• Home
  • Berita
  • 9+ Cara Membuat Iklan yang Menarik Supaya Banjir Order

9+ Cara Membuat Iklan yang Menarik Supaya Banjir Order

Oleh Ayoni Sulthon
No ratings yet.
9+ Cara Membuat Iklan yang Menarik Supaya Banjir Order

Iklan tidak boleh dikemas secara asal-asalan. Perlu teknis yang khusus untuk bisa membuatnya menarik di mata calon konsumen. Ini perlu berfikir secara kreatif demi membuat konsumen ingin beli suatu produk. Cara membuat iklan tersebut bisa dilakukan dengan memperhatikan beberapa hal tertentu. Iklan yang baik justru bisa membuat konsumen yang melihatnya jadi ingin menikmati sampai selesai, jika itu ada dalam bentuk film.

Bahkan memilih tempat untuk memasang iklan juga tidak kalah penting. Itu bisa membuat kamu mendapatkan konsumen yang sesuai dengan produk yang dijual.

cara membuat iklan menarik adalah

  1. Undang Tamu Khusus yang Punya Banyak Penggemar

Bagian pemasaran perlu memahami apa yang sedang digandrungi oleh sebagian besar masyarakat yang menjadi target jualannya. Kita bisa belajar dari perusahaan yang sudah berdiri sekarang. Misalkan saja Tokopedia. Marketplace yang satu ini kerap mengundang beberapa artis Korea. Kemudian, ia membuat iklan kerjasama bersama dengan idol Kpop tersebut.

9+ Cara Membuat Iklan yang Menarik Supaya Banjir Order

Ini masuk dalam cara membuat iklan yang cukup jitu. Semakin banyak penggemar dari suatu tokoh, maka akan berdampak semakin baik terhadap pamor dari pihak yang mengundang kerjasama. Biasanya fandom dari setiap grup idol jadi akan tertarik paling tidak untuk mencoba suatu produk yang mengajak kerjasama idola mereka.

Tokopedia hanya merupakan salah satu contoh saja. Ada banyak contoh kerjasama lainnya, seperti brand terkenal Nike, Vogue yang bekerjasama dengan Blackpink. Sampai dengan saat ini, cara membuat iklan yang menarik di mata konsumen adalah dengan mengundang tamu khusus untuk diadakan kerjasama.

  1. Ciptakan Detail yang Kreatif

Menjadi orang yang kreatif itu tidak mudah. Itulah mengapa masyarakat suka melihat iklan yang menggunakan ide yang segar. Cara membuat iklan yang satu ini juga tidak kalah pentingnya dan iklan yang kreatif benar-benar bisa menjadi pembeda yang nyata dalam menarik perhatian konsumen. Pastikan kreativitas tersebut juga harus bermakna positif, sehingga tidak menimbulkan kontroversial di kalangan konsumen.

Cara membuat iklan yang kreatif bisa dilakukan dengan merekrut orang-orang yang memang memiliki pemikiran tersebut. Elemen kreativitas dapat membantu konsumen dalam mengingat suatu brand. Elemen yang dimaksud bisa berupa apa saja, seperti mascot, warna, jenis huruf, dan lain-lain. Pahamilah bahwa tidak semua orang itu kreatif dan kamu bisa menyerahkan bagian kreativitas ini kepada desainer iklan yang profesional.

Perusahaan yang berhasil menerapkan cara membuat iklan yang kreatif akan bisa menarik perhatian konsumen dan akan langsung berdampak pada minat mereka untuk membeli. Tentunya ini akan sangat berperan dalam kesuksesan suatu marketing dalam menjual produk atau layanan perusahaan. Itulah mengapa sebagian besar pembuatan iklan memerlukan orang-orang yang kreatif.

  1. Pilih Platform yang Tepat

Cara membuat iklan yang berikutnya adalah dengan memilih platform yang tepat. Media sosial pasti memiliki kelebihan masing-masing dan ada yang memiliki pengguna lebih banyak antara media sosial satu dengan lainnya. Pemilihan platform yang tepat sangat penting, karena akan bisa menentukan konsumen jenis apa yang dimungkinkan tertarik terhadap produk atau layanan yang ditawarkan perusahaan.

9+ Cara Membuat Iklan yang Menarik Supaya Banjir Order

Bagian marketing sudah harus menjalani riset secara mendalam mengenai platform apa yang paling cocok untuk beriklan. Hal tersebut akan sangat berpengaruh atas kesuksesan dari pelaksanaan cara membuat iklan yang menarik.

Platform yang dimaksud tidak hanya berupa media sosial saja. Ada beberapa platform lain yang bisa dimanfaatkan supaya bisa mendapatkan banyak perhatian dari konsumen. Cara membuat iklan dengan pemilihan platform, dapat juga dilakukan dengan menggunakan Youtube, plang di jalan, banner, iklan digital melalui aplikasi, dan lain sebagainya.

Bijaksana dalam memilih platform. Apabila kamu mendirikan perusahaan sebagai suatu startup yang menawarkan produk inovatif dan juga berkualitas, maka hindari memasang iklan di iklan baris. Kamu bisa saja memasang iklan di Youtube, Podcast, dan media aplikasi lain.

  1. Pilih Judul dan Moto yang Unik

Kamu juga bisa membuat judul dan juga moto yang unik untuk bisa menarik minat konsumen guna melihat iklan keseluruhan. Gunakan bahasa yang fleksibel alias menyesuaikan dengan produk yang dijual. Apakah produk berhubungan dengan profesionalitas atau bersifat santai. Kamu perlu menyesuaikan penggunaan bahasa dalam tahap cara membuat iklan yang satu ini. Cara membuat iklan ini juga bisa membuat konsumen menjadi penasaran dengan apa sebenarnya keunggulan dari produk yang diiklankan.

Konsep judul dan moto ini dipakai oleh seluruh perusahaan di segala macam bidang. Misalkan saja moto untuk tempat gym adalah “Tubuh harus sehat jika tidak suka dengan obat.” Moto tersebut bisa saja menjadi ciri khas dari suatu perusahaan di bidang kesehatan juga. Tidak ada perusahaan lain yang boleh menggunakan moto yang sudah dipakai tersebut. Cara membuat iklan pada tahap ini perlu dirancang dengan sungguh-sungguh.

  1. Perhatikan Detail dari Desain

Entah apapun bentuk iklan, biasanya akan menggunakan desain khusus. Setiap pengerjaan desain iklan perlu dirancang secara matang. Cara membuat iklan yang satu ini memegang kunci yang paling penting. Meskipun kamu sudah mengundang tamu dan melakukan beberapa cara membuat iklan yang lainnya dan belum melaksanakan langkah kelima ini, bisa dipastikan iklan yang dibuat tidak akan terlalu menarik perhatian konsumen.

Bisa-bisa target penjualan jadi tidak tercapai ketika mengabaikan detail pembuatan desain iklan. Hanya orang yang perfeksionis saja yang memperhatikan detail. Sebagian besar orang yang kritis sudah pasti akan mempertimbangkan cara membuat iklan dari suatu perusahaan. Semakin detail akan semakin baik, karena bisa membuat iklan lulus menarik perhatian konsumen.

  1. Pakai Bahasa Persuasif

Cara membuat iklan yang selanjutnya adalah menggunakan bahasa persuasif. Jika kamu adalah seseorang yang gemar membaca buku novel, kamu pasti percaya bahwa tulisan yang bagus bisa menarik minat pembaca terus melanjutkan membaca novel. Orang yang pandai berkata-kata memang akan bisa menarik perhatian orang lain melalui apa yang ditulisnya.

Namun dalam bahasa iklan, bahasa yang perlu diperhatikan adalah bahasa persuasif. Cara membuat iklan yang satu ini perlu menggunakan kata-kata yang tepat untuk bisa membujuk konsumen sesuai target untuk membeli apa yang kamu jual.

  1. Pasang Tawaran yang Menarik

Siapa yang tidak suka dengan kejutan maupun tawaran menarik lainnya. Konsumen juga sudah pasti suka dengan hal tersebut. Pastikan kamu untuk memasang penawaran yang menarik dalam iklan. Cara membuat iklan dalam tahap ini benar-benar mirip seperti katalis bagi konsumen untuk mencoba produk yang ada tawaran menarik di dalamnya.

Contoh dari penawaran menarik bisa berupa gratis 1 beli 1, potongan harga, dan lain-lain. Bisa juga dengan memberikan sampel terhadap produk lain. Pemberian sampel tersebut sebagian besar diberlakukan dalam industri cairan pembersih ruangan, kosmetik, dan lain-lain. Pastikan kamu untuk mencantumkan tawaran dalam iklan sebagai salah satu cara membuat iklan yang bisa menarik konsumen.

  1. Pasang Testimoni dalam Iklan

Cara membuat iklan lain yang bisa mencuri perhatian konsumen adalah dengan mencantumkan testimoni di dalam iklan. Testimoni bisa menjadi bagian yang penting dalam membangun kepercayaan konsumen dengan perusahaan atau terhadap produk yang dijual. Tentunya kamu bisa memahami bahwa seorang konsumen sudah pasti punya banyak kecemasan, terutama ketika harus berbelanja online.

Kamu juga perlu memperhatikan cara membuat iklan dalam tahapan ini. Berikan beberapa testimoni positif dari konsumen terhadap produk perusahaan. Ini bisa meyakinkan konsumen bahwa produk yang kamu tawarkan sudah memiliki track record yang baik.

  1. Beri Tahu Nilai Positif Produk

Sebuah iklan yang baik mencantumkan keunggulan produk yang ditawarkan kepada konsumen dibandingkan dengan kompetitor serupanya. Beberapa keunggulan yang dimaksud bisa berupa pelayanan customer service sampai 24 jam atau keunggulan lainnya. Cara membuat iklan dengan memberi nilai positif dapat membuat konsumen untuk beralih ke produk kamu.

Pastikan untuk memberikan seluruh nilai positif yang dicantumkan dalam iklan. Jika kamu sudah menerapkan cara membuat iklan yang satu ini dan terus menjaga kualitas produk, maka besar kemungkinan bahwa produk yang kamu jual bisa memenangkan hati konsumen atas produk lain yang serupa. Dengan kata lain, kamu akan mudah mencapai target penjualan dengan menerapkan seluruh tips yang sudah dijelaskan di sini.

Ayoni Sulthon

SEO Strategist DomaiNesia, ask me all about SEO and Digital Marketing.

Artikel

Lainnya


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!