Yuk, Backup Cloud VPS Dengan Mudah!

Oleh Mila Rosyida
No ratings yet.

Backup Cloud VPS – Seperti yang kita tahu, bahwa sekarang ini data merupakan hal yang sangat penting apalagi khususnya data pada suatu website. Salah satu pengelolaan untuk menjaga data website yaitu melakukan backup data. Sebuah website bisa diletakkan di hosting atau Cloud VPS. Nah, backup data yang ada di hosting dan Cloud VPS memang sedikit berbeda caranya. Karena layanan hosting biasanya bersifat Managed dan provider hosting memberikan fitur backup data. Sedangkan Cloud VPS ada yang bersifat managed dan unmanaged. Untuk Cloud VPS managed, bisa jadi provider Cloud VPS menyediakan fitur backup data. Berbeda dengan Cloud VPS umanaged yang mengahruskan kamu sebagai pemilik Cloud VPS untuk melakukan backup Cloud VPS sendiri secara rutin. Jadi, apabila sewaktu-waktu terdapat masalah pada file website, kamu masih memiliki salinan file website. Tapi jangan khawatir! Sebenarnya kamu bisa melakukan backup Cloud VPS dengan mudah. Mulai dari backup database hingga backup folder di Cloud VPS.

Persiapan Yang Harus Kamu Lakukan

Sebelum kamu melakukan backup Cloud VPS, silahkan masuk Cloud VPS kamu dengan SSH terlebih dahulu. Untuk lebih jelasnya silahkan baca Cara Remote Cloud VPS.

Baca Juga : Cara Install Ubuntu di Cloud VPS

Cara Backup Cloud VPS

Cloud VPS DomaiNesia merupakan Cloud VPS murah dan terbaik dengan menggunakan teknologi cloud modern yang membuat websitemu lebih stabil, cepat, aman, dan optimal. Tidak hanya itu, Cloud VPS DomaiNesia bekerja pada cluster server dan memiliki kemampuan untuk melakukan replikasi data sebanyak 3 kali secara real time. Sehingga apabila salah satu server mati, masih ada cadangan server yang lain. Menurut Wikipedia, backup merupakan proses membuat data cadangan sehingga data tersebut dapat digunakan kembali apabila terjadi kerusakan atau kehilangan Nah, untuk melakukan backup Cloud VPS, kamu bisa mulai dari melakukan backup database hingga folder di Cloud VPS. Masing- masing backup akan dijelaskan di bawah ini. Selamat mencoba Domainesians!

backup cloud vps

Ketahui lebih dalam tentang Perbedaan Cloud VPS Managed dan Unmanaged

Cara Backup Database Cloud VPS

Pada bagian ini adalah khusus backup database pada Cloud VPS secara manual ya Domainesians. Pertama- pertama kamu bisa masuk ke dalam direktori website yang ingin kamu backup databasenya. Misalnya /var/www/html/websitesaya.  Untuk masuk ke dalam direktori /var/www/html/websitesaya kamu bisa jalankan perintah di bawah ini.

Setelah masuk kamu bisa jalankan perintah berikut untuk melakukan backup database Cloud VPS. Sesuaikan nama database dengan nama database websitemu ya. Misalnya, pada panduan kali ini melakukan backup database dengan nama wp_data1 ke nama file hasil backup database yaitu wp_backup_data1.sql. Lalu, wp_user adalah username yang digunakan untuk masuk ke database.

Selanjutnya kamu bisa memasukkan password database dan proses backup database pada Cloud VPS akan berjalan. Nantinya hasil backup database akan disimpan di dalam direktori website yang telah di backup tadi pada langkah awal. Nah untuk mengecek apakah hasil backup database telah tersimpan, silahkan jalankan command berikut.

Cara Backup Folder Cloud VPS

Ketika backup database Cloud VPS sudah berhasil, sekarang saatnya backup folder pada Cloud VPS. Backup folder Cloud VPS ini bisa melalui 2 cara yaitu dengan cara manual dan melakukan setting agar backup bisa dilakukan secara otomatis. Sekarang kita akan melakukan backup folder Cloud VPS secara manual terlebih dahulu. Pertama-tama, kamu bisa masuk Cloud VPS dengan SSH terlebih dahulu. Kemudian silahkan masuk ke dalam folder atau direktori yang ingin kamu backup dengan perintah :

Kemudian untuk backup folder tadi, kamu bisa jalankan perintah di bawah ini.

nama-file-backup.tar merupakan nama folder .tar hasil backup. Sedangkan nama-folder merupakan nama folder yang ada di dalam folder .tar.

Cara Backup Folder Secara Otomatis

Selain backup Cloud VPS secara manual, kamu juga bisa melakukan setting agar backup Cloud VPS bisa dilakukan secara otomatis. Pada Ubuntu, terdapat tools yang bisa mengatur agar backup dilakukan secara otomatis dan terjadwal. Tools tersebut bernama automysqlbackup. Automysqlbackup bertugas seperti halnya tugas cron pada hosting. Pertama, silahkan install automysqlbackup terlebih dahulu.

Baca Juga : Cara Backup Harian Dengan Cronjob

Selanjutnya jalankan perintah berikut.

Lalu, kamu bisa menjalankan command di bawah ini untuk melakukan backup harian.

Kesimpulan

Untuk melakukan backup Cloud VPS mulai dari backup database hingga folder sudah dijelaskan baik secara manual maupun otomatis. Terkadang beberapa data pada Cloud VPS memang harus dibackup secara manual karena berkaitan dengan kebutuhan user. Jadi, mau backup secara manual atau otomatis, semua dilakukan sesuai kebutuhan. Yang terpenting adalah selalu melakukan backup data secara berkala untuk menghindari hal- hal yang tidak diinginkan seperti data rusak, hilang, diserang virus, hingga ketidaksengajaan. Jika kamu merasa sudah bosan dengan VPS kamu yang sekarang dan ingin berganti provider lain, DomaiNesia cocok sebagai tempat yang harus kamu coba. Buat kamu yang ingin bermigrasi ke Cloud VPS DomaiNesia, silahkan baca Cara Migrasi ke Cloud VPS DomaiNesia.

Baca Juga : Remote Server, Mengelola Server Dimanapun dan Kapanpun

Mila Rosyida

Halo ! I'm a Technical Content Specialist in DomaiNesia. I love learn anything about Technical, Data, Machine Learning, and more Technology.

Artikel

Lainnya


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!