• Home
  • Tips
  • 9 Cara Meningkatkan Performa Monitor

9 Cara Meningkatkan Performa Monitor

Oleh Ayoni Sulthon
No ratings yet.

cara meningkatkan performa monitor

Cara Meningkatkan Performa Monitor – Tidak hanya membuat mata menjadi lelah, menggunakan monitor sepanjang hari untuk memenuhi tuntutan kerja juga membuat kualitas monitor PC menjadi turun. Jika performanya tidak lagi sama seperti yang seharusnya, maka anda wajib melakukan beberapa hal agar monitor tetap memiliki kinerja yang mumpuni. Berikut ini adalah beberapa cara untuk meningkatkan performa monitor.

9 Cara Meningkatkan Performa Monitor
9 Cara Meningkatkan Performa Monitor

9 Cara Meningkatkan Performa Monitor

  1. Kalibrasi

Meskipun Anda bukanlah seorang desainer grafis yang profesional, metode kalibrasi monitor bisa dilakukan agar gambar yang tampil di layar monitor memiliki kualitas terbaik. Kalibrasi warna akan menunjukkan warna yang akurat dan konsisten, terutama saat anda menggunakan PC untuk mengedit foto. Untuk melakukan kalibrasi, anda bisa menggunakan tool seperti Spyder4Pro atau SpectraCal CalMAN.

Baca Juga : Domain Murah .com cuma Rp. 99.000 ribu

  1. Bermain Game di Resolusi Tinggi

Anda akan menikmati bermain game di PC jika resolusinya diatur lebih tinggi daripada resolusi monitor. Hal ini bisa dilakukan jika resolusi monitor tidak kompatibel dengan game yang akan Anda mainkan. Dengan mengatur resolusi game menjadi lebih tinggi, maka gambar yang Anda dapatkan menjadi lebih tajam.

  1. Pair Tablet dengan Monitor

Jika anda memiliki tablet, anda bisa menggunakannya sebagai pengganti monitor. Hal ini untuk mencegah masa pakai monitor yang berlebihan. Kelebihan memasang tablet ke monitor, anda bisa menggunakan touch-screen di mana tidak semua PC mendukung fitur ini. Koneksikan tablet Anda ke PC melalui sambungan moitornya.

  1. Matikan Efek Visual

Efek visual biasanya membutuhkan banyak sekali kemampuan sumber hardware. Jika power CPU dan RAM anda terbatas, maka mematikan efek visual bisa membantu untuk meningkatkan performa monitorkomputer. Terutama saat bermain game, sistem akan memiliki performa yang lebih baik. Klik view advanced system setting kemudian custom efek apa saja yang sekiranya anda butuhkan.

  1. Mengatur Kontras Monitor

Kontras yang tinggi menjadi skema yang cocok untuk memudahkan pengguna dalam membaca atau melihat hal yang ditampilkan di monitor. Tetapi, pengaturan kontras ini jangan sampai menyakiti visibilitas maksimum yang bisa dicapai oleh mata anda. Jika berkerja di ruangan yang terang, sebaiknya kontras monitor diturunkan dan sebaliknya.

Baca Juga : Hosting Murah Unlimited cuma Rp. 8.000/bulan

  1. Download Drivers Terbaru

Anda bisa mendapatkan driver terbaru yang sesuai dengan tipe video card dan juga sistem operasi komputer yang anda gunakan. Driver yang selalui diperbarui akan meningkatkan kualitas dan performa monitor dibandingkan dengan pembaruan lainnya. Dapatkan driver secara langsung dari pabrikan PC Anda karena mereka mendesainnya untuk model PC yang spesifik.

  1. Sesuaikan dengan Mode Tertentu

Layar monitor harus disesuaikan saat anda menggunakannya dengan tujuan yang berbeda. Saat digunakan untuk bermain game, sebaiknya anda mematikan efek visual dan animasi backgroundnya. Sementara untuk mode membaca, anda perlu mengkalibrasi warna jika layarnya dirasa tidak membuat mata anda merasa nyaman. Gunakan ekstensi tertentu untuk memodifikasi teks pada layar.

  1. Gunakan G.Lux

G.Lux dapat membantu pengguna untuk menyesuaikan tingkat kecerahan dan temperatur warna pada layar monitor sehingga rona biru tidak terbayang-bayang saat kita hendak tidur. Fungsi G.Lux hampir sama dengan DisplayFusion dan Synergy yang bisa mengoptimasi setup untuk multimonitor. Kecerahan dan temparatur yang tepat dapat meningkatkan performa monitor.

  1. Memilih Monitor yang Tepat Sebelum Membeli

Hal ini merupakan langkah awal sebelum anda menggunakannya untuk bekerja atau bersenang-senang. Sebelum terlanjur memilih monitor yang bisa jadi tidak kompatibel bagi kebutuhan anda, maka ketahuilah monitor seperti apa yang anda butuhkan. Anda perlu mengetahui beragam tipe monitor, juga memahami bahwa ukuran layar bukan menjadi masalah utama saat membeli.

 

Baca juga : SSL adalah

Ayoni Sulthon

SEO Strategist DomaiNesia, ask me all about SEO and Digital Marketing.

Artikel

Lainnya


Chris
September 29, 2021

Howdy! This is my first time commenting here, so I just wanted to say hello and tell you how much I enjoy reading your stuff. Can you suggest any other blogs, websites, or forums that cover similar topics? Thank you very much!

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!