• Home
  • Berita
  • Tools Wajib Jadi Digital Marketing Terbaik

Tools Wajib Jadi Digital Marketing Terbaik

Oleh Ratna Patria
Tools Wajib Jadi Digital Marketing Terbaik

Menggeluti dunia marketing berarti kamu harus siap untuk terus belajar dan update hal-hal baru dalam dunia digital yang setiap saat berubah. Perubahan yang cukup cepat dan masif dilakukan hampir di semua hal termasuk kompetitor kamu. Kompetitor mencari cara agar segala hal yang dilakukan dapat terlaksana dengan efektif dan efisien.

Bagaimana menjadi efektif dan efisien dalam dunia marketing yang hampir semua hal menggunakan tool untuk mempermudah pekerjaan. Tools yang dibutuhkan pun beragam mulai dari tools analisa, riset, hingga tools untuk marketing campaign. Berikut list tools digital marketing terbaik yang sudah disusun ke dalam 13 kategori sesuai dengan kebutuhan yang kamu perlukan:

  1. Media Sosial Organik

Jumlah pengguna media sosial yang semakin banyak dari waktu ke waktu membuat kamu memerlukan alat untuk dapat mengatur segala hal dalam waktu yang bersamaan dan saling berkesinambungan. Dibawah ini adalah tools yang bisa digunakan untuk mengatur media sosial yang kamu pakai dalam digital marketing:

  • Sprout Social

Tools digital marketing terbaik ini merupakan salah satu contoh platform yang dipakai untuk bisa mengatur sosial media yang kamu miliki terkait aktivitas digital marketing yang kamu lakukan. Fitur yang dimiliki mampu secara efektif mengikat pelanggan yang sudah ada dengan calon prospek pelanggan.

  • Wyng

Mengusung user-generated content, Wyng atau sebelumnya dikenal dengan Offerpop adalah tools digital marketing terbaik yang memiliki fokus melibatkan pengguna dengan kampanye yang sedang berlangsung dengan menggunakan tagar, kuis hingga kontes. Wyng juga menawarkan fasilitas untuk memantau kinerja internal terkait kampanye yang mereka lakukan.

  • Woobox

Hampir mirip dengan Wyng, Woobox merupakan tools digital marketing platform yang membangun keterlibatan sosial dengan konten yang interaktif. Program yang biasanya dipake berupa giveaway atau kompetisi.

tools digital marketing terbaik
Sumber: Pixabay
  1. Social Media Berbayar

Nilai tambah bagi kamu yang menggunakan sosial media berbayar karena kamu akan mendapatkan fasilitas yang lebih untuk menyasar pengguna aktif. Beberapa sosial media berbayar yang bisa kamu pilih adalah:

  • Nanigans

Tools digital marketing terbaik ini berfokus pada Facebook Marketing, software ini memiliki akses ke Facebook Exchange (FBX) yang membuat sasaran lebih efisien.

  • Facebook’s Power Editor

Platform in merupakan tools digital marketing untuk membuat kampanye periklanan yang cukup spesifik. Facebook secara rutin memberikan update mengenai fitur targeting dan budgeting kepada usernya secara detail.

  • Twitter Native Platform

Twitter tidak mau kalah dengan membangun platform tools digital marketing terbaik yang menyasar pengguna mobile dengan kemampuan mendeteksi keyword yang tepat.

  1. Email Marketing

Mengirimkan pesan secara personal kepada pelanggan mu adalah langkah untuk membuat mereka merasa dekat dengan produk yang kamu miliki. Penawaran dari perusahaan mu bisa langsung dikirimkan kepada mereka secara masif dan terformat. Beberapa tools digital marketing yang bisa kamu pakai untuk mengelola email marketing adalah:

  • MailChimp

Banyak perusahaan menggunakan MailChimp sebagai salah satu tools digital marketing terbaik karena bisa menjadi awalan yang bagus untuk memulai email marketing kepada pelanggan mu.

  • Emma

Platform yang namanya merupakan singkatan dari Email Marketing ini memiliki fitur-fitur pendukung yang kuat dan semua alat yang kamu butuhkan untuk memulai kampanye pemasaran.

  • Marketo

Marketo menjadi solusi untuk tools digital marketing terbaik karena memiliki fitur all in one yang bisa kamu gunakan untuk memperlancar urusan bisnis.

  • GetResponse

Mengusung sistem dengan model otomatis, platform ini memberikan alternatif tools digital marketing untuk lebih mudah merespon pesan yang masuk terutama untuk pengguna yang sudah terdaftar.

tools digital marketing terbaik
Sumber: Pixabay
  1. Website Analytics

  • Google Analytics

Kemampuan platform ini adalah menyediakan informasi mengenai situs web kamu, dengan mengetahui siapa pengunjung web kamu dan apa yang mereka lakukan di dalam situs web kamu.

  • Adobe Analytics

Adobe menyediakan solusi pada perusahaan yang ingin mengumpulkan analisis mendalam terkait data dan kinerja dari situs web kamu. Platform ini memiliki fungsi analisis pelanggan 360 dan memungkinkan kamu untuk mengamati dan merespon tindakan pelanggan secara real-time.

  1. Customer Service (Layanan Pelanggan)

Penyediaan layanan pelanggan penting untuk kamu perhatikan. Layanan pelanggan memastikan dan merespon semua pesan dari pelanggan yang masuk melalui website dan sebagai bentuk komunikasi untuk menjangkau pelanggan. Layanan pelanggan mencerminkan perusahaan yang kamu bangun dimata mereka.

  • Zendesk

Zendesk dibuat untuk menggabungkan semua saluran komunikasi dengan merespon email yang masuk, panggilan telepon, dan obrolan kamu dengan konsumen.

  • UserVoice Helpdesk

Platform layanan pelanggan dirancang untuk menangani kebutuhan layanan pelanggan secara online. Platform ini mengumpulkan, dan menganalisis saran yang dilayangkan dari konsumen.

  • LiveChat

Pendekatan yang dilakukan platform ini adalah dengan memfasilitasi percakapan orang-orang yang mengunjungi situs web kamu. Tools digital marketing terbaik ini dapat menjawab pertanyaan secara efektif, dan memungkinkan calon pelanggan kamu untuk menjangkau layanan yang ada dengan obrolan pasif yang disematkan di laman web kamu.

tools digital marketing terbaik
Sumber: Pixabay
  1. Search Engine Optimization

SEO menjadi kebutuhan penting sebagai tools digital marketing terbaik untuk menunjang keterlihatan sebuah website. Berikut beberapa platform SEO yang akan membantu kamu untuk menyederhanakan pekerjaan:

  • Moz

Platform ini memiliki 2 produk unggulan yaitu Moz Pro dan Moz local. Tools digital marketing ini membantu kamu dalam pelacakan, pemantauan dan pembangunan tautan kemudian menginformasikan kepada pemasar pembuat konten.

  • SEMRush

Tools digital marketing ini melacak SEO dan membantu meningkatkan peringkat pencarian. Platform ini membantu kamu melacak pesaing dan memantau fluktuasi peringkat dan menganalisisnya.

  • Screaming Frog

Platform ini memberikan mu pengalaman untuk menelusuri situs web dan membantu kamu mendapatkan hasil analisis tentang kinerja website. Kinerja website ini meliputi tautan yang rusak, laman yang rusak, atau arahan website yang perlu diperbaiki.

Itulah tadi list tools digital marketing terbaik yang bisa kamu pilih untuk kamu gunakan dalam rangka menunjang kinerja perusahaan mu. Semoga bermanfaat!

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah

This will close in 0 seconds