• Home
  • Berita
  • Apa Itu Webinar Dan Jenis-Jenis Webinar

Apa Itu Webinar Dan Jenis-Jenis Webinar

Oleh Ratna Patria

Sebagian dari kamu mungkin akan cukup bingung jika ditanya mengenai apa itu webinar. Bahkan sekalipun kamu sering mengikuti webinar dengan berbagai tujuan tertentu.

Nah, untuk menjawab berbagai pertanyaan yang muncul tentang sesi webinar tersebut, berikut sedikit penjelasan mengenai apa itu webinar, mulai dari pengertian, fungsi, jenis-jenis webinar, hingga langkah melaksanakan webinar secara efektif.

Pengertian Apa Itu Webinar

Webinar sendiri pada dasarnya merupakan singkatan dari web dan seminar. Maka apa itu webinar? Webinar bisa disebut sebagai suatu seminar yang dilakukan tepatnya melalui aplikasi tertentu, sehingga bisa diakses melalui media internet.

Seminar ini juga bisa saja dilakukan dengan melalui suatu situs web, sehingga siapa saja juga bisa mengaksesnya melalui internet.

Apa Itu Webinar
Sumber: Freepik

Oleh sebab itu bagi kamu sekalian yang ingin mengikuti webinar sudah tentu harus memiliki jaringan internet agar bisa mengakses seminar tersebut.

Namun informasi mengenai apa itu webinar tidak berhenti sampai di sini saja. Masih banyak hal lain mengenai apa itu webinar tersebut yang mungkin perlu kamu pahami lebih lanjut.

Manfaat Webinar

Webinar juga memiliki beberapa manfaat yang dapat diperoleh baik bagi penyelenggara maupun para pesertanya. Secara umum berikut ini manfaat webinar untuk para pihak yang terlibat dalam hal tersebut.

Manfaat Webinar Bagi Peserta

Salah satu manfaat webinar untuk peserta yaitu terkait ilmu dan wawasan yang bisa diberikan oleh pemateri kepada para peserta seminar online.

Terlebih lagi jika peserta seminar harus mengikuti acara seminar online tersebut dengan cara berbayar. Maka pastikan bahwa materi seminar cenderung berkualitas atau bermutu.

Dengan adanya materi yang diterima, nantinya peserta dapat memanfaatkan ilmu dan wawasannya tersebut untuk menjalani kehidupannya.

Manfaat Webinar Bagi Pemasar

Pihak pemasar juga bisa saja memperoleh manfaat tertentu dari sebuah seminar online atau webinar.

Umumnya pihak pemasar dapat meningkatkan brand awareness, sehingga produk yang ditampilkan nantinya bisa semakin dikenal oleh audiens.

Pengenalan audiens pada produk nantinya juga bersifat positif karena adanya peningkatan kualitas produk.

Maka pada akhirnya audiens atau peserta seminar bisa saja tertarik dan bersedia untuk mengkonsumsi produk yang ditawarkan. Hal ini tentu akan menjadi kabar baik bagi pihak pemasar.

Manfaat Webinar Bagi Pemateri

Sedangkan bagi pemateri rupanya webinar bisa memberikan manfaat dalam pengembangan skill komunikasi dan skill public speaking.

Melalui acara seminar, pemateri bisa terus mengembangkan kemampuan komunikasi dan public speaking yang memang harus dikuasainya.

Dan yang terutama tentunya pihak pemateri bisa memberikan banyak ilmu dan wawasan kepada seluruh peserta webinar.

Maka dalam hal ini pihak pemateri bisa melakukan sharing mengenai segala macam keahlian dan pengetahuan yang dimilikinya.

Jenis-jenis Webinar Pada Umumnya

Setelah membahas tentang apa itu webinar, sekarang kita akan membahas tentang jenis-jenis webinar. Webinar terdiri dari beberapa jenis yang dapat dilihat dari konten serta tujuan diadakannya webinar itu sendiri.

Oleh sebab itu jika ingin atau tertarik mengikuti sebuah webinar, jangan sampai salah dalam melihat jenis atau memilih webinar.

Berikut tiga jenis webinar yang umum disampaikan selama ini:

Sales Webinar

Suatu webinar sebenarnya terdiri dari beberapa jenis yang berbeda. Jenis webinar ini bisa diketahui berdasar pada tujuan dari webinar itu sendiri.

Salah satu yang paling umum dijumpai adalah sales webinar atau bisa juga disebut the lead-generation.

Dalam hal ini seminar yang dilakukan dengan berbasis web atau aplikasi tertentu tersebut diselenggarakan dengan tujuan untuk mengadakan peningkatan jumlah leads.

Maka dari itu, seminar web ini bisa diselenggarakan dengan cara menawarkan form pendaftaran, sehingga seluruh peserta harus melakukan registrasi terlebih dahulu.

Untuk hal ini sebaiknya pertimbangkan dan kuasai lagi materi seminar yang akan disampaikan.

Mengingat seminar yang diselenggarakan haruslah menarik agar tak mengecewakan audiens. Adapun secara umum, jenis webinar ini memberikan beberapa fungsi menarik, seperti yang tertera di bawah ini.

  • Melalui webinar yang satu ini maka dapat berguna untuk menjadi wadah atau tempat bagi banyak orang yang memiliki suatu jenis kesamaan. Umumnya kesamaan tersebut yang berkaitan dengan seminar web. Sehingga saat seminar melalui media web diadakan dengan topik tertentu, maka nantinya orang yang berkepentingan dengan profil yang ditargetkan akan mengikuti seminar web tersebut.
  • Seperti halnya saat mengadakan sales webinar, setiap orang yang ingin mendapatkan informasi dari pemilik webinar tentu akan mengikuti webinar tersebut untuk memenuhi kebutuhannya akan informasi. Sehingga, webinar bisa berfungsi sebagai tempat berkumpulnya para leads yang sama-sama membutuhkan informasi atas sebuah produk atau jasa yang menjadi produk utama dalam sebuah bisnis.
  • Selain itu, biasanya tujuan dari webinar semacam ini yaitu sebagai acara untuk melakukan promosi produk. Di masa sekarang ini setiap produk bisa dipromosikan dengan berbagai macam teknik marketing. Termasuk cara atau upaya yang mendukung pemanfaatan teknologi seperti internet. Sehingga cukup wajar jika webinar menjadi media promosi produk untuk mendatangkan keuntungan.
  • Webinar ini juga dapat digunakan untuk menunjukkan keunggulan bisnis sekaligus mempromosikan produk. Dalam tahap promosi, umumnya akan dilakukan pemberian informasi mengenai keunggulan produk yang ditawarkan. Yang mana keunggulan tersebut tidak dimiliki oleh produk lain.

Dalam webinar semacam ini memang sangat penting menginformasikan keunggulan suatu bisnis supaya dapat dikenali para pesertanya dengan baik.

Apa Itu Webinar
Sumber: Freepik

Profit Webinar

Selanjutnya ada pula profit webinar atau yang bisa disebut dengan istilah the one-off for-profit webinar. Webinar jenis ini biasanya dilakukan dengan tujuan untuk mencari keuntungan tertentu.

Maka biasanya siapa saja yang ingin menjadi peserta haruslah melakukan pendaftaran yang disertai dengan pembayaran terlebih dahulu.

Setelah ada pendaftaran dan pembayaran maka barulah pihak penyelenggara webinar bisa memberikan link dan modul pada seluruh peserta.

Jika kamu ingin mengikuti seminar web jenis ini, pastikan kamu sudah mengetahui pemateri dan materi apa yang akan disampaikan.

Ketika pemateri merupakan tokoh ternama, tentu materi yang diberikan nantinya bisa lebih baik dan berkualitas sehingga berguna bagi para peserta.

Pemateri yang memang professional serta dianggap menguasai bidangnya oleh para peserta juga menjadi daya tarik dari webinar profil.

Dalam webinar semacam ini umumnya diperlukan tindakan untuk mengumpulkan feedback.

Hal ini seringkali dilakukan dengan harapan agar peserta webinar bisa memberikan masukan bagi pihak yang mengadakan seminar berbasis internet tersebut untuk kedepannya.

Hal ini dapat dilakukan dengan membuat semacam kuesioner yang memuat banyak pertanyaan. Kemudian kuesioner ini bisa diberikan pada setiap orang yang menjadi peserta webinar.

Dari jawaban kuesioner inilah maka pihak penyelenggara webinar bisa mendapatkan informasi apa yang harus dilakukan untuk mengoptimalkan apa itu webinar di masa mendatang.

Webinar Series

Jenis yang terakhir dari webinar adalah webinar series atau the multi-module webinar. Apa itu webinar series?

Jenis webinar satu ini rupanya cenderung mengarah pada pendalaman materi secara lebih lagi. Nah, untuk memberikan materi secara lebih mendalam tentunya seminar web harus diadakan lebih dari satu sesi atau satu episode.

Jadi ciri apa itu webinar series yang satu ini adalah adanya seri webinar yang terdiri dari beberapa sesi atau episode.

Pada webinar jenis ini pula, para peserta memiliki kesempatan yang lebih panjang untuk mengajukan beberapa macam pertanyaan berkaitan dengan topik atau materi seminar.

Hingga akhirnya peserta seminar bisa memahami materi seminar dengan sangat baik.

Dalam webinar series tentu persiapan yang dilakukan harus lebih mendalam. Karena ada banyak materi yang umumnya tidak hanya dikupas secara umum, melainkan membutuhkan penjabaran.

Webinar semacam ini seringkali digunakan untuk melakukan pelatihan pekerja. Selain itu, dapat pula digunakan sebagai salah satu sarana penyampaian kursus pada para pelajar dan mahasiswa.

Cara Mengadakan Webinar Secara Efektif

Untuk memastikan bahwa webinar berjalan efektif dan efisien, tentu ada beberapa langkah penting yang harus diperhatikan.

Sayangnya, beberapa penyelenggara webinar kadang kala kurang memahami hal tersebut. Oleh karena itu, berikut ini beberapa tips supaya webinar yang dilakukan berjalan sesuai harapan atau ekspektasi, terutama dari sisi penyelenggara.

Menentukan tujuan dari webinar

Hal pertama yang perlu ditentukan sebelum mengadakan webinar sudah pasti tujuannya. Pastikan dengan jelas tujuan dari penyelenggaraan seminar web.

Hal ini nantinya berhubungan pula dengan penentuan tema atau topik dari webinar.

Memilih topik yang saat ini sedang trend bisa jadi opsi yang menarik. Jadi ambillah topik yang sekiranya sedang ramai diperbincangkan serta sedang dihadapi oleh masyarakat.

Apa Itu Webinar
Sumber: Freepik

Dengan begitu, webinar yang diselenggarakan tersebut akan membuat audiens menjadi semakin penasaran.

Terlebih lagi bila webinar yang diselenggarakan tersebut memiliki kualitas yang terbaik dan bermutu. Maka sudah tentu banyak orang yang bersedia untuk mengikutinya.

Pastikan kebutuhan peserta bisa terpenuhi

Sebuah webinar atau seminar online harus diadakan dengan baik dan tidak sampai mengecewakan seluruh peserta.

Terlebih lagi bila seminar online tersebut diselenggarakan dengan sistem berbayar. Sebagai calon peserta webinar, kamu juga harus melihat lebih jeli terkait pemateri, materi dan fasilitas yang ditawarkan.

Setidaknya seluruh fasilitas yang disediakan untuk para peserta bisa dijamin dengan baik. Jangan sampai kebutuhan peserta tidak terpenuhi pada saat mengikuti acara webinar.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan agar bisa memenuhi kebutuhan peserta diantaranya seperti jaringan internet dan perangkat yang digunakan, baik komputer, laptop ataupun gadget dan sejenisnya.

Selain itu pastikan bahwa pemberian materi sudah berpengalaman di bidangnya dan mampu menyampaikan materi yang berguna bagi peserta.

Tentukan media yang akan digunakan

Media yang akan digunakan dalam melaksanakan atau menyelenggarakan webinar juga harus diperhatikan. Pilihlah satu dari beberapa jenis media yang tersedia agar seminar online nantinya bisa berjalan dengan baik.

kamu mungkin bisa memilih media yang gratis atau tidak berbayar namun biasanya fasilitas yang didapat cenderung terbatas.

Atau mungkin kamu bisa juga memilih media online berbayar agar seminar online nantinya bisa berjalan dengan lebih baik lagi.

Sebab biasanya media berbayar menawarkan semakin banyak fitur dan fasilitas yang dapat digunakan untuk kelangsungan acara. Maka pilihlah media yang tepat agar sesuai dengan kebutuhan.

Baca Juga : Cara Mudah Membuat Blog Pribadi Bagi Pemula

Siapkan strategi dalam hal pemasaran

Beberapa web seminar umumnya diadakan dengan tujuan untuk mengenalkan suatu produk pada khalayak. Bukan hanya mengenalkan produk tertentu, tetapi segala macam kelebihan atau keunggulan produk juga sebaiknya ditampilkan.

Dalam hal ini tentu saja pihak penyelenggara seminar online perlu menetapkan strategi yang tepat. Terutama strategi mengenai bagaimana proses pemasaran produk akan dijalankan, sehingga tujuan bisa tercapai.

Pastikan bahwa strategi seminar yang diambil nantinya dapat memberikan peningkatan pada brand awareness.

Hingga akhirnya semakin banyak audiens yang tertarik dengan produk kamu dan berminat terhadap produk yang sudah ditawarkan tersebut.

Apa Itu Webinar
Sumber: Freepik

Acara webinar tepat waktu

Segala sesuatu pastinya akan jadi lebih baik bila dilakukan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Dengan kata lain, hal tersebut dilakukan secara tepat waktu.

Demikian pula dengan webinar atau seminar online yang diadakan dan diikuti oleh banyak peserta.

Acara webinar sebaiknya dimulai secara tepat waktu sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan sebelumnya. Hal ini bertujuan agar tidak ada kekecewaan di hati para peserta.

Sebab bila acara webinar sampai terlambat maka peserta akan kehilangan respect pada kamu. Maka awareness juga bisa semakin menurun dan akibatnya, peserta sudah tidak percaya lagi pada produk kamu.

Hal ini pada akhirnya akan merugikan kamu walaupun dampak buruk tersebut terjadi secara perlahan.

Berikan sesi tanya jawab

Sesi tanya jawab pada suatu seminar biasanya diadakan di penghujung acara. Pada dasarnya sesi tanya jawab ini merupakan sesi yang sangat penting.

Bahkan kebanyakan peserta selalu menunggu sesi ini untuk bisa melakukan pendalaman materi.

Dengan adanya sesi tanya jawab maka nantinya para peserta webinar bisa mempertanyakan segala hal yang ada di benaknya mengenai topik seminar di hari itu. Alhasil, materi yang diperolehnya bisa dikuasai dan bermanfaat bagi kehidupannya.

Di samping itu, sesi tanya jawab juga bisa menciptakan komunikasi yang baik. Lebih tepatnya komunikasi antara pihak peserta dengan pihak pemateri.

Persiapkan Webinar dengan Matang

Sudah paham apa itu webinar dan jenis-jenisnya? Pengadaan webinar yang semula dipandang ‘tidak penting’ tentu kini harus lebih diperhatikan.

Mengingat pada dasarnya webinar berguna untuk memberikan info atau memberikan ilmu dan wawasan tertentu pada seluruh peserta webinar. Maka pastikan pula bahwa materi seminar bisa disampaikan dengan baik oleh pihak pemateri.

Untuk menyelenggarakan acara webinar agar bisa sesuai target maka lakukan segala persiapan dengan baik. Mulai dari penentuan topik sampai dengan pemberian materi dan cara mendapatkan feedback perlu dipertimbangkan dengan sangat matang.

Apa Itu Webinar
Sumber: Freepik

Semua ini perlu dilakukan agar webinar yang terselenggara bisa bermanfaat bagi seluruh pihak. Baik bagi pihak peserta maupun pihak pemateri, dan juga bahkan bagi pihak pemasar produk.

Dengan demikian acara webinar bisa berjalan sesuai harapan bersama untuk dapat mencapai target tertentu yang diharapkan masing-masing pihak.

Itulah sekilas tentang apa itu webinar dan jenis-jenis webinar. Semoga webinar apapun yang sedang dipersiapkan berjalan dengan lancar ya, DomaiNesians!

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!