• Home
  • Berita
  • Mengenal Nama Domain Untuk Badan Pemerintah

Mengenal Nama Domain Untuk Badan Pemerintah

Oleh Adisty C. Putri
No ratings yet.

Domain adalah alamat unik yang digunakan pengguna internet untuk mengakses setiap website. Pada dasarnya, domain juga berperan penting sebagai pengganti alamat IP yang memang sulit untuk diingat dan diketikkan.

Dengan kehadirannya membuat alamat website lebih efektif dan mudah untuk diingat oleh pengguna internet. Dalam strukturnya, domain memiliki dua bagian yaitu nama domain dan juga ekstensi yang digunakan. Jika nama domain bisa di custom sesuai dengan keinginan pemiliknya, ekstensi domain lebih spesifikasi penggunaannya.

nama domain untuk badan pemerintah
Sumber: Envato

Misalnya saja nama domain untuk badan pemerintahan maka menggunakan ekstensi domain .gov atau bisa juga menggunakan .go.id. Jika .gov berarti ekstensi domain untuk government secara umum, .go.id lebih menjadi nama domain untuk badan pemerintahan di Indonesia yang diatur secara resmi oleh PANDI (Pengelola Nama Domain Internet Indonesia).

Tahukah kamu apa mannfaat penggunaan domain .go.id sebagai nama domain untuk badan pemerintah? Apa saja syarat yang harus disiapkan sebelum melakukan pendaftaran? Yuk simak artikel ini mengenai nama domain untuk badan pemerintah dan langsung temukan jawabannya!

Baca juga: Lengkap, Tips Memilih Nama Domain untuk Pendidikan!

Apa itu Domain .go.id? 

Domain .go.id artinya adalah nama domain yang digunakan oleh pemerintah Indonesia. Ekstensi ini akan digunakan oleh setiap situs resmi dari pemerintahan baik dari pusat maupun daerah. Berikut ini termasuk lembaga negara yang bisa menggunakan domain .go.id.

  • Pelayanan publik
  • Kegiatan resmi yang diselenggarakan oleh pemerintah.
  • Kelembagaan pemerintahan pusat dan juga daerah.

Domain ini memang ditujukan khusus untuk pemerintahan saja, jadi tidak sembarang orang boleh mendaftarkan domain menggunakan ekstensi .go.id. Tujuan utama dari penggunaan domain ini adalah untuk melancarkan dan menunjang pelaksanaan e-government atau elektronik government yang ada di Indonesia.

Maka dari itu, setiap situs milik pemerintah daerah maupun pusat harus menggunakan domain .go.id. Bahkan hal tersebut sudah diatur dalam Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika nomor 28 /PER/M.KOMINFO/9/2006. Dikutip dari laman resmi domain .go.id, saat ini sudah ada lebih dari 3.338 lembaga pemerintahan yang sudah menggunakan ekstensi domain ini.

nama domain untuk badan pemerintah
Sumber: Envato

Apa Syarat yang Harus Dipenuhi untuk Mendapatkan Domain .Go.Id?

Nama domain untuk pemerintah adalah .go.id atau government Indonesia. Dalam pendaftarannya sendiri ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh lembaga pemerintahan yang ingin mendaftarkan situs miliknya. Berikut adalah syarat yang harus dipenuhi:

  • Nama domain tidak boleh bertentangan dengan hak paten, IPR, dan juga HaKi.
  • Nama domain harus sesuai dengan kriteria penamaan.
  • Instansi yang mendaftar bukanlah organisasi internasional dan bukan perusahaan pribadi dan komersial.
  • Pendaftar domain merupakan lembaga resmi baik eksekutif, yudikatif, dan juga legislatif. 

Lalu, masih ada beberapa dokumen tambahan yang diperlukan untuk proses registrasi seperti.

  • Surat kuasa yang telah dilengkapi dengan tanda tangan Sekretaris Jenderal/Sekretaris Utama untuk tingkat pusat, atau Sekretaris daerah provinsi/Sekretaris daerah tingkat pemerintahan daerah. 
  • Peraturan di dalam undang-undang yang mengatur adanya instansi yang akan mendaftar domain.
  • Kartu identitas (Kartu Identitas Tetap yang masih berlaku, Kartu Anggota Polri, Kartu Pegawai Negeri Sipil, atau Kartu Anggota TNI).
  • Surat permohonan nama domain.
  • Alamat email resmi dari instansi yang bersangkutan.

Selain syarat dan juga dokumen tambahan yang harus disertakan, penamaan nama domain  untuk badan pemerintah juga sudah diatur dalam Permen Kominfo Nomor 5 Tahun 2015. Berikut isi dari peraturan tersebut.

  • Setiap lembaga pemerintahan hanya boleh memiliki satu nama domain untuk pemerintahan adalah .go.id.
  • Pendaftaran nama domain untuk pemerintahan adalah nama resmi dari lembaga tersebut.
  • Apabila lembaga atau instansi yang berkaitan memiliki lebih dari satu website maka diharuskan penulisan menggunakan subdirektori agar pertanggungjawaban lebih jelas. Misalnya www.jatengprov.go.id/kpde.
  • Lembaga pemerintahan daerah harus juga menggunakan nama daerah yang diikuti dengan status dari daerah tersebut. Misalnya seperti malangkota.go.id.
  • Jika instansi departemen maka menggunakan “dep” pada nama domainnya seperti www.depkominfo.go.id.

Baca juga: Ketahui Kilas Balik Sejarah Domain dan Fakta Menariknya

Manfaat Domain .Go.Id Bagi Website Pemerintahan

Di era yang serba digital ini membuat semua aktivitas yang dilakukan jauh lebih mudah, sebab segala hal bisa dilakukan secara digital. Mulai dari penyebaran informasi hingga memperoleh informasi terbaru.

Tidak terlepas dari hal tersebut, memang seharusnya instansi pemerintahan memiliki website resmi agar informasi yang disampaikan bisa menyebar secara luas. Kehadiran nama domain untuk badan pemerintah ini ternyata juga memberikan banyak manfaat bagi perkembangan website pemerintahan. Berikut manfaat hadirnya website pemerintah.

nama domain untuk badan pemerintah
Sumber: Envato

1. Lebih terpercaya dan detail

Saat membaca informasi dari sebuah website, kamu harus mengetahui terlebih dahulu apakah website yang kamu baca bisa dipercaya informasinya atau tidak. Rasa percaya terhadap suatu informasi lebih tinggi jika berasal dari website resmi dan bukan kutipan yang ditampilkan oleh pihak ketiga. Sebab informasi yang sudah dikemas oleh pihak ke-3 bisa jadi kurang valid.

Sedangkan dengan kehadiran website dengan nama domain untuk badan pemerintah ini membuat informasi yang disampaikan lebih real time dan valid. Selain lebih terpercaya, penggunaan website resmi tersebut juga membuat informasi menjadi lebih detail. 

2. Wadah penyampaian aspirasi masyarakat

Dengan adanya website yang menggunakan nama domain untuk badan pemerintah ini bisa dimanfaatkan sebagai wadah aspirasi masyarakat juga. Penyampaian aspirasi dengan cara seperti ini jelas akan menguntungkan kedua belah pihak.

Mengapa menguntungkan? Sebab masyarakat hanya perlu menyampaikan aspirasi, keluhan, atau pertanyaan melalui website saja tanpa harus menuju ke kantor pemerintahan. Lalu pemerintah juga dimudahkan karena mereka tidak perlu turun ke lapangan untuk merespon keluhan atau pertanyaan yang disampaikan oleh masyarakat.

3. Sebagai media promosi dan kampanye

Penggunaan nama domain untuk badan pemerintah ini juga membantu pemerintah dalam melakukan promosi. Entah itu mempromosikan daerah, fasilitas, atau budaya, wisata, kuliner, kerajinan, pertanian, atau yang lain. Segala potensi baik milik daerah, kota, kabupaten, atau provinsi pun akan lebih mudah dipromosikan.

Selain bisa dimanfaatkan sebagai media promosi, website dengan nama domain untuk badan pemerintah bisa juga digunakan sebagai media kampanye. Misalnya kampanye untuk memperkenalkan program pemerintahan seperti program Keluarga Berencana, program pola hidup sehat, program peningkatan kesejahteraan masyarakat, dan program baru pemerintah lainnya. 

4. Sebagai media interaksi

Manfaat kehadiran website resmi pemerintahan adalah bisa digunakan sebagai media interaksi dan diskusi interaktif. Misalnya saja saat akan terjadi pembangunan dan peningkatan kesejahteraan di suatu daerah dan dapat memanfaatkan kehadiran website sebagai wadah untuk forum diskusi, seperti forum diskusi pembangunan, forum informasi lapangan pekerjaan, forum UMKM, dan foorum lain yang membangun. 

Contoh Penerapan Nama Domain untuk Badan Pemerintah

Berikut beberapa contoh website menggunakan nama domain untuk badan pemerintah.

KOMINFO

nama domain untuk badan pemerintah
Sumber: Kementerian Komunikasi dan Informatika

www.kominfo.go.id adalah situs resmi Kementerian Komunikasi dan Informatika (KOMINFO). KOMINFO merupakan sebuah lembaga pemerintahan di Indonesia yang bertugas menyelenggarakan pembinaan, pengaturan, dan pengawasan bidang komunikasi dan informatika di Indonesia.

KOMINFO juga bertugas mengembangkan dan mengelola sumber daya informatika dan teknologi informasi yang terintegrasi, serta menyelenggarakan pembinaan dan pengawasan terhadap penggunaan teknologi informasi dan komunikasi di Indonesia.

Melalui situs ini, masyarakat dapat mengetahui informasi mengenai kebijakan-kebijakan yang dibuat oleh KOMINFO, informasi seputar berita terbaru, serta layanan-layanan yang diberikan oleh KOMINFO.

KEMENPORA

nama domain untuk badan pemerintah
Sumber: Kementerian Pemuda dan Olahraga

www.kemenpora.go.id adalah situs resmi Kementerian Pemuda dan Olahraga (KEMENPORA). KEMENPORA merupakan lembaga pemerintahan Indonesia yang memiliki kewenangan untuk menyelenggarakan pembinaan, pengaturan, dan pengawasan bidang pemuda dan olahraga di Indonesia.

Selain itu,  KEMENPORA juga bertugas mengembangkan potensi pemuda dan meningkatkan keterampilan pemuda dalam bidang olahraga, serta menyelenggarakan pembinaan dan pengawasan terhadap penggunaan fasilitas olahraga di Indonesia. Melalui situs tersebut, masyarakat dapat mengetahui informasi seputar olahraga, berita terkini, galeri foto dan video, kebijakan, dan juga program yang milik KEMENPORA ini.  

Sudah Paham kan Nama Domain untuk Badan Pemerintah di Indonesia?

Jadi dapat disimpulkan bahwa nama domain untuk pemerintahan adalah .go.id. Domain .go.id sendiri sudah mulai digunakan sejak tahun 1990. Nama domain untuk badan pemerintah ini merupakan domain khusus yang hanya dapat digunakan oleh lembaga-lembaga pemerintahan di Indonesia.

Ekstensi domain .go.id bertujuan untuk memudahkan masyarakat dalam mengidentifikasi situs-situs yang dikelola oleh lembaga-lembaga pemerintahan, sehingga masyarakat dapat dengan mudah menemukan informasi yang dibutuhkan.

Selain itu, ekstensi domain .go.id juga bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap situs-situs yang dikelola oleh lembaga-lembaga pemerintahan, karena situs-situs tersebut dianggap lebih terpercaya dan resmi.

Nah, bagi kamu yang menginginkan agar bisnis, perusahaan, atau personal branding kamu terlihat lebih profesional, kamu bisa langsung beli domain di DomaiNesia. Nggak perlu takut mahal, mulai dari Rp 12.000 per tahunnya kamu bisa langsung mewujudkan website profesional! Tunggu apa lagi? Yuk buruan daftarkan domain mu sekarang juga!

Adisty C. Putri


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Ekstra Diskon Migrasi 5% serta GRATIS biaya migrasi & setup.

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah

This will close in 0 seconds