Cara Memulai Bisnis Online Shop Baju

Cara memulai bisnis online shop baju

Sedang bingung mencari cara memulai bisnis online shop baju? Dari berbagai jenis bisnis online yang banyak dilakukan orang melalui media internet. Hanya ada dua jenis bisnis yang tidak akan mati. Yang pertama adalah bisnis makanan online dan yang kedua adalah bisnis pakaian online. Pakaian adalah salah satu kebutuhan manusia yang pokok. Sehingga permintaan terhadap produk ini tidak akan pernah ada habisnya.

Dan itulah juga yang membuat bisnis pakaian online dapat dijalankan. Meskipun telah banyak sekali pesaing yang mungkin telah memulainya. Nah, berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa dicoba untuk memulai bisnis online shop baju.

3 Langkah Cara Memulai Bisnis Online Shop Baju

#1 Riset Produk dan Pasar

Ada banyak sekali brand fashion besar yang telah ada, yang berawal dari mimpi. Salah satu contoh adalah brand H&M yang telah mendunia. Produk fashion asal Swedia ini didirikan oleh Erling Persson ketika tengah dalam perjalanan di Amerika Serikat setelah perang dunia kedua.

Disana, dia melihat banyak sekali pabrik garment yang memproduksi banyak sekali pakaian dengan efisien. Kemudian dia pun memikirkan sebuah desain pakaian yang dapat dijangkau oleh para wanita di negerinya. Keinginannya inilah yang membuat Erling mendirikan toko pertamanya pada tahun 1947 di Swedia.

online shop baju

Source: Stylephreak

Namun sebuah mimpi tanpa didukung riset yang mendasar, hanya akan menjadi sebuah mimpi. Terutama pada era digital seperti sekarang, dimana pertukaran informasi berjalan SANGAT CEPAT. Bisa jadi, pesaing telah memikirkan selangkah lebih maju dibandingkan yang sedang dikerjakan. Maka, kita perlu membuat sebuah riset sebelum memulai bisnis online. Terutama riset produk dan riset pasar.

Contoh riset sederhana yang bisa dilakukan untuk produk dan pasar adalah mengumpulkan jawaban dari pertanyaan pertanyaan ini:

  1. Apa yang akan kita jual?
  2. Bagaimana kita akan mendapatkkannya?
  3. Jika membeli dari produsen, berapa harga satuan dan grosirnya?
  4. Jika membuat sendiri, berapa ongkos produksi satuannya?
  5. Berapa keuntungan yang ingin kita dapatkan?
  6. Pada siapa kita menjual pakaian tersebut?
  7. Bagaimana kita menjual pakaian tersebut?
  8. Melalui media apa kita menjual?
  9. Bagaimana pembayaran dan pengiriman produk pada customernya?
  10. Siapa pesaing kita dan produk mana yang jadi inspirasi kita?

Daftar pertanyaan diatas sebenarnya masih bisa dikembangkan pada bagaimana pesaing dan inspirator kita menjual dan melalui media apa. Atau jika memungkinkan bisa juga hingga berapa keuntungan yang mereka dapatkan.

#2 Membuat Website dan Media Sosial

Selanjutnya cara memulai bisnis online shop baju yang harus dikerjakan adalah membuat website dan media sosial. Website adalah hal penting yang sebaiknya dimiliki oleh orang yang ingin berbisnis online. Dengan website, seorang pemasar bisa menempatkan banyak fitur-fitur yang menunjang jual-beli produknya secara online.

Baca Juga: Cara Membuat Website Online Shop

Untuk memulai membuat website online shop bisa menggunakan wordpress dengan tambahan woocommerce atau cms lainnya. Setelah menentukan cms yang akan digunakan, selanjutnya adalah mendesain tampilan web sehingga mudah diakses oleh calon pembeli. Desain web yang paling baik adalah yang memiliki tampilan mobile atau bisa diakses dengan handphone.

jual online lewat instagram

Source: Behance

Selain website, cara memulai bisnis online shop baju juga bisa dilakukan dengan modal media sosial. Seperti yang kita ketahui, media sosial misalnya Instagram dan Facebook adalah tempat berkumpulnya masyarakat di dunia online. Hal inilah yang tidak boleh dilewatkan, terlebih karena Facebook dan Instagram. Yang menunjang jual-beli online karena menghadirkan fitur image gallery atau bisa menampilkan gambar.

#3 Mulai Menjual Baju Pertama

Setelah memiliki website atau media sosial yang akan digunakan untuk berjualan baju. Selanjutnya kamu bisa mulai memasarkan produk melalui channel-channel tersebut. Untuk memaksimalkannya bisa dengan menggunakan hastag atau mulai mengumpulkan followers untuk kemudian dijadikan target pemasaran. Nah, cara memulai bisnis online shop baju selanjutnya akan dijabarkan pada sub-bab berikutnya.

Beranilah Mengiklankan Produk

Tidak mungkin customer akan datang dengan sendirinya, atau akan langsung membeli produk yang kita pasarkan. Oleh sebab itu kita memerlukan cara untuk memperoleh traffic yang masuk kedalam website kita. Atau menjadi followers media sosial yang telah kita buat.

Untuk cara memperoleh traffic ini bisa dilakukan dengan dua cara. Website bisa dengan menggunakan teknik SEO yang bisa dipelajari lebih lanjut pada halaman dibawah ini.

Baca Juga: Cara Meningkatkan Pengunjung Website Dengan Cepat

Sedangkan untuk media sosial bisa dengan mengikuti atau men-tag orang secara random agar menarik perhatian mereka. Atau bisa dengan mengikuti grup-grup di Facebook untuk promosi account media sosial kamu. Namun hal itu akan terasa sedikit melelahkan dan makan banyak waktu, sehingga jalan pintasnya bisa dengan menggunakan fitur iklan berbayar.

contoh google ads

Iklan bisa dipasang di Google, Facebook, atau Instagram. Jika dulu fitur iklan ini terkesan susah, mahal dan jarang digunakan orang. Namun sekarang iklan sudah menjadi keperluan utama untuk memasarkan produk pada banyak orang dalam satu waktu. Biaya iklan pun jadi lebih murah dengan minimum pada kisaran sepuluh ribu rupiah per hari.

Mengumpulkan Database Pembeli

Database pembeli atau calon pembeli adalah sebuah input yang sangat bernilai ketika kita berjualan produk. Setelah memiliki website, media sosial dan mengiklankannya selanjutnya adalah mengumpulkan database yang sudah masuk. Database ini bisa diartikan adalah orang yang telah menghubungi call center, whatsapp, ataupun followers media sosial.

instagram followers

Source: Social Media Explorer

Memasarkan ulang pada database adalah salah satu cara memulai bisnis online shop baju yang bisa dilakukan. Cara paling gampang mengumpulkan database adalah membuat agar setiap iklan menarik. Dan menggugah orang untuk mem-follow media sosial yang telah dibuat.

Atau, menambahkan pop-up atau tombol pada halaman website yang diarahkan ke nomor whatsapp. Sehingga setelah pengunjung menghubungi, nomor mereka bisa disimpan untuk kemudian ditawarkan produk dilain hari.

Scale-Up Time

Scale Up atau memperbesar skala pekerjaan yang dilakukan. Contohnya adalah, menggandakan uang untuk iklan per-hari. Dengan menggandakan uang iklan per-hari tentunya jangkauan yang akan didapatkan juga lebih besar.

Tanpa fase scale up, cara memulai bisnis online shop baju akan berhenti begitu saja. Ketika penjual lebih memilih pasif tanpa memperdulikan bisnisnya. Selain menambah iklan, bisa juga dengan menambah foto produk, atau jumlah produk yang dihasilkan.

Namun, scale up yang dilakukan harus diperhitungkan baik-baik terlebih dahulu, tentang kapan bisnis kamu sudah waktunya masuk ke fase ini.

Kesimpulan

Bisnis baju adalah bisnis yang tidak akan pernah mati, dan semakin berkembang dengan kehadiran internet. Peluangpun bisa masih sangat terbuka dengan melakukan tiga cara memulai bisnis online shop baju diatas. Dengan cara diatas, peluang berjualan masih sangat terbuka meskipun penjual tidak memiliki produk sendiri. Atau memilih berjualan sebagai reseller atau dropshipper, cara nya akan kita bahas pada artikel selanjutnya. Salam!

Pindah ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!
>