• Home
  • Berita
  • Apakah Marketing adalah Faktor Utama Kesuksesan Bisnis? Cari Tahu Apa itu Marketing dan Jenis-jenisnya

Apakah Marketing adalah Faktor Utama Kesuksesan Bisnis? Cari Tahu Apa itu Marketing dan Jenis-jenisnya

Oleh Ratna Patria
No ratings yet.

Marketing adalah faktor paling utama untuk membuat sebuah bisnis sukses dikenal di lingkungan masyarakat. Oleh sebab itu, kamu perlu melakukan perencanaan marketing yang matang untuk bisa mencapai target yang dibuat. Dan berikut ini pengertian, jenis-jenis hingga tips melakukan marketing yang perlu kamu ketahui. 

Apa itu Marketing?

Sederhananya, pengertian marketing adalah tindakan mendorong pelanggan untuk membeli sebuah produk sehingga menghasilkan keuntungan atau meningkatkan penjualan. 

Ini mencakup strategi dan taktik yang digunakan untuk memposisikan produk dan layanan di pasar, serta memotivasi target audiens agar melakukan pembelian.

Tujuan marketing adalah untuk memberikan nilai mandiri bagi prospek dan konsumen melalui konten, dengan tujuan jangka panjang agar bisa menunjukkan nilai produk, memperkuat loyalitas merek, dan pada akhirnya meningkatkan penjualan sebuah perusahaan. 

Marketing adalah
Sumber: Envato

Jenis-jenis Marketing

Agar bisa melakukan marketing dengan tepat tentu akan bergantung pada lokasi target audiens atau pelanggan. Oleh karena itu, mengetahui dan memahami jenis marketing adalah hal penting untuk bisa menyesuaikan dengan minat masyarakat saat ini. Dan berikut ini beberapa jenis marketing adalah:

1. Internet marketing 

Seperti yang kita ketahui bahwa saat ini banyak sekali perusahaan menawarkan produk atau layanan mereka melalui internet secara online. 

Strategi internet marketing ini bisa dilakukan dengan menggunakan berbagai macam platform media sosial. 

2. Search Engine Optimization (SEO)

SEO ini adalah proses mengoptimalkan konten-konten situs website agar dapat muncul di halaman pertama mesin pencari seperti Google. 

Strategi marketing yang satu ini digunakan untuk menarik orang yang melakukan penelusuran agar mereka bisa menemukan dengan mudah produk milik usahamu. 

3. Blog marketing 

Blog tidak lagi hanya untuk penulis individu saja. Tetapi banyak sekali perusahaan menerbitkan blog untuk menulis tentang industri mereka dan mengelola pelanggan potensial agar bisa mendapatkan informasi secara lengkap dari website milikmu.

4. Media sosial marketing 

Media sosial marketing ini bisa dilakukan menggunakan beberapa platform seperti Facebook, Instagram, Twitter, LinkedIn, dan jejaring sosial serupa untuk menarik perhatikan dan menjalin komunikasi lebih intens dengan target audiens. 

5. Print marketing 

Print marketing ini juga biasa disebut sebagai pemasaran melalui media cetak. Meskipun terlihat konvensional, namun masih banyak orang yang tertarik dengan pemasaran media cetak seperti artikel majalah, brosur dan konten serupa. 

6. Search engine marketing

Jenis pemasaran ini sedikit berbeda dari SEO, yang telah dijelaskan sebelumnya. Saat ini, kamu bisa membayar mesin pencari untuk menempatkan tautan pada halaman indeksnya yang bisa mendapatkan eksposur tinggi ke audiens.  

7. Video marketing 

Tren marketing saat ini juga menggunakan video dengan durasi pendek untuk promosi produk atau layanan yang ditawarkan oleh perusahaan. Para pengusaha biasanya membuat dan menerbitkan semua jenis video yang menghibur dan memberikan edukasi kepada pelanggan. 

Baca juga: Cara Membuat Video LinkedIn yang Nendang Banget

Tujuan Dari Marketing 

Marketing adalah proses untuk membuat orang tertarik dengan produk atau layanan perusahaan. 

Marketing yang sukses bisa terjadi apabila kamu melakukan riset pasar, analisis, dan mengetahui kebutuhan atau minat pelanggan dengan ideal. 

Marketing adalah kegiatan pemasaran yang berkaitan dengan semua aspek bisnis, termasuk pengembangan produk, metode distribusi, penjualan, dan periklanan.

 

Tips Melakukan Marketing

Agar marketing atau pemasaran bisa berjalan sukses, tentu harus ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan. Dan ini beberapa tips melakukan marketing adalah sebagai berikut:

1. Pahami target pasar dengan baik

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah lebih dulu mengenali seperti apa target pasarnya. Ini merupakan hal yang penting karena semakin akurat info yang kamu dapatkan dari mereka, maka bisa semakin efektif melakukan pemasaran untuk penjualan.

2. Buatlah produk yang sesuai dengan kebutuhan target pasar

Selanjutnya adalah buat produk yang sesuai dengan kebutuhan target pasar. Rancang dan presentasikan produk sesuai dengan kebutuhan dan minat masyarakat. 

Tak hanya dari segi kualitas produk saja, tetapi pastikan juga kemasan atau packaging menarik untuk promosi.

3. Lakukan pemasaran dengan menggunakan media sosial

Seperti yang telah dibahas sebelumnya bahwa media sosial saat ini menjadi salah satu alat pemasaran yang paling ampuh karena hampir semua orang mulai aktif menggunakannya.

Banyak orang melakukan promosi menggunakan beberapa platform media sosial seperti Instagram, Facebook, TikTok, dan Twitter. 

Dengan media sosial, pemasaran dapat berjalan lebih mudah karena mampu menjalin interaksi secara luas dengan berbagai kalangan, serta biaya yang murah dan visibilitas tinggi.

Marketing adalah
Sumber: Envato

4. Gunakan pesan marketing yang tepat

Hanya membuat satu atau dua iklan saja tidak cukup untuk mendapatkan perhatian dari banyak pelanggan. Oleh sebab itu, pastikan juga pelanggan bisa mendapatkan pesan marketing setiap harinya. 

Dalam hal ini, gunakan emosional dan rasional argumen untuk mempromosikan produk atau layanan yang kamu tawarkan. Beri alasan mengapa mereka butuh dan harus membeli produk tersebut. 

5. Pilih tempat strategis untuk memasarkan produk

Hingga saat ini, pemilihan tempat strategis masih menjadi salah satu faktor untuk membuat marketing atau pemasaran sukses. 

Dengan tempat penjualan yang strategis berarti produk milikmu memiliki peluang lebih tinggi untuk bisa mendapatkan banyak penjualan. 

Kriteria pemilihan tempat ini harus disesuaikan dengan target sasaran serta kemudahan untuk menjangkaunya.

6. Buatlah marketing plan

Terakhir, pastikan juga kamu membuat marketing plan untuk mengetahui strategi pemasaran apa yang akan dijalankan nantinya. 

Marketing plan ini merupakan dokumen hasil penelitian yang meliputi seluruh aspek penting produk dan perusahaan. 

Apa Itu 4p Dalam Dunia Marketing? 

Pada tahun 1960-an, E Jerome McCarthy mengemukakan 4P marketing yaitu product, price, place, dan promotion

Pada dasarnya, 4P marketing ini menjelaskan bagaimana pemasaran mampu berinteraksi dengan setiap tahapan bisnis.

1. Product

Produk adalah faktor paling utama dalam marketing karena dapat memengaruhi masyarakat. Namun, agar marketing bisa berjalan sukses kamu tidak hanya membutuhkan produk atau jasa yang sudah jadi. 

Tetapi juga perlu memikirkan bagaimana produk atau jasa ini ditampilkan. Setelah itu, pemilik dapat melakukan tes pasar mengenai pendapat masyarakat mengenai produk atau jasa ini, apakah sudah menarik dan sesuai dengan kebutuhan atau belum. 

2. Price

Selanjutnya adalah price atau harga. Kamu harus menentukan harga dengan sangat hati-hati, pastikan sudah melakukan riset dari kompetitor atau melihat sejauh mana calon pembeli bersedia membayar untuk produk yang kamu tawarkan. 

3. Place

Place dalam konteks marketing adalah proses distribusi barang atau jasa yang kamu tawarkan. Selain itu, kamu juga harus mengetahui seberapa luas jangkauan produk dan jasa di pasaran. 

4. Promotion

Dan 4P marketing yang terakhir adalah promotion. Ini mencakup iklan, acara, atau diskon yang dibuat untuk meningkatkan pemahaman pelanggan terhadap produk atau jasa yang ditawarkan. 

Tak hanya sekadar itu saja, promosi juga memungkinkan produk atau jasa menarik pembeli lebih banyak.

Baca juga: 7+ Tips Sukses Jualan Online 2022, Pemula Wajib Tahu!

Apa Saja Tren Digital Marketing Di Tahun 2022?

Seperti yang kita tahu bahwa perkembangan dunia teknologi terus bergerak cepat. Hal itu pun juga berdampak pada dunia marketing, di mana banyak orang mulai melakukan pemasaran secara digital. 

Secara keseluruhan, ada banyak perkembangan baru dan menarik di dunia digital yang akan memengaruhi cara berkomunikasi dengan audiens. Dan berikut ini beberapa tren digital marketing di tahun 2022:

1. Membuat video pendek 

Saat ini platform media sosial TikTok telah menggeser konten-konten unggahan foto dengan video berdurasi pendek. 

Banyak orang lebih tertarik dengan promosi yang disampaikan melalui sebuah video pendek di media sosial. Tak hanya di TikTok, tetapi juga Instagram, Facebook, Twitter dan lainnya. 

2. Membagikan real story

Menjual atau mempromosikan sesuatu hanya dengan menceritakan tentang produk itu saja tentu akan sangat membosankan. Apalagi jika target audiensnya masyarakat modern seperti sekarang ini. 

Oleh sebab itu, mempromosikan produk secara nyata dengan membagikan real story saat melakukan marketing adalah hal yang penting. 

Sampaikan kepada audiens apakah produk yang kamu tawarkan bisa menjadi solusi terbaik. Berikan review dari para pengguna secara jujur. 

3. Personalisasi

Selanjutnya yang juga termasuk dalam tren digital marketing adalah personalisasi, di mana ini akan memainkan peran besar di tahun 2022. Daripada membuat konten hanya untuk menghasilkan banyak audiens, sebaiknya buatlah iklan khusus yang fokus menarik perhatian target bisnismu saja. 

4. Segmentasi konten

Adanya segmentasi pelanggan, berarti memudahkan kamu untuk menargetkan sesuai dengan demografi atau minat yang sama. 

Dan itu adalah praktik umum untuk memiliki segmentasi bentuk komunikasi seperti penawaran dan promosi.

5. Membuat interaksi berkualitas

Munculnya media sosial dan chatbot saat ini, membuat percakapan dalam pemasaran bisa semakin tumbuh dalam skala yang lebih besar dan mengubah lanskap bagaimana bisnis berinteraksi dengan pelanggan mereka.

6. Menggunakan kecerdasan buatan dalam pemasaran digital

Dalam beberapa tahun terakhir, kemajuan dalam Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan telah menghasilkan laporan yang lebih efektif. 

Dengan menggunakan AI kamu bisa melakukan tugas pemasaran secara otomatis seperti memantau trafik situs dan meningkatkan pengoptimalan mesin pencari untuk jangkauan organik. 

Marketing adalah
Sumber: Envato

Marketing Penting untuk Penjualan Produk

Jadi, marketing adalah strategi dan taktik yang digunakan untuk memposisikan produk atau layanan di pasar agar menarik perhatian target audiens sehingga melakukan pembelian. 

Dalam pelaksanaan marketing, tentu harus ada beberapa strategi yang perlu dilakukan. Contohnya seperti mempromosikan menggunakan video pendek, mengoptimalkan penggunaan media sosial, dan masih banyak lainnya. 

Agar bisa melakukan pemasaran yang sukses, kamu harus mengetahui tren apa yang sedang banyak diminati di pasar masyarakat. 

Pastikan kamu mengikuti tren marketing sehingga promosi yang dilakukan bisa tembus ke target audiens yang dituju. Ingatlah bahwa marketing adalah kunci utama keberhasilan sebuah bisnis.

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!