10 Alat Ini Bisa Bantu Maksimalkan Content Marketing4 min read

4.5/5 (4)

Alat Content Marketing

Apakah DomaiNesians tahu bahwa ada lebih dari 3 juta artikel blog yang ditulis dalam sehari pada platform WordPress saja?

Meskipun WordPress merupakan platform yang berada di posisi nomor satu untuk kegiatan blogging, nyatanya dia tidak hanya sendirian. Bahkan ada beberapa platform lain yang juga memiliki banyak sekali pengguna.

Menambahkan infografis, gambar, slider, ebook, atau video dapat juga dilakukan pada platform yang telah disebutkan. Dengan hal yang dapat dilakukan tersebut, kamu tentunya telah memiliki banyak sekali variasi konten untuk diposting dalam satu hari. Tentu kita tidak mengesampingkan Twitter, Instagram atau media sosial lainnya yang juga ikut serta dalam hiruk-pikuknya dunia per-konten-an ini.

Nah, DomaiNesians sebagai pembuat konten tentunya memerlukan beberapa alat bantu untuk meringankan beban hidup hariannya. Mengingat persaingan antara konten satu dan yang lain bisa cukup tinggi.

Dan berikut ini adalah 10 alat yang bisa bantu kamu untuk memaksimalkan kegiatanmu dalam membuat konten.

Keyword Everywhere Extension

Alat yang kita bahas pertama ini adalah extensi yang tersedia di Mozilla Firefox maupun Google Chrome. Dengan alat ini, DomaiNesians nggak perlu repot-repot lagi ketika mencari inspirasi keywords yang memiliki volume pencarian yang tinggi, namun hasil pencarian nya masih sedikit. Extensi ini sendiri sudah tersambung dengan Google Adwords, sehingga kalian bisa memperkirakan CPC untuk keywords kalian tersebut.

Keyword everywhere adalah alat content marketing yang cukup penting dimiliki karena dapat menampilkan tingkatan kompetisi untuk keyword yang kalian ingin optimalkan. DomaiNesians juga bisa mendapatkan ekstensi ini secara gratis.

9 Kebiasaan Content Creator yang Sukses

Buzzsumo

Setiap marketeer membutuhkan sebuah alat content marketing untuk membantu mereka mengintip apa yang dilakukan oleh pesaing. Hal ini sebenarnya susah ketika diterapkan di dunia offline, namun di dunia digital semuanya menjadi mungkin.

Salah satu kelebihan dari Buzzsumo ini adalah menemukan konten-konten yang memiliki performa yang baik di seluruh bagian internet, dan sosial media termasuk didalamnya. DomaiNesians bisa menganalisa konten-konten yang memiliki performa yang baik dan menemukan elemen apa yang memberikan kontribusi kepada keberhasilan konten-konten tersebut.

Baca Juga: 8 Langkah Mudah Membuat Strategi Social Media Marketing

Tapinfluence

Alat content marketing selanjutnya adalah Tapinfluencer yang merupakan (awalnya) sebuah platform untuk komunitas blogger. Pada platform ini DomaiNesians akan menemukan berbagai macam jenis content creator, para influencers atau selebgram. Tidak hanya bisa memantau konten jenis apa yang sedang diminati oleh audiens. Namun juga, kamu bisa bertemu dengan influencer atau selebgram yang kemungkinan dapat diajak bekerja sama untuk meningkatkan engagement ke blog milik DomaiNesians.

Snagit

Kebingungan dalam membuat konten video? Atau butuh sebuah software yang membantu merekam layar pc/laptopmu? Snagit jawabanya!

Alat content marketing ini sangat cocok apabila DomaiNesians merupakan seorang pembuat konten visual, misalnya YouTuber dengan konten gaming. Tentunya kamu akan membutuhkan rekaman permainanmu untuk bahan konten bukan? Dan tidak hanya terbatas pada merekam, namun juga mengeditnya secara sederhana dengan menambahkan anotasi, tanda panah, button call to action dan masih banyak lagi lainnya.

ProProfs Chat

ProProfs Chat bukan hanya sekedar alat untuk melakukan chatting dengan pengunjung website dan mengelola kepuasan mereka. Alat ini bisa juga bisa digunakan untuk memahami apa yang pengunjung inginkan dari website atau produk kamu. DomaiNesians bisa memulai menganalisa sejarah chat dengan pengunjung dan mempelajari query apa yang paling banyak ditanyakan di chatting.

Canva

DomaiNesians ingin membuat konten grafis tapi merasa tidak punya skill yang cukup untuk menggunakan aplikasi apapun? Tenang, dengan alat content marketing ini kamu bisa membuat konten grafis dengan mudah. Disini telah tersedia banyak sekali template grafis yang bisa kamu ubah sesuka hati. Caranya pun gampang, kamu hanya perlu menempel tulisan atau gambar yang ingin kamu tambahkan kedalam desainmu.

Lumen5

Apilkasi yang satu ini bisa membantu DomaiNesia untuk membuat konten dalam bentuk video dalam hitungan menit. Yang lebih hebat malah, Lumen5 adalah sebuah alat content marketing yang super otomatis. Kamu hanya perlu memasukkan tulisan atau rss feed dari website yang ingin kamu jadikan bentuk videonya, dan secara otomatis Lumen5 akan merangkum dan membuatkan videonya. Sangat membantu bukan?

Hubspot

Hubspot menjamin semua kebutuhan yang mungkin dicari oleh para penggunanya (para merketing). Alat ini bisa dibilang adalah sebuah alat untuk meng-otomatiskan segala kegiatan dalam membuat konten. Juga dengan Hubspot, DomaiNesia bisa mendapatkan banyak sekali inspirasi seperti case studies, ebook atau artikel yang ada di halaman blog mereka.

Brightedge

Alat ini adalah pilihan tepat untuk alat content marketing. Karena Brightedge membantu DomaiNesians yang ingin membuat konten yang sesuai dengan target audiens. Brightedge dilengkapi dengan sebuah alat untuk mencari tahu apa yang sedang diminati oleh target audiens mu. Jadi DomaiNesians tak perlu bingung mencari ide konten lagi.

Idio

Dengan menggunakan alat yang satu ini, DomaiNesians bisa mendapatkan bantuan untuk membuat konten yang berdasarkan pada ketertarikan para audiens. Kamu juga bisa menggali lebih dalam tentang orang-orang yang relevan terhadap konten kamu tersebut. Konten-konten tersebut nantinya bisa diintegrasikan dengan berbagai macam channel pemasaran yang digunakan.

Please rate this

Pindah ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!

Komentar