahui bahwa visual adalah hal yang paling menarik perhatian ketika seseorang melihat konten artikel di blog. Jadi, penting untuk menambahkan visual ke dalam konten blog agar para pembaca memiliki bisa tertarik. 

Visual dalam konten blog ini bisa berupa foto-foto atau ilustrasi yang diambil dari internet. Namun ketika ingin download gambar tertentu perhatikan dulu hak ciptanya.

12. Gunakan Target Kata Kunci atau Keyword

Penggunaan keyword saat ini memang sangat berpengaruh pada konten artikel blog. Pasalnya, menggunakan keyword yang tepat dapat membantu halaman blog milikmu mendapatkan peringkat di mesin pencarian seperti Google. 

Oleh sebab itu, targetkan keyword bervolume rendah untuk dioptimalkan. Mengapa bervolume rendah? Karena biasanya topik-topik dengan volume keyword yang rendah memudahkan postingan blog baru untuk mendapatkan peringkat. 

Jadi, lakukan riset keyword atau kata kunci dan memulainya dengan mengidentifikasi topik umum terlebih dahulu. 

13. Posting Konten Secara Konsisten

Cara menulis blog lainnya juga harus konsisten untuk posting konten. Meskipun tidak harus setiap hari tetapi memiliki intensitas teratur. 

Oleh sebab itulah, pentingnya membuat perencanaan posting konten karena dapat memudahkan kamu kapan harus membuat artikel baru dan mempublikasikannya. Tentu dengan mengikuti perencanaan i jadwal posting, audiens blog akan sangat menantikannya. 

14. Melakukan Promosi Konten Blog di Sosial Media

Beberapa cara menulis blog di atas adalah kunci agar kamu memiliki produksi konten yang menarik untuk dibaca banyak orang. 

Namun, jangan lupa untuk melakukan promosi dengan membagikan konten-konten blog milikmu di media sosial. Kamu cukup bagikan beberapa kali saja atau konten yang sedang banyak dibicarakan trending. 

cara menulis blog
Sumber: Envato

Ikuti Tips Sukses Menulis Blog di Atas

Itulah beberapa cara menulis blog dengan benar. Beberapa cara di atas sangat penting untuk dilakukan agar bisa menghasilkan konten artikel yang menarik dan sesuai dengan kebutuhan audiens yang membaca. 

Selain melakukan cara menulis artikel di blog di atas, kamu juga tak boleh melewatkan beberapa faktor pendukung lainnya seperti penggunaan keyword yang tepat. Dengan adanya keyword bervolume rendah, ini dapat membantu kamu mendapatkan peringkat di mesin pencarian lebih mudah.

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!