• Home
  • Berita
  • Apa itu Proxy: Pengertian dan Cara Kerja Proxy adalah Mengamankan

Apa itu Proxy: Pengertian dan Cara Kerja Proxy adalah Mengamankan

Oleh Ratna Patria

Apakah kalian sudah paham apa itu proxy? Perangkat ini sangat vital dan sangat berpengaruh terhadap keamanan data, pencurian identitas kalian melalui internet. Lalu apa yang sebenarnya terjadi ketika kamu menjelajahi web dengan proxy? ketika kalian mengakses sebuah website, tools ini bertindak sebagai gerbang antara kamu sebagai pengguna internet dengan internet itu sendiri. Sehingga tools ini bisa disebut juga sebagai penyedia berbagai tingkat fungsionalitas, keamanan, dan privasi, tergantung pada kasus, kebutuhan atau kebijakan yang dijalankan.

Apa itu Proxy ?

Bagi kamu yang belum tahu, secara umum proxy adalah sebuah sistem yang dirancang untuk menjadi penengah antara pengguna dan jaringan internet. Tujuan utamanya yakni untuk menyamarkan identitas asli pengguna sehingga data yang terbaca merupakan alamat IP dari proxy server bukan IP address asli.

Contohnya, ketika kamu mengakses halaman website tertentu, maka proxy akan melakukan penerimaan informasi sekaligus permintaan dari website ke perangkat yang digunakan. Di sisi lain, data IP Address yang kamu gunakan tetap aman dan tidak diketahui oleh server tempat website berada.

apa itu proxy?

4 Jenis-jenis Proxy

Transparent Proxy

Jenis proxy yang pertama adalah Transparent Proxy atau kerap disebut juga sebagai inline proxy. Sebagai informasi, fungsi utama dari Transparent Proxy adalah sebagai perantara dalam melakukan pertukaran data tanpa adanya perubahan baik dari sisi server maupun client.

Transparent Proxy umumnya terpasang di jaringan internet tanpa sepengetahuan pengguna. Beberapa instansi yang sering menggunakan proxy jenis ini di antaranya seperti perpustakaan, perusahaan, sekolah, atau lingkungan yang ingin menciptakan kondisi internet sehat dengan cara mengalihkan konten atau berita berbahaya ke halaman tertentu.

Terlepas dari itu, pada dasarnya Transparent Proxy sendiri akan bekerja dengan cara mengalihkan ke konten lain yang sesuai ketentuan atau mendistribusikan konten yang sudah ada di dalam data cache. Sementara itu, terkait penerapannya bisa dilakukan oleh operator jaringan atau pembuat kebijakan yang sudah diberi wewenang.

Distorting Proxy

Berbeda dari jenis proxy sebelumnya, Distorting proxy merupakan tipe proxy yang memiliki fungsi untuk memalsukan IP Address pengguna ketika sedang mengaktifkan proxy. 

Cara kerja dari Distorting proxy relatif kompleks karena tidak hanya harus menyamarkan identitas alamat IP yang digunakan, tapi juga harus mengirimkan alamat IP palsu yang berbeda dari lokasi asli. 

Tujuan dari penggunaan Distorting proxy sendiri biasanya untuk kebutuhan mengakses konten tertentu yang memang sengaja diblokir atau dibatasi aksesnya oleh operator jaringan atau pemerintah sebagai pembuat kebijakan.

High Anonymity Proxy

Sesuai namanya, High Anonymity Proxy merupakan jenis proxy dengan kemampuan penyamaran paling tinggi jika dibandingkan dengan jenis proxy lainnya. Pasalnya, teknologi yang digunakan pada High Anonymity Proxy mampu mengganti IP address sekaligus menyamarkan bahwa kamu sebenarnya sedang memakai proxy untuk mengakses website terkait.

Berkat sistem keamanannya yang sangat tinggi, High Anonymity Proxy juga kerap disebut sebagai elite proxy. Perpaduan teknologi yang digunakan antara anonymous proxy dan transparent proxy sedikit banyak juga menjadi alasan kenapa mayoritas elit proxy saat ini hanya tersedia dalam versi berbayar.

Jika saat ini kamu sedang mencari proxy untuk kebutuhan akses konten apapun di internet, maka High Anonymity Proxy sangat recomended untuk masuk sebagai salah satu opsi. Kamu bisa menggunakan produk High Anonymity Proxy dari beberapa perusahaan yang sudah terpercaya, seperti Oxylabs, Smartproxy, RSocks, Bright Data, dan masih banyak lagi.

Tips dari kami, jangan coba untuk menggunakan High Anonymity Proxy versi gratisan karena produk elite proxy yang disediakan untuk publik biasanya kerap mengalami gangguan overload sehingga menurunkan kenyamanan pengguna.

Anonymous Proxy

Jenis proxy lainnya yang juga tidak kalah populer di kalangan pengguna adalah Anonymous Proxy. Menilik dari fungsi dan cara kerjanya, Anonymous Proxy adalah salah satu jenis proxy yang bisa menyamarkan alamat IP serta identitas asli pengguna agar tidak diketahui oleh website yang sedang dituju.

Cara kerja dari Anonymous Proxy sendiri yakni dengan melakukan modifikasi pada data yang dikirimkan dan diterima. Sebagai contoh, ketika kamu mengakses sebuah website menggunakan Anonymous Proxy, maka IP address perangkat yang kamu gunakan secara otomatis akan diganti dengan IP address baru yang berbeda dari IP address asli.

Meski bisa menyamarkan identitas dan alamat IP asli, Anonymous Proxy akan tetap memberitahu server website yang dituju bahwa kamu sedang mengakses konten mereka dengan bantuan proxy. 

Adapun tujuan utama dari penggunaan Anonymous Proxy sendiri antara lain untuk mengakses konten yang diblokir operator jaringan, menghindari iklan tertarget, hingga sebagai upaya untuk melindungi diri dari pantauan pihak ketiga.

Manfaat Proxy

Bagi sebagian orang, proxy banyak dimanfaatkan untuk membuka akses website yang diblokir oleh institusi tertentu. Selain itu, banyak juga perusahaan atau pebisnis yang menggunakan proxy sebagai bagian dari jaringan internal yang tertutup dari koneksi luar.

Berikut merupakan beberapa contoh manfaat proxy yang perlu kamu ketahui:

1.Meningkatkan Keamanan

Seperti kita ketahui, proxy adalah konsep atau cara kerja yang bisa melindungi identitas asli dari pengguna. Maka dari itu, secara tidak langsung proxy juga bermanfaat untuk memberikan keamanan yang lebih baik ketika kamu melakukan transaksi keuangan, atau mencegah dari serangan malware.

2.Membuka Situs yang Diblokir

Kamu ingin membuka website yang diblokir oleh pemerintah? Gunakan saja proxy. Sistem proxy mampu membuat kamu seakan-akan sedang mengakses internet dari lokasi lain, meskipun sebenarnya saat ini kamu masih berada di Indonesia.

3.Menghemat Bandwidth

Manfaat proxy selanjutnya adalah mampu menghemat bandwidth atau kuota internet yang digunakan. Pasalnya, proxy server akan menyimpan cache dari data website yang sebelumnya diakses, sehingga ketika dibuka kembali maka proxy tidak perlu mengakses ulang konten tersebut.

Selain menghemat bandwidth internet, hal ini secara tidak langsung juga mampu memberikan kesan loading yang lebih cepat dalam mengakses internet.

4.Memberikan Kontrol Konten

Terlepas dari fungsi  proxy adalah untuk mengamankan webiste, proxy juga bisa digunakan untuk membuka website yang diblokir. Proxy juga bisa dimanfaatkan untuk membatasi konten. Strategi ini banyak digunakan oleh perusahaan yang tidak ingin karyawannya membuka website tertentu di jam kerja, atau bisa juga digunakan oleh orang tua yang ingin mengontrol internet anak-anak di rumah.

Proxy biasa digunakan untuk apa? 

Mayoritas pengguna proxy adalah para pegiat IT yang membutuhkan lapisan sistem keamanan ekstra untuk melindungi data pribadi. Terlepas dari itu, ada banyak hal yang bisa dilakukan dengan menggunakan proxy, contohnya untuk membuat jaringan internal perusahaan sehingga hanya karyawan yang memiliki akses yang bisa masuk dan mengakses file.

Kelemahan proxy

Selain menawarkan sistem keamanan untuk melindungi identitas pribadi, proxy juga memiliki kelemahan atau risiko yang perlu kamu ketahui. Berikut ini adalah kelemahan proxy adalah :

1.Menyimpan Histori Penelusuran

Proxy memang bisa memalsukan identitas pribadi sehingga data tersebut tidak bisa disalahgunakan oleh orang lain. Namun, penyedia proxy pada umumnya menyimpan identitas asli lengkap dengan riwayat pencarian yang dilakukan.

2.Server Proxy Ada yang Tidak Melakukan Enkripsi

Tidak semua server melakukan enkripsi data pengguna, sehingga identitas asli masih bisa terlihat secara jelas oleh pihak ketiga. Kondisi ini biasanya terjadi ketika kamu menggunakan proxy gratisan yang banyak dibagikan di internet.

Kelebihan proxy

Bagi kamu yang tertarik menggunakan proxy, terdapat beberapa kelebihan memakai proxy yang bisa dijadikan sebagai referensi, berikut ini kelebihan proxy adalah :

1.Menjaga identitas pengguna

Beberapa pengguna yang tidak ingin lokasi dan identitasnya diketahui bisa menggunakan proxy ketika sedang mengakses internet.

2.Membuka akses konten yang diblokir

Proxy membantu membuka akses website yang diblokir oleh pemerintah karena alasan tertentu.

3.Meningkatkan performa browsing

Perlu diketahui, proxy mampu meningkatkan pengalaman browsing pengguna dengan cara menyimpan cache website yang sudah pernah dikunjungi sehingga loadingnya akan semakin cepat ketika diakses kembali.

Cara kerja server proxy

Setiap komputer perlu memiliki alamat protokol internet (IP) yang unik. Alamat IP ini bisa diumpamakan sebagai alamat jalan komputer kamu. Sama seperti kantor pos, yang harus tahu alamat tujuan supaya surat-surat bisa sampai. Internet juga harus tahu alamat supaya bisa mengirim data yang benar ke komputer yang sesuai dengan alamat IP. proxy adalah komputer di internet dengan alamat IP sendiri yang diketahui oleh komputer itu sendiri. Ketika kamu mengirim permintaan ke internet, permintaan tersebut akan pergi ke server terlebih dahulu. Server proxy kemudian membuat permintaan web atas nama kamu sebagai pengguna, mengumpulkan respon-respon dari server web dan meneruskan data halaman web agar kamu bisa melihat halaman melalui browser.

proxy adalah
Sumber: Pixabay

Ketika server meneruskan permintaan web, informasi yang dikirimkan bisa kamu ubah. Informasi akhirnya dikirim server ke website tujuan hanya informasi yang kamu perbolehkan terlihat atau terbaca. Server bisa mengubah alamat IP kamu, sehingga server web tidak tahu persis dimana kamu berada. Hal itu bisa dilakukan karena data kamu telah dienkripsi, sehingga data kau tidak terbaca dalam perjalanan. tools ini juga bisa memblokir akses ke halaman web tertentu berdasarkan alamat IP.

Mengapa kamu harus menggunakan proxy?

Baik kantor maupun individual menggunakan tools ini untuk beberapa alasan, seperti:

– Untuk mengontrol penggunaan internet karyawan dan anak-anak

Kantor maupun orang tua menyiapkan firewall untuk mengontrol dan memantau bagaimana karyawan atau anak-anak mereka menggunakan internet. Ada beberapa kantor yang tidak memperbolehkan karyawannya melihat situs tertentu pada jam kerja, dan mereka dapat mengkonfigurasi proxy untuk menolak akses ke situs tertentu. Dengan konfigurasi tersebut, internet akan mengarahkan kamu dengan catatan yang meminta kamu untuk tidak melihat website tersebut dengan jaringan kantor.

– Penghematan bandwidth dan meningkatkan kecepatan

Dengan menggunakan tools ini, kamu juga bisa mendapatkan kinerja jaringan yang lebih baik secara keseluruhan. Proxy adalah server yang juga bisa melakukan cache untuk website-website yang sering dikunjungi. Jadi, kalau dalam satu kantor ada banyak orang mengakses satu website tertentu pada saat yang sama, server proxy hanya mengirimkan satu permintaan ke website tersebut. Hal ini akan menghemat bandwidth untuk perusahaan dan meningkatkan kinerja jaringan.

– Manfaat privasi

Baik individu maupun korporat, sama-sama menggunakan server proxy untuk menggunakan internet secara lebih pribadi. Beberapa server proxy akan mengubah alamat IP dan informasi pengenal lainnya yang berisi permintaan web. Ini berarti server tujuan tidak tahu siapa yang sebenarnya membuat permintaan asli. Jadi, hal ini akan membantu menjaga informasi pribadi dan menggunakan internet secara lebih pribadi.

– Keamanan yang ditingkatkan

Selain menjaga privasi, manfaat tools ini adalah meningkatkan keamanan. Kamu bisa mengkonfigurasi  untuk mengenkripsi permintaan web kamu supaya transaksi tidak terbaca. Kamu juga bisa mencegah situs malware melalui tools ini. Selain itu, kamu juga bisa memasangkan server proxy dengan Virtual Private Network atau VPN. Dengan menggunakan VPN, kantor bisa menyediakan koneksi yang aman bagi pengguna, sekaligus melindungi data perusahaan.

proxy adalah
Sumber: Pixabay

– Mendapatkan akses ke sumber daya yang diblokir

Server memungkinkan pengguna untuk menghindari pembatasan konten yang diberlakukan oleh perusahaan atau pemerintah. Server proxy bisa membuat kamu seolah-olah berada di Amerika, tetapi sebenarnya kamu tinggal di Kanada. Beberapa pemerintahan di beberapa bagian dunia secara ketat memonitor dan membatasi akses ke internet, dan tools ini akan membantu siapa saja untuk mengakses internet.

Baca Juga : Apa Itu SSL? Manfaatnya Bagi Keamanan Website Bisnis

Resiko menggunakan server proxy

Banyaknya manfaat menggunakan server proxy tidak kemudian menghilangkan resikonya. Kamu perlu berhati-hati ketika memilih server proxy. Bisa-bisa resiko yang kamu dapat malah meniadakan salah satu manfaat penting di atas.

– Resiko server proxy gratis

Gratis biasanya berarti mereka tidak berinvestasi banyak dalam perangkat keras atau enkripsi. Kamu mungkin akan melihat masalah dalam kinerja dan potensi masalah pada keamanan data. Jika kamu pernah menemukan tools ini secara gratis, kamu perlu berhati-hati. Bahkan beberapa dari mereka hanya ingin mencuri data-data penting yang kamu punya.

– Log riwayat penelusuran

Server proxy memiliki alamat IP asli kamu dan informasi permintaan web yang mungkin tidak dienkripsi, disimpan secara lokal. Pastikan untuk memeriksa apakah server proxy kamu mencatat dan menyimpan data itu, serta kebijakan kerjasama penegak hukum apa yang mereka ikuti.

– Tanpa enkripsi

Kalau kamu menggunakan tools ini tanpa enkripsi, sama saja kamu tidak menggunakan proxi, karena tanpa enkripsi, kamu mengirim permintaan sebagai teks biasa. Siapapun yang bisa melihat data tersebut bisa mengambil nama pengguna, kata sandi, dan informasi dengan mudah. Jadi pastikan server apapun yang kamu pakai menyediakan layanan enkripsi secara penuh.

proxy adalah
Sumber: Pixabay

Tidak semua proxy bekerja dengan cara yang sama. Oleh karena itu, penting untuk memahami dengan tepat fungsionalitas seperti apa yang kamu dapatkan dari server tersebut, dan jangan lupa memastikan bahwa server betul-betul memenuhi kebutuhan kamu.

Kesimpulan

Itulah kelebihan dan kekurangan proxy, inti dari artikel ini proxy adalah menyamarkan pengguna asli agar tidak ketahuan pemilik website.

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?

Artikel

Lainnya


iwan
March 24, 2022

Raih profit setiap saat dengan berdagang dibroker forex terbaik di asia. ( forex, Bitcoin, Saham) kelebihan trading di Meefx : 1. Bonus 5 usd, tanpa melakukan deposit 2. 0 biaya swap 3. 0 komisi 4. deposit minimal 5 usd 5. deposit dan penarikan dapat menggunakan bank lokal indonesia 6. 45 USD \ Lot Rebate untuk mitra -------------------------------------- Info lengkap langsung kunjungi website kami: https://meefxid.org

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!