• Home
  • Berita
  • Apa itu Firewall? Tingkatkan Keamanan Perangkat dengan Firewall

Apa itu Firewall? Tingkatkan Keamanan Perangkat dengan Firewall

Oleh Ratna Patria
5/5 (1)

Pada era digital saat ini penggunaan internet merupakan bisa diibaratkan sesuatu yang premier. Mobilitas dan gaya hidup yang menyebabkan internet sulit dipisahkan oleh kehidupan manusia saat ini. Internet juga memiliki dampak negatif selain banyak dampak positif yang bisa rasakan.

Karena internet adalah sesuatu yang dapat diakses oleh semua orang sehingga setiap orang pengguna internet dan pengguna perangkat untuk mengakses internet tersebut membutuhkan sistem keamanan. Mungkin kita lebih familiar dengan kata anti virus. Saat ini banyak sekali sistem keamanan yang tersedia dan bisa digunakan secara gratis.

Pengertian Apa itu Firewall

Kali ini kami akan membahas mengenai salah satu sistem keamanan yang bisa digunakan untuk mengamankan perangkat yang kamu pakai untuk mengakses internet. Mungkin sebagian dari kamu sudah pernah mendengar apa itu Firewall.

Apa itu Firewall
Sumber: Pixabay

Secara umum Firewall dikenal sebagai sistem yang mengatur komunikasi 2 jaringan yang berbeda. Firewall bisa diartikan sebagai suatu kombinasi antara hardware dan software yang berfungsi menjadi jaringan pemisah di antara jaringan komputer menjadi 2 atau lebih untuk menjaga keamanan perangkat tersebut.

Sistem keamanan ini memonitor dan mengontrol semua aktivitas jaringan keluar dan jaringan masuk yang kamu lakukan berdasarkan aturan keamanan yang sudah ditetapkan.

Secara sederhana, Firewall adalah sistem keamanan yang digunakan untuk meningkatkan keamanan komputer yang terhubung pada jaringan seperti LAN atau Wifi. Kebanyakan orang beranggapan jika Firewall adalah perangkat yang diinstal pada jaringan dan mengontrol lalu lintas melewati segmen jaringan.

Perlu kamu ketahui jika kamu juga dapat memiliki Firewall berbasis host yang bisa kamu jalankan pada sistem itu sendiri seperti: CF (Internet Connection Firewall). Pada dasarnya fungsinya sama yaitu untuk melindungi perangkat yang kamu gunakan.

Fungsi Firewall

Sebagai sistem keamanan, tentunya fungsi dari Firewall tidak sebatas melindungi perangkat yang kamu gunakan dari serangan yang membahayakan. Namun, banyak sekali fungsi Firewall yang mungkin belum kamu ketahui. Kami akan memberikan info apa aja sih sebenarnya fungsi dari sistem keamanan satu ini.

Pengontrol Keamanan pada Perangkat

Sebagai sistem keamanan tentu saja fungsi utama sebagai pelindung. Selain itu Firewall juga menjadi pengatur, pengontrol dan penyaring arus paket data yang mengalir pada jaringan komputer yang kamu gunakan. Termasuk modifikasi paket data yang datang sehingga dapat menyembunyikan IP Address.

Apa itu Firewall
Sumber: Pixabay

Sebagai Pos Keamanan

Firewall juga memiliki fungsi sebagai pos keamanan yang memiliki tugas menyaring, membatasi serta menolak semua aktifitas yang terjadi pada komputer dan bekerja secara otomatis sesuai dengan kriteria dari IP Address komputer sumber. Pada dunia maya banyak sekali kejahatan yang menunggu untuk menerkam perangkat yang tidak terlindungi atau memiliki perlindungan yang rendah.

Mencatat Aktivitas Pengguna Komputer

Firewall dengan otomatis akan mencatat seluruh aktivitas yang dilakukan pada perangkat tersebut sebagai dokumentasi. Dokumentasi tersebut akan digunakan untuk pengembangan sistem keamanan komputer dan melakukan otentikasi kepada akses data. Hal ini dapat membantu membantu sebagai pendeteksi dini akan kemungkinan terjadinya peretasan jaringan.

Cara Kerja Firewall

Setelah mengetahui apa itu Firewall, kamu pasti bertanya-tanya gimana cara kerja Firewall. Untuk menjawab hal tersebut berikut kami informasikan cara kerja dari Firewall yang bisa kamu gunakan untuk mengamankan komputer kamu:

Packet Filtering

Paket diintegrasikan terhadap satu set filter. Dalam proses ini Firewall akan melihat boleh tidaknya suatu data masuk ke komputer. Paket tersebut dapat diperiksa secara sendiri–sendiri atau diisolasi. Paket yang lolos melalui filter akan dikirim kepada sistem yang diminta dan paket yang dianggap berbahaya maka tidak akan diizinkan masuk atau langsung dibuang.

Proxy Service

Informasi dari internet diambil oleh Firewall lalu dikirim ke sistem yang diminta dan sebaliknya. Aplikasi ini berfungsi sebagai pemeriksa paket yang akan saling ditukarkan dalam jaringan sehingga akan lebih aman pada saat mengaksesnya.

Stateful Inspection

Dalam sistem ini Firewall tidak memeriksa konten setiap paket tetapi membandingkan bagian-bagian kunci tertentu dari paket dengan database yang terpercaya. Jika perbandingan menghasilkan kecocokan maka informasi tersebut akan diizinkan masuk namun jika tidak maka akan dibuang.

Apa itu Firewall
Sumber: Pixabay

Itulah sedikit penjelasan tentang apa itu Firewall. Mengapa kita butuh sistem keamanan untuk perangkat yang kita gunakan? Karena kita tidak pernah tahu kejahatan apa yang sedang mengintai dan menunggu untuk merusak perangkat yang tidak memiliki sistem keamanan yang baik. Tentunya kamu tidak ingin terjadi sesuatu pada komputer kamu, bukan?

Ratna Patria

Artikel

Lainnya


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!