• Home
  • Tips
  • 11 Ide Promo Kreatif Untuk Meningkatkan Penjualan

11 Ide Promo Kreatif Untuk Meningkatkan Penjualan

Oleh Ratna Patria
No ratings yet.

DomaiNesians! Apa kamu tahu kalau promosi dan pemasaran itu berbeda makna? Singkatnya, bisnis kamu harus melakukan promosi sebagai bagian dari strategi pemasaran. Pemasaran mencakup semua strategi dan kegiatan yang dijalankan bisnis untuk mendapatkan awareness audiens.

Cara pemasaran ini mencakup riset bisnis dan audiens agar pesan yang disampaikan tepat sasaran. Promosi biasanya bersifat jangka pendek dan dalam waktu tertentu saja dengan tujuan untuk meningkatkan penjualan.

11 Ide Promo Kreatif untuk Meningkatkan Sales

Ketika kamu mau meluncurkan produk baru, membuka toko baru atau ingin mengumumkan penawaran bisnis, kamu harus berpromosi untuk memastikan audiensmu tahu semua info tersebut. Lalu, bagaimana cara berpromosi secara kreatif untuk menarik perhatian target audiens dan kompetitor? Simak list di bawah ini untuk tahu ide-ide promo kreatif untuk meningkatkan penjualan bisnismu.

Ide Promo Kreatif
Sumber: Freepik

Gunakan Harga Normal dengan Tambahan Produk atau Jasa

Cara ini sangat cocok untuk model bisnis B2B (business to business). Kamu bisa menawarkan harga dasar produk atau jasa tetapi kamu tambahkan dengan berbagai layanan gratis.

Ide promo kreatif seperti ini bisa dengan memakai embel-embel free atau tambahan produk atau layanan sehingga bisa mentrigger psikologis target audiens kamu daripada harus memakai kata diskon pada promosimu. Misalnya dengan pembelian 10 barang, pelanggan mendapatkan gratis totebag.

Tawarkan Program Member

Loyalitas pelanggan adalah kunci. Banyak bisnis mengumpulkan para pelanggannya dalam klub loyalitas atau member. Tetapi kamu jangan hanya menjadikan mereka member, kamu juga perlu memberikan promo baik itu hadiah ketika mereka mendaftar atau penawaran khusus yang hanya ada di program member kamu seperti potongan harga khusus member.

Promosi dengan Target Tertentu

Audiens pasti menyukai hal-hal yang berbau diskon, obral dan promo. Kamu bisa meningkatkan sales dengan menarget kalangan tertentu. Misalnya promosi berdasarkan history pembelian mereka.

Bukan bermaksud diskriminatif, ide promo kreatif ini bisa kamu gunakan ketika kamu sudah memiliki dan menganalisis data para pelanggan sebelumnya, jadi kamu bisa menargetkan jenis promosi yang akan kamu jalankan.

Giveaway di Media Sosial

Ketika kamu membuat acara, menjelang acara kamu bisa mengadakan kontes atau giveaway dengan berbagai ketentuan yang bisa kamu terapkan. Hadiahnya bisa berupa tiket gratis atau potongan harga tertentu.

Siapa yang tidak suka gratis? Jangan lupa untuk sertakan hashtag atau mengajak teman yang lain untuk menarik perhatian lebih banyak target audiensmu. Semakin menarik hadiahnya, ini bisa menjadi ide promo kreatif untuk penjualan acaramu.

Membuat Sneak Peek atau Review Acara

Kamu bisa mempromosikan acaramu dengan cara membuat acara di jalan atau tempat hits yang berisi sedikit bocoran atau preview dari acaramu nanti. Dalam acara ini kamu bebas berpromosi secara kreatif tentang acaramu dan menghadiri beberapa pengisi acara nanti. Kamu juga bisa membuka booth tiket di lokasi untuk memudahkan mereka membeli tiket. Tetapkan harga tiket spesial dalam acara preview ini agar mereka tergiur untuk membeli.

Bekerjasama dengan Influencer

Menggandeng influencer atau brand ambassador bisa menjadi salah satu ide promo kreatif untuk penjualan produk atau acaramu. Brand atau acaramu bisa semakin banyak diketahui oleh orang banyak, termasuk para followers dari para influencer atau brand ambassador itu.

Tetapi kamu harus bijak dalam memilih influencer, sesuaikan dengan jenis produk dan acara yang mau kamu promosikan. Pastikan para followers mereka sesuai dengan target audiensmu.

Ide Promo Kreatif
Sumber: Freepik

Menawarkan Sampel Makanan

Biasanya kita sering melihat buku menu di depan pintu restoran, tetapi pernah tidak kamu mencoba menawarkan sampel makanan kepada calon pelanggan? Ide promo kreatif ini cocok untuk bisnis kuliner atau F&B (food and beverage).

Kuncinya, kamu harus menyajikan makanan yang enak dan berkualitas agar mereka tergerak untuk masuk ke restoranmu dan memesan menu yang tadi mereka coba. Kamu juga bisa menawarkan sampel makanan saat mereka menunggu antrian tempat duduk.

Gunakan cara sekreatif mungkin. Bisa jadi orang-orang akan tergiur dengan tampilan dan aroma makanan yang kamu promosikan dan langsung ingin memesannya. Usahakan sampel makanan yang dihidangkan adalah makanan yang tetap segar dan enak walaupun didiamkan agak lama.

Promo dengan Public Figure

Salah satu cara terbaik untuk mengajak orang-orang membeli produk atau jasa yang kamu tawarkan adalah dengan mengajak seorang public figure. Sebenarnya ini hampir mirip dengan cara menggandeng influencer, karena pada akhirnya akan ada promo di media sosial mereka.

Namun, tidak semua bisnis punya anggaran untuk membayar influencer besar. Oleh karena itu, kamu bisa mengajak mikro-influencer lokal di lokasi tempat bisnismu untuk meningkatkan promo yang sedang berlangsung. Menggabungkan program public figure ini dalam bentuk charity juga bisa menjadi ide promosi kreatif dan menarik untuk bisnismu.

Check-in Lokasi Bisnis

Ini adalah cara paling murah untuk kamu mempromosikan bisnismu karena konten yang diupload pelangganmu di media sosial dan check-in lokasi dapat dilihat oleh followers mereka dari berbagai tempat dan latar belakang.

Dalam event tertentu, Halloween misalnya, kamu bisa mengadakan acara konten kostum untuk pengunjung restoranmu dengan syarat masuknya berupa posting, like dan check-in lokasi di media sosial mereka.

Mensponsori Komunitas Lokal

Mensponsori atau mendukung komunitas lokal adalah salah satu cara meningkatkan promosi brand atau bisnis kamu secara kreatif agar semakin dikenal oleh banyak orang. Ini juga menunjukkan kalau bisnismu berkomitmen dan peduli dengan komunitas lokal.

Cara ini bisa dengan mensponsori tim olahraga lokal dengan pertimbangan mencantumkan logo bisnismu di kostum atau perlengkapan olahraga mereka.

Ajak Karyawan

Media sosial saat ini benar-benar menjadi lahan untuk berpromosi. Beda orang, beda followers, ini membuatnya beragam. Begitu pula dengan karyawanmu. Kalau program promo kamu punya target audiens yang cocok dengan followers mereka, ajak mereka untuk share kontenmu. Bisnismu jadi lebih dikenal banyak orang.

Ide Promo Kreatif
Sumber: Freepik

Dari list ide-ide promo kreatif di atas, apakah kamu sudah menemukan ide yang cocok untuk bisnismu? Meningkatkan promo penjualan tidak selalu mudah, tetapi kamu harus membuat cara-cara ini tidak membosankan dan sekreatif mungkin dengan ide-idemu agar bisa menarik perhatian pelanggan dan kompetitor. Buat promo seindah dan semenarik mungkin, agar bisa meningkatkan penjualan. Selamat mencoba!

Ratna Patria

Artikel

Lainnya


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!