Cara Cek Plagiarisme Online3 min read

No ratings yet.

cara cek plagiarism online
Hai DomaiNesians! Kali ini kita akan membahas mengenai cara cek plagiarisme online dan gratis. Bahasan ini mungkin cocok untuk kamu yang sedang memimpin sebuah tim penulis artikel. Atau pemilih sebuah blog yang menyerahkan penggarapan kontennya kepada seorang penulis lepas.

Alat Cek Plagiarisme Online

Sebuah konten yang diunggah ke website dan blog harus sebuah konten yang original. Meskipun merupakan tulisan yang bersumber dari tulisan orang lain, karya tersebut harus tetap original dari segi penulisan. Yang artinya tidak ada copy-paste dari artikel orang lain yang dijadikan rujukan.

Untuk itu DomaiNesians, dibutuhkan sebuah alat yang bisa membantu untuk melakukan pengecekan terhadap konten yang telah dibuat. Karena tidak mungkin bukan mencocokkan satu persatu dengan hasil tulisan di dunia maya? Dan berikut ini adalah alat-alat yang bisa bantu kamu untuk mengecek plagiarisme secara online dan beberapa bisa digunakan secara gratis.

Copyscape

copyscape

Copyscape adalah alat cek plagiarisme online dan gratis yang banyak sekali digunakan oleh para konten editor. Alat ini akan membantu kamu untuk menemukan plagiasi yang ada di artikel yang disandingkan dengan artikel lain atau tulisan lain yang sudah ada di dunia internet. Kamu tinggal memasukkan url artikel kamu atau website yang ingin kamu cek tingkat plagiasinya pada kolom yang sudah tersedia  di halaman Copyscape.

Selanjutnya Copyscape akan secara otomatis mencari salinannya dan menemukan kesamaan-kesamaan pada halaman lain di internet. Untuk penggunaan gratis, kamu hanya diizinkan untuk menggunakan beberapa kali saja. Sedangkan untuk penggunaan yang lebih banyak, kamu bisa memperoleh aksesnya dengan menggunakan versi premiumnya.

Baca Juga: 10 Alat Ini Bisa Bantu Maksimalkan Content Marketing

Small SEO Tools

Alat yang satu ini seringkali digunakan untuk melakukan pengecekan plagiasi secara cepat dan gratis. Kamu tidak perlu mendaftar atau membuat account untuk menggunakannya. Tinggal menuju halaman Small SEO Tools dan mengisikan artikel yang ingin kamu cek tingkat plagiasinya, maka alat ini akan secara otomatis menjalankan pengecekannya.

Small SEO Tools nggak hanya dikenal dengan fitur pengecekan plagiasinya saja loh. Tapi juga ada beberapa alat yang bisa digunakan untuk keperluan optimasi SEO websitemu. Misalnya adalah pengecekan Domain Authority, Keyword Position, ataupun Backlink Checker.

Unicheck

Unicheck cukup populer di dunia kepenulisan konten, baik di bidang profesional maupun pendidikan. Hal ini karena alat yang satu ini dapat mengakses lebih dari 40 miliar halaman yang ada di internet. Tidak hanya itu, namun juga memperoleh akses pada database dunia pendidikan dan perpustakaan berskala internasional.

Unicheck ini gratis digunakan untuk artikel dengan maksimal jumlah kata sebanyak 200 saja. Sedangkan untuk bisa mendapatkan jumlah yang lebih banyak bisa menggunakan versi berbayarnya dengan harga mulai dari 5 dollar saja.

Grammarly

Mungkin DomaiNesians pernah melihat iklan dari aplikasi yang satu ini atau pernah mencoba menggunakannya. Ya! Alat yang satu ini memang lebih dikenal sebagai alat yang bisa membaca kesalahan grammar dalam Bahasa Inggris dan membetulkan struktur kalimat. Namun ada satu fitur yang juga terdapat pada aplikasi ini yang bisa digunakan untuk mengecek plagiarisme.

Fitur cek plagiarisme online yang diberikan Grammarly tidak hanya untuk Bahasa Inggris saja loh. Kamu bisa memasukkan juga artikel dalam Bahasa Indonesia. Namun untuk pengecekan grammar dan structure hanya bisa dilakukan jika konten menggunakan Bahasa Inggris.

Writecheck

Alat cek plagiarisme online ini bisa dibilang mirip dengan Grammarly karena memiliki fitur untuk memperbaiki tata bahasa maupun grammar. Sekaligus, aplikasi ini juga memiliki fitur untuk melakukan scan terhadap tulisan yang ingin dicek plagiasinya. Aplikasi Writecheck ini merupakan aplikasi berbayar dengan harga mulai dari 7 dollar.

Plagscan

Jika kamu membutuhkan sebuah software untuk cek plagiarisme yang cukup kuat. Plagscan bisa menjadi salah satu alternatif untuk dipilih. Karena Plagscan banyak direkomendasikan oleh kalangan akademisi, yang tentunya banyak sekali memproduksi tulisan-tulisan.

Plagscan ini merupakan aplikasi yang berbayar, namun kamu dapat memperoleh free trial baik untuk personal maupun grup. Percobaan gratis ini dapat digunakan dengan cara membuat account di halaman mereka.

Plagtracker

Plagtracker adalah sebuah alat yang bisa membantu kamu untuk menemukan plagiasi yang ada di setiap konten. Plagtracker ini bisa digunakan dengan versi berbayar, namun fitur yang disediakan cukup lengkap. Karena menyediakan pengecekan grammar, kemudian membuat laporan dalam versi PDF, dan bisa digunakan untuk mengecek file dalam jumlah yang banyak sekaligus.

Namun, untuk kalian yang ingin menggunakannya dalam versi gratis pun juga bisa. Namun layanan yang diberikan cukup dibatasi karena hanya bisa menerima maksimal lima ribu kata.

Nah, bagaimana DomaiNesians, kamu tertarik menggunakan yang mana?

Please rate this

Pindah ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!

Komentar