• Home
  • Tips
  • Ikuti Cara Membuat Email Mudah Hanya Dalam 5 Menit!

Ikuti Cara Membuat Email Mudah Hanya Dalam 5 Menit!

Oleh Ratna Patria
No ratings yet.

Email menjadi salah satu kebutuhan masyarakat milenial saat ini. Banyak aktivitas yang mereka lakukan menggunakan email. 

Tidak hanya perorangan saja namun email sangat penting bagi perusahaan seperti untuk berkomunikasi dengan user mereka dan bahkan dapat memberikan kesan profesional terhadap perusahaan. 

Bentar deh, kamu sudah tau cara membuat email? Wah sangat tepat kamu memilih artikel ini karena DomaiNesia akan membantu kamu dengan menjelaskan cara membuat email baru dari hp dan laptop. 

Tidak hanya personal email aja loh! DomaiNesia juga akan jelaskan cara membuat email perusahaan dengan mudah! Wow lengkap ya, jadi kamu nggak perlu lagi buka artikel lain, cukup simak penjelasannya sampai akhir!

cara membuat email
Sumber: Envato

Cara Membuat Email di Laptop

Bentar deh, kamu udah kebayang belum tentang cara membuat email baru? Apa kamu masih beranggapan itu merupakan hal yang sulit? 

Wah, jika kamu beranggapan seperti itu, kamu salah besar karena kamu bisa membuat email bahkan hanya dengan waktu 5 menit saja loh! Simak cara membuat email baru menggunakan Gmail berikut ini.

  1. Buka browser di laptop kamu misalnya Google Chrome.
  2. Ketikkan sign up Gmail pada kolom pencarian atau kamu bisa langsung mengunjungi halaman gmail ini.
  3. Jika kamu sudah membuka halaman tersebut, klik “Buat Akun” pada bagian kiri bawah. Lalu pilih salah satu (untuk diri sendiri, untuk anak, atau untuk mengelola bisnis) sesuai dengan untuk siapa email itu akan kamu buat.
  4. Jika kamu sudah memilih maka akan menampilkan halaman pengisian informasi.
  5. Isikan nama depan nama dan nama belakang sesuai data kamu.
  6. Masukkan juga nama pengguna yang ingin kamu pakai. Jika nama pengguna sudah digunakan maka akan memunculkan pesan dan kamu harus mengganti nama pengguna itu. Namun jika kamu berkehendak, kamu bisa klik rekomendasi email yang tersedia.
  7. Isikan juga password yang akan kamu gunakan nanti, jika takut salah penulisan kamu bisa centang “Tampilkan sandi”
  8. Jika sudah terisi semua klik “Berikutnya”.
  9. Daftarkan nomor hp yang bisa digunakan untuk login gmail atau mengirim otp nantinya. Pastikan nomer tersebut masih aktif.
  10. Selanjutnya kamu bisa mengisikan alamat email pemulihan yang nantinya akan berguna jika kamu tidak bisa login email.
  11. Lalu isikan tanggal, bulan, tahun lahir, dan juga pilih salah satu jenis kelamin. 
  12. Klik “Berikutnya” untuk melanjutkan.
  13. Setelah itu kamu diminta membaca ketentuan dan persyaratan dari Google, dan jika setuju kamu bisa klik “Saya Setuju”.
  14. Jika sudah diarahkan pada halaman dashboard email kamu, berarti email yang kamu daftarkan tadi sudah bisa digunakan.

    cara membuat email
    Sumber: Envato

Cara Membuat Email di HP 

Setelah kamu tahu cara membuat email baru di laptop, sebenarnya kamu juga bisa menerapkannya di hp loh karena caranya memang sama jika kamu melalui browser.

  1. Buka  halaman gmail ini pada browser di hp mu.
  2. Scroll kebawah dan klik “Buat Akun Google”.
  3. Jika sudah maka kamu akan diarahkan ke halaman login Google, namun klik “Buat Akun” dan pilih untuk siapa akun itu dibuat.
  4. Masukkan nama depan dan juga nama belakang.
  5. Isikan juga nama pengguna atau jika sudah ada kamu bisa menggunakan rekomendasi nama pengguna yang tersedia.
  6. Jangan lupa untuk mengisikan password dan juga lakukan konfirmasi password.
  7. Klik “Berikutnya” jika kamu sudah merasa data yang dimasukkan benar.
  8. Lengkapi dengan nomor telepon yang akan digunakan dan isi alamat pemulihan jika kamu merasa takut lupa saat melakukan login email.
  9. Isikan tanggal, bulan, tahun, dan juga gender. Lalu klik “Berikutnya”.
  10. Kamu akan dibawa ke halaman persetujuan Google, klik “Saya Setuju” jika kamu menyetujui ketentuan tersebut.
  11. Alamat email yang kamu daftarkan tadi sudah selesai dan bisa langsung digunakan.

Sebelum lanjut ke pembahasan berikutnya yaitu cara membuat email perusahaan. Sebelum tahu caranya, kamu harus tahu dulu fungsi serta manfaat jika kamu menggunakan email perusahaan. Apa saja manfaatnya?

Sumber: Envato

Apa Fungsi dan Manfaat Menggunakan Email Perusahaan?

Email perusahaan juga menjadi bagian penting dari pengenalan perusahaan ke dunia. Kenapa sih email perusahaan itu penting? 

1. Sebagai tempat menyimpan data yang aman dan mudah dicari

Email menjadi tempat komunikasi yang penting karena biasanya berkas-berkas dari client, rekan bisnis, atau atasan berada pada email. 

Surat menyurat sebaiknya disimpan dengan rapih pada email karena akan memudahkan jika suatu saat dibutuhkan kembali. 

Selain mempermudah untuk dicari, email menjadi tempat yang aman karena hanya kamu saja yang dapat mengakses akun milikmu sehingga dokumen yang ada pada emailmu tidak bisa dibaca oleh orang lain.

2. Bisa mendapatkan layanan yang lebih lengkap

Email perusahaan juga bisa memberikan layanan lengkap untuk menunjang jalannya operasional perusahaan. Email yang dipakai perusahaan tentu berbeda dengan email personal. 

Ada beberapa fitur-fitur yang lebih unggul dan bisa digunakan untuk kebutuhan perusahaan. Contoh fitur tersebut seperti misalnya layanan shared contact, email grouping, task, calendar dan sebagainya. Kegiatan perusahaan akan sangat terbantu dengan kehadiran fitur tersebut.

3. Mudah untuk memberikan informasi

Email perusahaan dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan karena pelanggan lebih percaya dengan email yang menggunakan domain perusahaan daripada email berdomain Gmail dan Yahoo yang dikenal dengan email pribadi. 

Dengan demikian, email perusahaan dapat meminimalisir kasus penipuan karena pelanggan dapat membedakan dengan mudah mana email resmi perusahaan dan mana email pribadi. Sehingga dapat memudahkan dalam memberikan informasi baik pada supplier, pelanggan, ataupun rekan bisnis.

Cara Membuat Email Perusahaan

Untuk membuat email perusahaan kamu harus memiliki hosting terlebih dahulu. Kamu belum mempunyai hosting? 

Jika belum memiliki hosting kamu bisa berlanggan hosting DomaiNesia karena menyediakan layanan hosting terbaik dengan kualitas yang tidak perlu diragukan lagi namun tetap memiliki harga yang terjangkau. 

Sudah siap membuat email perusahaan dengan domain perusahaanmu sendiri? Berikut cara membuat email perusahaan menggunakan cPanel

  1. Masuk melalui https://namadomainkamu/cpanel dan masukkan informasi email dan password.
  2. Setelah berhasil login, kemudian akses melalui menu Email Account. Pada halaman ini kamu dapat mengubah email yang sudah ada atau bahkan menambahkan email baru.
  3. Untuk menambahkan email baru, kamu dapat klik create lalu memilih nama domain yang kamu inginkan, lalu jangan lupa mengisikan nama email yang akan ditambahkan pada bagian username dan mengisikan password yang akan digunakan. Email yang ditambahkan sudah dapat digunakan.
  4. Jika kamu ingin mengubah password, dapat melalui tombol manage pada bagian New Password, dan masukkan password baru. Jika sudah klik Update Email Settings.
  5. Kamu juga bisa mengatur kapasitas email dengan cara cek bagian Storage lalu ubah kapasitas sesuai kebutuhanmu, dan jangan lupa klik Update Email Settings.
  6. Untuk dapat mengakses Webmail terdapat pengaturan tambahan pada bagian More. Setelah itu login melalui namadomainkamu.com/webmail lalu masukkan email dan password.
  7. Untuk dapat mengakses email yang sudah dibuat bisa melalui menu Email Account lalu klik Check Email. Kemudian akan diarahkan menuju Web Mail dan kamu dapat memilih Roundcube sebagai interface untuk mengakses pengelolaan email kamu. Kamu sudah bisa menggunakan email perusahaan kamu dan sudah bisa cek pesan masuk, pesan terkirim, dan sebagainya.

    cara membuat email
    Sumber: Envato

Email Buatanmu Sudah Siap Digunakan!

Jadi, setelah DomaiNesia menjelaskan cara membuat email di hp, di laptop, dan bahkan cara membuat email perusahaan, gimana? Ternyata sangat mudah kan membuat email! 

Nah, untuk memutuskan kamu akan menggunakan email pribadi atau email perusahaan kamu harus tahu dulu fungsi dari keduanya. 

Email pribadi hanya digunakan untuk kebutuhan harian personal kamu seperti penggunaan sosial media. Sedangkan email peruusahaan lebih dikhususkan untuk memperkenalkan produk dan melakukan kegiatan bisnis yang lain. Nah sekarang kamu sudah tahu kan akan mengikuti cara membuat emaill yang mana? Selamat mencoba!

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!