• Home
  • Tips
  • PWA adalah Solusi Jitu Pengganti Aplikasi Mobile

PWA adalah Solusi Jitu Pengganti Aplikasi Mobile

Oleh Ratna Patria
4/5 (1)

Seiring berjalannya waktu sebagai pemilik website tentunya kamu harus mengikuti perkembangan teknologi yang ada. Mengapa demikian? Karena banyak sekali fitur-fitur atau software baru yang dapat menunjang kinerja website kamu.

Belakangan ini teknologi website telah beralih menggunakan platform mobile sehingga memudahkan pengunjung untuk membuka website tersebut kapanpun dan dimanapun. Hal tersebut menjadi alasan mengapa sekarang website harus lebih responsive. Karena website-website yang masih menggunakan metode lama lambat laun akan ditinggalkan oleh para pengunjungnya.

Apa itu PWA?

Perlu kamu ketahui jika Google memberikan peringkat untuk website-website yang belum termasuk kedalam mobile friendly, termasuk website-website yang sudah support PWA. Mungkin sebagian besar orang belum familiar dengan istilah tersebut, tapi jangan khawatir, kami akan memberikan informasi kepada kamu mengenai Progressive Web Apps. PWA adalah cara yang tepat untuk mengoptimalkan website kamu.

PWA adalah
Sumber: Pixabay

Progressive Web Apps atau PWA adalah salah satu metode pembuatan software yang menggabungkan website apps dan mobile apps. Hasil dari pembuatan Progressive Web Apps ini berupa aplikasi mobile yang memiliki fitur-fitur bahkan tidak jarang memiliki tampilan yang sama seperti pada website aslinya yang tentu saja dengan optimasi untuk mobile experience.

Dalam dunia IT, PWA biasanya dikenal sebagai “your website but better”. Bisa dikatakan PWA adalah sebuah teknik dimana kamu bisa dengan cepat mengakses website dan aplikasi menjadi satu tanpa harus menginstal atau memasang aplikasi tersebut. Progressive Web Apps juga memungkinkan kamu untuk mengakses dengan cepat suatu aplikasi dengan tampilan mobile web dengan perangkat smartphone.

Namun, setiap smartphone memiliki kapasitas yang berbeda sehingga menginstal aplikasi native menjadi pertimbangan karena resources terbatas dan dapat menyebabkan kinerja smartphone menjadi lambat. Sebagai salah satu solusinya kamu bisa menggunakan Progressive Web Apps atau PWA.

Bagaimana Cara Kerja PWA?

Pasti kamu penasaran bagaimana PWA bekerja menghadirkan layanan layaknya aplikasi mobile. Pada pertama kali pengguna mengakses website, service worker belum terpasang maka app shell akan didaftarkan terlebih dahulu. Registrasi ini secara otomatis membentuk service worker baru dan juga mengaktifkan event install.

Selanjutnya saat service worker telah terpasang dengan baik konten app shell akan ditambahkan ke Cache. Adapun app shell berisi berbagai macam resources yang dibutuhkan ketika sedang bekerja offline. Hal ini lah yang mengatur navigasi dari website pada interaksi selanjutnya.

Proses diatas bisa terjadi otomatis namun dalam mengaktifkan service worker dapat juga dilakukan secara manual. Selanjutnya setiap ada permintaan setelah service worker terpasang sebuah “Fetch Event” akan aktif dan menampilkan konten yang diminta. Pada saat sebuah permintaan berhasil terselesaikan service worker akan berada dalam posisi diam (idle) hingga pada perintah berikutnya.

PWA adalah
Sumber: Pixabay

Kelebihan Progressive Web Apps

Tidak diragukan lagi bahwa PWA adalah cara yang memiliki beberapa kelebihan yang perlu kamu ketahui antaranya:

Kemudahan Digunakan di Berbagai Perangkat

Membangun website dengan PWA adalah hal yang memungkinkan untuk kamu membuat tampilan aplikasi yang seragam dan kompatibel di semua perangkat baik smartphone atau table dengan berbagai ukuran layer. PWA sebenarnya adalah bentuk responsive website yang di build sehingga cocok digunakan pada smartphone.

Tidak Bergantung App Store

Salah satu hal menariknya kamu bisa mempublikasikan aplikasi yang kamu miliki tanpa perlu bergantung dengan aplikasi seperti App Store, Play Store, Apple Store dan lain sebagainya. Hal ini cukup menyenangkan karena kamu tidak perlu mengeluarkan biaya untuk registrasi dan berlangganan.

Seperti yang telah kita semua ketahui jika biaya langganan tahunan di platform Apple Store sekitar $99 dan biaya registrasi pada Google Play Store sekitar $25. Selain itu kamu bisa dengan bebas mengembangkan aplikasi tersebut.

Hemat Biaya Produksi

Salah satu yang tidak kalah penting adalah mengenai budget. Mengembangkan sebuah Progressive Web Apps tidak memerlukan budget yang terlalu besar. Kamu cukup mengembangkan website kamu dengan metode progresif yang ditawarkan oleh Progressive Web Apps. Lalu kamu akan mendapatkan sebuah aplikasi yang dapat digunakan pada semua perangkat dan sistem operasi.

Instalasi Cepat

Di era yang serba cepat ini tentu saja setiap orang ingin sesuatu yang cepat. Salah satu kelebihan dari PWA adalah instalasinya yang cepat. Bagaimana caranya? Pengguna kamu tidak perlu melakukan instalasi yang ribet seperti pada umumnya.

Pengguna cukup menambahkan klik add to HomeScreen maka website akan terpasang secara otomatis di smartphone. Layaknya aplikasi biasa, icon akan muncul pada layar smartphone. Dan kamu bisa mengakses aplikasi tersebut.

PWA adalah
Sumber: Pixabay

Kelemahan Progressive Web Apps

Walaupun Progressive Web Apps memiliki banyak kelebihan yang beberapa telah kita bahas diatas, ada beberapa kelemahan yang sangat penting untuk kamu ketahui sebelum kamu menggunakan PWA ini. Salah satu kelemahannya adalah tidak semua device bisa menggunakan PWA. PWA tidak kompatibel untuk semua smartphone keluaran Apple, kecuali pada iOS 11.3.

Walaupun dapat diakses seperti layaknya aplikasi mobile, namun Progressive Web Apps (PWA) sebenarnya adalah website biasa. Ada beberapa hal yang tidak dapat dilakukan pada urusan konektivitas ke beberapa aplikasi seperti kontak, sms, bluetooth, kalender dan sebagainya. Selain itu, ada beberapa fitur PWA yang tidak dapat bekerja maksimal di beberapa browser.

Ratna Patria


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!