• Home
  • Berita
  • Jenis Hosting dan Pentingnya Hosting Pada Bisnis

Jenis Hosting dan Pentingnya Hosting Pada Bisnis

Oleh Mila Rosyida
No ratings yet.

Pada umumnya, terdapat 3 jenis hosting yang perlu kamu ketahui, yaitu cloud hosting, web hosting, dan shared hosting. Sama-sama hosting sebagai tempat menyimpan file-file website. Namun ketiga jenis hosting tersebut memiliki perbedaan. Nah, tenang saja. Di artikel ini akan dijelaskan detail jenis hosting , perbedaannya dan juga pentingnya hosting pada bisnis. Simak terus ya DomaiNesians!

Pentingnya Hosting Pada Bisnis

Hosting memainkan peran penting dalam bisnis modern karena menjadi dasar teknis dari keberhasilan banyak aspek operasional dan pemasaran.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa hosting bisnis sangat penting dalam:

Peningkatan Kinerja Situs Web

Sebagai pemilik bisnis, kamu tentu mengharapkan performa puncak dari situs web kamu. Namun, ironisnya, rata-rata waktu ketidakaktifan situs web mencapai tiga jam setiap bulannya.

Kehilangan waktu sebanyak ini bukan hanya sekadar angka, tetapi dapat merugikan bisnis kamu dengan menurunkan lalu lintas dan pendapatan.

Oleh karena itu, sangat krusial untuk memastikan bahwa ketika situs web aktif, hal itu tidak berdampak buruk pada jalannya bisnis kamu.

Penyedia Layanan Hosting Situs Web Profesional menawarkan komitmen untuk menjaga ketersediaan situs web kamu sepanjang waktu. Mereka tidak hanya menghindari gangguan dan waktu ketidakaktifan yang tidak terjadwal, tetapi juga memberikan perhatian khusus pada kecepatan situs.

Sumber : envato

Kecepatan ini menjadi sangat penting karena situs yang dapat dimuat dalam waktu tiga detik atau kurang memiliki dampak positif pada pengalaman pengguna.

Oleh karena itu, memilih layanan Hosting Situs Web berkualitas tinggi tidak hanya melibatkan menjaga situs tetap online, tetapi juga memastikan pengalaman pengguna yang optimal.

Dengan langkah-langkah ini, segala aspek tersebut dapat terwujud secara efektif untuk mendukung pertumbuhan bisnis kamu.

Memiliki Email Profesional untuk Domain Website

Dalam rangka membangun citra profesional untuk bisnis atau perusahaan kamu, penting untuk memiliki alamat email yang mencerminkan kesan yang serius.

Pemilihan penyedia hosting dapat membantu menjaga kredibilitas merek kamu dengan menyediakan alamat email yang terlihat profesional. Sebagai contoh, branding dengan menggunakan elemen grafis memiliki peran penting dalam memberikan kesan yang kuat kepada pengunjung situs kamu.

Penggunaan alamat email khusus juga dapat menjadi elemen yang memperkuat identitas merek kamu. Untungnya, Host Situs Web memiliki kemampuan untuk membuat alamat email yang sesuai dengan domain bisnis kamu.

Beberapa penyedia hosting bahkan dapat memberikan alat manajemen email yang dapat membantu menyederhanakan strategi Pemasaran Email kamu.

Dengan demikian, melalui pemilihan penyedia hosting yang tepat, kamu tidak hanya mendapatkan alamat email profesional, tetapi juga dukungan untuk memperkuat citra merek dan efektivitas kampanye pemasaran kamu.

Memastikan Keamanan Situs Web Kamu

Keamanan memegang peranan krusial dalam menjaga situs web bisnis tetap aman. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk mempertimbangkan aspek keamanan saat mencari layanan hosting yang sesuai, karena faktor ini memengaruhi Pengalaman Pengguna (UX).

Selain itu, dalam memilih penyedia, disarankan untuk memeriksa apakah paket layanan mereka mencakup langkah-langkah keamanan tingkat lanjut, seperti:

  1. Pemakaian sertifikat SSL.
  2. Perlindungan melalui firewall.
  3. Pencadangan otomatis.
  4. Dukungan teknis yang dapat diandalkan.

Meskipun bisnis bukanlah sektor dengan risiko tertinggi dibandingkan industri lainnya, sekitar 64% bisnis mengalami serangan web. Mengingat situs web kamu berperan penting dalam kehadiran online bisnis kamu, penting untuk memastikan reputasi yang baik dengan menjaga keamanannya.

Memungkinkan Pemulihan Data yang Mudah

Apabila kamu membutuhkan data atas alasan tertentu, penyedia hosting web yang dapat diandalkan dapat memastikan proses pemulihan data menjadi suatu yang tidak merepotkan.

Penting untuk secara rutin mencadangkan data kamu guna menjamin keamanan situs web. Namun, perlu diingat bahwa setiap file bertanggung jawab terhadap konten situs web.

Ketika satu file mengalami keterlambatan atau kerusakan, hal ini dapat merugikan reputasi situs kamu secara keseluruhan. Pengambilan data juga dapat menjadi lebih sulit ketika menghadapi kesalahan atau pelanggaran keamanan.

Dengan layanan hosting yang dapat diandalkan, kamu selalu memiliki kemampuan untuk mengambil data kapanpun diperlukan.

Memungkinkan Manajemen Data

Berbicara tentang pengelolaan data, memanfaatkan layanan Hosting Situs Web profesional memberikan kamu kontrol penuh atas segala aspek konten yang kamu miliki.

Lebih tepatnya, kamu memiliki kekuasaan total terhadap cara tampilan konten disajikan. Dengan adanya sistem Manajemen Data yang efisien dari layanan tersebut, kamu memiliki kebebasan untuk menambahkan sebanyak mungkin halaman yang diperlukan ke dalam situs kamu.

Sebagai contoh, kamu dapat dengan mudah mempublikasikan artikel atau blog, serta menyisipkan iklan sesuai keinginan kamu. Ini memberikan fleksibilitas tak terbatas untuk merancang situs web kamu sesuai dengan kebutuhan dan preferensi kamu.

Dengan demikian, layanan Hosting Situs Web profesional tidak hanya memberikan kendali, tetapi juga memberikan kebebasan kreatif untuk mengelola dan mengoptimalkan konten situs kamu.

Sumber : envato

Bantuan dalam Optimasi Mesin Pencari

Pengaruh Hosting Situs Web juga turut memainkan peran dalam menentukan Peringkat SEO situs kamu. Sebagai pemilik bisnis, kamu mungkin telah menghadapi tantangan dalam mengelola situs web kamu.

Oleh karena itu, diperlukan penerapan praktik Search Engine Optimization (SEO) untuk meningkatkan peringkat situs kamu. Layanan hosting yang kurang profesional dapat memberikan keterbatasan dalam fleksibilitas terkait SEO.

Namun, sebaliknya, dengan menggunakan layanan hosting yang dapat diandalkan, kamu dapat memiliki kendali lebih besar terhadap strategi SEO situs kamu.

Sehingga, bisnis kamu memiliki kebebasan untuk menghasilkan konten yang optimal dan mengimplementasikan berbagai strategi SEO, baik yang berhubungan dengan halaman (On-page) maupun di luar halaman (Off-page).

Dengan demikian, menggunakan layanan hosting terpercaya dapat memberikan dukungan yang penting untuk meningkatkan visibilitas dan peringkat SEO situs web kamu.

Membantu Kamu Mengatur Desain Website

Tata letak tema pada situs web kamu memiliki peran yang sangat penting dalam menarik perhatian pengunjung. Hingga 94% kesan pertama terhadap sebuah situs web terkait dengan aspek desain.

Pengunjung cenderung lebih tertarik dan betah di situs web yang menyajikan Pengalaman Pengguna (UX) yang luar biasa. Oleh karena itu, desain situs web juga merupakan bagian yang signifikan dari citra kredibilitas merek kamu.

Dalam hal ini, kamu dapat mengandalkan bantuan dari penyedia layanan Web Hosting, dan hal ini tidak akan menghambat kreativitas kamu dalam merancang desain.

Dengan demikian, kamu dapat menciptakan situs web yang unik dan sesuai dengan karakteristik serta identitas merek bisnis kamu.

Dengan memperhatikan aspek desain ini, kamu dapat meningkatkan daya tarik situs web kamu dan memberikan pengalaman yang positif bagi pengunjung, sehingga memperkuat citra dan kredibilitas merek kamu secara keseluruhan.

Memberikan Dukungan Teknis

Unggulnya dukungan teknis, terutama jika tersedia sepanjang waktu (24/7), menjadi suatu keharusan untuk memastikan ketersediaan situs web kamu.

Dengan dukungan yang handal, situs web kamu tetap dapat beroperasi pada performa terbaiknya bahkan saat menghadapi kendala, termasuk situasi darurat seperti pelanggaran keamanan.

Keberadaan dukungan teknis yang andal memastikan bahwa situs web kamu tetap berada di puncak, dan respons cepat terhadap masalah memberikan jaminan bahwa lalu lintas web kamu tidak akan terpengaruh, memungkinkan pelanggan kamu menghargai waktu tanggapan yang efisien.

Meskipun gangguan atau kelambatan dapat terjadi pada setiap situs web, memiliki dukungan teknis yang efektif dapat mengatasi dan meminimalkan dampak dari masalah tersebut.

Oleh karena itu, persiapan dan responsivitas proaktif menjadi sangat penting ketika menghadapi kendala. Jika penyedia layanan kamu juga menyediakan tutorial dukungan dan informasi terkait lainnya, ini dapat menjadi nilai tambah yang signifikan untuk membantu kamu mengatasi permasalahan teknis dengan lebih baik.

Menghemat Uang Seiring Waktu

Keuntungan yang diperoleh dari memiliki penyedia Hosting Situs Web seperti yang diuraikan di sini akan memberikan nilai jauh lebih besar daripada biaya yang dikeluarkan.

Dalam perspektif jangka panjang, investasi ini akan menghasilkan banyak keuntungan dengan biaya yang lebih terjangkau jika dibandingkan dengan menggunakan layanan hosting yang tidak dapat diandalkan.

Selain itu, daripada menghabiskan waktu untuk memahami seluk-beluk Web Hosting, kamu dapat mengambil langkah lebih efisien dengan merekrut pakar yang memiliki pengalaman di bidang hosting.

Dengan para ahli yang bertanggung jawab atas layanan Hosting kamu, kamu dapat memusatkan perhatian pada tugas-tugas yang lebih krusial dan strategis dalam pengelolaan bisnis kamu.

Dengan demikian, pengelolaan hosting yang handal tidak hanya memberikan keuntungan kualitatif, tetapi juga membebaskan waktu dan upaya kamu untuk fokus pada aspek-aspek yang lebih esensial.

Jenis Hosting : Cloud Hosting

Jenis hosting yang satu ini adalah konsep revolusioner dalam dunia hosting yang memungkinkan kamu menjalankan aplikasi atau situs web pada server virtual di lingkungan cloud.

Berbeda dengan pendekatan tradisional di mana organisasi harus membeli atau menyewa server fisik di pusat data lokal atau dari penyedia hosting tertentu, cloud hosting menawarkan fleksibilitas yang luar biasa.

Dalam model ini, kamu membayar penyedia cloud untuk menyediakan infrastruktur yang mencakup jaringan server fisik dan virtual yang tersebar di berbagai lokasi geografis.

Keuntungan utama cloud hosting adalah fleksibilitasnya yang memungkinkan kamu mengakses sumber daya komputasi dari kumpulan sumber daya yang tersedia.

Ini memungkinkan kamu dengan mudah meningkatkan atau menurunkan skala aplikasi sesuai kebutuhan, bahkan dengan cepat.

Seiring pertumbuhan atau perubahan beban kerja, kamu tidak perlu khawatir tentang penyediaan sumber daya dalam jumlah yang tepat karena cloud hosting memberikan akses instan dan skalabilitas yang mudah disesuaikan.

Dengan demikian, cloud hosting membawa efisiensi dan kemudahan yang signifikan dalam manajemen sumber daya komputasi untuk mendukung keberlanjutan dan pertumbuhan aplikasi atau situs web kamu.

Baca Juga : Seberapa Penting sih, Hosting untuk Bisnis Kamu?

Jenis Hosting : Web Hosting

Berbeda dengan jenis hosting yang sebelumnya, Web hosting adalah layanan krusial yang memungkinkan situs web atau aplikasi web kamu dapat diakses secara global.

Ketika kamu membuat situs web atau aplikasi web, berbagai jenis file seperti gambar, video, teks, dan kode perlu disimpan di server, yaitu komputer khusus yang terhubung ke internet.

Inilah peran utama layanan hosting web: menyimpan, mengelola, dan menyajikan file-file ini secara efisien kepada pengguna. Penyedia layanan hosting web bertanggung jawab atas pemeliharaan, konfigurasi, dan pengoperasian server fisik, yang dapat kamu sewa untuk menyimpan konten situs kamu.

Selain itu, mereka menawarkan dukungan tambahan, seperti keamanan, pencadangan situs web secara berkala, dan optimalisasi kinerja situs web.

Fitur-fitur ini membantu melindungi situs kamu dari potensi ancaman keamanan, menyediakan cadangan data yang dapat dipulihkan, dan meningkatkan responsivitas serta kecepatan situs, sehingga memungkinkan kamu fokus pada pengembangan inti situs web kamu tanpa harus khawatir tentang aspek teknis yang kompleks.

Dengan demikian, layanan hosting web tidak hanya menyediakan tempat untuk menyimpan file, tetapi juga memberikan kemudahan dan dukungan tambahan untuk menjaga situs web kamu berjalan dengan lancar.

Jenis Hosting : Shared Hosting

Untuk jenis hosting yang terakhir dinamakan shared hosting. Shared hosting adalah model layanan hosting di mana beberapa situs web berbagi sumber daya dari satu server yang sama. Dalam pengaturan ini, pengguna tidak mengetahui secara spesifik situs web atau entitas mana yang juga menggunakan server yang sama.

Setiap pelanggan shared hosting memiliki batasan tertentu pada jumlah total sumber daya server yang dapat mereka gunakan, dan ini umumnya ditentukan oleh paket hosting yang mereka pilih.

Keunggulan utama dari shared hosting adalah harganya yang terjangkau, menjadikannya pilihan yang paling ekonomis untuk kebutuhan hosting.

Namun, keterjangkauan ini juga datang dengan beberapa keterbatasan yang perlu dipertimbangkan. Karena sebagian besar perusahaan hosting menyediakan jumlah ruang dan penyimpanan yang serupa, penting untuk memilih penyedia hosting yang dapat diandalkan dan memberikan dukungan yang memadai.

Meskipun shared hosting memungkinkan hemat biaya, ada beberapa pertimbangan yang perlu diperhatikan, terutama terkait dengan kinerja dan keamanan.

Karena sumber daya server dibagi di antara banyak pengguna, lonjakan lalu lintas atau aktivitas tinggi dari salah satu situs web dapat mempengaruhi kinerja situs web lainnya yang berbagi server yang sama.

Oleh karena itu, pemilihan penyedia shared hosting yang handal dan memahami keamanan serta pengelolaan sumber daya dengan baik menjadi faktor kunci dalam memilih solusi hosting bersama yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran kamu.

Perbedaan Cloud Hosting, Web Hosting, Shared Hosting

Cloud hosting, web hosting, dan shared hosting adalah tiga konsep hosting yang berbeda, meskipun memiliki tujuan umum yaitu menyediakan tempat untuk menyimpan dan mengelola situs web.

Berikut adalah perbedaan kunci di antara ketiganya:

Cari Cloud Hosting? Ya DomaiNesia Saja!

Cloud hosting adalah jenis hosting premium yang menawarkan performa tinggi, keamanan mumpuni, dan skalabilitas tak terbatas. Alasannya, server cloud hosting menggunakan sistem virtual server dengan beberapa resource yang digabungkan menjadi satu server terpusat.

jenis hosting

Dengan sistem virtual dengan banyak resource, jika ada satu server bermasalah maka server lain tidak akan terpengaruh. Bahkan, akan mensupport website kamu untuk tetap bisa diakses. Kalau bicara sedikit teknis, cloud hosting adalah ibarat menghubungkan beberapa VPS (Virtual Private Server) menjadi satu virtual dedicated server yang besar.

DomaiNesia menyediakan cloud hosting yang disesuaikan dengan kebutuhan. Dalam layanan ini, sumber daya hosting seperti CPU, RAM, dan penyimpanan data di-hosting pada beberapa server terhubung dalam jaringan terdistribusi.

Dengan menggunakan teknologi cloud computing, Cloud Hosting DomaiNesia mampu menyediakan sumber daya hosting secara otomatis sesuai dengan kebutuhan bisnis.

Hal ini membuat Cloud Hosting DomaiNesia menjadi layanan hosting yang sangat cocok untuk bisnis dengan trafik website yang tinggi atau yang membutuhkan hosting dengan skala yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis masing-masing. Jadi tunggu apalagi? Segera beli Cloud Hosting DomaiNesia ya!

Mila Rosyida

Halo ! I'm a Technical Content Specialist in DomaiNesia. I love learn anything about Technical, Data, Machine Learning, and more Technology.


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Ekstra Diskon Migrasi 5% serta GRATIS biaya migrasi & setup.

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah

This will close in 0 seconds