• Home
  • Berita
  • Google Analytics adalah Tools Wajib Digital Marketing

Google Analytics adalah Tools Wajib Digital Marketing

Oleh Ratna Patria
4.33/5 (3)

Saat ini hampir sebagian besar kegiatan bisnis dilakukan secara online. Hal tersebut dapat dilihat dari menjamurnya bisnis-bisnis online yang semakin banyak setiap harinya. Semakin banyaknya bisnis online hal tersebut berbanding lurus dengan pembuatan website atau blog sebagai platform untuk menginformasikan produk bahkan melakukan transaksi jual beli. Namun, tidak sedikit pemilik website mengeluhkan jika produk mereka tidak banyak terjual padahal tampilan websitenya sudah sangat menarik.

Google Analytics adalah Tool Wajib Marketer

Masalah seperti ini sudah sering terjadi menimpa pemilik website atau blog pemula. Ada banyak cara yang sebenarnya bisa kamu lakukan untuk mengoptimalkan website atau blog yang kamu miliki sebagai sarana berbisnis. Salah satu tools yang harus kamu coba gunakan sebagai alat untuk menilai performa website kamu adalah Google Analytics.

Untuk pada digital marketer mungkin sudah tidak asing lagi dengan tools milik Google ini. Namun, untuk kamu para pemula mungkin sebagian masih belum mengetahui apa itu Google Analytics dan untuk apa kegunaannya. Jika begitu berarti kamu berada pada tempat yang tepat. Kami akan mengulas informasi tentang Google Analytics. Mari kita simak apa sih yang dimaksud Google Analytics?

Google Analytics adalah
Sumber: Pixabay

Apakah sebagai pemilik website atau blog sebagai platform bisnis online memiliki static website? Jika jawabannya adalah iya, untuk apapun itu baik personal atau untuk bisnis maka kamu perlu tahu tentang yang namanya Google Analytics. Google Analytics adalah salah satu tools yang wajib dimiliki oleh para pemilik bisnis online. Google Analytics adalah tools yang dapat membantu memantau trafik pada sebuah situs.

Google Analytics adalah bagian dari Google Marketing Platform yang bisa digunakan secara cuma-cuma alias gratis. Namun untuk mendapat layanan yang powerfull kamu perlu membayar karna platform ini terdapat juga versi berbayarnya yaitu Google Analytics 360.

Di Indonesia sendiri Google Analytics telah banyak digunakan oleh para blogger, web developer, hingga para pakar digital marketing untuk menunjang kebutuhan strategi pemasaran. Google Analytics adalah alat yang bisa membantu kamu dalam membuat report tentang traffic website atau blog dalam jangka waktu harian, mingguan atau bulanan.

Fungsi Google Analytics

Sebenarnya apa sih fungsi dari tools yang direkomendasikan untuk pemilik website atau blog ini? Seperti namanya fungsi utama dari Google Analytics adalah menganalisis setiap traffic yang masuk kedalam website atau blog.

Google Analytics juga dapat membantu melacak asal usul serta informasi yang dibawa oleh visitor Sehingga kamu bisa mendapatkan gambaran siapa saja yang mengunjungi website atau blog kamu.

Tentunya informasi tersebut dapat kamu gunakan untuk mengenal karakteristik visitor website atau blog kamu. Sehingga kamu bisa menyajikan sebuah situs yang bisa mengakomodir semua yang dibutuhkan oleh pengunjung situs tersebut.

Tidak hanya mengumpulkan informasi tentang pelanggan, Google Analytics adalah alat yang juga berfungsi untuk mengamati dan mengumpulkan data mengenai SEO (Search Engine Optimization) website pada Google search engine.

Informasi yang bisa didapatkan oleh tools milik google ini seperti kata kunci apa saja yang dapat menarik banyak pengunjung, bagaimana tingkah laku pengunjung, dan lain-lain. Melalui beberapa fungsi tersebut kamu bisa dengan mudah membuat laporan yang dapat dibagikan dengan sangat mudah.

Google Analytics adalah
Sumber: Pixabay

Cara Memulai Google Analytics

Sebagian orang masih bingung dan tidak tahu bagaimana untuk memulai menggunakan platform ini mari kita simak bagaimana cara menggunakan Google Analytics.

Kunjungi Web Google Analytics

Silahkan membuka situs website Google Analytics. Pastikan kamu memiliki akun google. Karna platform ini hanya bisa diakses dengan menggunakan akun Google. Klik tombol “Access Analytics” pada pojok kanan atas.

Kemudian kamu akan dibawa kepada halaman baru, pada halaman tersebut kamu akan menampilkan cara kerja Analytics secara singkat. Setelah itu klik tombol “Sign Up” untuk membuat akun Analytics.

Pilih Pelacakan

Pada proses ini kamu bisa memilih cara pelacakan yang ingin kamu gunakan. Belum lama ini Google telah mengeluarkan Universal Analytics Beta yang bisa kamu jadikan pilihan jika kamu tidak ingin menggunakan Classic Analytics.

Walaupun saat ini fitur dari Analytics Beta belum lengkap namun di masa depan tidak memungkinkan akan lebih baik dari pendahulunya. Beberapa pengguna melaporkan jika mereka mendapatkan pelacakan yang lebih baik dengan Analytics Beta namun lagi-pagi pilihan ada pada kamu.

Masukkan Informasi Akun

Seperti menggunakan platform pada umumnya, pada Google Analytics kamu juga harus memasukan informasi dasar untuk menggunakan platform ini. Hal ini berfungsi untuk membantu menentukan bagaimana data Analytics ditafsirkan dan dikembalikan.

Pilihan Untuk Berbagi Data

Setelah memasukan informasi akun kamu, silahkan pilih pilihan untuk berbagi data. Perlu kamu ketahui jika pada platform ini ada 3 pilihan berbagi data yang bisa kamu pilih untuk diaktifkan dan dinonaktifkan.

Hal ini berfungsi untuk membagikan data Analytics situs kamu pada platform google yang lain seperti AdSense secara anonim untuk alasan statistik selain tentunya untuk mengoptimalkan akun Analytics kamu.

Google Analytics adalah
Sumber: Pixabay

Coba Banyak Cara dalam Digital Marketing

Google Analytics adalah salah satu alat dalam digital marketing. Lakukanlah apapun yang bisa kamu lakukan untuk membuat bisnis kamu terus berjalan. Dengan kemudahan di era digital tentu saja kamu bisa dengan bebas memilih platform mana yang ingin kamu gunakan untuk menunjang jalannya bisnis yang kamu miliki.

Namun sebelum menggunakan platform tersebut sebaiknya kamu mengerti bagaimana cara mengoptimalkan platform tersebut. Semoga artikel tentang Google Analytics yang kami berikan bisa bermanfaat untuk kamu yang memiliki bisnis online.

Ratna Patria

Artikel

Lainnya


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!