• Home
  • Tips
  • 12 Cara Mendapatkan Uang dari TikTok Terbaru 2022

12 Cara Mendapatkan Uang dari TikTok Terbaru 2022

Oleh Ratna Patria
No ratings yet.

Banyak orang saat ini mulai sukses menghasilkan uang dari TikTok, dan beberapa juga ada yang menganggapnya sebagai pekerjaan utama. Bagi kamu yang tertarik mencoba, namun masih bingung untuk memulainya sebaiknya simak beberapa cara mendapatkan uang dari TikTok berikut ini, yuk. 

Apa Itu TikTok?

TikTok adalah sebuah aplikasi di mana kamu bisa saling berbagi video berdurasi atau selama 15 detik. Konten video yang diunggah ke aplikasi TikTok pun bisa mencakup tentang topik apa pun, sehingga memudahkan user atau penggunanya.

Sejak diluncurkan, popularitas aplikasi TikTok memang terus berkembang pesat hingga saat ini. Pada Oktober 2018 lalu, TikTok adalah aplikasi foto dan video yang paling banyak di download atau diunduh oleh pengguna Apple secara global. 

Diketahui bahwa sampai dengan hari ini TikTok telah berhasil mengumpulkan lebih dari 500 juta pengguna aktif bulanan dan Amerika Serikat menjadi negara paling populer yang mengunduhnya karena sudah mencapai 80 juta kali.

Cara mendapatkan uang dari tiktok
Sumber: Envato

Namun, tidak hanya sekadar aplikasi untuk membagikan video berdurasi pendek saja, tetapi juga bisa membantu kamu untuk mendapatkan uang dari internet. Kamu juga bisa baca lengkap Cara Mendapatkan Uang Dari Internet di sini. 

Sama halnya dengan aplikasi media sosial lainnya, ini juga bisa sebagai sumber penghasilan yang cukup menjanjikan apabila kamu mengetahui cara mendapatkan uang dari TikTok dengan benar.  

Cara Mendapatkan Uang dari TikTok

Kamu akan sangat membutuhkan kreativitas dalam membuat konten, jika ingin mendapatkan uang dari TikTok. Telah disebutkan juga sebelumnya, bahwa sudah banyak sekali creator atau pengguna berhasil mencapai kesuksesan secara finansial melalui aplikasi TikTok.

Hal tersebut karena saluran media sosial saat ini menawarkan peluang monetisasi yang besar. Dan ada banyak cara mendapatkan uang dari TikTok untuk pemula. Bagi kamu yang tertarik untuk mencobanya, berikut ini beberapa cara mendapatkan uang dari TikTok:   

1. Bergabunglah dengan TikTok Creator Fund

TikTok Creator Fund akan memberikan rewards kepada content creator karena telah sukses membuat video yang menarik dan populer di platform TikTok dengan jumlah viewers yang banyak 

Cara mendapatkan uang dengan bergabung di TikTok Creator Fund ini kamu harus lebih dulu mengikuti beberapa syarat dan ketentuannya seperti: 

  • Wajib berusia 18 tahun ke atas. 
  • Telah resmi menjadi penduduk dari salah satu di 50 negara yang terdaftar di TikTok. 
  • Memiliki 10 ribu lebih followers asli. 
  • Mendapatkan viewers sebanyak 100 ribu dalam 30 hari terakhir. 
  • Memposting video asli sesuai dengan pedoman komunitas TikTok.

2. Berjualan Produk di Aplikasi TikTok

Cara mendapatkan uang dari TikTok selanjutnya bisa dengan berjualan produk tertentu. Apalagi bagi kamu dengan jumlah followers yang banyak ini bisa menjadi kesempatan berjualan produk agar lebih banyak pembeli. 

Melalui aplikasi TikTok kamu bisa membagikan foto maupun video review atau produk jualan kepada para pengguna. Bahkan produk yang dijual pun bisa beragam seperti pakaian, tas, sepatu, hampers dan lain-lainnya. 

3. Buatlah Sponsored Content 

Cara mendapatkan uang dari TikTok lainnya yaitu dengan membuat sponsored content. Sebagai influencer media sosial, kamu bisa bekerja sama dengan brand tertentu dan membuat postingan sponsored content

Dengan menggunakan sponsored content tersebut kamu dan pihak brand bisa sama-sama mendapatkan keuntungan. Melalui sponsored content juga bisa membantu mempromosikan produk dan layanan dari brand tersebut agar lebih cepat dikenal masyarakat. 

4. TikTok Ads

TikTok Ads juga bisa menjadi salah satu cara mendapatkan uang dari TikTok. Melalui Ads ini produk atau layanan bisnis yang kamu tawarkan melalui TikTok bisa menjangkau lebih banyak pelanggan. 

Kamu bisa mulai menghasilkan uang melalui TikTok For Business dengan menggunakan iklan video in-feed, hashtag, brand takeovers, dan branded effect untuk membantu memperoleh pendapatan iklan yang baik.

Cara mendapatkan uang dari tiktok
Sumber: Envato

5. Menerima Virtual Gift atau Hadiah Virtual

User atau para pengguna TikTok dapat membeli hadiah dan koin dari profil mereka. Kemudian, bisa berikan koin tersebut sebagai virtual gift kepada creator TikTok kesukaanmu. 

Ini juga salah satu cara mendapatkan uang dari TikTok, di mana content creator mendapatkan rewards secara langsung dan bisa ditukarkan ke dalam uang asli. 

6. Bangun dan Jual Akun TikTok

Seperti yang kita tahu, bahwa banyak sekali bisnis yang mulai merambah untuk promosi melalui TikTok,  bukan? 

Namun sayangnya membangun akun TikTok dari awal tentu akan membutuhkan waktu yang cukup lama agar bisa mendapatkan banyak followers sehingga bisa berdampak pada promosi. 

Dalam hal ini kamu bisa membantu para pebisnis dengan mendapatkan followers secara organik di sepanjang niche tertentu dengan menjual akun TikTok yang sudah berhasil kamu bangun. 

Selain menjual akun, cara mendapatkan uang dari TikTok lainnya bisa juga menawarkan jasa untuk mengatur strategi konten bisnis, membantu meningkatkan engagement followers secara teratur, dan mengunggah konten reguler.

7. Mengelola Campaign untuk Influencer

Kamu juga dapat mengelola campaign untuk influencer sebagai salah satu cara mendapatkan uang dari TikTok. Dalam kelola hal ini, kamu sebagai perantara antara creator TikTok dan brand tertentu yang diajak kerjasama.  

Jadi, sederhananya kamu akan membantu sebuah brand tetap terhubung dengan influencer TikTok serta memastikan aktivitas campaign berjalan sukses sampai proses pembayaran atau biayanya.

8. Layanan Manajemen

Cara mendapatkan uang dari TikTok juga bisa dengan menawarkan layanan manajemen untuk content creatorDi sini kamu dapat memberikan layanan untuk membantu menyusun strategi konten seperti memenuhi tujuan produksi, memanfaatkan penawaran, dan membantu meningkatkan followers

9. Membagikan Tautan Afiliasi

Kamu bisa berpartisipasi dalam program afiliasi dan nantinya membagikan tautan pada deskripsi posting TikTok. Alternatif lain, juga bisa kamu sematkan tautan afiliasi pada bio profile sebagai salah satu cara mendapatkan uang dari TikTok. 

10. Mempromosikan Musik

Tak hanya berbagi foto dan video saja, dengan mempromosikan musik kamu juga bisa mendapatkan uang dari TikTok. Cara mendapatkan uang dari TikTok dengan mempromosikan musik ini juga cukup mudah untuk dilakukan. 

Caranya dengan memasukkan musik tertentu yang ingin dipromosikan ke dalam video, lalu posting untuk membagikan ke followers dan setelah itu bisa langsung mendapatkan bayaran untuk hal tersebut. .

11. Menjadi Brand Ambassador

Sebuah brand bisnis akan selalu mencari influencer yang dapat membantu menarik perhatian pelanggan agar melihat bahkan hingga membeli produk serta layanan mereka. 

Sebagai brand ambassador ini, kamu dapat membantu meningkatkan dan memperkenalkan brand bisnis tertentu di media sosial, menyebarkan informasi hingga mendapatkan banyak penjualan.  

Selain dibayar, kamu sebagai brand ambassador juga dapat dengan mudah memperluas jaringan profesional atau lingkup baru di dunia bisnis.

Cara mendapatkan uang dari tiktok
Sumber: Envato

12. Bergabunglah dengan TikTok Creator Marketplace

Cara mendapatkan uang dari TikTok yang terakhir dengan bergabung di TikTok Creator Marketplace. Tujuannya agar bisa bekerja sama dengan brand atau sponsor tertentu. Dalam hal ini, kamu hanya perlu menyebutkan produk atau layanan mereka di video. 

Agar memenuhi syarat, pastikan juga kamu memiliki setidaknya seratus ribu followers dilengkapi dengan tools analitik untuk bisnis yang membantu mengidentifikasi jangkauan engagement, tampilan, dan demografi. 

Tips Membuat Konten di TikTok

Selain beberapa cara mendapatkan uang dari TikTok di atas, kamu juga harus memperhatikan isi konten yang di posting. 

Pastikan bahwa konten milikmu menarik untuk ditonton oleh para pengguna TikTok, sehingga bisa mendapatkan banyak viewers hingga sukses menghasilkan uang. Berikut ini beberapa tips membuat konten di TikTok agar sukses hasilkan uang: 

1. Temukan Niche yang Tepat

Langkah pertama, pastikan kamu sudah menentukan niche yang tepat untuk konten-konten yang dibuat. Pastikan kamu melakukan riset terlebih dahulu, sehingga bisa menghasilkan konten yang menarik sesuai minat dan kebutuhan penonton. 

2. Ciptakan konten TikTok yang autentik

Maksud dari autentik di sini adalah membuat konten yang asli dan dapat dipercaya oleh para pengguna TikTok. Apalagi bagi kamu yang membuat sponsored content. Pastikan bahwa produk yang kamu promosikan tidak hanya untuk sekedar kebutuhan bisnis, tetapi juga sesuai dengan minat dan kebutuhan. 

3. Bersikaplah Transparan

Kamu juga harus dengan jelas menyampaikan seputar syarat dan ketentuan produk atau layanan yang dipromosikan. Apalagi sponsored content, pastikan selalu berhati-hati dengan informasi yang dibagikan agar tidak terjadi kesalah pahaman. 

4. Buatlah Hook Video yang Menarik 

Hook adalah apa yang kamu katakan dalam 5-6 detik pertama di video TikTik. Kebanyakan orang cenderung akan swipe video TikTok dengan sangat cepat sehingga mereka memutuskan untuk menonton 5 detik di awal video.

Apabila menurut mereka menarik, maka akan meneruskannya hingga selesai. Tetapi jika dianggap membosankan atau tidak sesuai minat mereka, langsung akan swipe dan melihat video lainnya.

Cara mendapatkan uang dari tiktok
Sumber: Envato

Cara Mendapatkan Uang dari TikTok Cukup Mudah Bukan?

Jadi, cara dapat uang dari TikTok tidak hanya sekadar berjualan produk atau layanan saja, kamu juga bisa menawarkan beberapa jasa lain seperti mengelola akun, membuat strategi konten, sponsored content, membagikan tautan afiliasi, bergabung dengan TikTok Creator Fund atau TikTok Creator Marketplace

Pastikan juga bahwa konten yang kamu buat bersifat autentik, transparan, memiliki hook menarik serta mampu menentukan niche yang tepat. Dengan beberapa cara mendapatkan uang dari TikTok di atas, kamu bisa melakukannya sendiri dengan mudah. Yuk, coba sekarang dan bersiap mendapatkan banyak keuntungan!

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!