• Home
  • Berita
  • Kamu Harus Tahu! Intip Perbedaan Internet dan Intranet

Kamu Harus Tahu! Intip Perbedaan Internet dan Intranet

Oleh Ratna Patria
No ratings yet.

Pernahkah kamu bertanya-tanya tentang perbedaan internet dan intranet? Meskipun keduanya sering digunakan dalam dunia digital, nyatanya terdapat perbedaan mendasar antara keduanya. Dalam artikel ini, kamu akan belajar tentang apa itu internet dan intranet, fungsinya, serta perbedaan internet dan intranet. Siap-siap untuk memperluas pengetahuanmu tentang dua hal ini!

perbedaan internet dan intranet
Sumber: Envato

Apa itu Internet

Internet merupakan jaringan global yang terdiri dari jutaan jaringan komputer yang saling terhubung secara global melalui protokol Internet Protocol (IP). Dengan kata lain, internet adalah infrastruktur yang memungkinkan komputer di seluruh dunia untuk terhubung satu sama lain dan berbagi informasi.

Sejarah internet dimulai dari proyek ARPANET pada tahun 1960-an yang dikembangkan oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat. Tujuan utama ARPANET adalah untuk memungkinkan pertukaran informasi antara lembaga penelitian yang berbeda.

Sejarah Singkat

  • Pada tahun 1969, ARPANET berhasil mengirimkan pesan pertama antara dua komputer yang berlokasi di universitas berbeda.
  • Pada tahun 1989, Tim Berners-Lee menciptakan World Wide Web (WWW) sebagai bagian dari proyek di CERN (Organisasi Eropa untuk Riset Nuklir). WWW memungkinkan pengguna untuk mengakses dokumen yang terhubung melalui hyperlink.
  • Pada tahun 1990-an, internet menjadi semakin populer di kalangan masyarakat umum, terutama setelah browser web seperti Netscape Navigator dan Internet Explorer dirilis.

Apa itu Intranet

Intranet adalah jaringan komputer internal yang menggunakan teknologi yang sama dengan internet, namun hanya terbatas untuk pengguna internal suatu organisasi atau perusahaan.

Dengan kata lain, intranet adalah versi pribadi dari internet yang hanya dapat diakses oleh anggota tertentu dari suatu organisasi. Intranet biasanya digunakan untuk memfasilitasi komunikasi, kolaborasi, dan pertukaran informasi di dalam organisasi tersebut.

Kata kunci:

  • Intranet merupakan jaringan internal yang menggunakan infrastruktur internet namun terisolasi dari internet publik.
  • Intranet digunakan untuk memfasilitasi pertukaran informasi, kolaborasi, dan manajemen data di dalam suatu organisasi atau perusahaan.
  • Akses ke intranet biasanya dibatasi dan memerlukan otorisasi untuk memastikan hanya pengguna yang diizinkan yang dapat mengaksesnya.

Contoh Penggunaan

  1. Portal Karyawan: Intranet digunakan sebagai portal yang menyediakan informasi penting bagi karyawan, seperti jadwal kerja, formulir pengajuan cuti, dan kebijakan perusahaan.
  2. Sistem Manajemen Dokumen: Intranet menyediakan platform untuk menyimpan dan berbagi dokumen, seperti panduan karyawan, prosedur operasional standar, dan laporan keuangan.
  3. Forum Diskusi: Intranet dapat memiliki fitur forum diskusi yang memungkinkan karyawan untuk berbagi ide, memecahkan masalah, dan berkolaborasi dalam proyek-proyek tertentu.
  4. Pelatihan dan Pengembangan: Intranet digunakan untuk menyediakan akses ke materi pelatihan dan pengembangan, serta kursus online bagi karyawan untuk meningkatkan keterampilan mereka. Lalu apa perbedaan internet dan intranet?

Beli Cloud VPS

Fungsi Internet dan Intranet

Internet, sebagai jaringan global yang tak terbatas, bertujuan utama untuk menyediakan akses yang cepat dan luas terhadap informasi dari seluruh penjuru dunia. Melalui berbagai sumber seperti situs web, blog, forum, dan basis data online, internet memungkinkan pengguna untuk mencari, menemukan, dan berinteraksi dengan informasi yang relevan sesuai kebutuhan mereka. Ini memperluas cakupan pengetahuan kita dengan menghadirkan ragam perspektif dan konten dari berbagai budaya dan lokasi geografis.

Di sisi lain, Intranet berfokus pada kebutuhan internal suatu organisasi atau perusahaan. Dengan demikian, tujuan utamanya adalah memfasilitasi komunikasi dan kolaborasi di antara anggota organisasi yang terhubung ke jaringan tersebut. Di dalam intranet, informasi internal seperti dokumen, kebijakan, dan sumber daya lainnya tersedia secara eksklusif bagi karyawan dan staf organisasi. Ini menciptakan lingkungan yang terkendali dan aman untuk berbagi informasi yang bersifat rahasia atau terkait dengan operasi internal perusahaan.

perbedaan internet dan intranet
Sumber: Envato

Perbandingan antara fungsi Internet dan Intranet menyoroti perbedaan dalam akses informasi, komunikasi, kolaborasi, dan tujuan penggunaannya. Internet memfasilitasi akses global ke informasi dengan berbagai sumber dan platform, sementara intranet terfokus pada kebutuhan internal suatu organisasi dan menyediakan lingkungan yang aman dan terkendali untuk komunikasi dan pertukaran informasi di antara anggota organisasi.

Manfaat penggunaan kedua platform ini juga berbeda. Internet memperluas cakupan pengetahuan dan memfasilitasi komunikasi global, sementara intranet meningkatkan efisiensi operasional dan kolaborasi internal dalam suatu organisasi. Lalu apa itu perbedaan internet dan intranet?

Baca juga: Inilah Perbedaan HTTP dan HTTPS di Internet yang Perlu Diketahui

Perbedaan Internet dan Intranet

Apa itu perbedaan internet dan intranet? Sebenarnya, dengan penjelasan yang telah di bahas pada poin-poin di atas, kamu secara tidak langsung telah mengetahui apa itu perbedaan internet dan intranet. Namun untuk lebih jelas, yuk simak penjelasan di bawah ini mengenai perbedaan internet dan intranet:

1. Lingkup Jangkauan

Perbedaan internet dan intranet yang pertama adalah lingkup jangkauan. Internet memiliki lingkup jangkauan yang luas dan global, mencakup jutaan jaringan komputer di seluruh dunia. Dengan demikian, internet memungkinkan akses informasi dan komunikasi antara individu dan organisasi di berbagai belahan dunia.

Di sisi lain, intranet memiliki lingkup yang lebih terbatas dan terisolasi, terbatas pada pengguna internal suatu organisasi atau perusahaan. Ini berarti hanya anggota organisasi tertentu yang dapat mengakses intranet, dan informasi yang disimpan di dalamnya bersifat internal dan tidak tersedia untuk publik.

2. Aksesibilitas

Perbedaan internet dan intranet yang kedua adalah terkait aksesibilitas. Akses ke internet terbuka untuk siapa saja yang memiliki koneksi internet, sehingga siapapun dengan perangkat yang terhubung dapat mengakses informasi dan layanan yang tersedia di internet. Namun, akses ke intranet biasanya dibatasi dan memerlukan otorisasi atau izin akses.

Pengguna harus menjadi bagian dari organisasi yang memiliki intranet dan memiliki kredensial yang valid untuk mengaksesnya. Hal ini memastikan bahwa informasi sensitif atau rahasia yang disimpan di dalam intranet hanya dapat diakses oleh pihak yang berwenang.

3. Keamanan

Perbedaan internet dan intranet yang ketiga adalah terkait keamanan.Keamanan merupakan perbedaan kunci antara internet dan intranet. Meskipun internet menyediakan akses terbuka dan global ke informasi, keamanan seringkali menjadi masalah karena potensi ancaman seperti malware, phishing, dan serangan cyber lainnya.

Di sisi lain, intranet cenderung lebih aman karena akses terbatas dan kontrol keamanan yang lebih ketat. Organisasi memiliki kontrol penuh atas keamanan intranet mereka, termasuk pengaturan firewall, enkripsi data, dan sistem otentikasi yang kuat.

4. Tujuan Penggunaan

Internet digunakan untuk tujuan umum, mulai dari mencari informasi, berkomunikasi dengan orang lain, hingga hiburan dan belanja online. Internet menyediakan akses ke berbagai layanan dan aplikasi yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan pengguna secara luas.

Di sisi lain, intranet digunakan untuk memfasilitasi komunikasi, kolaborasi, dan pertukaran informasi di dalam organisasi atau perusahaan. Intranet dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan internal suatu organisasi, seperti manajemen pengetahuan, portal karyawan, dan sistem manajemen dokumen.

perbedaan internet dan intranet
Sumber: Envato

5. Contoh Kasus Penggunaan

Sebagai contoh, internet digunakan oleh individu untuk mencari informasi, mengakses media sosial, dan berbelanja online. Sementara itu, sebuah perusahaan dapat menggunakan intranet untuk menyediakan portal karyawan, sistem manajemen dokumen, dan forum diskusi internal bagi karyawan untuk berkolaborasi dalam proyek-proyek dan tugas-tugas organisasi. Ini menunjukkan bahwa internet dan intranet memiliki tujuan penggunaan yang berbeda, sesuai dengan kebutuhan dan lingkungan di mana mereka beroperasi.

Hal Penting Lainnya Tentang Internet dan Intranet

internet dan intranet melibatkan aspek-aspek tambahan yang penting untuk dipahami, seperti keamanan informasi, penggunaan dalam pendidikan, dan pengembangan serta pengelolaan jaringan.

1. Keamanan Informasi dalam Internet dan Intranet

Keamanan informasi merupakan aspek krusial dalam kedua platform ini. Di internet, tantangan utama adalah menjaga keamanan data pribadi dan sensitif dari serangan cyber seperti malware dan hacking. Organisasi harus mengimplementasikan praktik-praktik keamanan yang ketat untuk melindungi data dan privasi pengguna.

Di sisi lain, di intranet, keamanan informasi juga penting, tetapi lebih fokus pada melindungi data internal organisasi dari akses yang tidak sah atau bocor. Penggunaan firewall, enkripsi data, dan manajemen akses yang tepat adalah beberapa langkah yang diambil untuk menjaga keamanan intranet.

2. Penggunaan Internet dan Intranet dalam Dunia Pendidikan

Di dunia pendidikan, internet memiliki peran yang sangat penting dalam menyediakan akses ke sumber daya pendidikan, konten pembelajaran, dan alat-alat pengajaran online. Guru dan siswa dapat memanfaatkan internet untuk mencari referensi, mengakses kursus online, dan berkomunikasi dengan sesama pendidik dan pelajar di seluruh dunia.

Di sisi lain, intranet dapat digunakan oleh institusi pendidikan untuk memfasilitasi komunikasi antara staf pengajar, menyediakan ruang kolaborasi untuk proyek-proyek penelitian, dan menyimpan sumber daya pendidikan internal seperti bahan ajar dan kurikulum.

3. Pengembangan dan Pengelolaan Jaringan Internet dan Intranet

Pengembangan dan pengelolaan jaringan internet dan intranet memerlukan pemahaman mendalam tentang arsitektur jaringan, kebutuhan pengguna, dan tantangan teknis yang terkait. Para profesional IT bertanggung jawab untuk merancang, mengimplementasikan, dan memelihara infrastruktur jaringan ini agar beroperasi secara efisien dan aman.

Di internet, pengembangan jaringan melibatkan peningkatan infrastruktur untuk meningkatkan kecepatan dan ketersediaan layanan, sementara di intranet, fokusnya adalah pada integrasi aplikasi, manajemen akses pengguna, dan keamanan informasi.

perbedaan internet dan intranet
Sumber: Envato

Memahami Perbedaan Internet dan Intranet

Sudah paham kan tentang perbedaan internet dan intranet? Internet memberikan akses global terhadap informasi publik, sementara intranet fokus pada komunikasi internal di dalam organisasi.

Meskipun berbeda dalam lingkup, aksesibilitas, dan tujuan, keduanya penting dalam keamanan informasi, pendidikan, dan pengembangan jaringan. Dengan pemahaman perbedaan internet dan intranet, organisasi dapat menggunakan keduanya secara efektif untuk meningkatkan produktivitas dan komunikasi internal.

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Ekstra Diskon Migrasi 5% serta GRATIS biaya migrasi & setup.

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah

This will close in 0 seconds