• Home
  • Berita
  • Mengapa Harus Menggunakan Hosting Email?

Mengapa Harus Menggunakan Hosting Email?

Oleh Ratna Patria
No ratings yet.

Hi DomaiNesians! Email merupakan layanan surat elektronik yang di zaman digital seperti sekarang ini sangat dibutuhkan kehadirannya.

Tak hanya untuk urusan personal, email juga bisa digunakan untuk urusan bisnis dan perusahaan.

Layanan email yang populer saat ini ada Gmail, Yandex Mail, Yahoo, dan masih banyak lagi.

Meskipun platform layanan email tersebut banyak digunakan oleh pengguna internet saat ini, ternyata ada alternatif lain yang bisa kamu gunakan untuk menampung semua data email, yaitu dengan menggunakan hosting email.

hosting email
Sumber: Freepik

Nah, di artikel kali ini akan dijelaskan mengenai hosting email dan apa yang membuatnya berbeda dengan layanan email pada umumnya. Simak penjelasan berikut ya!

Hosting Email

Hosting email adalah layanan dimana semua data dan pesan digital yang ada di dalam email disimpan di server.

Sama fungsinya seperti Gmail atau Yahoo, cuma hosting email ini biasanya berbayar dan memiliki fitur yang tidak dapat dimiliki oleh layanan email gratisan.
Karena kamu sendiri yang menentukan penyedia dan lokasi keberadaan server.

Sama seperti dengan hosting website, hosting email juga berfungsi untuk menyimpan konten.

Bedanya, hosting email dikhususkan untuk menerima file digital dalam bentuk layanan email yang bisa mengirim dan menerima pesan melalui sambungan internet.

Dan tentu saja, ada harga yang harus rutin dikeluarkan untuk bisa menikmati layanan hosting email ini.

Baca Juga : Apa Itu Web Hosting? dan Jenis-jenis Web Hosting

Email Berbayar vs Email Gratis

Mungkin karena alasan hosting email berbayar inilah yang membuat banyak orang lebih memilih untuk menggunakan email gratis.

Padahal dengan menggunakan email berbayar banyak keuntungan yang bisa didapatkan. Beberapa ini kelebihan dan kekurangan hosting email berbayar vs gratis.

Email Gratis

Kelebihan:

  • Gratis, tanpa mengeluarkan uang kamu bisa menggunakan fitur yang ditawarkan oleh email. Misalnya seperti Google yang terhubung dengan banyak akun Google lainnya seperti Google Docs, Drive, Photos, dan sebagainya.
  • Menyediakan layanan penyimpanan file digital yang cukup untuk kebutuhan bisnis kecil atau individu. Penyimpanan ini biasanya sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan digital personal.
  • Tidak perlu kesulitan dalam mengelola email karena sudah diatur oleh penyedia layanan email. Sehingga kamu bisa langsung menggunakannya tanpa perlu memikirkan tentang server email dan hal teknis lainnya.
hosting email
Sumber: Freepik

Kekurangan:

  • Iklan, karena gratis penyedia email ini biasanya menampilkan iklan ke seluruh pengguna mereka. Iklan ini bisa berupa pesan atau banner. Dan perusahaan layanan email akan mengambil data personal sehingga bisa mencocokkan iklan yang akan ditampilkan agar sesuai dengan karakteristik pengguna.
  • Keamanan data yang tidak transparan. Kamu tidak akan tahu apakah data yang tersimpan di email aman, berapa lapis keamanannya, atau apakah ada sistem backup otomatis yang bisa menjaga data agar tidak hilang.
  • Ruang penyimpanan apa adanya yang membuat pengguna tidak bisa memilih untuk mendapatkan ruang penyimpanan yang diinginkan. Sebenarnya hal ini bisa disiasati dengan upgrade ke layanan premium, hanya saja layanan premium ini berbayar dan artinya sama saja dengan pengguna hosting email.
  • Domain pada alamat email akan terikat dengan brand perusahaan layanan email. Yang tentu saja namanya panjang, sulit diingat, dan tidak menunjukkan profesionalisme. Jika untuk keperluan bisnis, email seperti itu akan sulit untuk mendapat kepercayaan dan kredibilitas.

Hosting Email Berbayar

Kelebihan:

  • Nama Domain lebih personal dan bisa menggunakan merek yang tentu saja terlihat lebih profesional. Sehingga email tidak terikat dengan brand penyedia layanan email dan akan meningkatkan kepercayaan di mata banyak orang.
  • Kapasitas penyimpanan bisa diatur dan disesuaikan dengan kebutuhan. Sehingga kamu bisa memilih berapa besar kapasitas yang dibutuhkan untuk menampung semua data digital email kamu.
  • Bisa memasang antivirus dan spam filter. Karena kamu mempunyai kendali penuh terhadap server email, kamu bisa memasang sendiri antivirus dan spam filter untuk meningkatkan keamanan email.
  • Privasi dan keamanan data bisa dikelola sendiri dan akan jauh lebih aman daripada menggunakan email gratisan.
  • Tidak akan diganggu oleh iklan dan tidak ada pengumpulan data personal.
  • Bisa mendesain layanan email tanpa batas. Sehingga kamu bisa meng-custom tampilan yang diinginkan sesuai dengan selera masing-masing. Bahkan desain ini bisa kamu sesuaikan tanpa ada batasan.
  • Karena kamu menggunakan email dengan server sendiri, sehingga tidak akan bermasalah jika mengirimkan email dalam jumlah yang banyak dalam waktu bersamaan. Terlebih kamu bisa menggunakan fitur autoresponders.

Kekurangan

  • Mengelola layanan sendiri, di kamu setidaknya harus memahami dasar-dasar hal teknis tentang email server.
  • Karena hosting email ini menawarkan fitur premium yang tidak bisa didapatkan di email gratisan. Maka kamu memerlukan biaya rutin yang harus dikeluarkan untuk membayar server.
  • Keamanan data dan privacy menjadi tanggung jawab sendiri. Sehingga kamu harus berhati-hati dalam menginstall aplikasi.
hosting email
Sumber: Freepik

Menggunakan Hosting Email

Email saat ini menjadi kebutuhan utama untuk seluruh pengguna internet. Baik hosting email maupun email gratis, tentu mempunyai kelebihan dan kekurangannya tersendiri.

Jika penggunaan email hanya sebatas untuk keperluan personal, kamu bisa menggunakan email gratis.

Namun, jika kamu menggunakan email untuk keperluan bisnis, marketing, meningkatkan kredibilitas dan profesionalisme, menggunakan hosting email menjadi pilihan yang sangat tepat.

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!