• Home
  • Tips
  • 7+ Tips Sukses Jualan Online 2022, Pemula Wajib Tahu!

7+ Tips Sukses Jualan Online 2022, Pemula Wajib Tahu!

Oleh Ratna Patria
No ratings yet.

Dengan bisnis online, kamu bisa menjual berbagai jenis barang tanpa batas waktu dan wilayah, tentunya dengan beberapa cara jualan online terbaik.

Alhasil usaha dalam memasarkan produk dan memperoleh pelanggan menjadi lebih mudah dan cepat.

Hanya saja tidak semua tahu konsep beberapa cara jualan online dan prakteknya secara efektif.

Bahkan untuk pengusaha yang sudah punya jam terbang panjang pun merasa bahwa bisnis online akan selalu punya tantangan di setiap waktu.

Bila diibaratkan, memulai usaha bisnis online seperti masuk ke arena bermain yang kompetitif dan menantang.

Jualan online
Sumber: Envato

Eits, tenang saja DomaiNesians! Kamu percaya kalau setiap kesulitan pasti ada solusinya, kan?

Sebab DomaiNesia akan memberikan penjelasan cara jualan online yang sederhana tapi efektif dengan dasar dua pertanyaan – mengapa dan bagaimana.

Biar lebih paham, baca artikel berikut ini sampai selesai!

Alasan Memulai Jualan Online

Sejak popularitas internet meroket, industri e-commerce sangat berjaya.

Untuk itu, bagi kamu yang punya bisnis di era modern seperti sekarang, sangat penting untuk merambah ke peluang bisnis online.

Adapun keuntungan mempelajari dan memulai cara jualan online adalah sebagai berikut.

  1. Bisa Dilakukan Dimanapun

Iya, enaknya jika menjalankan bisnis online adalah kamu bisa berjualan sekaligus menerima pesanan dimana saja.

Tempat manapun di dunia ini dapat menjadi kantor bisnis, asalkan kamu punya koneksi internet.

Apalagi jika kamu menjalankan bisnis online dengan sistem dropshipping, kamu benar-benar bisa berjualan dimanapun!

Sebab kamu tidak perlu memikirkan pengelolaan stok dan pengiriman barang karena semuanya diatur oleh supplier.

  1. Berbisnis Dengan Modal Minim

Poin alasan mengapa berjualan online jadi kesempatan bagus untuk memulai karir sebagai entrepreneur ini sebenarnya relatif.

Modal yang harus kamu investasikan di awal tergantung pada model dan cara jualan online yang kamu pilih.

Bila kamu berencana berjualan melalui toko online tapi modal awal tidak seberapa, kamu bisa mulai dengan berjualan produk dengan jumlah kecil.

Setelah itu bertahap menjual barang dalam jumlah besar.

  1. Menghasilkan Uang 24/7

Kita semua tahu kalau toko offline memiliki jam buka dan tutup yang terbatas.

Tapi kalau jualan dengan toko online, kamu bisa buka sepanjang waktu, 24 jam sehari dan 7 hari seminggu.

Terlebih jika bisnis online kamu sudah punya traffic yang stabil, penjualan akan terus terjadi dan uang akan terus mengalir masuk ke dompet kamu.

Maka dari itu, melalui sistem manajemen inventaris otomatis dan rencana pemasaran online yang kuat, kamu bisa menjual barang secara online dalam jangka waktu yang lama.

  1. Banyak Kesempatan Untuk Berkembang

Hakikatnya, pengusaha harus mengembangkan bisnisnya dengan sekuat tenaga agar penjualan produk mereka semakin meningkat.

Walaupun bisnis yang mereka jalankan menjual produk-produk yang sedang tren, usaha untuk mendapatkan pelanggan baru dan menjadikannya pelanggan tetap itu tidak mudah.

Dengan mempelajari cara jualan online yang efektif, akan sangat mudah untuk memulai bisnis dengan e-commerce dan portal bisnis online lainnya.

Cara Jualan Online Terbaik, Dijamin Sukses!

Berikut ini beberapa strategi cara jualan online terbaik dan paling mudah bagi entrepreneur pemula.

  1. Jual Barang yang Solutif

Ketika kamu brainstorming ide untuk menentukan jenis produk atau layanan yang akan dijual, coba ambil inspirasi berdasarkan permasalahan yang kamu miliki sendiri.

Maksudnya, mulailah berjualan produk yang menyelesaikan masalah kamu selama ini.

Misalnya, kamu punya permasalahan rambut rontok lalu kamu mencari produk shampo yang bisa mengurangi rambut rontok.

Setelah kamu berhasil membeli produk shampo itu dan ternyata hasilnya bagus untuk mengatasi rambut rontok.

Daripada kamu menyimpan informasi produk bagus itu sendirian, kamu bisa sharing sekaligus mempromosikannya ke keluarga atau teman dekat.

Dengan begitu, peluang bisnis akan terbuka dan kamu menjadi pihak yang ​bermanfaat untuk orang lain.

  1. Jual Barang yang Sedang Tren

Selain produk atau layanan yang membantu menyelesaikan masalah konsumen, kamu bisa menjual barang yang sedang hits.

Dengan kata lain, manfaatkan peluang pasar yang sedang berkembang sebagai strategi pengembangan nama merek toko online kamu.

Walaupun memang peluang pasarnya tidak selalu sama dan bertahan lama, menjual produk yang sedang hype bisa menumbuhkan ekosistem bisnis yang efektif.

Apabila kamu baru saja memulai bisnis online dan ingin menggunakan cara jualan online ini, pastikan bahwa kamu rajin mengamati dan mengikuti tren yang ada di masyarakat.

Dengan begitu, brand toko online kamu punya kesempatan untuk lebih dikenal khalayak luas melalui tren SEO keyword.

  1. Gunakan Situs Marketplace

Setelah kamu menentukan jenis produk ingin dijual, kamu bisa memanfaatkan platform marketplace sebagai tahap awal pengembangan bisnis.

Ada banyak situs marketplace yang akan membantu kamu berjualan, mulai dari Amazon, Shopee, Tokopedia, dan Lazada.

Namun, strategi ini punya sisi positif dan negatifnya untuk keberlangsungan bisnis kamu.

Di sisi positifnya, kamu langsung punya kesempatan untuk memanfaatkan komunitas besar pelanggan yang sudah percaya dengan platform marketplace tersebut.

Selain itu, bagi kamu yang baru belajar cara jualan online, kamu jadi bisa sekaligus menguji skala permintaan pasar terhadap produk yang dijual.

Namun, kelemahan berjualan menggunakan marketplace adalah tidak leluasa untuk melakukan branding intouch dengan pelanggan dan tidak bisa melakukan retargeting ads secara langsung yang mengatasnamakan bisnis online kamu.

Jualan online
Sumber: Envato
  1. Manfaatkan Platform Media Sosial

Seiring dengan usaha berjualan melalui marketplace, channel media sosial seperti Facebook dan Instagram memungkinkan kamu dapat menampilkan atau mempromosikan produk di depan calon pelanggan.

Tak lain dan tak bukan karena kedua media sosial tersebut punya pengguna yang sangat banyak dan tersebar di seluruh penjuru negara.

Tapi kami tidak mengharuskan kamu untuk menggunakan salah satu dari kedua media sosial tersebut karena kamu bisa menggunakan media sosial lainnya seperti Twitter, WhatsApp, dan bahkan YouTube.

Misalnya saja pada media sosial Instagram, dengan fitur Instagram Shopping, kamu bisa menambah katalog produk.

Setelah itu, kamu integrasikan dengan fungsi fitur belanja langsung melalui Instagram atau menghubungkannya dengan situs marketplace atau e-commerce kamu sendiri.

Dengan begitu, calon pelanggan bisa menjelajahi produk yang kamu jual dengan mudah dan difasilitasi interface yang menarik.

Selain itu dengan menggunakan media sosial, kamu jadi bisa mempromosikan barang melalui peran serta influencer.

Pilihlah influencer yang sesuai dengan niche bisnis kamu dan mereka akan membuat konten promosi dengan teknik story telling, video, postingan, dan lain sebagainya.

  1. Buat Website Toko Online Sendiri

Jika ingin mengembangkan bisnis online dengan lebih luas dan leluasa mentargetkan banyak pelanggan, kamu perlu buat website toko online sendiri.

Untungnya berkat platform web builder seperti WordPress atau Wix dan Shopify, kamu bisa membuat website toko online tanpa harus menguasai coding dan segala aspek pengembangan website.

Ini adalah salah satu cara jualan online yang bagus dan menguntungkan dari sisi pemilik bisnis dan pelanggan untuk saling terhubung.

Meskipun kamu menggunakan platform web builder dalam pengembangan website yang lebih praktis, kamu perlu perhatikan beberapa aspek penting yang harus diterapkan dalam website toko online.

Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Desain Web yang Menarik

Mau seunik apapun niche produk dan sebaik-baiknya layanan customer bisnis kamu, jika desain web toko online kamu buruk, maka kehadiran bisnis online kamu di depan calon pelanggan hanya mimpi belaka.

Apabila kamu menggunakan platform web builder otomatis, maka pilihlah tema atau template yang yang sesuai dengan kebutuhan toko online.

Tapi jika kamu menggunakan jasa pembuat website, pastikan komunikasikan kebutuhan bentuk dan fitur website secara jelas kepada programmer dan designer web.

Dengan begitu, website toko online kamu lebih profitable dan menarik banyak pelanggan dengan mudah.

  • Pakai Foto Produk Beresolusi Tinggi

Tahukah kamu jika manusia memproses gambar di otak dalam waktu 1/10 detik dan memahami informasi visual 60.000 kali lebih cepat daripada kata-kata?

Nah, dengan fakta menarik tersebut membuat penggunaan gambar produk akan menambah kesan yang kuat dan intens dalam setiap cara jualan online yang menarik perhatian setiap calon pembeli.

Gunakan gambar produk beresolusi tinggi yang menonjolkan detail produk dengan jelas.

Tak hanya beresolusi tinggi, tampilkan gambar produk dari berbagai sudut 360° supaya calon pembeli dapat melihat keseluruhan bentuk produk.

  • Tawarkan Garansi

Pembeli mana yang mau membeli barang online dengan garansi pengembalian limited.

Setidaknya walau mereka tidak bisa melihat barang secara langsung, mereka akan berekspektasi sesuai dengan deskripsi barang yang kamu tulis.

Oleh karena itu, cara jualan online yang baik adalah membuat konten-konten pada website toko online dengan jujur, real picture, dan deskripsi barang yang benar.

Selain itu, cantumkan pada halaman web toko online secara terpisah terkait penawaran kebijakan pengembalian uang yang bisa pelanggan klaim ketika barang tidak sesuai foto atau deskripsi produk.

  • Responsive Web

Desain web yang menarik juga berasal dari website yang responsif.

Maksudnya adalah web toko online kamu bisa diakses di semua device, baik itu smartphone, tab, hingga PC dan laptop.

Sehingga pelanggan bisa melakukan membeli produk toko online kamu melalui berbagai device.

  • SEO Friendly

Supaya toko online kamu bisa menerima pembelian, pastikan bahwa web menerima traffic penjualan konstan dengan SEO (Search Engine Optimization).

Cukup dengan memasukkan kata kunci SEO ke dalam judul dan deskripsi produk, kamu bisa melakukan cara jualan online yang efektif sehingga juga meningkatkan peringkat visibilitas web dalam search engine.

Khusus tips ini, kamu bisa selipkan strategi branding yang unik agar toko online kamu mampu bersaing di dunia e-commerce yang kompetitif ini. Salah satunya dengan membuat nama domain toko online yang simple tapi mencerminkan nama brand toko online kamu. Kamu bisa beli domain murah dan harga terbaik dari DomaiNesia, lho!

  1. Peka Dengan Kompetisi

Jika berbicara tentang bisnis, baik itu bisnis tradisional atau online, maka tak akan jauh-jauh dari kompetisi.

Apalagi dengan kebiasaan pelanggan mencari toko online yang menyediakan produk dengan harga terendah dan pengalaman belanja terbaik.

Maka dari itu, kamu sebagai penjual sekaligus pemilik web toko online perlu mengidentifikasi kompetitor agar bisa menentukan dan menerapkan cara jualan online yang unik dan menarik daripada kompetitor tersebut.

Mulai dari ketersediaan garansi, kebijakan pengembalian, penawaran gratis ongkir, dan pilihan metode pembayaran.

Cari tahu apa keunggulan yang kompetitor miliki sehingga kamu bisa menginovasikan pelayanan bisnis online yang mirip atau lebih baik lebih unggul daripada kompetitor.

  1. Pakai Strategi Email Marketing

Email Marketing adalah cara jualan online yang mudah untuk membangun hubungan antara penjual dengan pembeli.

Dengan email marketing. penjual atau pemilik web toko online dapat mengirimkan targeted message yang memenuhi keinginan spesifik tiap kelompok pembeli.

Tak hanya itu, email marketing menjadi tools yang ampuh untuk mendorong penjualan sekaligus meningkatkan pendapatan bisnis.

Untuk memulainya, kamu perlu mengumpulkan email pembeli dan memastikan bahwa mereka bersedia untuk menerima pesan promosi dari kamu.

Kamu bisa mengumpulkan email-email pembeli ketika proses pembayaran atau menyediakan form pop-up khusus yang menawarkan layanan update informasi.

Kamu bisa memanfaatkan email marketing tool seperti Campaign Monitor yang berfungsi untuk melacak keberhasilan pengiriman email marketing, berapa kali email dibuka, dan mana link yang pembeli klik.

  1. Maksimalkan Social Sharing dengan Teknik Marketing “Word-of-Mouth”

Organic word-of-mouth di media sosial dapat mendorong pertumbuhan bisnis e-commerce sehingga memberikan cara jualan online yang paling efektif.

Teknik ini membuat produk kamu lebih mudah di notice oleh calon pelanggan dan sebagai bukti bahwa produk kamu punya popularitas di tengah-tengah masyarakat.

Selain itu, teknik word-of-mouth ini membantu calon pelanggan yang tidak bisa melihat barangnya secara langsung bisa mempertimbangkan keputusan pembelian berdasarkan review atau testimoni pelanggan sebelumnya.

Teknik marketing word-of-mouth ini bisa kamu terapkan dengan melakukan promosi bisnis yang bekerja sama dengan influencer pada setiap media sosial yang bisnis kamu pakai.

Jika ingin pakai cara yang hemat budget, kamu bisa memaksimalkan fitur web toko online dengan menyediakan kolom review atau komentar pelanggan

Sumber: Envato

Bisnis yang Sukses Berawal dari Cara Jualan Online yang Tepat!

Sejatinya kedelapan cara jualan online yang kami sarankan pada artikel ini sangat baik apabila kamu praktekkan semua.

Khususnya pada saran tips membuat web toko online tadi, bisnis online kamu jadi lebih kredibel di depan pelanggan.

Kamu bisa memanfaatkan WordPress sebagai salah satu jenis platform web builder terbaik dengan beli web hosting untuk toko online di DomaiNesia!

Instalasinya otomatis dan lebih mudah sehingga kamu tak perlu membuang waktu membangun kerangka program web dari awal.

Demikian penjelasan lengkap kami tentang cara jualan online terbaik untuk kamu khususnya pebisnis online pemula.

Untuk informasi lengkap seputar bisnis dan marketing yang berhubungan dengan situs online, kamu bisa langsung cek situs blog DomaiNesia, ya!

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!