• Home
  • Berita
  • Lengkap, Tips Memilih Nama Domain untuk Pendidikan!

Lengkap, Tips Memilih Nama Domain untuk Pendidikan!

Oleh Mila Rosyida
No ratings yet.

Website adalah bagian dari perkembangan internet yang semakin maju. Website biasanya digunakan untuk memudahkan berbagai aktivitas seperti kegiatan pendidikan, ekonomi, memberikan informasi, menerima informasi, bisnis,  dan lain sebagainya.

Saat ingin membuat website yang ditujukan khusus untuk pendidikan, kamu harus benar-benar memikirkan dalam pemilihan nama domainnya. Kenapa begitu? Sebab ada nama domain untuk pendidikan yang berlaku di Indonesia.

Nama domain untuk pendidikan ini memang dikhususkan untuk institusi yang memang bergelut di dunia edukasi sehingga pengguna internet bisa dengan mudah mengenali situs tersebut.

Apa saja nama domain untuk pendidikan yang bisa digunakan? Apa saja contohnya? Semua pertanyaan DomaiNesians tersebut akan terjawab jika kamu menyimak artikel ini hingga tuntas.

Sebab DomaiNesia akan membahas mulai dari manfaat, jenis, hingga contoh nama domain untuk pendidikan.

Apakah kamu sudah semakin penasaran? Yuk simak pembahasannya!

Apa itu Nama Domain untuk Pendidikan?

Sebagian dari kamu yang membaca ini mungkin sudah tidak asing lagi dengan domain seperti .sch.id atau .ac.id.

Sebab kedua domain tersebut sering kita temui pada situs sekolah dan juga universitas. Tahukah kamu jika domain yang digunakan tersebut adalah domain pendidikan? Jadi domain pendidikan sendiri adalah domain yang memang ditujukan khusus untuk instansi di bidang pendidikan.

Tujuan adanya domain ini yaitu untuk memudahkan pengguna dan mempercepat pencarian ketika ingin mengaksesnya.

nama domain untuk pendidikan
Sumber : envato

Namun nama domain untuk pendidikan ini masih terbagi lagi menjadi beberapa bagian dan tujuannya masing-masing. Apa saja jenis dari domain pendidikan ini? Kamu akan temukan jawabannya pada artikel ini.

Sebelum membahas jenisnya, ada baiknya kamu tahu dulu apa sih manfaat dari adanya domain ini. Yuk lanjut ke poin berikutnya!

Apa Manfaat Nama Domain untuk Pendidikan?

Berikut ini ada beberapa manfaat dari kehadiran nama domain untuk pendidikan.

Sebagai media untuk promosi

Manfaat pertama dari penggunaan nama domain untuk pendidikan adalah bisa dimanfaatkan sebagai media promosi.

Melalui website resmi yang dimiliki, pemilik website dapat memperkenalkan instansinya, melakukan promosi program khusus yang dimiliki, atau bahkan mempromosikan produk yang dimiliki.

Bahkan kini hampir semua instansi pendidikan mulai gencar melakukan promosi melalui website resmi dengan membeberkan segala keunggulan, fasilitas, kegiatan, informasi, bahkan prestasi yang diraih. 

Meningkatkan kredibilitas instansi

Siapa sih sekarang yang tidak merasa was-was ketika mengakses sebuah website yang sebelumnya belum pernah ditemui? Hal tersebut wajar saja terjadi karena banyak kejahatan yang bermula dari website seperti penipuan atau tindak kriminal lain.

Maka dari itu, manfaat penggunaan nama domain untuk pendidikan adalah membuat situs instansi lebih kredibel sehingga pengguna internet tidak takut saat mengaksesnya.

Sumber : envato

Contohnya saja saat kamu menginginkan untuk bergabung pada program yang dimiliki suatu instansi pendidikan yang websitenya sendiri beralamat belajarcoding.blogspot.om. Apakah kamu merasa website tersebut kredibel?

Jelas tidak kan karena domain tersebut bisa dengan mudah didaftarkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Jika domainnya berubah menjadi belajarcoding.ac.id maka akan lebih kredibel karena kita tahu bahwa untuk mendaftarkan domain tersebut membutuhkan banyak persyaratan yang harus dipenuhi seperti KTP si pemilik website.

Nama domain yang ringkas dan mudah diingat

Jika kamu sudah menggunakan salah satu jenis nama domain untuk pendidikan, pasti kamu sudah merasakan manfaatnya.

Yups, salah satu manfaat nama domain untuk pendidikan adalah domain menjadi lebih ringkas namun tetap mudah untuk dikenali. Sebab kebanyakan dari pengguna internet sudah paham nama-nama domain yang khusus digunakan untuk pendidikan.

Misalnya saat kamu memiliki domain codecamp.academy, pengguna internet akan langsung paham jika website tersebut berisi pembelajaran. 

Memiliki akun email profesional

Selain bisa digunakan sebagai website agar terlihat lebih kredibel, kamu juga bisa menggunakan nama domain untuk pendidikan sebagai email.

Gimana tuh maksudnya? Memang penggunaan email gratis seperti Yahoo dan Gmail tidak ada salahnya, namun lebih disarankan lagi kamu menggunakan email dengan domain khusus.

Contohnya saja seperti Binus yang menggunakan email @binus.ac.id. Nampak lebih profesional bukan jika dibandingkan dengan @gmail.com? Domain email tersebut biasanya akan sama dengan alamat website resmi mereka, seperti binus.ac.id. 

Jenis Nama Domain untuk Pendidikan

Saat ini ada 5 jenis nama domain yang memang khusus untuk pendidikan dan memiliki fungsinya masing-masing. Berikut ini jenisnya.

.sch.id

Nama domain untuk pendidikan yang pertama ada domain .sch.id. Domain .sch.id adalah kependekan dari school yang artinya domain ini digunakan oleh sekolah mulai dari TK sampai dengan SMA yang ada di Indonesia.

Selain itu, domain nama domain untuk pendidikan ini juga bisa digunakan oleh lembaga pendidikan yang bersifat non formal asalkan memenuhi syarat yang sudah dibuat oleh SKPD.

Namun jika belum mendapatkan izin maka akan sulit untuk mendapatkan domain ini sebab domain .sch.id ini harus menganndung informasi yang edukatif.   

.ac.id

Salah satu nama domain untuk pendidikan adalah .ac.id. Domain .ac.id adalah Top Level Domain (TLD) khusus untuk institusi pendidikan tinggi di Indonesia.

Institusi pendidikan tersebut seperti universitas, institut, dan sekolah tinggi lainnya di Indonesia untuk menyajikan informasi online tentang pendidikan dan penelitian yang mereka lakukan.

Untuk pendaftaran domain ini dikenal cukup rumit karena harus memenuhi beberapa syarat seperti:

  • Memiliki Surat Izin Operasional dari Departemen Pendidikan Nasional.
  • Memiliki Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) atau Nomor Identitas Institusi (NII) yang valid. 
  • Memiliki alamat jelas dan email yang valid untuk kontak. 
  • Memiliki administrator yang bertanggung jawab atas pengelolaan domain. 
  • Dokumen penting seperti KTP dan SK.

Meskipun demikian, domain ini digunakan oleh seluruh universitas yang ada di Indonesia seperti website resmi milik Binus yaitu binus.ac.id.

.ponpes.id

Sama seperti domain .sch.id yang digunakan untuk website sekolah.

Pondok pesantren juga bisa menggunakan domain .ponpes.id untuk website resmi ponpes tersebut.

Untuk persyaratannya hampir sama seperti domain .sch.id. Adapun persyaratan yang harus dipenuhi untuk domain .ponpes.id yaitu :

  • KTP Republik Indonesia / Paspor yang masih berlaku
  • Surat Keterangan Kepala Sekolah atau Kepala Lembaga. Lihat draf dokumen
  • Untuk nama domain yang didaftarkan harus sesuai dengan nama sekolah yang mendaftarkan.

.academy

Domain kali ini memiliki cakupan yang lebih besar jika dibanding dengan domain sebelumnya. Sebab domain .academy ini bisa digunakan oleh banyak akademi misalnya akademi musik, olahraga, seni, dan banyak lagi yang lain.

Berbeda dengan domain .ac.id yang hanya mencangkup institusi pendidikan tinggi Indonesia dan juga domain .sch.id yang hanya menccangkup sekolah di Indonesia saja, nama domain untuk pendidikan ini bisa digunakan secara luas.

Misalnya dapat digunakan oleh sekolah International yang memiliki akademi seni tersendiri dan dibuatkan domain artsmarihasta.academy.  

.edu

Nama domain berikutnya mungkin tidak asing bagi kamu yang gemar mencari materi pada situs academia.edu.

Domain ini memang bisa digunakan oleh website milik institusi pendidikan baik formal maupun non formal.

.collage

Domain .collage mungkin tidak banyak diketahui dan digunakan oleh kebanyakan orang. Domain ini adalah domain khusus yang digunakan oleh lembaga akademik, organisasi pendidikan, dan juga komunitas yang dibangun oleh pelajar.

Lembaga akademik yang bersifat offline dan online bisa menggunakan domain ini.  Sebab kita tahu juga bahwa banyak lembaga pendidikan yang menyediakan pembelajaran dengan sistem online.

Contoh dari nama domain untuk pendidikan adalah workathome.college yang mengemas kelas pembelajaran menjadi online.

.courses

Yang terakhir, nama domain untuk pendidikan adalah .courses. Dari namanya saja sudah terbesit di pikiran bahwa domain ini digunakan oleh lembaga atau organisasi yang menyediakan kursus, sekolah kejuruan, atau platform belajar yang lain.

Berikut gambaran penggunaanya. 

  • Platform pembelajaran online yang menawarkan kursus dalam berbagai mata pelajaran seperti pemrograman, bahasa, sejarah, dll. Misalnya python.courses dan history.courses.
  • Situs web universitas, perguruan tinggi, atau sekolah kejuruan yang menyediakan informasi tentang kursus yang mereka tawarkan, misalnya kuliah.courses dan online.university.courses.
  • Situs web pribadi guru atau pelatih yang menawarkan kursus, lokakarya, dan pelatihan, misalnya gitar.courses.
  • Situs web lembaga pendidikan, pusat dan pusat pelatihan misalnya culinary.courses dan fotografi.courses.

Tips Pemilihan Nama Domain Pendidikan

Pemilihan nama domain yang tepat dapat sangat penting untuk keberhasilan dari sebuah institusi pendidikan.

Beberapa tips dari DomaiNesia ini dapat membantu dalam memilih nama domain untuk pendidikan, seperti: 

Sesuaikan dengan nama institusi

Nama institusi pendidikan harus tercantum dalam nama domain, agar mudah diingat dan diidentifikasi oleh audiens yang diinginkan.

Pilih ekstensi yang tepat

Pilih ekstensi yang sesuai dengan jenis institusi pendidikan yang kamu miliki. Misalnya, gunakan .ac.id untuk institusi pendidikan tinggi di Indonesia, sch.id untuk sekolah di Indonesia, dan ponpes.id untuk pondok pesantren di Indonesia.

Nah untuk memiliki ekstensi domain pendidikan yang khusus di Indonesia, kamu bisa memilih domain yang mengandung .id seperti yang sudah dijelaskan diatas yaitu ac.id, sch.id, dan ponpes.id.

Dengan menggunakan domain .id pastinya website pendidikan yang kamu bangun akan mendapatkan kepercayaan pengunjung website.

Tidak hanya itu, apabila kamu memilih ekstensi domain yang mengandung .id akan lebih mudah ditemukan di mesin pencari. Hal ini karena mesin pencari akan lebih mengutamakan website yang berlokasikan di negara tertentu.

DomaiNesia adalah salah satu mitra PANDI yang menyediakan ekstensi domain .id untuk membantu kamu dalam membuat website pendidikan. Nah langsung saja kunjungu website resmi DomaiNesia dan pilih ekstensi domain id sesuai kebutuhan kamu.

Sumber : envato

Sesuaikan dengan bidang studi

Jika institusi pendidikan kamu menawarkan program studi yang spesifik, cobalah untuk mencantumkan bidang studi tersebut dalam nama domain untuk pendidikan yang kamu pilih, misalnya engineering.ac.id. 

Ditulis secara singkat

Usahakan untuk membuat nama domain yang singkat dan mudah diingat. Tujuannya jelas agar pengunjung situs tidak akan kesulitan menemukan website milikmu.

Lakukan research

Periksa apakah nama domain yang kamu inginkan sudah digunakan oleh orang lain atau tidak. Jangan menggunakan nama domain yang sama dengan institusi pendidikan lain atau yang mirip dengan nama domain yang sudah ada. Sebab hal tersebut bisa menyebabkan kebingungan.

Dengan mengikuti tips-tips tersebut, DomaiNesia rasa kamu dapat memilih nama domain untuk pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan institusi pendidikan kamu dan membantu untuk mencapai kesuksesan di dunia maya.

Segera Amankan Domain untuk Pendidikan Milikmu Sekarang Juga!

Website dalam dunia pendidikan ternyata sudah menjadi kebutuhan. Tidak heran bahwa di Indonesia sendiri penggunaan nama domain untuk pendidikan juga sudah digunakan banyak lembaga dan instansi yang bergerak di bidang akademik.

Tujuan dari kehadiran domain ini salah satunya adalah mempermudah pengguna internet untuk mengidentifikasi dan menemukan website yang sedang dicari. Contoh nama domain untuk pendidikan adalah .sch.id, .ac.id, .edu, .collage, .course, dan .academy.

Apabila instansi pendidikan di tempat kamu bekerja belum memiliki website resmi dan berniat untuk melakukan pembuatan website tersebut, mulai dari sekarang kamu bisa mempertimbangkan nama domain yang akan digunakan.

Selain itu, mulailah mencari layanan untuk membeli domain di tempat yang tepat. Daripada bingung mencari mana yang cocok, kamu bisa langsung cek domain murah di DomaiNesia.

DomaiNesia menyediakan berbagai ekstensi yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan. Bahkan domain .ac.id saja dibandrol denagan harga Rp 45.000 per tahunnya.

Wah kurang murah apalagi coba! Harga memang murah, tapi kualitas dan fitur yang disediakan dijamin lengkap seperti Privacy Protection, DNS Management, dan banyak lagi yang lain.

Selain nama domain untuk pendidikan, kamu juga bisa beli domain ID DomaiNesia. Mulai dari Rp 12.000 per tahun, kamu sudah bisa mengamankan domain ID di tanganmu.

Tunggu apa lagi? Yuk daftarkan domain mu sekarang juga sebelum digunakan oleh orang lain!

Mila Rosyida

Halo ! I'm a Technical Content Specialist in DomaiNesia. I love learn anything about Technical, Data, Machine Learning, and more Technology.


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah

This will close in 0 seconds