Cara Beriklan Dengan Facebook Ads5 min read

Dunia usaha, baik di bidang barang maupun jasa, makin termanjakan dengan ragam fasilitas periklanan ramah yang ditawarkan dunia digital dan media sosial. Terutama bagi pengusaha pemula, kita tak lagi harus mengeluarkan modal besar untuk mengiklankan produk bisnis kita. Sebab saat ini, ada banyak ragam fasilitas iklan non konvensional yang bisa dipakai untuk membuat usaha menjadi viral.
Seperti diketahui, ada ragam media yang bisa kita gunakan untuk memasang iklan. Di antaranya yakni menggunakan cara-cara konvensional atau cara klasik dengan memasang iklan di koran dan majalah cetak, serta ditayangkan dalam bentuk suara dan video di radio dan televisi.

Keuntungan Menggunakan Facebook Ads

Seiring perkembangan zaman dan meningkatnya penggunaan internet via media sosial, para pengusaha jadi punya peluang yang lebih luas lagi untuk mempromosikan bisnisnya. Salah satu yang saat ini sedang populer dan efektif yakni menggunakan layanan iklan Facebook Ads.
Ada sejumlah alasan dan keuntungan, mengapa orang-orang berbondong-bondong untuk menggunakan jasa Facebook Ads alias beriklan melalui media Facebook. Beberapa alasannya yakni:

iklan facebook ads

Sumber: Pixabay

  1. Biaya Relatif Rendah

    Dengan bermodalkan uang minimal sekitar Rp 11 ribu (jumlah minimal bisa berubah-ubah bergantung kebijakan Facebook), kamu sudah bisa mengajukan iklan di Facebook. Tentu saja, semakin banyak saldo kamu, semakin luas pula jangkauan Iklan Facebook Ads kamu.

  2. Banyak Pilihan Jangkauan dan Sasaran

    Tak seperti membeli kucing dalam karung, iklan Facebook Ads sudah mendesain paket iklan kamu agar penyebarannya tepat sasaran. Maksudnya, dalam merancang paket iklan, Facebook Ads akan melihat karakteristik bisnis kamu, sehingga bisa menentukan segmentasi pasarnya. Kamu bisa memilih layanan otomatis sehingga Facebook lah yang nantinya menentukan target pasar sesuai bisnis kamu.
    Jika kamu merasa layanan “Otomatis” ini kurang meyakinkan, kamu bisa memilih cara manual, di mana kamu sendiri yang menentukan judul iklan, sasaran pemirsa dilihat dari ketertarikannya, wilayahnya, serta rentang usianya. Selain itu, kamu juga bisa menaksir biaya yang kira-kira dibutuhkan, durasi waktunya, serta efektivitasnya.

  3. Laporan Analisis Dampak Iklan Transparan

    Setelah pengajuan iklan kamu diterima dan iklan Facebook Ads kamu mulai berjalan, kamu akan mulai bisa melihat laporan dampak atau Insight. Facebook Ads menyediakan data tentang jangkauannya, berapa orang yang tertarik, serta ragam persentase sesuai pengajuan kamu.
    Biaya iklan akan berkurang sedikit demi sedikit, tergantung dari seberapa banyak orang yang mengklik atau tertarik terhadap iklan Facebook kamu. Semakin efektif iklan Facebook Ads kamu, maka akan semakin cepat biaya iklan tersebut terkikis. Tapi ketika saldo kamu lambat berkurang karena iklan, bisa jadi iklan kamu kurang efektif.

  4. Bisa Tersambung ke Instagram

    Facebook Ads telah didesain untuk tersambung ke akun Instagram. Promosi dengan iklan Facebook Ads pun menjadi semakin dinamis karena kamu bisa melakukan promosi di dua media sosial dengan audiens yang tinggi. Kamu juga bisa mendesain paket iklan kamu sendiri sesuai strategi, agar nantinya iklan tersebut menarik hati dan minat konsumen.

Baca juga: Strategi Pemasaran Online Untuk Hotel [2019]

Cara Beriklan Dengan Facebook Ads

Melihat ragam alasan dan keuntungan beriklan di Facebook Ads, pasti kamu jadi penasaran, bagaimana caranya menjadi partisipan yang berperan aktif menjalankan iklan Facebook Ads untuk bisnis secara efektif. Lantas pertanyaan selanjutnya, apa saja yang dibutuhkan untuk beriklan di Facebook Ads?
Jawabannya, ada sejumlah syarat mudah yang harus kamu penuhi agar bisa menggunakan Facebook Ads. Pada artikel kali ini kami akan membantu kamu dengan sepenuh hati agar bisa menggunakan Facebook Ads dengan baik dan efektif. Mari ikuti langkah-langkah berikut ini:

iklan facebook ads

Sumber: Pixabay

  1. Membuat Fans Page

    Ketika kamu ingin beriklan di Facebook Ads, mula-mula kamu harus membuat fans page yang berkaitan dengan bisnis kamu, baik di bidang penjualan barang maupun jasa. Setelah itu, kamu bisa mengkampanyekan teman-teman kamu untuk menyukai fans page tersebut. Dengan memiliki fans page, peluang kamu untuk beriklan di Facebook Ads akan semakin besar. Sebab, apapun postingan (status dan gambar) yang dibagikan via fans page akan berpeluang dipromosikan alias diiklankan.

  2. Mengisi Saldo untuk Iklan Facebook Ads

    Iklan di Facebook Ads bisa dijalankan jika kamu memiliki saldo di Facebook. Cara top up nya sangat mudah. Mula-mula kamu bisa mengakses https://business.Facebook.com/home/. Di sana akan terpapar ragam instruksi mudah untuk memasukkan saldo ke Facebook Ads. Carilah tombol “Bisnis Manager” untuk melihat ragam pilihan dan pengarahan iklan Facebook Ads agar efektif. Kemudian untuk pembayaran, klik fitur “Business Settings”.

    Nantinya akan muncul ragam fitur, fokuslah pada “Payment” alias pembayarannya. Jika kamu menggunakan kartu kredit, maka kamu diminta untuk mengisi data pelengkap berupa “Billing Country” alias lokasi kamu, mata uang atau “Currency” dan nomor kartu kredit kamu. Kamu juga perlu menuliskan masa aktif kartu kredit tersebut untuk kemudian pihak Facebook Ads akan melakukan verifikasi.
    Jika kamu tidak punya kartu kredit, jangan khawatir. Kamu tetap bisa mengisi saldo Facebook Ads dengan menggunakan transfer bank. Seperti ketika membayar untuk belanja di marketplace, kamu akan menerima kode pembayaran. Kamu pun bisa membayar dengan kode tersebut dengan nominal yang diinginkan.

  3. Praktik Membuat Facebook Ads

    Langkah pertama, pilihlah postingan di fans page kamu yang ingin dipromosikan. Lalu klik “Promote”. Nantinya, akan muncul tampilan pengaturan di mana kamu harus memberi judul terhadap iklan kamu. Selain judul, yang harus kamu lengkapi adalah Daily Budget (biaya iklan yang diinginkan menyesuaikan hari) di mana kamu menentukan kapan mulai dan berakhirnya iklan.
    Selain itu, tentukan pula rentang usia para warga Facebook yang ingin disasar untuk melihat iklan kamu. Dalam pengaturan juga kamu diminta menentukan wilayah, jenis kelamin, interest dan minat dari calon konsumen kamu.

    Sembari kamu menentukan sasaran iklan kamu di Facebook Ads secara detil, kamu akan melihat analisis otomatis yang dilakukan Facebook. kamu akan melihat informasi “Potential Reach” atau jangkauan iklan yang kemungkinan akan memberhasilkan iklan kamu.
    Selanjutnya, pada fitur “Placement”, kamu bisa mengatur penempatan iklan kamu. Misalnya, apakah hanya tayang pada desktop, atau mobile phone. Jika kamu memilih Automatic Placements, maka secara otomatis iklan kamu akan tayang otomatis di Instagram dan Facebook.

  4. Mengajukan Facebook Ads

    Setelah segala pengaturan selesai, maka kamu bisa segera melakukan pengajuan iklan. Facebook Ads kamu tidak akan segera tersebar dan menjadi viral. Kamu harus terlebih dahulu menunggu persetujuan untuk direview oleh Facebook. Jika dirasa layak tayang dan tak mengganggu kedamaian dunia per-Facebook-an, maka peluang pengajuan iklan kamu terkabul akan semakin besar.
    Status “Pending Review” akan berubah menjadi “Active” ketika iklan kamu dikabulkan untuk tayang. Ketika sudah diterima, iklan kamu akan dilabeli “Sponsored” oleh Facebook. Selama iklan berjalan, kamu bisa terus memantau efektif tidaknya iklan, serta pergerakan saldo kamu.

Baca juga: 7 Strategi Pemasaran Produk Makanan

Kesimpulan

Demikianlah informasi seputar cara beriklan dengan Facebook Ads. Beberapa keuntungan yang akan didapat jika kamu menggunakan Facebook Ads adalah biaya cenderung rendah, jangkauan luas, ada fitur analitik, dan bisa terhubung ke Instagram. Banyaknya teknologi yang berkembang zaman ini akan mempermudah kita dalam melakukan sesuatu, termasuk memasarkan barang atau jasa. Facebook bisa jadi alternatif pilihan kamu untuk mempromosikan bisnis.

Pindah ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!

1 komentar

  1. […] Untuk mendapatkan jumlah visitor web yang melimpah ini ada berbagai cara yang bisa dilakukan. Baik itu dengan cara cara oraganik seperti SEO maupun dengan beriklan menggunakan berbagai platform seperti adwords maupun FB ads. Tentunya masing masing metode ini punya kelebihan dan kekurangannya tersendiir. Misalnya saja kita menggunakan cara optimasi SEO untuk meningkatkan visitor web maka hasilnya akan cukup lama untuk kelihatan dan biasanya masih terasa walaupun sudah tidak dilakukan. Sedangkan jika kita menggunakan facebook ads maka kita bisa menargetkan visitor kita berdasarkan berbagai kriteria seperti usia, tempat tinggal, kesukaan dan lain sebagainya. Untuk hasil yang lebih optimal maka bisa saja kita menggunakan kedua metode tersebut. Toh untuk melakukannya sendir cukup muda karena saat ini sudah ada berbagai tutorial yang ada di internet mengenai seo maupun cara beriklan facebook ads. […]

Komentar