Apa Itu Proxy? Pengertian dan Cara Kerja5 min read

5/5 (2)

Perangkat yang sebenarnya, dari bagaimana internet bekerja bukan sesuatu yang sering dipertimbangkan oleh banyak orang. Masalah yang ada tidak hanya tentang bahaya keamanan, pencurian identitas, berita 24 jam yang harus terus diperbarui, atau promo potongan harga. Lalu apa yang sebenarnya terjadi ketika kamu menjelajahi web? Proxy adalah kata yang cukup familiar didengar. Namun tidak semua orang tahu sebenarnya apa yang disebut dengan proxy. Server proxy bertindak sebagai gerbang antara kamu sebagai pengguna internet dengan internet itu sendiri. Server ini adalah server yang memisahkan pengguna akhir dari website yang mereka telusuri. Server proxy adalah penyedia berbagai tingkat fungsionalitas, keamanan, dan privasi, tergantung pada kasus, kebutuhan atau kebijakan yang dijalankan.

Kalau kamu menggunakan server proxy, lalu lintas internet mengalir melalui server proxy, selama perjalanan ke alamat (URL) yang kamu tuju. Permintaan akses data ke URL kemudian kembali melalui server proxy yang sama, kemudian server proxy meneruskan data yang diterima dari website ke kamu sebagai pengguna internet. Perjalanan internet tersebut terkesan sangat sederhana. Lalu mengapa harus menggunakan proxy? Mengapa pengguna internet tidak langsung saja ke website yang dituju? Server proxy yang lebih modern melakukan hal-hal yang lebih dari sekedar meneruskan permintaan web, semuanya demi keamanan data dan kinerja jaringan. Server proxybertindak sebagai firewall dan filter web, menyediakan shared network, menyimpan data untuk permintaan secara umum. Guna server proxy adalah menjaga penggunanya dan jaringan internal supaya terlindung dari hal-hal buruk yang ada di internet. Tidak hanya itu, server proxy juga memberikan tingkat privasi yang tinggi.

Cara kerja server proxy

Setiap komputer perlu memiliki alamat protokol internet (IP) yang unik. Alamat IP ini bisa diumpamakan sebagai alamat jalan komputer kamu. Sama seperti kantor pos, yang harus tahu alamat tujuan supaya surat-surat bisa sampai. Internet juga harus tahu alamat supaya bisa mengirim data yang benar ke komputer yang sesuai dengan alamat IP. Server proxy adalah komputer di internet dengan alamat IP sendiri yang diketahui oleh komputer itu sendiri. Ketika kamu mengirim permintaan ke internet, permintaan tersebut akan pergi ke server proxy terlebih dahulu. Server proxy kemudian membuat permintaan web atas nama kamu sebagai pengguna, mengumpulkan respon-respon dari server web dan meneruskan data halaman web agar kamu bisa melihat halaman melalui browser.

proxy adalah

Sumber: Pixabay

Ketika server proxy meneruskan permintaan web, informasi yang dikirimkan bisa kamu ubah. Informasi akhirnya dikirim server ke website tujuan hanya informasi yang kamu perbolehkan terlihat atau terbaca. Server proxy bisa mengubah alamat IP kamu, sehingga server web tidak tahu persis dimana kamu berada. Hal itu bisa dilakukan karena data kamu telah dienkripsi, sehingga data kau tidak terbaca dalam perjalanan. Server proxy juga bisa memblokir akses ke halaman web tertentu berdasarkan alamat IP.

Mengapa kamu harus menggunakan proxy?

Baik kantor maupun individual menggunakan proxy adalah kebutuhan untuk beberapa alasan, seperti:

– Untuk mengontrol penggunaan internet karyawan dan anak-anak

Kantor maupun orang tua menyiapkan server proxy untuk mengontrol dan memantau bagaimana karyawan atau anak-anak mereka menggunakan internet. Ada beberapa kantor yang tidak memperbolehkan karyawannya melihat situs tertentu pada jam kerja, dan mereka dapat mengkonfigurasi server proxy untuk menolak akses ke situs tertentu. Dengan konfigurasi tersebut, internet akan mengarahkan kamu dengan catatan yang meminta kamu untuk tidak melihat website tersebut dengan jaringan kantor.

– Penghematan bandwidth dan meningkatkan kecepatan

Dengan menggunakan server proxy, kamu juga bisa mendapatkan kinerja jaringan yang lebih baik secara keseluruhan. Proxy adalah server yang juga bisa melakukan cache untuk website-website yang sering dikunjungi. Jadi, kalau dalam satu kantor ada banyak orang mengakses satu website tertentu pada saat yang sama, server proxy hanya mengirimkan satu permintaan ke website tersebut. Hal ini akan menghemat bandwidth untuk perusahaan dan meningkatkan kinerja jaringan.

– Manfaat privasi

Baik individu maupun korporat, sama-sama menggunakan server proxy untuk menggunakan internet secara lebih pribadi. Beberapa server proxy akan mengubah alamat IP dan informasi pengenal lainnya yang berisi permintaan web. Ini berarti server tujuan tidak tahu siapa yang sebenarnya membuat permintaan asli. Jadi, hal ini akan membantu menjaga informasi pribadi dan menggunakan internet secara lebih pribadi.

– Keamanan yang ditingkatkan

Selain menjaga privasi, manfaat server proxy adalah meningkatkan keamanan. Kamu bisa mengkonfigurasi server proxy untuk mengenkripsi permintaan web kamu supaya transaksi tidak terbaca. Kamu juga bisa mencegah situs malware melalui server proxy. Selain itu, kamu juga bisa memasangkan server proxy dengan Virtual Private Network atau VPN. Dengan menggunakan VPN, kantor bisa menyediakan koneksi yang aman bagi pengguna, sekaligus melindungi data perusahaan.

proxy adalah

Sumber: Pixabay

– Mendapatkan akses ke sumber daya yang diblokir

Server proxy memungkinkan pengguna untuk menghindari pembatasan konten yang diberlakukan oleh perusahaan atau pemerintah. Server proxy bisa membuat kamu seolah-olah berada di Amerika, tetapi sebenarnya kamu tinggal di Kanada. Beberapa pemerintahan di beberapa bagian dunia secara ketat memonitor dan membatasi akses ke internet, dan server proxy akan membantu siapa saja untuk mengakses internet.

Resiko menggunakan server proxy

Banyaknya manfaat menggunakan server proxy tidak kemudian menghilangkan resikonya. Kamu perlu berhati-hati ketika memilih server proxy. Bisa-bisa resiko yang kamu dapat malah meniadakan salah satu manfaat penting di atas.

– Resiko server proxy gratis

Gratis biasanya berarti mereka tidak berinvestasi banyak dalam perangkat keras atau enkripsi. Kamu mungkin akan melihat masalah dalam kinerja dan potensi masalah pada keamanan data. Kalau kamu pernah menemui server proxy yang sepenuhnya gratis, kamu perlu berhati-hati. Bahkan beberapa dari mereka hanya ingin mencuri data-data penting yang kamu punya.

– Log riwayat penelusuran

Server proxy memiliki alamat IP asli kamu dan informasi permintaan web yang mungkin tidak dienkripsi, disimpan secara lokal. Pastikan untuk memeriksa apakah server proxy kamu mencatat dan menyimpan data itu, serta kebijakan kerjasama penegak hukum apa yang mereka ikuti.

– Tanpa enkripsi

Kalau kamu menggunakan server proxy tanpa enkripsi, sama saja kamu tidak menggunakan server proxy, karena tanpa enkripsi, kamu mengirim permintaan sebagai teks biasa. Siapapun yang bisa melihat data tersebut bisa mengambil nama pengguna, kata sandi, dan informasi dengan mudah. Jadi pastikan server proxy apapun yang kamu pakai menyediakan layanan enkripsi secara penuh.

proxy adalah

Sumber: Pixabay

Tidak semua server proxy bekerja dengan cara yang sama. Oleh karena itu, penting untuk memahami dengan tepat fungsionalitas seperti apa yang kamu dapatkan dari server proxy, dan jangan lupa memastikan bahwa server proxy betul-betul memenuhi kebutuhan kamu.

Please rate this

Pindah ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!

Komentar