• Home
  • Berita
  • Bisnis Online: Pengertian, Jenis dan Manfaatnya

Bisnis Online: Pengertian, Jenis dan Manfaatnya

Oleh Ratna Patria
No ratings yet.

Semakin canggihnya dunia teknologi saat ini membuat kegiatan bisnis bisa dilakukan secara online melalui internet. Kamu tidak perlu lagi repot-repot datang ke suatu tempat untuk membeli barang yang diinginkan, karena bisa pesan dan bayar online. Hal itulah yang membuat bisnis online semakin berkembang. Dan berikut penjelasan lebih lengkap mengenai bisnis online, manfaat, dan jenis-jenisnya. 

Apa Itu Bisnis Online? 

Bisnis online adalah semua aktivitas di mana produk dan layanan dinegosiasikan serta dibayar secara online melalui internet. Sederhananya, ketika kamu menjalankan bisnis online berarti akan menawarkan produk atau menyediakan layanan tertentu di internet.

Sumber: Envato

Apalagi dengan kehadiran eCommerce saat ini membuat para pelaku bisnis semakin mudah untuk memulai bisnis online. 

Mereka dapat menawarkan berbagai macam produk atau layanan kepada konsumen di seluruh dunia, karena jangkauan pasar bisnis online memang lebih luas.  

Alasan penting membangun bisnis online di era teknologi seperti sekarang ini karena mampu meningkatkan kepercayaan pelanggan. 

Selain itu, tak hanya anak-anak muda tetapi jumlah pelanggan dengan usia di atas 35 tahun juga sudah banyak yang menggunakan media sosial untuk belanja online. 

Kehadiran bisnis online pun juga membantu kamu membangun hubungan yang kuat dan tahan lama dengan pelanggan, karena bisa berkomunikasi secara real time serta lebih personal. 

Jenis-Jenis Bisnis Online

Berikut adalah 5 jenis bisnis online paling umum diminati: 

1. Ecommerce 

E-commerce adalah sebuah aktivitas bisnis yang menjual produk fisik secara online. Jika memiliki produk untuk dijual, membangun toko e-niaga saat ini bisa menjadi salah satu model bisnis yang sangat menguntungkan. 

2. Produk Digital

Perlu kamu ketahui terlebih dahulu bahwa produk yang bisa dijual secara online tidak melulu berbentuk fisik. Tetapi ada juga produk digital seperti eBook, kursus pendidikan, audio atau template desain yang bisa kamu tawarkan secara online.

Pendapatan yang diterima nanti akan berdasarkan dari sponsor atau penjualan produk digital. Dalam menjalankan bisnis seperti ini, kamu juga tidak membutuhkan tempat atau toko yang besar. 

Pasalnya berjualan produk digital bisa di mana saja, contohnya seperti di rumah atau mungkin sewa tempat kecil saja sudah cukup. 

Kamu akan lebih membutuhkan situs website dengan kualitas terbaik agar selalu bisa terhubung dan berbagi informasi dengan pelanggan. Kamu bisa pelajari cara Mengembangkan Bisnis Melalui Website secara lengkap disini. 

3. Pemasaran Afiliasi

Selanjutnya ada jenis bisnis pemasaran afiliasi. Ini sangat cocok bagi kamu yang ingin berjualan, namun tidak memiliki produk sendiri. 

Melalui pemasaran afiliasi, kamu dapat menjual produk orang lain dan mendapatkan komisi setiap kali berhasil melakukan penjualan.

Bisnis online
Sumber: Envato

4. Freelancing atau Konsultan

Jika memiliki keterampilan khusus dan sangat dibutuhkan oleh sebuah perusahaan, tak ada salahnya untuk coba bangun bisnis freelance atau konsultasi. Lalu, lakukan promosi bisnis freelance milikmu itu dan temukan prospek secara online. 

Saat ini memang lebih banyak bisnis yang menawarkan layanan online, contohnya seperti membuat desain logo, penulisan artikel dan lain-lainnya.

Ada juga yang menawarkan layanan pekerjaan akuntansi, atau jasa persiapan pajak untuk pelanggan mereka.

Sebenarnya masih ada ada banyak jenis bisnis layanan lainnya yang dapat ditawarkan secara online. Hal tersebut juga bisa menjadi salah satu peluang untuk mendapatkan uang dari internet

5. Bisnis Berbasis Media Sosial

Terakhir adalah membangun bisnis berbasis media sosial. Bagi kamu yang memiliki pengikut media sosial dengan jumlah cukup besar baik di Instagram, Facebook, Youtube dan lainnya, ada peluang untuk membangun bisnis online berbasis media sosial. 

Kamu dapat memonetisasi dengan berbagai cara, mulai dari kerjasama dengan brand atau merek hingga konten premium.

Menentukan jenis bisnis yang ingin kamu bangun sangatlah penting sebagai langkah awal. Hal ini akan memudahkan kamu untuk membuat strategi dalam pemasaran bisnis kedepannya.

Manfaat Bisnis Online

1. Lebih Hemat Biaya

Membangun bisnis online juga dapat menghemat biaya pengeluaran untuk berbagai kebutuhan. Dengan melakukannya secara online, kamu tidak membutuhkan biaya untuk sewa tempat atau pemeliharaan. 

Jadi, kamu hanya perlu melakukan pengelolaan bisnis secara online. Selain itu, kamu dapat mempromosikannya dengan mudah di berbagai platform media sosial sehingga tidak membutuhkan biaya iklan terlalu besar. 

2. Lebih Mudah Mengelola Bisnis

Setiap kali kami mengelola bisnis offline, pasti akan ada beberapa situasi di mana terjadi masalah antara kamu dan pelanggan. 

Namun, saat mengelola bisnis online, kamu bisa berkomunikasi secara personal sehingga mampu mengetahui apa yang menjadi kebutuhan atau keinginan dari pelanggan. 

3. Memiliki Peluang Lebih Besar Untuk Dapat Banyak Keuntungan

Saat mendirikan bisnis online, tidak ada persyaratan perantara di mana kamu dapat menjual produk  langsung ke pelanggan. Sehingga bisa mendapatkan untung lebih besar. 

4. Dapat Menjangkau Pasar Lebih Luas

Ketika memiliki bisnis online, kamu bisa memiliki jangkauan pasar lebih luas bahkan hingga global. Jadi, cobalah untuk mempersiapkan situs web di world-wide-web untuk memastikan bahwa siapa pun di seluruh dunia dapat melihat produk bisnis yang kamu tawarkan dan membelinya.

5. Ekspansi Mudah dan Cepat

Ketika sudah memiliki situs web dan audiens secara global yang tertarik dengan bisnismu, cobalah untuk berinvestasi dalam sistem pemasaran dan pengiriman. 

Melalui bisnis online kamu akan lebih mudah dan cepat dalam melakukan ekspansi. Hal ini tentunya akan sangat berbeda dengan bisnis offline di mana ada kesulitan dalam hal pengaturan toko dan membuat tanda di tempat baru. 

6. Biaya Pemeliharaan Lebih Hemat 

Agar toko bisa tetap berjalan secara online, yang perlu kamu lakukan hanya memelihara situs website dan memasarkannya dengan benar. 

Hal ini sangat berbeda dengan toko offline, di mana biaya perawatan akan sangat tinggi sehingga dikhawatirkan banyak orang yang tidak mampu untuk meniti karir sebagai pengusaha awal.

Bisnis online
Sumber: Envato

Tips Memulai Bisnis Online

1. Tentukan Jenis Bisnis Online 

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan sebelum membangun bisnis online adalah mencari tahu jenis bisnisnya. 

2. Identifikasi Kebutuhan di Pasar

Ciptakan bisnis online yang memenuhi kebutuhan masyarakat di pasar. Sehebat apapun ide yang kamu ciptakan kalau tidak memenuhi kebutuhan pasar, tentu dapat berdampak pada penjualan.

Ada beberapa cara berbeda untuk mengetahui apakah ide bisnis yang kamu ciptakan sesuai dengan kebutuhan di pasar atau tidak. Kamu bisa lakukan riset kompetitor, riset pasar, atau survei customer. 

3. Kembangkan Produk atau Layanan Bisnismu

Ketika membangun sebuah bisnis tentu harus memiliki produk atau jasa yang dijual. Jadi sebelum memulai, pastikan untuk meluangkan waktu, tenaga, dan sumber daya untuk mengembangkan produk atau layanan yang akan ditawarkan kepada pelanggan. 

Dalam proses pengembangan produk atau layanan bisnis ini, biasanya akan berbeda-beda tergantung pada jenisnya. Apabila menjual produk berupa benda fisik berarti harus melakukan riset kompetitor dan pengembangan. 

Namun, bagi kamu yang meluncurkan bisnis produk digital berfokus pada eBook, berarti wajib menyewa editor terbaik untuk membaca salinan dan memastikannya sudah layak untuk dipublikasikan. 

4. Lakukan Branding Untuk Bisnis

Melakukan branding untuk bisnis online adalah hal yang penting untuk dilakukan karena dapat membantu memperkenalkan kepada masyarakat hingga menarik perhatian pelanggan berpotensi. 

5. Bangun Website 

Membangun situs website adalah elemen terpenting dalam identitas merek bisnis online. Pasalnya website ini adalah tempat di mana pelanggan akan mengenal produk bisnismu, mencari hingga akhirnya memutuskan apakah mereka ingin membelinya atau tidak.

6. Pastikan Legalitas Pendirian Usaha Dikelola Dengan Baik

Jika ingin bisnis online milikmu bisa berjalan lancar dan sukses, pastikan bahwa sisi legalitasnya berjalan dengan baik. 

Sebelum meluncurkan bisnis online, sangat penting untuk mengambil langkah-langkah yang diperlukan agar bisnis selalu berjalan sesuai dengan aturan hukum yang ada. 

7. Siapkan Logistik

Ada banyak logistik yang digunakan untuk menjalankan bisnis dan sehingga pastikan kamu melakukan persiapan strategi logistik sebelum meluncurkannya.

8. Lakukan Pengembangan Strategi Pemasaran Bisnis

Terakhir adalah fokus dalam strategi pemasaran bisnis apa yang akan dilakukan. Jika beberapa hal di atas seperti produk atau layanan, logistik, hukum, dan branding sudah lengkap, maka langkah terakhir adalah fokus memperkenalkan merek bisnismu ke dunia dan mulai lakukan pemasaran online.

Bisnis online
Sumber: Envato

Mulai Bisnis Online Sekarang, Yuk!

Jadi, bisnis online adalah semua aktivitas jual beli di mana produk dan layanan dinegosiasikan serta dibayar secara online melalui internet. Membangun bisnis online ini pun tidak hanya memberikan kemudahan bagi pelanggan, tetapi juga kepada penjual sehingga bisa menghemat biaya pengeluaran, lebih mudah dalam mengelola, hingga mendapatkan jangkauan pasar lebih luas. 

Namun, agar sebuah bisnis online dapat mencapai targetnya tentu harus ada beberapa hal yang diperhatikan sebelum memulai. Kamu harus lebih dulu menentukan jenis bisnisnya, mengidentifikasi kebutuhan pasar, pengembangan produk, melakukan branding, membangun website, mempersiapkan logistik dan cari strategi pemasaran yang tepat. 

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?

Artikel

Lainnya


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!