• Home
  • Berita
  • Magento: Perangkat Lunak untuk Penjualan Online

Magento: Perangkat Lunak untuk Penjualan Online

Oleh Ratna Patria
No ratings yet.

Perkembangan teknologi digital dibarengi dengan pertumbuhan e-commerce di Indonesia membuat banyak bermunculan aplikasi-aplikasi baru. Platform e-commerce bahkan memanfaatkan banyak aplikasi website berbasis CMS (Content Management System). Salah satu yang populer dipakai oleh para pelaku e-commerce adalah Magento.

Mengusung open-source (di download, di ubah, dan didistribusikan secara bebas), software ini menyertakan source code yang pemakaiannya bisa diubah sesuai kebutuhan. Konsisten dalam hal open commerce, Magento adalah CMS yang menyenangkan customer dengan memberikan pengalaman berbelanja digital dan fisik. Didukung dengan penyimpanan berbasis cloud, fitur plugin, asosiasi retail hingga manajemen pesanan.

Versi Magento

Tidak seperti Shopify yang berbayar dan Prestashop yang total gratis, Magento memiliki 2 jenis versi e-commerce, gratis dan berbayar. Dua versi e-commerce Magento adalah:

  1. Magento Open Source

Open source ini adalah versi gratis dari Magento. Sebelumnya disebut dengan Magento Community Edition, yang menyasar untuk kamu pemilik UKM yang baru mencoba berjualan dengan memanfaatkan platform online. Berbentuk platform komunitas, Magento Open Source telah dikreasikan sedemikian rupa untuk bisa digunakan oleh semua orang.

Fitur didalamnya memudahkan kamu untuk bisa dengan mudah melakukan analisa data penjualan di toko online. Kamu bisa mendapatkan analisa laporan dengan menggunakan Fitur Magento Business Intelligence Essentials untuk mendapatkan analisa yang lebih solid. Namun, Magento Open Source ini dikabarkan tidak akan lama lagi. Magento Open Source e-Commerce dikabarkan akan berakhir pada Juni 2020.

magento adalah
Sumber: Pixabay
  1. Magento Commerce

Versi berbayar dari Magento ini diluncurkan pada 11 April 2016. Tetap menggunakan cloud computing sehingga memudahkan pengguna untuk tetap bisa menjalankan aplikasi dimanapun. Magento versi berbayar ini merupakan bentuk CMS pasangan atau Platform as a Service (PaaS) karena pelanggan terhitung menyewa platform dan melakukan pembayaran setiap bulan. Timbal balik yang dilakukan Magento adalah pembaharuan sistem layanan yang terus pada server yang ada pada cloud.

Jika kamu menginginkan layanan dengan performa cukup bagus, Magento versi ini cukup memenuhi kebutuhanmu karena pelayanannya cukup komplit. Magento versi berbayar ini bisa digunakan oleh siapa pun, baik itu korporasi besar, perorangan, hingga bisnis UKM. Salah satu fitur unggulan yang diberikan pada Magento versi ini adalah Instant Purchase. Fitur ini menyimpan alamat penagihan yang dimiliki pelanggan, menyimpan kode pembayaran check out yang dilakukan dengan sistem single click, sehingga memudahkan pelanggan yang berbelanja secara mobile.

Fitur Magento

Setelah jabaran versi dari Magento di atas sekarang bahas mengenai fitur-fitur apa saja yang bisa kamu dapatkan ketika memilih Magento:

  1. Metode pembayaran

Magento adalah CMS yang menggunakan sistem pembayaran yang sudah terintegrasi dengan banyak platform fintech seperti PayPal, kartu kredit, wesel, cek, Google Checkout, Authorize.net hingga afiliasi pembayaran eksternal seperti EPAY, eWay, CyberSource dan yang lain.

  1. Shipping

Bekerja sama dengan vendor pengiriman, Magento bisa melakukan pengiriman ke beberapa alamat dengan vendor yang terpercaya seperti FedEx, DHL, UPS, USPS dan lainnya.

  1. SEO

Magento adalah CMS yang mendukung 100% mesin pencari yang ramah pengguna.

  1. Global support

Magento adalah CMS yang memiliki layanan dengan mendukung global support dengan menggunakan beberapa mata uang, memiliki daftar negara dengan bahasa yang bisa diakses, cakupan pembelian dan pengiriman serta lokalisasi dan perpajakan. Hal ini memudahkan pengguna untuk melakukan pembayaran yang dikehendaki.

magento adalah
Sumber: Pixabay
  1. Order management

Fitur Order Management memudahkan pengguna untuk bisa melihat, membuat, mengatur dan mengolah pesanan, mengelola faktur, melakukan pengiriman, dan memo kredit pada setiap pesanan.

  1. Mobile support

Platform ini sudah dilengkapi fitur yang bisa diakses menggunakan mobile device seperti Smartphone, tablet dan perangkat seluler lainnya.

  1. Pengelolaan mudah

Didukung dengan admin panel, Magento adalah CMS yang bisa dengan mudah mengelola perintah.

Produk Overview Magento

Jika kamu tertarik menggunakan Magento, ada beberapa produk yang bisa kamu masukkan ke sistem sesuai dengan ketentuan yang telah mereka buat. Pilihan jenis produk ini penting agar penjualan produk bisa disesuaikan dengan seperangkat fitur yang diperlukan dan dimiliki oleh Magento. Jenis produk tersebut adalah:

  1. Simple Products (Produk Sederhana)

Varian jenis produk ini adalah produk yang umumnya mudah dijumpai, tidak perlu dilakukan pemilihan ukuran atau warna dari produk. Contohnya : kaset, paper cup, gelas, tisu, dan lainnya.

  1. Grouped Products (Produk yang dikelompokkan)

Beberapa produk secara sederhana dikumpulkan dan kamu tidak bisa menetapkan harga yang spesifik untuk produk tersebut, yang bisa dilakukan adalah menentukan diskon. Contohnya: ponsel + earphone, sepatu + kaos kaki.

  1. Configurable Products (Produk yang bisa di konfigurasikan)

Pelanggan atau kamu bisa memilih produk sebelum membeli sesuai dengan warna dan ukuran yang diminati. Contohnya : pembelian laptop seri tertentu yang memiliki warna dan ukuran layar.

  1. Virtual Products (Produk Visual)

Produk yang dijual tidak memiliki bentuk fisik, tidak dapat dikirim, hanya diakses. Contohnya: kursus online, kelas online, pelatihan online dan lain sebagainya.

magento adalah
Sumber: Pixabay
  1. Bundled Products (Paket Produk)

Pelanggan atau kamu bisa membeli produk sesuai dengan paket yang ditawarkan dan tidak dapat dibeli secara terpisah. Contohnya : pembelian smartphone include earphone, casing, screen guard, kartu memori, charger, baterai dan juga layanan provider tertentu.

  1. Downloadable Products (Produk yang mudah diunduh)

Magento bisa menyediakan produk yang bahkan secara fisik tidak ada. Produk yang mudah diunduh menjadi hal yang dijual di platform ini. Contohnya: ebook, jurnal, file musik.

Kalau kamu berminat menggunakan Magento sebagai aplikasi toko online dan melakukan penjualan, kamu cukup mengunduh aplikasinya, menjalankan tutorial pemasangan dengan melihat demo, dan berbagai extension yang bisa digunakan untuk fitur web store dan meningkatkan performa toko online kamu. Semoga bermanfaat!

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?

Artikel

Lainnya


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!