• Home
  • Berita
  • Analisis SWOT : Pengertian, Metode, Contoh Case Study Piala Dunia

Analisis SWOT : Pengertian, Metode, Contoh Case Study Piala Dunia

Oleh Mutiara Auliya
Analisis SWOT

Apasih pengertian dari analisis SWOT ? dan bagaimana cara menggunakan analisis SWOT? kita akan membahas satu per satu di dalam artikel ini.

Pengertian Analisis SWOT dan Penerapan di Piala Dunia

Menurut wikipedia analisis SWOT adalah teknik yang digunakan oleh individu maupun kelompok atau organisasi untuk mengidentifikasi strengthsweaknessopportunities dan threats. Biasanya analisis SWOT menggunakan beberapa pertanyaan dan jawaban untuk menggali data sebagai acuan untuk membuat strategi dan rencana untuk sebuah organisasi atau individu.

Strengths Pada Analisis SWOT

Strengths (Kekuatan) pada analisis SWOT menunjukkan kekuatan dan atau kelebihan internal. Sebagai contoh strength sendiri kamu akan melihat kekuatan dari tim yang masuk 8 besar piala dunia dari segi data statistik, formasi yang pernah digunakan, dan tentu saja pemain yang akan bermain di pertandingan 8 besar piala dunia .

Atau lebih mudahnya kamu bisa menanyakan pertanyaan dan menjawab pertanyaan tersebut seperti : berapa kali tim ini menang? siapa kontribusi pencetak gol dari tim ini? formasi apa yang sering digunakan untuk tim ini? dll. Lebih detail pertanyaan, akan lebih baik dalam menganalisa. Sebagai contoh lain kamu bisa mengidentifikasi strengths dalam memilih sebuah layanan hosting dan domain ketika kamu ingin membuat website dengan menganalisa kelebihan DomaiNesia dari penyedia layanan hosting tersebut, silahkan dipraktikkan ya.

Weakness Pada Analisis SWOT

 Weakness (Kelemahan) yaitu untuk mengidentifikasi kelemahan dan memperbaiki kelemahan tersebut dengan segera.

Untuk penerapan di tim 8 besar tim piala dunia ini adalah sebagai berikut : kebobolan dari sisi mana apakah bek sayap, bek tengah? statistik pertandingan seperti penguasaan bola dan shoot on target? dengan demikian kita bisa menganalisa kelemahan kita dan memperbaiki dengan hasil yang baik.

Opportunities Pada Analisis SWOT

Opportunities (Peluang) merupakan faktor eksternal dari individu atau organisasi yang bisa digunakan untuk keuntungan mereka.

Sebagai contoh di kasus 8 besar piala dunia ini adalah pertanyaan seperti berapa jeda waktu saat terakhir mereka bertanding? estimasi pengalaman atau jam terbang dari tim tersebut?

Threats Pada Analisis SWOT

Threats (Ancaman) dalam analisis SWOT merupakan faktor eksternal yang berpengaruh buruk yang mempengaruhi dari sebuah organisasi dan atau individu.

Untuk studi kasus dari 8 besar piala dunia ini adalah dengan mempertimbangkan faktor faktor seperti, apakah pemain yang inti dari tim tersebut bermain? jika tidak apakah ada pengganti yang sepadan.

Nah, jadi kamu sudah tahu seperti apa analisis SWOT secara umum, kita akan menggunakannya untuk menganalisa 8 besar piala dunia , sehingga kita mampu mendapatkan prediksi yang akan bermain di semifinal. Mari kita analisa satu persatu 8 tim yang akan bermain di putaran perempat final piala dunia dengan analisis SWOT.

 

analisis world cup 2018

Sumber : unsplash.com

Studi Kasus Analisis SWOT : Piala Dunia Perancis vs Uruguay

Analisis SWOT Tim Piala Dunia Perancis

1. Strenghts untuk Perancis

Kita akan menganalisa strenghts yang dimiliki tim perancis yang mencakup gaya bermain, formasi, statististik dan histori permainan dan pemain yang bermain di tim perancis.

  • Histori dan Statistik: Perancis telah mengikuti piala dunia sebanyak 17 kali dengan berhasil mendapatkan gelar juara 1 kali di tahun 1998. Perancis sendiri sekarang menempati peringkat 7 FIFA. Untuk histori dan statistik permainan pada partai grup, perancis yang tergabung di grup C belum pernah mengalami kekalahan dengan statistik 2 kali menang dan satu kali draw. Dan untuk partai 16 besar perancis berhasil menundukkan argentina dengan partai sengit.
  • Formasi dan Strategi: Di pertandingan terakhir saat melawan argentina perancis menggunakan formasi 4-2-3-1 dengan, strategi bertahan dan mengandalkan serangan balik yang sangat cepat. Terbukti formasi ini bisa mengalahkan argentina yang harus mengakui ketangguhan Perancis.
  • Pemain: Beberapa pemain top perancis yang bisa menjadi andalan adalah di bagian penyeran seperti GiroudGriezmannMbappePogba, jika mereka bermain dalam kondisi fit maka akan menjadi tim yang susah untuk dikalahkan.

2. Weakness untuk Perancis

Nah di weakness ini merupakan kelemahan atau rencana tambahan yang harus segera di tutupi oleh perancis.

  • Histori dan statistik: Di fase grup piala dunia perancis sangat minim mencetak goal produktifitas goal kurang. Namun di fase 16 besar perancis mampu mencetak 4 goal di satu pertandingan yang menandakan strategi mereka bekerja dengan baik.
  • Formasi dan strategi: Seperti yang telah dibahas point di atas adalah perancis dengan permainan counter attact mampu menembus ke babak 8 besar walaupun hanya dengan sedikit goal yang mereka cipatakan saat fase penyisihan grup.
  • Pemain: Bebeberapa pemain kunci seperti matuidi tidak dapat bermain dikarenakan akumulasi kartu kuning yang didapat, sehingga mungkin akan sedikit mengurangi perfoma perancis pada babak 8 besar nanti.

3. Opportunity untuk perancis

  • Histori dan statistik: permainan Perancis belum terkalahkan saat fase grup sehingga mereka punya modal yang positif selain itu dibanding kan lawanya di babak 8 besar nanti perancis sedikit mendapatkan keuntungan dengan istirahat yang lebih panjang.
  • Pemain: Pemain kunci uruguay Edison Cavani dikabarkan tidak bisa bermain saat laga melawan perancis dikarenakan cidera saat melawan portugal di laga penyisihan 16 besar, ini merupakan sebuah keuntungan tersendiri untuk perancis.

4. Threats untuk Perancis

  • Histori dan statistik : permainan Perancis menggunakan strategi bertahan dalam pertandingan sebelumnya, akan sulit jika melawan uruguay yang memiliki tipe permainan yang sama, salah satu harus bermain terbuka dan kemungkinan yang bermain lebih terbuka adalah uruguay.

Analisis SWOT Tim Piala Dunia Uruguay

1. Strengths untuk Uruguay

Nah sekarang giliran uruguay yang akan kita bahas untuk kelebihan dari tim uruguay. Kita akan membahas dari segi yang sama seperti histori dan statistik pertandingan, pemain dan strategi permainan.

  • Histori dan statistik: Bila kita lihat di fase grup maupun di penyisihan 16 besar, uruguay juga mendapat trend positif dengan belum pernah menerima kekalahan sekali pun. Dari segi statistik pun uruguay juga memiliki statistik yang bagus, Uruguay bermain di Piala dunia sebanyak 12 kali dengan gelar juara sebanyak 2 kali. Pencapaian yang luar biasa bukan?
  • Strategi dan Formasi: Dari 3 pertandingan terakhir uruguay yang mereka lakoni uruguay konsisten menerapkan formasi 4-1-2-1-2 dengan ujung tombak penyerang atau target man adalah Edison Cavani dan Luis Suarez, Terbukti dengan serangan balik yang cepat mereka bisa sampai lolos ke 8 besar piala dunia .
  • Pemain: Beberapa pemain kunci dari Uruguay sendiri yang sangat tajam adalah Edison Cavani yang telah sukses mencetak 3 goal untuk uruguay dan Luis Suarez.

2. Weakness untuk Uruguay

Selanjutnya adalah kelemahan yang dimiliki oleh uruguay berdasarkan historistatistik, formasi dan strategi serta Pemain.

  • Histori dan statistik: Dari segi histori ketika berhadapan dengan perancis, perancis lebih banyak mengikuti gelaran piala dunia dibandingkan uruguay, namun uruguay lebih banyak menerima gelar juara dengan 2 kali mendapatkan gelar juara dunia.
  • Strategi dan formasi: Dari segi formasi dan strategi baik perancis maupun uruguay sama sama memanfaatkan serangan balik yang cepat sehingga salah satu diantara mereka akan lebih menguasai pertandingan.
  • Pemain: Uruguay di rugikan atas cideranya Edison Cavani. Bomber uruguay yang telah mencetak 3 goal di gelaran piala dunia ini mengalami cidera pada pertandingan melawan portugal, hal ini sedikit mengurangi daya dobrak Uruguay namun tidak menutup kemungkinan bahwa uruguay bisa mengganti strategi dan mengandalkan Luiz Suarez sebagai tombak penyerang.

3. Opportunities untuk Uruguay

  • Pemain: Beberapa pemain andalan perancis juga tidak bisa tampil di laga 8 besar karena hukuman akumulasi kartu kuning, yakni matuidi sehingga uruguay bisa memanfaatkan lini tengah mereka untuk menguasai pertandingan.

4. Threats Untuk Uruguay

  • Strategi dan formasi: Strategi perancis yang menyerang dengan sangat cepat akan membuat pertahanan uruguay kocar kacir, walaupun uruguay memiliki bek kelas atas uruguay patut mewaspadai serangan balik perancis yang sangat cepat terutama dari sektor sayap.

Kesimpulan Analisis SWOT Perancis vs Uruguay dengan

Baik perancis dan uruguay sama sama memiliki kesempatan untuk masuk ke perempat final. Berdasarkan analisis SWOT yang dilakukan, mereka menerapkan strategi yang hampir sama yaitu mengandalkan serangan balik, sehingga serangan balik yang lebih efektif akan menjadi hal yang sangat dibutuhkan oleh kedua tim.

Karena uruguay dan perancis sama sama memiliki, baik kemampuan tim maupun pemain yang hampir sama kualitasnya dengan uruguay kita akan mencoba beberapa skenario berdasarkan analisis diatas.

Skenario Pertama Perancis tampil lebih menyerang daripada uruguay, kemungkinan tidak tampilnya Edison Cavani harus dimanfaatkan oleh Perancis, serangan balik dari uruguay yang biasanya ditujukan ke Cavani tidak akan berhasil dikarenakan Cavani kemungkinan absen di laga ini.

Skenario Kedua Uruguay tampil lebih menyerang dengan mengandalkan lini tengah mereka dan suarez. Lini tengah perancis yang ditinggalkan oleh matuidi bisa menjadi kelemahan untuk perancis sehingga bisa dimanfaatkan oleh uruguay. Namun uruguay juga harus berhati hati dengan serangan balik perancis karena di beberapa pertandingan terakhir perancis sangat mengandalkan serangan balik dan terbukti positif.

Nah, jadi tim dukungan kalian mana saja? apakah perancis? atau uruguay nih? jalo dari hasil analisis nya 50 : 50, soalnya mereka sama sama tim yang kuat diatas kertas. Selamat menyaksikan dan menikmati pertandingannya ya guys?

Jangan lewatkan tips, promo, berita dari domainesia ya?

Kesimpulan Analisis SWOT

Dalam analisis SWOT jika Anda sudah mengetahui apa kelebihan dan kekurangan Anda, Langkah pertama adalah Anda harus mencari tahu bagaimana Anda mencari tahu kekuatan Anda untuk memanfaatkan peluang . Lalu, Cari tahu apakah kekuatan Anda bisa menyelesaikan permasalahan atau ancaman yang ada saat ini. Pakailah analisa ini untuk mengetahui apa saja tindakan yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi ancaman.

Mutiara Auliya

Hi! I am Data Analyst and Technical Writer at DomaiNesia. I love Linux, Python, Server, WordPress, Data Analysis and Artificial Intelligence. I will help you making some technically being easy to understand :)


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah

This will close in 0 seconds