• Home
  • Berita
  • Moodle adalah Software Open Source Dalam Dunia Pendidikan

Moodle adalah Software Open Source Dalam Dunia Pendidikan

Oleh Ratna Patria
No ratings yet.

Perkembangan era digital saat ini membuat kita memiliki banyak pilihan produk teknologi untuk membantu pekerjaan atau kegiatan kita. Tanpa sadar kita menggunakan berbagai macam teknologi di hampir semua aktivitas kehidupan kita dari bangun tidur sampai tidur lagi.

Sebagai contoh sebuah Lembaga tentu membutuhkan sebuah sistem untuk menunjang kinerja Lembaga tersebut. Salah satunya adalah Lembaga pendidikan. Lembaga pendidikan memerlukan sebuah sistem yang dapat mengakomodir interaksi antara guru, siswa dan infrastruktur penunjang proses pembelajaran.

Apa itu Moodle?

Kami akan mengulas sistem manajemen pendidikan yang dibuat untuk mempermudah sistem belajar jarak jauh. Mungkin sebagian dari kalian telah familiar dengan Moodle. Untuk yang belum tahu tentang software satu ini, jangan risau karena kami akan mengulas tentang Moodle.

Moodle adalah
Sumber: Freepik

Moodle adalah software yang biasa digunakan untuk membuat suatu pelatihan berbasis website dan internet yang biasa disebut dengan Learning Management System (LSM) atau Virtual Learning Environment (VLE).

Moodle adalah kependekan dari Modular Object-Oriented Dynamic Learning Environment. Maksud dari kata modular disini yakni, semua developer diseluruh dunia bisa menengembangkan dan menciptakan module-module baru untuk menambah fungsi dari Moodle.

Layanan Moodle bisa digunakan secara gratis karna software ini merupakan salah satu software open source. Moodle sendiri di diluncurkan pada tahun 2002 dan hingga saat ini software ini telah banyak digunakan di dunia Pendidikan. Misalnya program e-learning, kursus dan lain sebagainya.

Moodle juga bisa digunakan di berbagai jenis perangkat seperti windows, Mac OS, netware, Unix, Linux dan berbagai perangkat pendukung lainnya. Pembuatan Moodle juga bisa dibilang cukup mudah.

Pengguna cukup meletakan data ke database seperti PostgreSQL, Oracle, ODBC dan MySQL. Kemudian data akan muncul dalam bentuk Model dan dapat langsung digunakan oleh siapa saja.

Macam-Macam Fitur Moodle

Moodle adalah software yang dilengkapi dengan fitur-fitur yang menarik. Fitur-fitur ini tentu saja akan menunjang dan membantu proses belajar mengajar. Beberapa fitur yang dimiliki Moodle antara lain:

User Management

Dengan adanya User Management akan sangat membantu bagi administrator. Karena Moodle adalah software yang menyediakan fasilitas yang membagi 7 lapisan user. Sehingga administrator tidak terlalu sibuk dalam mengatur semua hal di situs tersebut. 7 lapisan user tersebut adalah Administrator, Course Creator, Teacher, Non-editing teacher, Student, Guest.

Moodle adalah
Sumber: Freepik

Course Creator

Fitur lain yang bisa kamu gunakan adalah Course Creator. Fitur ini memungkinkan kamu untuk menciptakan suatu course. Namun tidak semua user bisa melakukannya. Hanya user yang memiliki role sebagai teacher dan admin saja yang bisa melakukannya.

Walaupun role sebagai teacher bisa membuat course namun tetap tidak dapat mengubah course yang telah diciptakan. Course pada Moodle memiliki beberapa format diantaranya: LMAS Course Format, Weekly Format, Topics Format, CSS no table, Sosial Format, SCORM Format.

Assignments

Dengan adanya fitur ini para guru akan bisa dengan mudah memberikan tugas yang mengharuskan siswanya mengupload konten digital seperti laporan, essay, dan lain sebagainya.

Moodle adalah software yang juga kompatibel dengan berbagai jenis file. Sehingga siswa bisa mengupload tugas dengan berbagai jenis file misalnya, audio, video, image, spreadsheet, dan lain sebagainya.

Database Activity

Fitur ini memungkinkan para guru dan murid membuat dan melihat bank data mengenai berbagai macam topik. Menariknya mereka bisa memasukan data dengan semua format dan struktur data.

Forum

Forum adalah wadah interaksi yang bisa digunakan oleh para guru dan murid secara real time. Berbeda dengan chat, pada forum interaksi dilakukan secara asinkron yang artinya semua member yang tergabung dalam forum akan mendapat salinan dari postingan di email mereka.

Moodle adalah
Sumber: Freepik

Pembelajaran Sistem Daring

Demikianlah beberapa fitur yang disediakan oleh Moodle. Tentu masih banyak fitur-fitur lainnya yang bisa kamu gunakan. Kemajuan teknologi pada dunia pendidikan tentu menjadi sesuatu yang sangat menggembirakan.

Dengan adanya Moodle ini sedikit banyak dapat membantu sistem pembelajaran terutama pembelajaran dengan sistem daring. Namun yang perlu diperhatikan juga. Hal yang menjadi kekurangan dari Moodle adalah sistem ini tidak selalu didukung oleh web browser yang tersedia sekalipun kamu melakukan pembaharuan. So, selamat mencoba.

Ratna Patria


Nugie Dwitama
September 10, 2020

Menurut saya hal yang paling penting agar postingan atau artikel sering nangkring di page one adalah keyword research. Percuma artikel berkualitas authority bagus tapi saingannya web-web paus:v

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!