• Home
  • Tips
  • Yuk, Kenali Apa Saja 13+ Project Management Tools Terbaik

Yuk, Kenali Apa Saja 13+ Project Management Tools Terbaik

Oleh Mila Rosyida
No ratings yet.

Saat maraknya kasus Covid-19 pada beberapa tahun belakangan ini, membuat banyak perusahaan yang memutuskan untuk meneruskan sistem kerja jarak jauh. Untuk mendukung pekerjaan tersebut, ada banyak project management tools yang sangat membantu. Baik untuk melakukan aktivitas meeting, monitoring progress, mengelola proyek, hingga kontribusi.

Tak hanya digunakan oleh perusahaan dengan sistem kerja jarak jauh, aplikasi manajemen proyek juga disebut menjadi kunci keberhasilan proyek pada startup hingga perusahaan unicorn. Hadirnya aplikasi manajemen proyek memang membantu untuk proses komunikasi antar rekan kerja agar tetap terjalin dengan lancar.

Apa saja project management tools yang biasa digunakan? Tenang, DomaiNesia akan menjelaskan beberapa contoh project management tools yang bisa membantu bisnismu untuk terus berkembang!

Apa itu Project Management Tools?

Project management tools adalah perangkat lunak yang digunakan oleh tim proyek untuk membantu mengelola, mengorganisir, dan memantau kemajuan proyek secara efektif. Tools tersebut dapat membantu project manager dan tim untuk mengelola sumber daya, anggaran, jadwal, dan tugas secara lebih efisien.

Beberapa contoh dari project management tools yang umum digunakan seperti Microsoft Project, Asana, Trello, Jira, Trello, dan banyak lagi. Masing-masing dari tool tersebut memiliki fitur dan kegunaannya masing-masing loh DomaiNesians! Seperti contohnya untuk mengelola tugas dan deadline kamu bisa menggunakan Trello atau Jira dan untuk menghubungkan dan memfasilitasi komunikasi antar rekan kerja bisa menggunakan Slack, Microsoft Teams, atau Zoom.

Pada intinya, penggunaan project management tools sangat membantu dalam mengoptimalkan waktu dan pengelolaan sumber daya, mengurangi risiko proyek, dan meningkatkan efektivitas dan efisiensi kerja tim.

Selain contoh project management tools yang sudah disebutkan di atas, masih ada beberapa contoh lain yang DomaiNesia rekomendasikan untuk kamu.

Contoh-contoh tersebut mulai dari aplikasi chat, aplikasi project management untuk mengatur tugas, dan juga aplikasi untuk berkomunikasi gratis. Penasaran apa saja rekomendasi dari DomaiNesia? Simak setiap contohnya, jangan ada yang di skip ya DomaiNesian!

Contoh Aplikasi Manajemen Proyek Terbaik

Berikut beberapa rekomendasi aplikasi manajemen proyek dari DomaiNesia yang patut kamu cobain!

Slack

Slack adalah sebuah aplikasi komunikasi bisnis yang memungkinkan tim untuk berkomunikasi dan berkolaborasi secara efektif. Tak hanya berkomunikasi via chat, Slack juga memungkinkan anggota tim untuk melakukan panggilan video dan audio, mengirim file, dan berbagi informasi lainnya dalam satu platform yang terorganisir. Beberapa fitur utama Slack adalah: 

Channels

Fitur pertama yang dimiliki yaitu channel. Fitur channel bisa membantu setiap anggota tim untuk mengorganisir percakapan berdasarkan topik atau proyek tertentu.

Jadi kamu bisa membuat channel baru dan mengundang anggota tim yang relevan ke dalam channel tersebut. Selain itu, channel yang dibuat bisa diatur loh hak aksesnya, akses publik agar bisa diakses siapapun dan akses privat hanya bisa diakses oleh anggota tim tertentu.

Direct messages

Kamu hanya ingin berkomunikasi secara langsung dengan satu atau beberapa anggota tim saja? Project management tools ini juga memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi secara langsung untuk mengirim pesan teks, audio, atau video secara pribadi. 

File sharing

Selain itu, aplikasi manajemen proyek ini juga memudahkan anggota tim untuk Slack mengirim dan menerima file, baik yang disimpan di komputer lokal maupun yang disimpan di cloud storage seperti Google Drive dan Dropbox. 

Integrasi

Slack dapat diintegrasikan dengan lebih dari 2.200 aplikasi, termasuk Trello, Asana, Dropbox, dan Google Drive. Dengan kemampuan tersebut dapat memudahkan anggota tim untuk mengakses informasi dari aplikasi lain di dalam Slack. 

Dalam keseluruhan, Slack membantu tim untuk mengorganisir komunikasi, mengurangi email yang tidak perlu, dan memfasilitasi kolaborasi tim yang lebih efektif dan efisien.

Hingga saat ini, Slack memiliki lebih dari 12 juta pengguna aktif harian di seluruh dunia, termasuk di kalangan tim bisnis dan organisasi besar. Slack telah menjadi salah satu platform komunikasi bisnis paling populer di dunia dan telah digunakan oleh perusahaan seperti Airbnb, IBM, Target, dan banyak lagi.

Jika perusahaanmu masih tergolong kecil, kamu bisa menggunakan project management tools secara gratis dengan fitur terbatas. Dengan harga premium mulai dari $6,67/bulan kamu bisa menggunakan Slack dengan fitur lengkap. 

Microsoft Teams

Project management tools berikutnya yang tak kalah populer adalah Microsoft Teams. Teams adalah sebuah platform kolaborasi dan komunikasi yang dikembangkan oleh Microsoft.

Tools ini memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi secara real-time, melakukan panggilan video dan audio, serta berbagi file dan informasi dengan anggota tim. Fitur utama dari Microsoft Teams seperti:

Chat

Fitur project management tools pertama adalah chat yang memungkinkan pengguna untuk mengirim pesan teks, gambar, video, dan file ke anggota tim secara langsung. 

Teams

Teams dapat dimanfaatkan untuk membuat tim, mengatur anggota tim, dan membagikan informasi dan file dalam satu tempat. 

Meetings

Fitur lain dari project management tools yaitu memungkinkan pengguna untuk melakukan panggilan video dan audio dengan anggota tim serta mengatur jadwal pertemuan. 

Integrasi

Microsoft Teams terintegrasi dengan aplikasi Microsoft lainnya seperti Outlook, OneDrive, dan SharePoint. 

Hingga September 2021, Microsoft melaporkan bahwa Microsoft Teams memiliki lebih dari 250 juta pengguna aktif bulanan di seluruh dunia.

Microsoft Teams menjadi semakin populer selama pandemi COVID-19 karena banyak organisasi beralih ke kerja jarak jauh dan membutuhkan platform untuk berkomunikasi dan berkolaborasi dengan anggota tim.

Tak perlu khawatir, kamu bisa menggunakan aplikasi manajemen proyek secara gratis dengan durasi video call selama 1 jam dengan jumlah maksimal 100 orang dan 10 GB ruang penyimpanan untuk tim.

Jika kamu ingin melakukan perekaman obrolan maka kamu harus melakukan upgrade paket premium dengan harga mulai dari $5/bulan untuk setiap pengguna.

Zoom

Zoom adalah salah satu project management tools yang digunakan untuk konferensi video dan audio yang didirikan pada tahun 2011 oleh Eric Yuan mantan eksekutif WebEx, yang kemudian diakuisisi oleh Cisco.

Zoom dirancang untuk memudahkan pertemuan online, webinar, dan kolaborasi antar tim dari jarak jauh. Zoom pertama kali diluncurkan pada tahun 2013 dan mulai memperoleh popularitas pada akhir 2010-an sebagai platform yang mudah digunakan dan dapat menampung lebih banyak peserta dalam satu panggilan dibandingkan dengan platform konferensi video lainnya.

Beberapa fitur-fitur Zoom yang menjadi daya tarik aplikasi proyek manajemen ini yaitu: 

Panggilan video dan audio berkualitas tinggi

Zoom menawarkan kualitas video dan audio yang baik, bahkan di koneksi internet yang lemah. 

Ruang rapat virtual

Zoom memungkinkan pengguna untuk membuat ruang rapat virtual yang dapat diakses oleh anggota tim kapan saja. 

Fitur-fitur kolaborasi

Zoom menyediakan fitur-fitur kolaborasi seperti berbagi layar, whiteboard virtual, fitur chat, polling, dan bahkan breakout room untuk memudahkan kolaborasi antar tim. 

Skalabilitas

Zoom dapat menampung hingga ribuan peserta dalam satu panggilan dan dapat digunakan untuk pertemuan kecil atau konferensi besar. 

Keamanan dan privasi

Zoom menyediakan fitur-fitur keamanan seperti enkripsi end-to-end, kontrol akses, dan pembatasan masuk yang memastikan privasi dan keamanan panggilan. 

Dalam beberapa tahun terakhir, Zoom telah menjadi sangat populer di seluruh dunia dan digunakan oleh organisasi besar maupun kecil untuk menghubungkan anggota tim yang berada di lokasi yang berbeda.

Zoom terus mengembangkan dan menambah fitur-fitur baru, seperti integrasi dengan aplikasi lain untuk meningkatkan fungsionalitas dan pengalaman pengguna.

Zoom juga dapat digunakan secara gratis dengan batasan panggilan hanya 40 menit dengan dihadiri maksimal 100 orang. Masih kurang? Tenang, kamu bisa berlangganan mulai dari $149,90 per tahunnya.

Baca Juga : Project Management : 10+ Pengertian, Profesional, Tools Lengkap

Discord

Project management tools berikutnya adalah Discord. Discord adalah sebuah platform komunikasi yang awalnya dirancang untuk gamer, namun saat ini sudah banyak digunakan oleh berbagai kelompok, organisasi, bahkan perusahaan.

Project management tools ini dapat digunakan untuk melakukan obrolan suara, teks, dan video, serta berbagi file dalam satu tempat yang terorganisir. Fitur utama Discord antara lain: 

Server

Fitur pertama ini dapat dimanfaatkan tim untuk membuat server atau grup di mana anggota tim dapat bergabung dan berkomunikasi. 

Voice Chat

Tak hanya dapat mengirim pesan teks, project management tools juga dapat melakukan obrolan suara dengan anggota tim dalam satu server atau grup.

Screen Sharing

Butuh untuk melakukan presentasi? Discord bisa juga menjadi solusinya karena kamu bisa berbagi layar atau tampilan aplikasi dengan anggota tim selama obrolan berlangsung. 

Bot

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengatur bot yang dapat membantu dalam memoderasi server, mengirim pesan otomatis, dan menjalankan perintah lainnya.

Hingga tahun 2022, project management tools ini memiliki lebih dari 170 juta pengguna aktif bulanan di seluruh dunia. Discord terus berkembang dan menjadi populer di kalangan gamer, non-gamer, dan digunakan oleh berbagai organisasi untuk kolaborasi dan komunikasi antar tim.

Trello

Beralih ke project management tools yang digunakan untuk manajemen tugas yaitu Trello. Dalam Trello, tugas atau proyek direpresentasikan dalam bentuk papan atau board, dimana setiap papan memiliki beberapa daftar atau list dan setiap daftar memiliki beberapa kartu atau card.

Setiap kartu dapat memiliki deskripsi, label, lampiran, checklist, dan komentar, serta dapat ditempatkan pada daftar tertentu dalam papan.

Trello biasanya digunakan dalam pengelolaan tugas dan proyek tim, dimana setiap anggota tim dapat memiliki akses ke papan dan kartu yang terkait dengan proyek atau tugas mereka.

Trello juga dapat pengguna untuk melihat secara real-time status proyek, menetapkan deadline, dan menetapkan prioritas tugas atau kartu.

Selain itu, Trello juga memudahkan pengguna untuk mengatur notifikasi atau pemberitahuan ketika ada perubahan pada kartu atau papan tertentu.

Keunggulan Trello adalah tampilan yang sederhana dan mudah digunakan, drag-and-drop card yang mudah, serta tersedia dalam versi gratis dan berbayar dengan fitur yang lebih lengkap dan dapat disesuaikan.

Trello juga dapat diakses melalui berbagai perangkat seperti desktop, smartphone, dan tablet sehingga memudahkan pengguna untuk mengaksesnya kapan saja dan di mana saja. Jika ingin melakukan upgrade, kamu bisa membayar mulai dari $10 per bulannya.

Jira

Jira adalah project management tools yang digunakan untuk membantu tim pengembang dan manajer proyek dalam mengatur tugas, proyek, dan alur kerja secara efisien.

Jira dikembangkan oleh perusahaan perangkat lunak Australia bernama Atlassian. Jira menawarkan berbagai fitur yang memungkinkan tim untuk mengelola proyek secara efektif, termasuk fitur untuk membuat dan mengatur tugas, melacak kemajuan proyek, mengatur jadwal, dan membuat laporan.

Jira juga mendukung metode pengembangan perangkat lunak Agile, seperti Scrum dan Kanban, sehingga tim dapat bekerja secara kolaboratif dan cepat dalam menyelesaikan proyek mereka. Selain itu, aplikasi manajemen proyek ini  juga menyediakan integrasi dengan aplikasi lain seperti Git, Jenkins, dan Confluence, sehingga setiap anggota tim dapat menggunakan tools yang mereka sukai untuk mengembangkan, menguji, dan menyelesaikan proyek.

Dengan menggunakan Jira, tim dapat mempercepat alur kerja proyek mereka dan memastikan bahwa proyek selesai tepat waktu dan sesuai dengan spesifikasi yang ditentukan.

Harga berlangganan Jira dapat bervariasi tergantung pada jenis paket yang dipilih dan jumlah pengguna yang akan menggunakan project management tools ini, mulai dari $5 per bulan untuk 10 pengguna.

Wrike

Wrike juga menjadi aplikasi manajemen proyek dan kolaborasi yang digunakan oleh tim bisnis untuk mengatur tugas, jadwal, dan dokumen proyek dalam satu platform.

project management tools

Dengan Wrike, pengguna dapat membuat proyek, mengatur tugas, dan memprioritaskan aktivitas dengan daftar tugas yang dapat disesuaikan, tampilan Gantt chart, atau mode papan tugas. Wrike juga memiliki fitur-fitur kolaborasi yang dapat dimanfaatkan untuk berbagi tugas dan dokumen dengan anggota tim, memberikan komentar dan umpan balik, serta melakukan percakapan langsung melalui fitur obrolan.

Selain itu, Wrike memiliki integrasi dengan berbagai aplikasi dan alat bisnis, seperti Google Drive, Microsoft Office, Salesforce, dan Slack dengan tujuan untuk memudahkan pengguna dalam mengelola proyek secara terpusat dan efisien. Untuk meningkatkan kinerja tim dan memperluas akses ke berbagai fitur, disarankan untuk mengupgrade ke paket premium dengan harga yang dibanderol mulai dari $9,80 per bulan per pengguna.

Asana

Asana adalah sebuah aplikasi manajemen proyek yang digunakan untuk mengatur dan mengelola tugas-tugas dalam sebuah tim atau organisasi. Asana memiliki berbagai fitur untuk membantu tim dalam mengatur dan menyelesaikan proyek, seperti pengaturan deadline, penugasan tugas, penandaan prioritas, pengaturan pengingat, dan lain sebagainya.

Asana dirancang untuk membantu tim dalam berkolaborasi dan berkomunikasi secara efektif, sehingga dapat meningkatkan produktivitas dan efisiensi dalam menyelesaikan proyek.

Kelebihan Asana yaitu memiliki antarmuka pengguna yang intuitif dan mudah digunakan, sehingga pengguna dapat dengan mudah menambahkan tugas, mengatur proyek, dan memonitor kemajuan proyek.

Asana juga memiliki fitur untuk berbagi file, komentar, dan catatan, sehingga tim dapat berkomunikasi secara efektif dan terorganisir. Dilengkapi juga dengan fitur pelaporan yang memudahkan tim untuk melihat proyek secara keseluruhan, melacak kemajuan, dan memperkirakan waktu penyelesaian.

Project management tools ini dapat diakses melalui berbagai perangkat, mulai dari laptop, tablet, dan smartphone, sehingga semua anggota tim dapat mengaksesnya kapan saja dan di mana saja. Asana juga dapat diintegrasikan dengan berbagai aplikasi lain, seperti Slack, Gmail, Google Drive, dan lain sebagainya.

Jika dalam perusahaanmu terdapat lebih dari 15 orang, maka kamu disarankan untuk membeli paket premium dengan harga mulai dari $10,99/bulan untuk tiap anggota tim. 

Zapier

Zapier adalah sebuah platform yang memungkinkan pengguna untuk menghubungkan aplikasi dan layanan yang berbeda secara otomatis dan mudah.

Dengan menggunakan Zapier, pengguna dapat membuat alur kerja (workflow) atau zap yang terdiri dari beberapa langkah atau trigger yang akan dilakukan secara otomatis setelah suatu kondisi terpenuhi.

Contohnya, ketika anggota tim membuat zap yang menghubungkan antara Gmail dan Google Drive, sehingga setiap kali ada email baru masuk ke dalam folder tertentu di Gmail, maka zap tersebut akan secara otomatis menyimpan file lampiran dari email tersebut ke dalam folder yang ditentukan di Google Drive.

Zapier dapat menghubungkan berbagai macam aplikasi dan layanan, termasuk Google Suite, Microsoft Office, Slack, Trello, Asana, dan banyak lagi. Hal ini memudahkan pengguna untuk mengotomatisasi banyak tugas yang biasanya memerlukan banyak waktu dan usaha.

Kamu juga bisa berlangganan paket premium Zapier yang dibanderol mulai dari $19,99/bulan. 

ClickUp

ClickUp adalah platform manajemen tugas dan proyek yang digunakan oleh tim untuk mengatur dan memonitor berbagai aktivitas bisnis dalam satu platform.

ClickUp menyediakan berbagai fitur, seperti daftar tugas, tampilan papan tugas, dan kalender untuk membantu tim mengelola proyek secara efisien.

Selain itu, ClickUp juga menawarkan fitur-fitur kolaborasi yang memungkinkan anggota tim untuk berbagi tugas, dokumen, dan komentar, serta melacak perubahan dan pembaruan yang terjadi di dalam proyek.

ClickUp dapat diintegrasikan dengan berbagai aplikasi bisnis, seperti Slack, Trello, Google Drive, dan yang lainnya. Menggunakan desain yang intuitif dan fleksibel, sehingga project management tools ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan gaya manajemen proyek yang berbeda-beda.

Dengan fitur-fitur yang lengkap dan integrasi yang luas, ClickUp menjadi salah satu alat manajemen proyek yang populer dan efektif untuk bisnis.

Aplikasi manajemen proyek ini bisa kamu gunakan secara gratis dengan batasan 100 kali penggunaan untuk tools bawaannya. Nah, kamu bisa melakukan pembelian paket premium untuk dapat menggunakan semua toolsnya dengan harga mulai dari $5/bulan untuk setiap anggota tim.

Beli Email Hosting

Microsoft Project

Microsoft Project adalah aplikasi manajemen proyek yang dikembangkan oleh Microsoft. Aplikasi ini dirancang untuk membantu manajer proyek dan tim proyek dalam mengembangkan rencana proyek, melacak kemajuan proyek, mengalokasikan sumber daya, dan mengelola anggaran proyek.

Dengan menggunakan Microsoft Project, manajer proyek dapat membuat jadwal proyek dengan menentukan tugas-tugas yang harus dilakukan, durasi tugas, dan hubungan antar tugas.

Manajer proyek juga dapat mengalokasikan sumber daya seperti orang, waktu, dan biaya untuk setiap tugas dalam proyek. Dalam prosesnya, Microsoft Project dapat memberikan informasi visual seperti grafik Gantt dan juga laporan kemajuan proyek untuk membantu manajer proyek memantau dan mengelola proyek dengan lebih efektif.

Dibanderol dengan harga mulai dari $30 per pengguna dan per bulannya untuk menikmati fitur seperti perencanaan proyek, manajemen sumber daya, pelacakan kemajuan proyek, dan pelaporan. 

Miro

Miro adalah platform kolaboratif digital yang digunakan untuk menggambar, membuat, dan berbagi ide dengan tim secara real-time. Miro awalnya dikenal sebagai RealtimeBoard, tetapi kemudian berganti nama menjadi Miro pada tahun 2019. Miro menyediakan sebuah papan digital kosong yang dapat diisi dengan berbagai jenis objek seperti teks, gambar, ikon, dan bentuk-bentuk lainnya.

Kamu dapat membuat dan mengedit objek-objek tersebut dengan mudah menggunakan berbagai alat desain dan editor yang tersedia di Miro. Selain itu, Miro juga menyediakan banyak template dan contoh yang dapat digunakan untuk mempercepat proses pembuatan ide dan konsep.

Miro juga memiliki fitur kolaboratif yang kuat, yang memungkinkan anggota tim untuk bekerja bersama-sama secara real-time di papan Miro. Tak hanya sampai sana saja,  kamu juga dapat menambahkan komentar, memberikan umpan balik, dan berinteraksi dengan objek yang dibuat oleh anggota tim lainnya.

Miro sudah didukung dengan kemampuan integrasi dengan tools lain seperti Slack, Trello, dan Jira. Project management tools ini bisa digunakan oleh berbagai jenis ttim, mulai dari tim desain, pemasaran, dan pengembangan produk, hingga tim manajemen proyek dan manajemen strategi.

Dengan Miro, tim dapat meningkatkan kolaborasi dan kreativitas serta mempercepat alur kerja dan menghasilkan hasil yang lebih baik. Untuk dapat menikmati berbagai fitur project management tools yang tersedia, kamu bisa mencoba paket premium yang tersedia mulai dari $8/bulan. 

FileStage

Filestage adalah platform kolaborasi kreatif yang digunakan oleh tim kreatif, pemasaran, dan produksi untuk mengelola, meninjau, dan menyetujui konten kreatif seperti gambar, video, dan dokumen.

Filestage memungkinkan pengguna untuk mengunggah file dan membagikannya dengan anggota tim, klien, atau pihak eksternal lainnya, serta memberikan komentar dan umpan balik yang spesifik pada bagian tertentu dari file tersebut. Filestage juga menawarkan aplikasi manajemen proyek yang dapat digunakan untuk mengatur proyek, menentukan deadline, dan mengawasi kemajuan proyek secara real-time.

Dalam proses peninjauan dan persetujuan file, kamu dapat dengan mudah dan cepat untuk menyetujui atau menolak setiap revisi. Fitur keamanan dan pengaturan hak akses yang kuat juga memastikan bahwa hanya orang yang diizinkan yang dapat mengakses, mengedit, dan membagikan file.

Dengan semua fitur yang ditawarkan, Filestage membantu tim kreatif dan produksi mengelola dan menyelesaikan proyek dengan efisien dan efektif. Filestag dapat kamu gunakan dengan harga mulai dari $89/bulan untuk 10 anggota tim.

DropBox

Project management tools yang terakhir ada DropBox. Dropbox adalah sebuah layanan penyimpanan file berbasis awan yang dapat dimanfaatkan untuk menyimpan, mengakses, dan berbagi file secara online dengan mudah dan aman.

Dalam project management tools ini, pengguna dapat menyimpan berbagai jenis file seperti dokumen, gambar, video, dan audio di server jarak jauh dan mengaksesnya dari berbagai perangkat seperti komputer, smartphone, dan tablet. Salah satu fitur utama Dropbox adalah kemampuan untuk berbagi file dengan orang lain.

Kamu dapat membagikan file mereka dengan teman, keluarga, atau rekan kerja dengan cara mengirim tautan atau link undangan ke file tersebut. Saat menerima tautan tersebut, penerima dapat membuka file, mengunduhnya, atau bahkan mengeditnya jika pengguna telah memberikan izin untuk itu.

Selain itu, Dropbox juga menyediakan fitur sinkronisasi, yaitu kemampuan untuk menyinkronkan file yang disimpan di komputer dengan file di server Dropbox, sehingga kamu bisa mengakses file terbaru dari mana saja dan kapan saja.

Ruang penyimpanan yang disediakan yaiitu 2 GB pada versi gratisnya. Namun jika kamu membutuhkan penyimpanan yang lebih besar, kamu bisa mencoba membeli Dropbox Professional dengan harga $9,99 per bulannya.

Jadi, Mana Project Management Tools yang Kamu Pilih?

Project management tools adalah aplikasi yang hadir untuk memudahkan manajemen proyek seperti mengatur deadline, tugas, sumber daya, dan penjadwalan agar lebih efektif.

Semua aplikasi manajemen proyek memiliki satu tujuan yang sama yaitu untuk mempercepat proses pengerjaan sehingga produktivitas bisnis dapat ditingkatkan. Dari banyaknya opsi di atas, kamu bisa menyesuaikan dengan kebutuhan masing-masing bisnis.

Jika membutuhkan fitur seperti share screen, video call, chat, dan berbagi file, maka kamu bisa menggunakan Microsoft Teams dan juga Slack. Tapi jika membutuhkan aplikasi manajemen tools yang dapat membantu pengelolaan tugas lebih fleksibel dan terencana maka Jira dan Slack adalah jawabannya.

Semua pilihan tersebut kembali lagi kepada kebutuhan dan penggunaan. Selamat mencoba project management tools sesuai dengan kebutuhanmu!

Baca Juga : Git Adalah Tools Kolaborasi Pengembangan Aplikasi, Apa Fungsinya?

Mila Rosyida

Halo ! I'm a Technical Content Specialist in DomaiNesia. I love learn anything about Technical, Data, Machine Learning, and more Technology.


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Ekstra Diskon Migrasi 5% serta GRATIS biaya migrasi & setup.

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah

This will close in 0 seconds